Kota Tempat Bertumbuh

Waktu papabonbon kecil dulu, mengalami pindah kota dua kali. Yaitu saat naik kelas tiga sd ke kelas 4 sd dan sekali lagi saat kelas 2 smp naik ke kelas tiga. Perpindahan di tengah jalan itu menimbulkan ruang kosong karena kehilangan akar baik di sd lama maupun sd baru, begitu juga di smp lama maupun smp yang baru. baru baru ini di grup smp lama di mana papabonbon merasakan kelas 1 dan 2 di sana, ada yang usil nanya di tengah memanasnya grup. “Memangnya kamu lulusan smp sini ya ? Kok aku gak kenal kamu ya ?”. Shit. Reseh benar pertanyaan ini. Rasanya jleb benar ditanyain macam kayak gitu. Macam paling benar saja kelakuannya.

Waktu smp balik lagi ke Malang, yang papabonbon ingat adalah, ternyata rasanya tidak sama. Malang sudah berbeda. Jadi ruang kosong itu terjadi karena ada gap dari memory waktu tk sampai kelas tiga sd tiba tiba ditarik ke masa kelas tiga smp. ternyata temannya berbeda, situasinya berbeda, ndak senyaman yang diharapkan. Padahal, jujur di dalam hati, mengharapkan saat kembali ke Malang, bisa merasakan nyamannya saat saat yang telah lalu itu. Percobaan kedua untuk merasakan kembali kota Malang adalah saat kuliah. Jadi SMA itu papabonbon full di kota lain, lalu baru kuliah balik ke Malang lagi. Ternyata rasanya juga tetap asing. Malang di saat kuliah adalah dunia yang berbeda dengan saat sd dan juga smp. temannya beda, orang yang ditemui dan berinteraksi beda. Ada lubang lebih besar lagi yang terjadi ….

Jadi saat memilih Bandung menjadi homebase, pikiran papabonbon dan mamabunbun adalah menjadikan rumah sebagai memory kolektif buat oggy dan elsi. Supaya oggy dan elsi merasakan, ini lho, Bandung rumahku. Memory bahwa aku tumbuh dan besar di lingkungan ini, merasakan SD, SMP, SMA, sampai mungkin kuliah juga di sini. Kakak elsi kemarin sama seperti papabonbon, pindah dari surabaya saat kelas 3 naik ke kelas 4 sd. Namun dia menyelesaikan SD, SMP dan SMA nya di Bandung. Semoga sampai kuliah selesai juga di Bandung dan merasakan pertumbuhannya berakar utuh di sini. Adek oggy, saat ini merasakan TK dan sampai kelas 3 SD ini di Bandung.

Semoga pada saatnya nanti, Oggy dan Elsi merasa berakar dan terlengkapi di kota tercinta ini yaaaaaa 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s