Polisi Surabaya Yang Rajin

Dalam kerajinan, kedisiplinan dan penegakan hukum yang dilakukan oleh aparat, ada pribadi yang merasa terusik.  Yah, papabonbon merasa terusik.

Di Bekasi dulu, kalau ingin nonton DVD, cukup main ke Glodok, bisa dapat 4000 rupiah per keping.  Kalau malas capek capek naik kereta ke Beos, yah cukup main ke mall dan lirak lirik sebentar ke sekitar kita. Di Carrefour, Giant, di Naga, di semua mall, di sekitar rumah kita, dvd bajakan bisa kita temukan dengan mudah.  Harganya paling berkisar antara 7000 rupiah sampai sekitar 12 ribu rupiah untuk kelas mall.

Di Surabaya mau cari yang namanya dvd film bajakan, ditanggung susahnya setengah mati.  Teman di Kediri sampai ada yang bisnisnya made a petani version on order.  Kalau ada yang beli, baru dia burnis filmnya :D.  Di warnet di Surabaya dan juga Malang, malah ada warnet yang spesialisasi download film yang bisa kita copy.  By request download film tertentu, tarifnya Rp 25 per Mb.  Hehehehehe.  Papabonbon sempat copy film Eragon dan X-men dari warnet.  Lumayan mengobati kangen tontonan.  Maklum bakalan menjomblo tanpa tv, tanpa film, selama 5 bulan.

Kalau pagi berangkat ke kantor, polisi dan polwan ada berserakan di mana mana.  Terorganisir dengan rapi mengakselerasi simpul simpul kemacetan sepanjang Jl. A Yani sampai pusat kota.  A Yani adalah jalan besar yang menghubungkan Sidoarjo – Terminal Purabaya – Wonokromo.  Lepas wonokromo, kemacetan lumayan terkendali, namun tetap dikontrol penuh oleh polisi kita.   Setiap pagi dan sore hari,  jalan jalan utama jelas macet.  Ini dia, peak time yang membuat teman teman merchandising di kantor, lebih memilih pulang diatas jam 7 malam tiap harinya.

Polisi di Surabaya juga tidak tanggung tanggung.  Menyandang tulisan “Roda 2 sebelah kiri dan menyalakan lampu” yang dimasukkan di perut – di selipkan di sabuk di bagian perut tanpa malu malu. – lol, yang malu malah teman saya, katanya kurang gagah.  huehheeh,  😀  teman satu ini memang tentara gagal.  Semua hal yang dianggapnya mengurangi kegagahan akan diperangi -.  

Metode menyalakan lampu kendaraan di siang hari memang diperkenalkan oleh orang orang Jawatimuran.  Perintis gerakan penggerebekan software ilegal di warnet warnet, dan penutupan lapak lapak yang berjualan film bajakan, memang khas dimulai dari Jawa Timuran.

Di sini, papabonbon harus berbangga hati, karena hasilnya memang ciamik.  Jakarta memang tidak ada apa apanya dalam hal penegakan disiplin ini.  Tapi boleh dong, sambil menggerutu, “Doooh, susahnya cari DVD bajakan”. wakakakaka 😀

===

note :

  1. baca juga tulisan Ape ini.  sebuah keprihatinan terhadap apresiasi kita pada polisi. 
  2. dvd bajakan
  3. razia warnet
  4. nyalakan lampu kendaraan di siang hari

9 thoughts on “Polisi Surabaya Yang Rajin

  1. Betul bang, pusat dvd di siola udah bubar. Di BG Junction katanya ada, tp cuma dikit…
    Gak tertarik buka bisnis DVD petani bang, tar aku jadi pelanggan pertamanya deh… 😉

  2. Satu lagi, tulisan menarik dari si Papa yang memang “bonbon” ini. Dalam “game theory” polisi bisa bertindak sebagai “focal factor”, artinya yang akan menggiring semua pemain untuk memberikan apa yang terbaik yang dia punya. Seorang pemain yang melanggar aturan main akan menerima kerugian, maka tidak ada seorang pemain pun yang akan berani melanggar aturan jika ia rasional. Jadi, taatlah pada Pak Polisi!

  3. Huh…inilah bentuk “dilemma” hidup di negeri kaya tapi miskin seperti Indonesia ini. Beli DVD bajakan sama dengan mencuri hasil kerja keras orang-orang film dan kreativitasnya, begitu pula si Ariel Peterpan yang album lagunya habis-habisan dibajak. Kita ingin menyuarakan “hidup bersih” di segala lini kehidupan kebangsaan ketika pada saat yang sama kita mencuri hasil kerja keras orang lain dengan membeli barang bajakan. Mungkinkah dicapai pareto optimum antara yang dibajak karyanya dan para pembeli karya bajakan di negeri miskin terlebih yang miskin nuraninya ini?

  4. wah, sudah ada supply and demand nih. mas anang bisa langsung kontak mas kopdang, tak iye … 😀 wahahahhaha

    buat oom sugeng, film film lama punya antum dari australia, aku belum sempat inspeksi nih. kalau ada yag bagus dan belum nonton, nanti aku pinjam ke rumah antum yah .. hohoho ..

  5. Hi apa kabar mas?
    nama saya Roby saya 26th.

    di kampungnya mas yg GReen and clean itu di surabaya di kertajaya ya?

    kalau di kertajaya saya pernah ke sana.
    tolong kirimkan aku email ke robyboy69@gmail.com
    biar saya tau Green and clean kampung itu di mana?

    karena bulan lalu saya di surabaya dan kayaknya saya pernah lewat kampung itu
    bersih dan indah dan org2nya juga baik2 dan ramah.

    ok aku tungguh balasan mu di email ku ya?

    regards
    Roby

Tinggalkan komentar