Blue Ocean Strategy

Ketika sales turun semakin drastis, produk anda obsolete, dan pelanggan meninggalkan anda karena bosan,  apa yang anda lakukan ?

image 

Tahapan dalam blue ocean pada dasarnya tidak terlepas dari targetting, segmenting dan penetrating tersebut hanya saja, blue ocean strategy ini mirip dengan sebuah pisau.  Bilahnya bermata dua sekaligus, yaitu menekan cost dan membuat inovasi.  Lebih lengkapnya dengan istilah Eliminate, Reduce, Raise, Create (ERRC).

image

image

Grafik diatas pun memperlihatkan aplikasi ERRC tersebut. Dengan item item dalam ERRC  yang sudah di breakdown, selanjutnya posisi sirkus matahari Cirque du Soleil dibandingkan dengan sirkus lainnyaRingling brothers dan Bailey.   Dengan grafik tadi akan bisa dilihat bagaimana sirkus matahari membuat perubahan secara signifikan terhadap pesaingnya.

image

Sirkus matahari pada akhirnya membuat keputusan untuk membuat genre baru.  Gabungan antara sirkus tradisional dengan balet.  Demikianlah posisi baru, produk baru, dan ceruk pemasaran baru tercipta.

3 thoughts on “Blue Ocean Strategy

  1. ketika beralih ke produk baru, kan kudu mikiran 4P, otomatis 4P dari produk lama sumber dayanya mulai di geser biar inovasi baru bisa optimal.

    contoh di atas, cirque du soleil kan acara lawakan humor dan atraksi berbahaya dikurangin. malah ada yg diilangin segala. cut off lini bisnis yg tidak profitable kalo bahasa kerennya mah …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s