Berapa Gaji Di Manufaktur Elektronik ?

Ada teman yang penasaran, sebut saja namanya Jono, yang menanyakan : “Bagaimana sih perbandingan gaji di Industri manufaktur elektronik ?”. Data yang ada, adalah perbandingan gaji manajer di tahun 2003. Selanjutnya ada juga data internal salah satu manufaktur berdasar angka tahun 2006 – Quarter II.

Catatan :

  1. beda tiga tahun ini [2003-2006] di level manajer, ternyata meningkat salary per bulan di angka rata rata 3 jutaan. Rata rata manajer saat ini gajinya antara 9-12 juta. Tergantung tingkat kemanajerannya [manajer – senior manajer – GM]. Kenaikan dari angka 6 jt ke 9 jt, berarti ada kenaikan sekitar 1 juta pertahunnya. Sounds good or bad ? 😀
  2. medical allowance untuk rawat inap jaman sekarang untuk manajer, rata rata di level kamar yg seharga 500 rb ke atas [untuk level manajer].
  3. gaji di level S1 start up di perusahaan eketronik biasanya berkisar di angka 2.5 jutaan. dengan overtime [terutama anak produksi, R&D, QA total take home pay bisa dipacu antara 4 jt sampai 5 jt, dengan catatan masih bujangan]. Tunjangan kesehatan untuk level S1 start up, biasanya mendapat rate kamar 350 rb.
  4. tolong catat, angka angka ini terutama untuk jabodetabek dan batam. Dibedakan juga salary untuk lulusan overseas [yg biasanya jadi konsultan dengan gaji setara manajer], misalnya anak anak lulusan spore atau jepun yang ditempatkan di manufaktur mereka di Batam, akan mendapatkan standar gaji di negara mereka direkrut. Jadi kondisinya : “gaji singapore, kerjaaan di Indonesia”. Sangat manis. 😀
  5. gaji di daerah untuk perusahaan elektronik lokal, katakan Polytron [Kudus] dan Panggung Electronics [Surabaya], untuk level S1 fres graduate dan yang sudah pengalaman [belum manajer], infonya sih, berkisar di angka 1.2-1.5.
  6. manajer di pabrik beda gajinya dengan manajer di sales/marketing. Meskipun mereka satu perusahaan. [Nanti kita bahas lebih dalam di thread lain].
  7. sekedar hints, beda basic salarynya [antara orang pabrik dengan orang marketing office] bisa 2 kali lipatnya. manajer pabrik di angka 9 jt, manajer sales & distribusi bisa 15-20 jt. [Belum lagi tim sales & marketing masih punya insentif berdasarkan prestasi salesnya]. Dan jumlah insentif di level manajer region bisa 3 jutaan per bulannya.
  8. Cukup segar bukan jadi orang marketing ? Apalagi tiap tahun ada acara jalan jalan ke luar negeri. Yang pusing kalau sudah 3 bulan, insentifnya belum dibayarkan juga … 😀 hahahahhaha

66 thoughts on “Berapa Gaji Di Manufaktur Elektronik ?

  1. Ping-balik: Anjar priandoyo is lifeauditor Perbandingan gaji di manufaktur elektronik «

  2. S1 start up bisa take home pay 4 – 5 jutaan kerja berapa jam sehari mas?
    Berapa hari seminggu?
    Saya pernah di salah satu perusahaan manufaktur elektronik THP 4 koma kecil kalau kerja Senin – Jumat jam 7-7, Sabtu 7- 5.

  3. Hmm…walaupun ada kenaikan, tapi tetap lebih kecil daripada di Telco ya ^_^ Maklum, saya sempat 2 tahun di salah satu manufaktur di Batam..sebelum sekarang pindah ke Telco. Sebagai informasi, staff manufaktur memang Take Home Paynya bisa sampai 4-5 juta, tapi perlu dicatat ini didapat dengan kerja lembur di waktu libur atau diluar jam kerja…yang kalau terus menerus dilakukan, capeknya minta ampun ^_^
    Apalagi untuk asuransi kesehatannya, masih jauh lebih besar asuransi kesehatan untuk entri level di kantor saya dibandingkan data yang disebutkan diatas..Sebagai perbandingan, untuk engineer fresh grad di kantor saya, asuransi kesehatan mendapatkan rate kamar 600 ribu/hari dan tunjangan kacamata 2,2 juta/tahun.
    Kelebihan dari manufaktur, terutama yang berlokasi di Batam, biasanya mereka menyediakan fasilitas tempat tinggal bagi para staffnya lengkap dengan isinya..sehingga bisa menghemat biaya hidup bulanan ^_^

  4. Wah, enak nya kerja di samsung yah, ehehehehe, sanyo kaya akan feature walau gaji kecil, tapi gak dapet henpon, huhuhuhuhuh, ada yang buka lowongan samsung ngga taun depan ??

  5. @ cikoko : lembur ?
    iya, betul. 4-5 jt kudu lembur mati matian. makanya saya bilang, khusus bujangan, atau yg istrinya ditaruh di daerah [jauh jauhan].

    jam kerja di pabrik sekitaran cikarang : office hoursnya jam 7-4.10. kenyataan ada loyalitas pulang jam 6 sore. hari kerja normal senin-jum’at. di kebanyakan pabrik, hari kerja tidak dihitung lembur, akibatnya ada siklus, balas dendam OT sepuasnya di hari libur. anak produksi biasa kena shift. dan anak R&D dan QA biasanya ada piket gantian.

    Jadi lembur adalah hari sabtu dan minggu. [samsung, LG dan epson lembur masih dihitung, dari jam 4 sore sampai jam 9 malam, sekitar 50 rb]. kalau kuat lembur di hari sabtu dan minggu, rata rata perhitungan sbb [ini gak percis banget yah, bisa lebih sampai 100-200 rb], tergantung gaji pokok, status jabatan dan tunjangan keahlian]:

    jam 7-4 sore : dapat 180 rb [konversi 18 jam kerja]
    jam 7-7 malam : 240 rb [konversi 27 jam kerja]
    jam 7-9 malam : 300 rb [ konversi 33 jam kerja]
    jam 7-11 malam : 400 rb [ konversi 41 jam kerja]
    jam 7-7 pagi besoknya : 700 rb [konversi 69 jam kerja]

    ada beberapa perusahaan yg berusaha menghindar dari jeratan overtime tanpa batas ini, caranya dengan membuat lembur jadi fix payment. misal, lembur minimal jam 7 pagi samapi jam 4 sore, dibayar 300 rb. kehadiran kurang dari itu tidak dibayar. lebih dari itu, dibayarnya tetap 300 rb.

    pola psikologisnya, jam 4 sore, kalau abtu atau minggu, sudah sepi dari karyawan.

  6. simulasi 1

    gaji pokok 3 jt.
    OT tiap sabtu [3 x, karena yg 1 hari sabtu biasa dipakai sebagai hari penggantian] dan OT akhir bulan [closing] = 4 x 300 rb = 1.2 jt
    jabatan kepala seksi : tunjangan 1 jt
    maka THP = 3,2 jt + 1.2 jt, + 1 jt – pajak 250 rb = 5.15 jt

    simulasi 2

    gaji pokok 2.7 jt
    OT tiap sabtu [3 x] sampai 11 malam, sistem konversi jam kerja = 1.2 jt
    closing akhir bulan, OT sampai pagi : 700 rb
    jabatan kepala unit : tunjangan 200 rb
    maka THP = 2.7 jt + 1.2 jt + 700 rb + 200 rb – pajak 250 rb = 4.55 jt

  7. @ pasha : kenaikan gaji per tahun ?

    di manufaktur elektronik ada beberapa kriteria untuk kenaikan gaji.

    -level worker [gaji sekitar 100-200 rb diatas UMR] : kenaikan per tahun sekitar 15 persen
    – level foreman [gaji sekitar 1 jt – 1.5 jt] : kenaikan sekitar 10 persen
    – level spv [gaji sekitar 2.5 jt – 4.5 jt]: kenaikan sekitar 7-8 persen
    – level asmen [gaji sekitar 5-7 jt]: kenaikan sekitar 5 persen [disuruh nentukan sendiri, rapat barengan] tapi biasanya 5 persen ke bawah. bisa 2-3 persen malah … 😀
    – level manajer [9 juta ke atas] : kenaikan by nego [makanya range antara 9 jt sampai 17 juta. yg out lier bisa 23 jt, bahkan 27 jt].

  8. @ acooljerk : unilever dan mattel standarnya beda yah ?

    yup beda mas, unilever di FMCG dan mattel ini khusus, karena dia bikin boneka barbie, dan dia perusahaan AS.

    FMCG ini topnya di industri susu, juga fmcg yg raksasa modelnya unilever, cocacola, multibintang, san miquel. mereka top, karena rata rata mainnya adalah MNC. ada lagi yg nyaingin, di farmasi yg mnc juga dan rokok. rokok ini yg gede adalah jarum dan sampurna, [salesnya lho, bukan pabriknya]. fmcg lokal yg asik adalah aqua danone dan ades yg baru diakuisisi ama nestle 2 tahun lalu. kalau fmcg lokal, gajinya masih lumayan ngegap ama fmcg asing. meskipun skalanya juga gede. sebut aja wings group, rodamas.

    Mengamati distributor yg main di FMCG juga asik lho, seperti tigaraksa, enseval, tempo scan pacifik, wicaksana, APL, de el el.

  9. Pengamatan yang cukup jeli dan detail.
    Sebagai tambahan, untuk posisi-posisi eksekutif kadang memiliki anomali dalam pemberian kompensasi, karena proses bajak-membajak kadang membuat orang mau gak mau harus “buta” terhadap salary grade yang dimiliki sekarang

  10. yup setuju mas. oh, ya aa beebrapaperusahaan yg karakternya malas membajak karyawan. sehingga dia membatasi, rekrutmen dari luar hanya untuk divisi sales Ho dan sales di region saja. Perusahaan Jepang dan Korea punya tipikal loyalitas semacam ini.

  11. Thanks infonya…bisa buat bahan perbandingan anak bungsu jika nanti udah lulus dari Elektro.
    Tapi kayaknya cewek nggak cocok kerja di pabrik ya…panas banget gitu (padahal saya dulu cuma meninjau pabrik sekali-sekali, tapi puanaaas banget…)

  12. beberapa pakai istilah spv, beberapa perusahaan lain pakai istilah asisten manajer, standarnya sekitar 5-6 jt. senior spv atau senior asmen dapatnyanya sekitaran 7 jt take home pay.

  13. wah.. untuk bagian Finance Acct di pabrik/manufaktur berapa nih standardnya untuk lever start up – manajer..? belum dibahas.. Biasanya sih yang saya alamin sebagai orang accounting di pabrik otomotif, jauh lebih kecil dibanding produksi/enginer. Karena biasanya untuk skala pabrik menengah ke bawah, para direksinya berpikiran, bahwa finance accounting tidak menghasilkan uang, hanya bekerja tulis menulis, dan menghambat produksi dengan sistem controlnya. dan hanya sebgai supporting Departement. Jadi kesimpulannnya bagaiamana ini..? apakah memang penghargaan untuk bagian FA di manufaktur hanya segitu..? tidak terlalu diperhatikan..? apakah harus terus bekerja di KAP saja atau perusahaan jasa or trading untuk orang2 FA.. (ada yang menanggapi..?

  14. @ mbak kadlina.

    1. minta maaf baru baca tanggapannya hari ini.
    2. untuk orang akunting, kalahnya sama orang sales di insentif, dan kalahnya sama orang produksi, di inovasi yg ujungnya hadiah. karena itu di akunting yg suka dapat insentif, yah orang pajak atau audit, atau financenya yg bisa bikin invasi menghemat biaya.
    3. contoh inovasi orang keuangan : e-banking – B2B dgn bank asing sehingga L/C cepat keluar, sistem transfer, payment online juga sangat cepat, bikin sistem di sistem export import sehingga bisa menghemat pajak, buat yg audit, bisa nembak orang orang yg bermasalah.

  15. Hmm… sekarang gw kerja di Salah satu perusahaan yg di sebut di atas….
    Iya sih, kalo kerja di pabrikan emang ngejarnya di lembur sih….

    Kalo dari gw pribadi ada 3 level lemburan:

    A. Normal lembur (jam 7 – 7, sabtu masuk 1 kali dalam sebulan 7-4) : 4,5an
    B. Medium Lembur (jam 7-7,sabtu full 4 kali dalam sebulan 7-4): >5
    C: Heavy Lembur :p (jam 7-9, sabtu 4x 7- 7): >6

    Pengeluaran transport gak terlalu banyak (secara ada bus jemputan), jadi tinggal keluar uang dari rumah ke titik penjemputan). Makan gratis siang malem…..

    Tapi yah itu, cape juga sih ternyata… kalo masih muda sih mungkin no problem, tapi kalo kedepannya kayanya bikin males juga, apalagi kalo udah berkeluarga…

    Arghhh……masih di bound gak bisa ciaooooo T_T !!!!

  16. Analisa yang tajam, Bagi pengalamn juga nih
    6 tahun kerja di perusahaan Jepang, Level menengah.
    Yah lumayan gaji yang diperoleh cukuplah (walaupun ini relatif)
    Siasat yang biasa saya pakek,
    hari biasa lembur sampai jam 6 (batas terakhir ikut jemputan) –
    (selang-seling, 1 hari lembur, 1 hari nggak)
    hari Sabtu lembur 1 bulan 2 x, lumayan lah… akhir bulannya.
    (sebelum nikah, sesudah nikah….. mending di rumah deh.)

    Sekarang sudah 6 bulan di persh Prancis – Amrik.
    Gaji sebenarnya gak bisa di bilang OK,
    Harian rata-rata pulang jam 7-8 malam. (itungannya sudah loyalitas),
    Gak ada jemputan, jadi lumayan Bogor – Cikarang.
    Masuk yah tetap jam 7.

    BTW kira-kira untuk pabrik komponent otomotif rata-rata salarynya berapa yah ??

  17. Maap ikut nimbrung… sedang cari info prospek kerja di perush leasing/finance,kebetulan nyantol di blog ini..
    1) Mohon pecerahan dari papabonbon & rekan2.. saya lulusan S1 manaj keuangan, pengl frontliner bank 2th, trus ketrima program Relationship Manager Development Program, Buana Finance,Tbk (perush leasing alat berat, vessell, mesin pabrik & pembiayaan kredit otomotif)

    2) Training selama 6 bulan teori & praktek (teori di prasetya mulia) akomod by perush, ikatan dinas 18 bulan, kalo resign selama training & ikatan dinas ada penalty 50jt-an, kalo lulus training diangk peg tetap & gapok -+ 2,7jt..

    3) Prospek di perush leasing/finance bagus gak seh? Aku agak ragu 😀 keliatannya seh bakal pusing kejar target (yg gak rasional) & nagih bad debt?

    4) Trus mo nanya lagi untuk MT Relationship Manager (tugasnya agak mirip kayak Account Officer di bank: marketing kredit & menganalisis kelayakan kredit), berapa std salarynya?? Thanks a lot sblmnya…

  18. nanya dunk.. itu kalo kasusnya 7 tahun.. Nah, kalo yang pengalaman kerjanya baru 3 tahun, atau 5 tahun, perhitungannya kira2 berapa ya? Kira2 berapa persen dari nilai yg disebutkan di atas?

  19. Mohon diinformasikan untuk lowongan kerja di jawa tengah (semarang/kudus) atau di Jawa timur (pasuruan/surabaya) untuk bidang manufacture (elektronik)

    Terima kasih atas infonya

    Best regard
    Tedy

  20. Maaf, aku mo tanya. Kalau gaji level manajer di perusahaan telekomunikasi berapa ya? kayak nokia, samsung, zte.

    Terima kasih atas infonya.

    Warm Rgds,
    Aini

  21. Mohon nimbrung nich …
    Saat ini saya kerja di perusahaan PMA ( kontraktor ) di jak-sel sebagai Finance & Accounting Manager .. gaji gross 15 juta ( THP = 13 jutaan ) .. dapat company car ( Honda Jazz matic tahun 2007 + gasoline + tol + parkir + dll boleh reimburs kekantor ) .. medical allowance untuk out of patient 1 month salary / year, hospital covered by insurance. ( THR 1 month salary/year + bonus minimum 1 month salary / year ) ..
    Saya mau nanyain apakah standar gaji tersebut sudah sesuai dengan pengalaman kerja saya yang kira-kira sudah 11 tahun ???

  22. Di Indonesia ada :
    • 47,7 Juta Pengusaha Mikro omset dibawah Rp. 200 Juta dan aset dibawah Rp. 50 Juta..
    • 2,2 Juta Pengusaha Kecil omset dibawah Rp. 200 Juta-Rp. 1 Milliar dan aset Rp. 50 Juta-Rp. 200 Juta..
    • 120.250 Pengusaha Menengah omset Rp. 1 Milliar-Rp. 50 Milliar dan aset Rp. 200 Juta-Rp. 10 Milliar.
    • 4.500 Pengusaha Besar omset diatas Rp. 50 Milliar dan aset diatas Rp. 10 Milliar.
    Ini adalah kisah unik yang terjadi di sebuah Bank yang memiliki asset lebih dari Rp. 10 Trilliun dengan laba bersih Rp. 1 Trilliun pertahun.Bank itu biasanya menyalurkan kredit di itu bidang Makanan-Minuman, Tekstil, Properti, Pendidilkan, Kesehatan dan Elektronik. Perusahaan itu memiliki pegawai berikut ini :
    10.000 Staff Junior, 1000 Staff Senior (Koordinator Staff), 100 Asisten Manager, 25 Manager, 10 General Manager, 5 Direktur dan 1 Presdir. Perusahaan ini memiliki 30 Kantor Utama, 300 Kantor Cabang. 1 Kantor pusat perusahaan itu terletak di Jalan Thamrin Jakarta. Pada suatu hari Sabtu Bulan Desember 2008 di kantor pusat itu terjadi suatu hal yang unik 8 Orang pegawai mulai dari Staff Junior, Staff Senior, Asisten Manager, Manager, General Manager, Direktur dan Presdir terjebak di dalam kantor dan tidak bisa pulang karena di luar kantor terjadi badai, hujan dan banjir. Hingga 7 orang itu terpaksa bertahan di kantor pusat. Lalu bagaimana ceritanya ke 7 orang itu bisa di kantor?
    Presdir baru saja kembali dari Eropa dan pergi ke kantor pusat untuk memeriksa aktivitas yang dilakukan Perusahaan itu selama Sang Presdir di Eropa, Direktur dan General Manager juga ada di kantor karena memberi laporan pada Presdir. Manager kebetulan berada di kantor karena ingin bermain tennis indoor. Asisten Manager berada di kantor untuk main game computer, Staff Senior di kantor karena harus membuat laporan untuk senin depan, Staff Junior ke kantor karena ada bukunya yang tertinggal di kantor. Singkat cerita karena terjebak di kantor akhirnya ke 7 orang itu bercerita tentang gaji dan konsumsi perbulan. Mereka semua hanya bisa menabung 10% gaji perbulan. Padahal mereka semua mendapat fasilitas istimewa dari kantor berupa kredit rumah dan mobil tanpa uang muka dan bunga gratis. Beasiswa gratis dan haji gratis dari kantor. Selain itu asuransi kesehatan juga gratis dari kantor dari pegawai sendiri sampai anak-istri
    Cahyo 25 Thn S1 Ekonomi, Asal Jati, Staff Junior, Gaji Rp. 3 Juta perbulan. (Gaji Pokok Rp. 2 Juta + Tunjangan Rp. 1 Juta). Konsumsi : Makan Kantin 1 Hari Rp. 25 Ribu x 30 Hari = Rp. 750 Ribu, Pulsa HP = Rp. 100 Ribu, Kos = Rp. 300 Ribu, Pajak = Rp. 100 Ribu, Cuci Pakaian+Salon = Rp. 50 Ribu, Nonton Film+pacar = Rp. 200 Ribu, Kirim Keluarga = Rp. 600 Ribu, Koran = Rp. 100 Ribu, Kredit Motor Bebek = Rp. 300 Ribu (Harga motor Rp. 18 Juta cicil 60 Bulan), Bensin = Rp. 10.000 x 30 Hari = Rp. 300 Ribu, Nabung = Rp. 300 Ribu.
    Doni 27 Thn S1 Ekonomi, Asal Sulawesi, Staff Senior, Gaji Rp. 6 Juta perbulan. (Gaji Pokok Rp. 4 Juta + Tunjangan Rp. 2 Juta).Konsumsi : Makan Restoran Padang 1 Hari Rp. 30 Ribu x 30 = Rp. 900 Ribu, Makan Istri = Rp. 900 Ribu, Pulsa HP = Rp. 200 Ribu, Cuci Pakaian+Salon = Rp. 100 Ribu, Koran = Rp. 100 Ribu, Kredit Motor = Rp. 400 Ribu (Harga Tiger Rp. 24 Juta cicil 60 Bulan), Bensin = Rp. 15.000 x 20 Hari = Rp. 300 Ribu, Kredit Rumah = Rp. 1 Juta (Harga Rumah Rp. 60 Juta cicil 60 Bulan), Amal Fakir Miskin = Rp. 300 Ribu, Listrik, Air, Gas = Rp. 200 Ribu, Kirim Keluarga = Rp. 800 Ribu, Pajak = Rp. 200 Ribu, Nabung = Rp. 600 Ribu. Sebelumnya Doni 2 Tahun jadi staff Junior dan punya motor bebek lama Rp. 14 Juta dan tabungan Rp. 8 Juta. Tetapi motornya dijual dan tabungannya habis untuk biaya nikah Rp. 22 Juta.
    Eka 30 Thn S1 Ekonomi, Asal Jabar, Asisten Manager, Gaji Rp. 12 Juta perbulan. (Gaji Pokok Rp. 8 Juta + Tunjangan Rp. 4 Juta). Konsumsi : Makan Catering 1 Hari Rp. 30 Ribu x 30 = Rp. 900 Ribu, Makan Istri+Bayi= Rp. 1,7 Juta, Pulsa HP = Rp. 300 Ribu, Cuci Pakaian+Salon = Rp. 300 Ribu, Kredit Mobil Avanza= Rp. 2 Juta (Harga Avanza Rp. 120 Juta cicil 60 Bulan), Bensin = Rp. 20.000 x 30 Hari = Rp. 600 Ribu, Kredit Rumah baru = Rp. 2 Juta (Harga Rumah Rp. 120 Juta cicil 60 Bulan), Listrik, Air, Gas = Rp. 200 Ribu, Pajak= Rp. 1,2 Juta, Kirim Keluarga = Rp. 1 Juta, Amal Fakir Miskin = Rp. 600 Ribu, Nabung = Rp. 1,2 Juta. Sebelumnya Pak Eka 7 Tahun jadi Staff punya motor Tiger lama Rp. 15 Juta dan Rumah lama Rp. 65 Juta tetapi dijual digabung dengan Tabungan Pak Eka 7 Tahun kerja Rp. 20 Juta jadi deposito Rp. 100 Juta. Rumah baru-Mobil Avanza Rp. 240 Juta belum lunas. Pak Eka dapat beasiswa kuliah S2-S3 dari perusahaan.
    Ferdi 35 Thn S3 Ekonomi, Asal Sumatera, Manager, Gaji Rp. 25 Juta perbulan. (Gaji Pokok Rp. 16 Juta + Tunjangan Rp. 7 Juta). Konsumsi : Makan Food Court Mall 1 Hari Rp. 40 Ribu x 30 Hari= Rp. 1,2 Juta, Makan Istri+1 Anak SD+1 Pembantu = Rp. 3 Juta, Uang Sekolah+Jajan+Buku Rp. 200 Ribu, Pulsa HP = Rp. 800 Ribu, Beli Pakaian+Salon+Rekreasi = Rp. 2,7Juta, Kredit Mobil Baru Innova = Rp. 4 Juta (Harga Innova Rp. 240 Juta cicil 60 Bulan), Bensin = Rp. 40.000 x 20 Hari = Rp. 800 Ribu, Kredit Rumah baru = Rp. 4 Juta (Harga Rumah Rp. 240 Juta cicil 60 Bulan), Listrik, Air, Telp, Gas = Rp. 400 Ribu, Gaji Pembantu = Rp. 700 Ribu, Amal Fakir Miskin = Rp. 1 Juta, Pajak = Rp. 2,5 Juta, Memberi Orang tua= Rp. 1,2 Juta, Nabung = Rp. 2,5 Juta. Sebelumnya Pak Ferdi 10 Tahun jadi Staff-Asisten Manager punya Mobil Taruna lama Rp. 70 Juta, Rumah lama Rp. 160 Juta, Deposito Rp. 220 Juta. Mobil dan rumah lama dijual jadi deposito Rp. 450 Juta. Total harta Pak Ferdi 10 Tahun kerja Staff-Asisten adalah Deposito Rp. 450 Juta. Rumah baru-Mobil Innova Rp. 480 Juta belum lunas.
    Gunardi 40 Thn S3 Ekonomi, Asal Jatim, General Manager Gaji Rp. 50 Juta perbulan. (Gaji Pokok Rp. 30 Juta + Tunjangan Rp. 15 Juta + Bonus Rp. 5 Juta). Konsumsi : Makan Cafe 1 Hari Rp. 40 Ribu x 30 Hari = Rp. 1,2 Juta, Makan Istri+2 Anak SD-SMP+Pembantu = Rp. 4 Juta, Uang Sekolah+Jajan+Buku Rp. 500 Ribu, Pulsa HP = Rp. 1 Juta, Beli Pakaian+Salon+Parfum = Rp. 2 Juta, Kredit Mobil Baru BMW = Rp. 8 Juta (Harga BMW Rp. 480 Juta cicil 60 Bulan), Bensin = Rp. 75.000 x 20 Hari = Rp. 1,5 Juta, Kredit Rumah baru = Rp. 10 Juta (Harga Rumah baru Rp. 600 Juta cicil 60 Bulan), Listrik, Air, Telp, Gas = Rp. 1,8 Juta, Gaji Pembantu+1 Sopir = Rp. 2 Juta, Pajak = Rp. 10 Juta, Rekreasi Rp. 3 Juta, Nabung = Rp. 5 Juta. Sebelumnya harta Pak Gunardi kerja 15 Tahun jadi Staff-Asisten-Manajer yaitu mobil Kijang lama Rp. 150 Juta dipakai istri, rumah lama Rp. 300 Juta dan Deposito Rp. 750 Juta bunga Rp. 75 Juta pertahun untuk orang tua. Rumah baru dan mobil BMW Rp. 1 Milliar belum lunas. Pak Gunardi berangkat Haji ONH Plus dan Istri serta 2 anak dan orang tua total Rp. 400 Juta dibiayai perusahaan.
    Herman 45 Thn S3 Ekonomi, Asal Kalimantan, Direktur Gaji Rp. 100 Juta perbulan. (Gaji Pokok Rp. 40 Juta + Tunjangan Rp. 20 Juta + Bonus Rp. 20 Juta). Konsumsi : Makan Restoran Amerika-Eropa 1 Hari Rp. 100 Ribu x 30 Hari = Rp. 3 Juta, Makan Istri+3 Anak SMP-SMA+2 Pembantu = Rp. 6 Juta, Pulsa HP = Rp. 1 Juta, Uang Sekolah+Jajan+Buku Rp. 4 Juta, Beli Pakaian+Salon+Parfum = Rp. 2 Juta, Kredit Mobil Baru Mercedes Benz+Nissan X Trail = Rp. 15 Juta (Harga 2 Mobil Rp. 900 Juta cicil 60 Bulan), Bensin = Rp. 100.000 x 20 Hari = Rp. 2 Juta, Kredit Rumah Baru = Rp. 20 Juta (Harga Rumah Rp. 1,2 Milliar cicil 60 Bulan), Listrik, Air, Telp, Gas = Rp. 2 Juta, Pajak Rp. 23 Juta, Gaji 2 Pembantu+1 Sopir = Rp. 2 Juta, Rekreasi = Rp. 4 Juta, Amal Fakir miskin = Rp. 4 Juta, Nabung = Rp. 10 Juta. Harta Pak Herman kerja 20 Tahun Staff-Manajer-GM : 2 Rumah lama Rp. 1,2 Milliar dan Mobil BMW-Kijang lama Rp. 500 Juta. Deposito kerja 20 Tahun Rp. 1,2 Miliar.
    Indra 50 Thn S3 Ekonomi, Asal Bali, Presdir Gaji Rp. 150 Juta perbulan. (Gaji Pokok Rp. 60 Juta + Tunjangan Rp. 40 Juta + Bonus Rp. 50 Juta). Konsumsi : Makan Restoran Vegetarian 1 Hari Rp. 33 Ribu x 30 Hari = Rp. 1 Juta, Makan Istri+3 Anak Kuliah+2 Pembantu = Rp. 5 Juta, Pulsa HP = Rp. 1 Juta, Uang Kuliah+Jajan+Buku Rp. 2 Juta, Kredit Mobil Baru Jaguar = Rp. 20 Juta (Harga Jaguar Rp. 1,2 Milliar cicil 60 Bulan), Bensin = Rp. 100.000 x 20 Hari = Rp. 2 Juta, Kredit Rumah Baru= Rp. 55 Juta (Harga Rumah = Rp. 3,3 M cicil 60 Bulan), Listrik, Air, Telp, Gas = Rp. 2 Juta, Pajak Rp. 37 Juta, Gaji 2 Pembantu+1 Sopir = Rp. 2 Juta, Rekreasi Keluarga = Rp. 4 Juta, Asuransi Keluarga = Rp. 4 Juta, Nabung = Rp. 15 Juta. Harta Pak Indra 25 tahun bekerja Staff-Manajer-Direktur adalah 3 Rumah lama Rp. 3,3 Milliar dan Mobil Mercedes Benz+Opel Blazer+BMW+Kijang lama Rp. 1,2 Milliar. Tabungan-Deposito kerja 25 Tahun Pak Indra Rp. 2 Milliar. Total harta Pak Indra 30 Tahun kerja Staff-Manajer-GM-Direktur sampai pensiun Presdir Rp. 14 Milliar. Termasuk pesangon pensiun Rp. 1,3 Milliar.
    Seandainya pertama kali melamar kerja usia 25 Tahun langsung Presdir maka dapat menabung Rp. 15 Juta perbulan x 12 bulan = Rp. 180 Juta pertahun x 30 Tahun masa kerja maka punya tabungan Rp. 5,4 Milliar plus bunga total Rp. 6 Milliar. Ditambah asset Rumah+Mobil harta total dibawah Rp. 30 Milliar. Tamatan SMU jadi Sopir Taksi Bandara Udara 15 Jam kerja sehari dapat 10 penumpang dengan tariff Rp. 100-400 ribu per penumpang. Sehari dapat Rp. 1-4 Juta atau Rp. 20-80 Juta sebulan dikurangi setoran, cicilan mobil, bensin, perawatan mobil, parkir, makan, pajak terima bersih Rp. 10-40 Juta sebulan. Sopir Taksi hidup sederhana hingga 10 Tahun kerja sudah Rp. 1-5 Milliar.
    Seorang penjual Nasi Bungkus tamatan SD setiap hari mampu menjual 200 bungkus seharga Rp. 2000 = Rp. 400 Ribu ditambah Minum, Sate, Gorengan Rp. 1,6 Juta. Total Rp. 2 Juta sehari dalam sebulan bisa Rp. 60 Juta dan Si penjual untung Rp. 15 Juta itu dari 1 warung. Penjual nasi itu ternyata punya 10 warung sehingga total pendapatannya Rp. 150 Juta sebulan. Si Penjual nasi itu penampilannya sederhana dan uangnya dikumpulkan di Bank. 30 Tahun kerja jadi Rp. 50 Milliar. Seorang Sopir bis Malam Semarang-Jakarta tamatan SMP dengan modal dikumpulkan 10 tahun membuka agen bis dan menjual untuk 1 bis 30-32 Tiket sehari dari tiket seharga Rp. 115 Ribu jadi total Rp. 3,5 Juta sehari. Agen bis itu punya 5 bis jadi total Rp. 17,5 Juta sehari atau Rp. 525 Juta sebulan. Dikurangi ongkos bensin Rp. 50 Juta (Semarang-Jakarta 400 Km butuh 80 Liter bensin x 30 hari x 5 bis). Biaya kondektur dan sopir Rp. 50 Juta (Rp. 10 Juta x 5 bis), Ongkos Administrasi Tiket, Pajak, Perijinan, Biaya Terminal Rp. 75 Juta. Biaya Onderdil dan perawatan Rp. 50 Juta, Kredit Bank Rp. 100 Juta (Harga bis Rp. 800 Juta x 5 bis = Rp. 4 Milliar plus bunga cicil 60 Bulan). Total biaya Rp. 325 Juta jadi Agen Bis untung Rp. 200 Juta sebulan.

  23. PRUDENTIAL sebuah Perusahaan Asuransi yang berdiri tahun 1848 di Inggris dan 1995 di Indonesia merupakan perusahaan Asuransi terbesar di dunia dan di Indonesia berdasarkan majalah luar negeri Forbes, Fortune 500 dan majalah dalam negeri Investor tahun 2002-2008. Jaringan PRUDENTIAL ada di Amerika Serikat, Uni Eropa dan 12 Negara besar Asia. Total Dana PRUDENTIAL di dunia USD 600 Milliar atau Rp. 6000 Trilliun atau 6 kali APBN Indonesia. Total dana PRUDENTIAL Indonesia Rp. 10 Trilliun. Asuransi PRUDENTIAL adalah asuransi perlindungan jiwa yang selalu mengganti klaim nasabah yang Sakit Jantung, Kanker, Stroke, Kecelakaan dan lain-lain. Bila Anda menabung Rp.1 Juta perbulan, Anda akan mendapatkan uang pertanggungan Rp. 200 Juta dan Rp 1 Juta perbulan bila sakit sampai Anda usia 65 Tahun. Bila menabung Rp. 2 Juta-Rp 5 Juta perbulan Anda mendapatkan uang pertanggungan Rp. 400 Juta-1 Milliar bila meninggal, sakit Stroke, Jantung, Kanker, Kecelakaan dan sakit kritis lain dan Rp. 2 Juta-5 Juta perbulan setelah sakit sampai Anda usia 65 Tahun. Apabila setelah membayar premi asuransi anda tidak sakit uang dapat ditarik kembali ditambah bunga 15% pertahun. Ilustrasi : Pak Ali usia 40 Tahun ikut Asuransi PRUDENTIAL dengan menabung Rp. 1 Juta perbulan selama 10 Tahun. Jangka waktu klaim sampai uang turun adalah 4-14 hari. Perlindungan berlaku mulai bulan ke 3 setelah Pak Ali menabung sudah tersedia dana darurat dari PRUDENTIAL Rp. 500 Juta.
    ? Pak Ali mengalami Sakit kritis maka akan menerima Rp. 150 Juta ditambah tabungan bunga 15%.
    ? Pak Ali setelah Sakit kritis jadi lumpuh atau meninggal dunia, ahli warisnya akan menerima lagi Rp. 150 Juta.
    ? Pak Ali mendadak lumpuh akan menerima Rp. 200 Juta ditambah tabungan bunga 15%.
    ? Pak Ali kecelakaan menjadi lumpuh atau meninggal akan menerima Rp. 400 Juta dan tabungan bunga 15%.
    Pak Ali mengalami sakit dan dirawat di rumah sakit akan dibiayai PRUDENTIAL Rp. 350.000 perhari. Bila masuk ICU akan dibiayai PRUDENTIAL Rp. 700 Ribu perhari. Bila Pak Ali operasi akan dibiayai PRUDENTIAL Rp. 10 Juta-Rp. 48 Juta per sekali operasi. Setelah bulan ke 3 Pak Ali mengalami sakit, kecelakaan, lumpuh, PRUDENTIAL akan menabungkan Rp. 1 Juta perbulan ke rekening Pak Ali dan Pak Ali tidak perlu menabung lagi. Bila Pak Ali sehat walafiat tanpa sakit, kecelakaan, meninggal pada usia 50 Tahun Pak Ali berhenti menabung Rp. 1 Juta perbulan tetapi perlindungan tetap ada dan Pak Ali dapat mengambil Rp. 120 Juta tabungan plus bunga total Rp. 145 Juta, pada umur 55 Tahun Pak Ali mendapat Rp. 120 Juta tabungan plus bunga total Rp. 250 Juta, pada umur 60 Tahun Pak Ali mendapat Rp. 120 Juta plus bunga total Rp. 500 Juta. Pada umur 65 Tahun Pak Ali mendapat Rp. 120 Juta plus bunga total Rp. 800 Juta Pada umur 70-80 Tahun Pak Ali mendapat Rp. 120 Juta plus bunga total Rp. 2,8 Milliar-5,5 Milliar. Bila Pak Ali tidak sabar bisa saja di usia 50 Tahun Pak Ali menjual polis asuransinya Rp. 1 Milliar dengan asumsi 20 Tahun lagi pembeli mendapatkan Rp. 5 Milliar tentu banyak yang beminat. Bila Pak Ali menabung Rp. 500 Ribu perbulan manfaat yang diterima separuh manfaat ilustrasi diatas. Bila Pak Ali menabung Rp. 2 Juta perbulan manfaat yang diterima 2 kali lipat, bila Rp. 4 Juta perbulan manfaat yang diterima 4 kali lipat ilustrasi diatas. Tertarik ? hubungi (Nama, Usia, Alamat dan Waktu bisa bertemu ke Vie_virgin89@yahoo.co.id akan datang ke tempat Anda dan presentasi 15 menit).

  24. PRUDENTIAL sebuah Perusahaan Asuransi yang berdiri tahun 1848 di Inggris dan 1995 di Indonesia merupakan perusahaan Asuransi terbesar di dunia dan di Indonesia berdasarkan majalah luar negeri Forbes, Fortune 500 dan majalah dalam negeri Investor tahun 2002-2008. Jaringan PRUDENTIAL ada di Amerika Serikat, Uni Eropa dan 12 Negara besar Asia. Total Dana PRUDENTIAL di dunia USD 600 Milliar atau Rp. 6000 Trilliun atau 6 kali APBN Indonesia. Total dana PRUDENTIAL Indonesia Rp. 10 Trilliun. Asuransi PRUDENTIAL adalah asuransi perlindungan jiwa yang selalu mengganti klaim nasabah yang Sakit Jantung, Kanker, Stroke, Kecelakaan dan lain-lain. Bila Anda menabung Rp.1 Juta perbulan, Anda akan mendapatkan uang pertanggungan Rp. 200 Juta dan Rp 1 Juta perbulan bila sakit sampai Anda usia 65 Tahun. Bila menabung Rp. 2 Juta-Rp 5 Juta perbulan Anda mendapatkan uang pertanggungan Rp. 400 Juta-1 Milliar bila meninggal, sakit Stroke, Jantung, Kanker, Kecelakaan dan sakit kritis lain dan Rp. 2 Juta-5 Juta perbulan setelah sakit sampai Anda usia 65 Tahun. Apabila setelah membayar premi asuransi anda tidak sakit uang dapat ditarik kembali ditambah bunga 15% pertahun. Ilustrasi : Pak Ali usia 40 Tahun ikut Asuransi PRUDENTIAL dengan menabung Rp. 1 Juta perbulan selama 10 Tahun. Jangka waktu klaim sampai uang turun adalah 4-14 hari. Perlindungan berlaku mulai bulan ke 3 setelah Pak Ali menabung sudah tersedia dana darurat Rp. 500 Juta dari PRUDENTIAL.
     Pak Ali mengalami Sakit kritis maka akan menerima Rp. 150 Juta ditambah tabungan bunga 15%.
     Pak Ali setelah Sakit kritis jadi lumpuh atau meninggal dunia, ahli warisnya akan menerima lagi Rp. 150 Juta.
     Pak Ali mendadak lumpuh akan menerima Rp. 200 Juta ditambah tabungan bunga 15%.
     Pak Ali kecelakaan menjadi lumpuh atau meninggal akan menerima Rp. 400 Juta-Rp. 600 Juta dan tabungan bunga 15%.
    Pak Ali mengalami sakit dan dirawat di rumah sakit akan dibiayai PRUDENTIAL Rp. 350.000 perhari. Bila masuk ICU akan dibiayai PRUDENTIAL Rp. 700 Ribu perhari. Bila Pak Ali operasi akan dibiayai PRUDENTIAL Rp. 10 Juta-Rp. 48 Juta per sekali operasi. Setelah bulan ke 3 Pak Ali mengalami sakit, kecelakaan, lumpuh, PRUDENTIAL akan menabungkan Rp. 1 Juta perbulan ke rekening Pak Ali dan Pak Ali tidak perlu menabung lagi. Bila Pak Ali sehat walafiat tanpa sakit, kecelakaan, meninggal pada usia 50 Tahun Pak Ali berhenti menabung Rp. 1 Juta perbulan tetapi perlindungan tetap ada dan Pak Ali dapat mengambil Rp. 120 Juta tabungan plus bunga total Rp. 145 Juta, pada umur 55 Tahun Pak Ali mendapat Rp. 120 Juta tabungan plus bunga total Rp. 250 Juta, pada umur 60 Tahun Pak Ali mendapat Rp. 120 Juta plus bunga total Rp. 500 Juta. Pada umur 65 Tahun Pak Ali mendapat Rp. 120 Juta plus bunga total Rp. 800 Juta Pada umur 70-80 Tahun Pak Ali mendapat Rp. 120 Juta plus bunga total Rp. 2,8 Milliar-5,5 Milliar. Bila Pak Ali menabung Rp. 500 Ribu perbulan manfaat yang diterima separuh manfaat ilustrasi diatas. Bila Pak Ali menabung Rp. 2 Juta perbulan manfaat yang diterima 2 kali lipat, bila Rp. 4 Juta perbulan manfaat yang diterima 4 kali lipat ilustrasi diatas. Tertarik ? Hubungi vie_virgin89@yahoo.co.id

  25. mw tanya, bs sebutin contoh perusahaan lokal and asing yg bs menggaji fresh graduate teknik minimal gaji pokok 3-4jt/bulan n posisinya, selain oil n gas company ?
    thnx

  26. Satu lagi. Fresh Graduate BI yang S1 dibayar 7 jt/ bln. Tapi tesnya sulitnya luar biasa n msh ada KKN.

    Yg penting sekarang gimana cara kita nyari penghasilan diluar dgn memaksimalkan potensi. Intinya kita jadi marketing bg diri sendiri.
    Meski gaji saya di BUMN gak nyampe 2 jt sebulan, tapi saya bisa byr cicilan rmh lebih dari 1 jt sebulan + ikut Asuransi dan bisa ngidupin keluarga lho…:)

    Masak mau jadi ‘buruh’ terus mas… Heeheehe
    Lagian perusahaan swasta yg disebutin papabonbon diatas relatif gak kebal krisis dan bisa saja setiap saat mem-PHK karyawan.

  27. Country – Entity
    External Debt
    (million US$)
    External Debt
    Per Capita (US$)
    External debt (% of GDP)
    United States[1]
    $13,703,567
    $42,343
    99.95%
    United Kingdom
    $10,450,000
    $174,167
    374.96%
    Germany
    $4,489,000
    $54,604
    159.92%
    France
    $4,396,000
    $68,183
    211.86%
    Netherlands
    $2,277,000
    $136,795
    352.75%
    Ireland
    $1,841,000
    $448,032
    960.86%
    Japan
    $1,492,000
    $45,287
    34.93%
    Switzerland
    $1,340,000
    $509,529
    441.95%
    Belgium
    $1,313,000
    $126,202
    348.74%
    Spain
    $1,084,000
    $176,019
    79.65%
    Italy
    $996,300
    $124,049
    55.35%
    Australia
    $826,400
    $38,798
    106.91%
    Canada
    $758,600
    $35,574
    59.69%
    Austria
    $752,500
    $90,289
    233.70%
    Sweden
    $598,200
    $65,048
    176.72%
    Hong Kong
    $588,000
    $84,445
    200.48%
    Denmark
    $492,600
    $89,853
    242.30%
    Norway
    $469,100
    $98,530
    190.23%
    China
    $363,000
    $271
    5.11%
    Russia
    $356,500
    $2,500
    17.00%

  28. Terimakasih sudah repot-repot membuat puluhan website dan blog anti Islam. Itu menunjukkan ketakutan akan kebesaran Islam. Pagi-Siang-Malam terus berkutat bekerja keras sampai menstuasi mencari kelemahan Islam. Padahal orang normal pasti bekerja mencari sesuap nasi. Tapi orang stress dan gila karena rasa minder dipersepsikan kafir dan pasti masuk neraka malah sibuk membuat website aneh. Sementara Islam dengan citranya yang bersih semakin berkibar. Mirip Pemilu 2004 dan 2009 dimana partai yang merasa kecil, busuk dan minder pasti sibuk menyerang partai yang melejit. Misi pembuat blog/website bukan karena ketulusan ingin menyelamatkan Muslim namun bernuansa kebencian dan iri. Karena penuh dengan kata kasar seperti pedofil, pengecut, dll. Pertanda ada emosi seperti sifat setan. Kesal dipersepsikan sebagai orang kafir. Tapi percuma karena 200 Juta umat Islam Indonesia tidak tahu blog ini dan tetap beribadah tenang bahagia merasa paling benar agamanya dan menganggap orang kafir itu kafir, hanya sekian ribu umat Islam yang pernah melihat blog ini dan sebagian besar tetap Islam dan tertawa melihat orang kafir kesetanan. Dapat salam dari Craig Owensby mantan pendeta kristen AS yang punya jutaan pengikut dan gaji tetap jutaan dollar ditambah stasiun tv pribadi tetapi Craig Owensby pindah Islam dan komentarnya yang terkenal : “ 90% orang kristen Amerika tidak percaya Yesus yang tidak bisa membebaskan diri dari kayu salib adalah Tuhan. Yesus malah berteriak kenapa ALLAH meninggalkan aku!”. Jangan lupa salam dari si cantik artis Angelina Sondakh dan si tampan artis Steve Emmanuel yang sudah pindah Islam. Tidak masalah ada orang Islam murtad itu justru peningkatan kualitas Iman. Lebih baik sedikit berkualitas daripada banyak tetapi imannya rendah. Jumlah total orang Islam 1,2 Milliar yang murtad hanya berapa juta orang ? itupun masih berdasarkan sumber yang tidak jelas. Itu masih kecil seharusnya lebih banyak lagi yang murtad agar Islam bersih dari orang munafik. Eh malah lebih banyak lagi orang kafir AS-Eropa yang masuk Islam. Menuh-menuhin surga aja, harusnya di luar Islam saja mereka biar masuk neraka. Bila umat Islam murtad karena tidak kuat dengan ritual Islam yang berat sehingga setan ditubuhnya bergejolak meminta pindah agama yang lebih santai, permisif, ritualnya tidak berat. Apalagi dapat iming-iming materi. Orang yang pindah Islam biasanya berdidikasi tinggi dan ikhlas karena ritual agama sangat berat. Dewi Bulan-Vikramaditya hanya cerita rekaan berdasarkan sumber yang tidak jelas. Perilaku Nabi Muhammad yang menyimpang hanya didapat dari cuplikan segelintir hadis yang tidak jelas. Ada ribuan hadis menceritakan keluhuran budi, sifat jujur, pemaaf, dilempari batu tetapi sabar dari Nabi Muhammad. Termasuk mukjizatnya membelah bulan, isra miraj terbang ke langit dengan bouraq yang disaksikan ratusan rombongan orang Arab yang bepergian. Nabi Muhammad bisa menceritakan keadaan negara lain. 10-30 Ayat AlQuran dipilih yang sekirannya menyudutkan Islam. Tapi ada ribuan Ayat AlQuran tentang siklus air, orbit, tata surya, ramalan masa depan yang terjadi, siklus makhluk hidup, ilmu biologi, fisika, hukum tata negara, cinta kasih, ekonomi islam, pembelaan budak dan rakyat kecil yang tidak dicantumkan. Ritual Islam mirip Hindu-Buddha itu membuktikan ritual itu memang dahulu kala pernah ada pada jaman Nabi Ibrahim namun disalahgunakan. Islam datang dan meluruskan tata cara ritual itu. ALLAH memiliki kesamaan nama dengan dewa jaman dahulu hanya menurut perkiraan sumber yang tidak punya mesin waktu. Dzulqarnain bukan Alexander Agung diperkirakan itu Cyrus the Great atau itu seseorang bernama Dzulqarnain yang hidup pada masa Nabi Ibrahim. A membagi warisan pada anak dan istri 50%, pada orang tuanya 50%, pada saudara dekat 50%, pada saudara jauh dan tetangga 100%. Menurut orang bodoh itu salah karena jumlahnya 250% tetapi kata orang bijak warisan A Rp. Millliar, 50% atau Rp. 500 Juta diberikan kepada anak-istri, sisa Rp. 500 Juta yang 50% atau Rp. 250 Juta untuk orang tuanya, sisa Rp. 250 Juta yang 50% Rp. 125 Juta untuk saudara dekat, sisa Rp. 125 Juta sebesar 100% atau semuanya diberikan kepada saudara jauh. Kisah Seven Sleepers tidak ada yang bisa membuktikan itu nyata tetapi juga tidak ada bukti itu hanya legenda. 309 tahun menurut AlQuran tetapi AlQuran tidak menulis kisah itu dari periode raja apa. Para sejarahwan yang menyimpulkan kisah itu terjadi pada periode raja apa belum tentu benar. Nabi Ibrahim orang Yahudi sehari-hari berbahasa Yahudi tetapi bila berdoa memakai bahasa Arab seperti sekarang orang Islam dari negara apapun pakai bahasa Arab. Dalam AlQuran lebih banyak ayat teguran ALLAH kepada Nabi Muhammad SAW daripada pujian artinya tidak mngkin Nabi Muhammad menegur dirinya sendiri. Nabi Muhammad menurut Islam adalah manusia biasa yang bisa sakit dan berbuat dosa sama seperti Yesus yang katanya Tuhan tetapi berteriak merengek kesakitan disalib. Ribuan ayat AlQuran berisi larangan berbuat jahat, mengikuti setan, mengutuk setan dan norma perbuatan baik. Tidak mungkin setan menghujat dirinya. Hanya 10-30 ayat AlQuran berisi tentang isi surga wanita cantik kulit putih namun tidak pernah dituliskan mereka ada untuk melayani. Sama seperti perusahaan Perbankan atau Mall atau kantor Telkomsel yang penuh orang kulit putih bukan karena mesum namun bila penjaganya orang kulit hitam jelek busuk seperti wanita Jawa, Ambon, NTT dan Papua tidak ada yang mau pergi ke Surga atau kantor bank/telkomsel/malll. Menurut sebagian hadis Nabi Muhammad menikah dengan anak usia 6-9 tahun Aisyah namun ada hadis lain yang mengatakan Aisyah berusia 12-17 tahun. Tidak ada mesin waktu guna melihat dengan MATA KEPALA SENDIRI hanya dugaan. Bila benar menikah dengan anak usia 6 tahun sebetulnya itu wajar di jaman dahulu. Di jaman sekarang normanya sudah berbeda. Islam malah menganjurkan seks bukan melarang karena itulah gunanya penis-vagina diciptakan. Bila semua orang tidak menikah maka umat manusia akan punah. Di AS-Eropa melarang poligami tetapi homoseksual, pelacuran, lesbi, klub seks malah bebas. Tidak ada yang salah dengan poligami. Ada sedikit ayat AlQuran yang berisi perintah membunuh orang kafir sama seperti kitab pidana hukum konvensional juga mencantumkan pemberantasan kejahatan dan hukuman mati bagi penjahat kelas kakap. Dalam AlQuran yang dibunuh adalah orang kafir yang jahat mereka yang tersinggung karena merasa kafir dan jahat. Nabi Nuh pernah ditentang umatnya dan umat itu mendapat banjir, kota sodom dan gomora juga kafir jadi dihukum hujan batu dan gempa, Firaun dan pengikutnya juga kafir jadi ditenggelamkan di laut. Adalah sifat ALLAH yang MAHA MENGADILI mereka yang tidak taat. Sama seperti azab krisis ekonomi di AS-Eropa, kebakaran hutan di Australia, gempa di Italia, dan badai Catrina sekaligus banjir di AS. Umat Islam banyak yang keras dan fanatik pertanda kecintaan dalam dan keyakinan kuat terhadap agamanya. Termasuk keberanian untuk meninggal. Umat agama lain pengecut, takut mati karena hati nuraninya tidak yakin. Tarik nafas dalam-dalam jangan emosi, sabar.
    Anda tidak pernah menyaksikan sendiri Nabi Muhammad membunuh orang atau berbuat tidak senonoh. Anda hanya tahu dari sebuah sumber yang belum tentu benar. Sumber lain yang menceritakan mukjizat tidak anda percaya. Manusia terbuat dari air, tanah dan darah sekilas tidak konsisten namun coba perhatikan mobil terbuat dari baja/besi, karet, plastik mana yang benar ? semua benar baja/besi untuk membuat rangka, karet membuat ban, plastik membuat interior mobil. Manusia terbuat dari tanah yang 70% bagian tubuh adalah air dan tersusun atas segumpal darah atau DNA. Berapa banyak teroris Islam ? Bandingkan dengan jumlah orang Islam tidak ada 1%. Mahasiswa kafir AS-Eropa sering menembaki temannya sendiri di kampus karena kesurupan setan, Diktator dunia yang pernah membunuh puluhan juta orang adalah kafir Eropa seperti Hitler, Stalin, Causesco. Lebih banyak dari diktator muslim. Siapa yang membom atom Jepang dan menewaskan ratusan juta orang pada Perang Dunia 1-2, perang Korea-Vietnam ? Orang kafir. Menurut Davinci Code umat kristen Eropa membunuh jutaan penganut pagan saat perang kristen vs pagan termasuk membakar ribuan wanita hidup-hidup. Davinci Code buku terlaris dunia dan kristen yang mayoritas umatnya lemah iman tidak bisa apa-apa. Islam masuk ke Mekkah dengan puluhan ribu pasukan tetapi damai. Hati-hati jika anda mempercayai Islam dan teryata Islam salah tidak masalah karena tidak ada agama lain yang mengklaim paling benar dan selain penganutnya masuk neraka. Islam mengklaim agama paling benar dan diluar Islam masuk neraka. Bagaimana bila Islam yang benar ? Islam tidak pernah mendasarkan kebenaran agama pada prestasi duniawi penganutnya tidak seperti agama kafir yang sukses duniawi tapi masuk neraka. AlQuran tidak ada dokumen tertua karena kitab ini bisa dihafalkan, Islam satu-satunya agama yang umatnya terbanyak hafal kitabnya. Pemuka Agama kafir tidak hafal kitabnya sendiri dan harus membaca catatan saat memberi khotbah. Hitungan sains dalam AlQuran salah menurut sumber tertentu yang tidak bisa dipastikan sumber itu yang benar. Apa anda punya mesin waktu dan sudah melihat dengan MATA KEPALA ANDA SENDIRI ada apa di MASA NABI-NABI ? Semuanya masih perkiraan dan tebakan. COBA ANDA HITUNG JARAK MATAHARI-BUMI-BULAN SENDIRI ? TIDAK ADA YANG BISA ! HANYA CORET-CORETAN ANGKA PERKIRAAN DI ATAS KERTAS.
    Orang Arab kulitnya putih- hidung mancung dan tampan-cantik. Beda dengan orang Ambon, Jawa, Papua, NTT yang kafir dan berkulit hitam-pesek jelek mirip wajah iblis calon penghuni neraka. Nama Yesus mirip Zeus dewa Yunani kuno bahkan wajahnya juga mirip. Sama-sama jelek. Buku Davinci Code menelanjangi keburukan kafir. Mulai dari ritual pagan, alkitab yang palsu sampai ritual gereja dari setan. Coba bayangkan apa Yesus pernah mengajarkan umatnya menyembah patung dirinya sendiri dalam keadaan disalib dan telanjang ? Ritual itu dari manusia biasa yang dirasuki setan. Dasar agama porno menyembah orang telanjang. Dasar penyembah berhala. Semua agama selain Islam memiliki ciri sama : terdapat berhala dalam rumah ibadahnya, berlutut dan memohon pada berhala dan ritual ibadahnya muluk-muluk butuh banyak instrumen seperti dupa, minyak, roti, anggur, tongkat, bel, bunga khas penganut pagan. Ritual Islam penganutnya bersih karena wudhu, ritual agama lain penganutnya tidak bersuci sehingga bau najis. Mekkah dihadiri 3 juta orang beriman yang suci dengan ritual yang membuat menangis terharu dan orang kafir dilarang masuk Mekkah-Madinah. Vatikan ritual tidak bermutu berkumpul di lapangan dan tertawa dihadiri pasangan kumpul kebo, mafioso dan pengusaha keuangan yang membuat krisis di AS-Eropa. Cadangan minyak bumi terbesar di dunia di Arab Saudi 250 Milliar barrel dengan nilai ekonomis 12,5 Trillliun Dollar. Wilayah Arab Saudi, Iran, Iraq, Qatar, Kuwait, Uni Emirat Arab, Iraq dengan penduduk kurang dari 200 Juta orang punya total cadangan gas alam 2500 Trilliun kaki kubik dan cadangan minyak dunia 750 Milliar barrel dengan total nilai ekonomis USD 70 Trilliun. Dengan harga gas alam dan minyak bumi berdasarkan harga sekarang dalam belasan tahun mendatang harga minyak dan gas alam semakin naik. Amerika-Eropa dengan penduduk 1,5 Milliar orang kafir kekayaan minyak, gas alam dan batubara nilainya kurang dari USD 35 Trillun. Dengan kerakusan Amerika-Eropa maka terpaksa mengemis ke negara timur tengah untuk memberi energi. Tanpa kebaikan hati negara timur tengah yang sebetulnya bisa mengolah sendiri minyak dan gasnya, 1,5 Milliar orang kafir Amerika-Eropa akan mati kedinginan, mobil, mesin perang, mesin pabrik, listrik tidak bisa bergerak. Meskipun Amerika-Eropa mati-matian menggunakan tenaga Nuklir tetap saja butuh minyak. Di Amerika-Eropa terdapat puluhan ribu rumah bordil dengan jutaan WTS kafir, transaksi Narkoba bebas, penyakit AIDS merajalela, belum lagi mafia, obat bius dan motonya : Salib, Payudara, Darah dan Narkoba. Berdasarkan wikipedia dana kekayaan negara (Souverignity Wealth Fund) Abu Dhabi terbesar punya USD 875 Milliar atau USD 1 Juta per penduduk, Qatar punya USD 60 Milliar atau USD 250 Ribu per penduduk, berdasarkan data hutang negara, 20 negara penghutang terbesar adalah negara penduduk kafir yang sekarang semakin terjepit dengan sistem kapitalisme kafir yang berdasarkan saham, judi dan spekulasi. Ditambah tipuan investasi ala Yahudi Madoff yang membuat negara kafir makin merasakan azab Tuhan. Negara AS sudah bangkrut karena 10 juta rumah yang disita bank. Sedangkan Arab yang ekonomi Islam bersih tetap selamat apalagi didukung minyak dan gas pemberian Tuhan. Benar benar negara kafir. Orang Amerika-Eropa bau daging busuk.
    Negara kafir Amerika-Eropa-Australia sering terkena bencana alam seperti badai catrina yang menyapu jutaan rumah dan ribuan orang tewas itulah azab Tuhan. Negara Arab belum ada bencana, kecuali Iran yang memang banyak muslim murtad. Negara Arab tidak membuat senjata canggih seperti Israel, Eropa, AS karena Arab cinta damai, tidak berpikiran untuk membunuh apalagi berperang. AS-Eropa-Israel adalah bangsa kafir pembunuh sehingga menciptakan banyak senjata. Arab terpaksa membeli mesin perang tetapi bila digabung mesin perang Arab sekarang ini lebih banyak dari gabungan mesin perang Eropa dan Israel. TIPS MENGUJI AGAMA : COBA ANDA BERDIAM DI KUBURAN ATAU TEMPAT ANGKER DAN BILA DIDATANGI MAKHLUK HALUS COBA DOA AGAMA SELAIN ISLAM PASTI SEMAKIN BANYAK YANG MENDEKATI ANDA BAHKAN MENARI TERTAWA MENDENGAR DOA AGAMA LAIN SEPERTI LAGU SETAN, BILA DIBACA DOA ISLAM PASTI TERBAKAR……BILA ANDA BERIBADAH DENGAN RITUAL AGAMA LAIN HASILNYA KOSONG BILA DENGAN CARA ISLAM DILAKUKAN RUTIN PASTI DAMAI, MENANGIS, DAN TENANG. KEBANYAKAN ROH GENTAYANGAN ADALAH UMAT NON ISLAM, KAUM ATHEIS KOMUNIS, PENYEMBAH BERHALA DAN PENGIKUT AJARAN NENEK MOYANG TERUTAMA KEJAWEN. GAIB ITU MEMANG EKSIS!!
    Jangan nangis dan tidak usah di approve bila malu, cukup dibaca pembuat blog saja.

    • Dear Jihad
      Thank you atas dongeng kau yang menyesatkan dan kabur itu….urus lah ahklak dan iman mu dulu baru kau urus orang lain, jangan kau menjelekan agama dan tuhan orang lain, sementara Tuhan mu aja tidak mengakui dirimu…. bertobatlah

  29. ustahil Kristen Bisa Menjawab Oleh : H. Insan LS Mokoginta Mustahil Kristen Bisa Menjawab Oleh : H. Insan LS Mokoginta Pertanyaan Pertama Mana pengakuan Yesus di dalam Alkitab bahwa dia beragama Kristen? Semua pengikut Yesus pasti mengakui bahwa mereka beragama Kristen. Tetapi apakah ada di antara mereka bisa membe¬rikan bukti atau menunjukkan ayat-ayat yang tertulis di dalam Alkitab bahwa Yesus beragama Kristen? Pertanyaan seperti itu tampak sepele atau main-main, padahal kami benar-benar serius dan akan menepati janji bila ada diantara umat Kristiani atau dari agama manapun yang bisa memberikan bukti berupa ayat-ayatnya yang tertulis dalam Alkitab tentang pengakuan Yesus bahwa dia beragama Kristen. Jika Yesus ternyata bukan beragama Kristen, lalu apa nama agama Yesus yang sebenarnya? Siapa saja yang bisa menun¬jukkan bukti atau menunjukkan ayat-ayat yang benar-benar tertulis di dalam Alkitab (Bible), pengakuan Yesus bahwa dia beragama Kristen, maka kami sediakan hadiah sebesar Rp. 10.000.000.- (sepuluh juta) tiap pertanyaan. Banvak umat Kristiani tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Yesus bukan beragama Kristen dan yang menamakan agama itu `Kristen’ bukan Yesus, tapi Barnabas dan Paulus (Saulus) di Antiokhia. Perhatikan ayat-ayat Alkitab dibawah ini : “Setelah Barnabas datang dan melihat kasih karunia Allah, bersukacitalah ia. Ia menasihati mereka, supaya mereka semua tetap setia kepada Tuhan karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman. Sejumlah orang dibawa kepada Tuhan. Lalu pergilah Barnabas ke Tarsus untuk mencari Sauius; dan setelah bertemu dengan dia, ia membawanya ke Antiokhia. Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhia-lah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.’ (Kis 11:23-26) Ayat diatas membuktikan bahwa yang menamakan agama itu “Kristen’ bukan Yesus. tetapi Barnabas dan Paulus. Seumur hidupnya Yesus tidak pernah tahu kalau agama yang dibawanya dinamai Kristen, sebab nama “Kristen’ itu baru muncul jauh setelah Yesus mati. Timbul pertanyaan; kalau begitu kapan Yesus mati dan kapan agama yang dibawanva dinama Kfisten? Menurut data yang kami baca dalam beberapa buku yang ditulis oleh kalangan Kristen sendiri, diantara-nya dalam buku “Religions on File” Yesus lahir sekitar tahun 4 SM (Sebelum Masehi) dan wafat sekitar tahun 29 M (Masehi). Semen¬tara Paulus dan Barnabas memberi nama “Kristen” terhadap agama yang mereka bentuk, yaitu sekitar tahun 42 M. Ini berarti sekitar 13 tahun (42-29=13) setelah Yesus mati, baru muncul agama Kristen bentukan Barnabas dan Paulus. Didalam kitab suci agama Islam yaitu A1 Qur`an, tidak dijumpai satu pun kata “Kristen”, yang ada kata “Nashara” karena Yesus berasal dari kota Nazareth. Dan pengikut ajaran Yesus disebut “Nashrani” bukan Kristen. Bahkan didalam Alkitab itu sendiri, kata “Kristen’ hanya disebutkan paling banyak 6 (enam) kali, yaitu pada Kis 11:26, Kis 26:28, Rm 16:7, 1 Kor 9:5, 2 Kor 12:2 dan 1 Ptr 4:16) Pertanyaan Kedua Mana ajaran Yesus ketika berumur 13 sampai 29 tahun? Tidak semua umat Kristini mengetahu: bahwa cerita atau kisah tentang diri Yesus di dalam Alkitab ada banyak yang hilang Bahkan yang hilang itu, tidak tanggung¬tanggung, yaitu lebih separoh dari umur Yesus sendiri. Hampir dapat dipastikan, sebagian besar umat Kristiani yakin dan percaya bahwa Yesus mati pada usia sekitar 33 (tiga pulul¬tiga) tahun. Sementara didalam Alkitat (Bible), yang tertulis hanya kisah Yesus sejak dia dilahirkan sampai berumur 12 (dua belas) tahun, lalu menghilang ketika berumur 13 (tiga belasj tahun sampa: dengan 29 (dua puluh sembilan) tahun kemudian muncul lagi pada usia 30 (tiga puluh) tahun, dan mati pada usia 33 (tiga puluh tiga) tahun. Hilangnya kisah Yesus ketika beliau berumur 13 s/d 29 tahun, berarti selama 17 (tujuh belas) tahun kisah Yesus tidak ada atau hilang dan tidak tercatat di dalam Alkitab. Jika Yesus mati pada usia 33 tahun, sementara kisahnya ada yang hilang selama 17 tahun, berarti yang masuk kedalam Alkitab hanyalah kisah Yesus selama 16 tahun saja. Yesus dipercayai oleh umat Kristiani sebagai “Firman Yang Hidup”. Kalau begitu berarti ada sebagian besar atau lebih separuh dari umurnya ada “Firman Yang Hilang”. Bayangkan saja, 17 tahun adalah lebih separuh umurnya Yesus, hilang atau tidak tercatat dalam kitab Injil. Padahal pada usia 13 s/d 29 tahun merupakan usia Yesus ketika remaja menuju dewasa, dimana sudah barang tentu banyak sekali hal-hal atau peristiwa yang lebih berguna dan lebih besar yang mungkin saja beliau lakukan, tetapi tidak tercatat didalam Alkitab. Jadi sangatlah beralasan sekali bahwa Injil itu dikatakan tidak komplit atau sempurna, karena banyak bagian-bagian atau sisi-sisi lain yang pernah Yesus lakukan atau perbuat, tetapi tidak dicatat oleh para penulis Injl, karena kehilangan jejak atau kisahnya benar-benar hilang. Seandainya jika murid-murid Yesus yang 12 orang itu selalu mengikuti kemana saja Yesus berdakwah, tentu apa yang beliau lakukan atau sabdakan selama 17 tahun , mereka tulis dalam Injilnya bukan?? Timbul pertanyaan: Apakah yang dilakukan Yesus selama berumur 13 sampai dengan 29 tahun? 1. Menerima dan menulis wahyu Allah (mana dan apa saja bunyi wahyu tersebut?) 2. Mengajar dan berdakwah kemana-mana (apa saja yang diajarkannya) 3. Menulis Injil yang difirmankan kepada¬nya (Injil yang mana? Kan tidak ada Injil Yesus bukan?) 4. Membantu ibunya Maryam (memasak dan mencuci? rasanya tidak mungkin) 5. Tidak berbuat apa pun, hanya menunggu firman (Tuhan koq nganggur, pasif?) 6. Menikah / berumahtangga (mungkin saja, tapi tidak tercatat karena kisahnya selama 17 tahun hilang) 7. Membantu ayahnya Yusuf sebagai tukang kayu (Tuhan jadi tukang kayu?) 8. Nganggur saja, makan, tidur, tidak melakukan kegiatan apapun (Tuhan koq nganggur, tidak berkarya?) 9. Pergi mengembara (kemana saja pergi¬nya, dan apa yang dilakukannya?) 10. Kembali kepada Bapanya selama 17 tahun lalu turun lagi kebumi (mana ‘ buktinya?) Bukti-bukti Yesus berdakwah ketika berusia 12 dan 30 tahun: “Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu.” (Lukas 2:42) “Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur’ kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, la adalah anak Yusuf, anak Eli….” (Lukas 3:23) Lukas 2:42 diatas itu menceritakan kisah Yesus ketika dia memulai berdakwah dan mengikuti kajian yang disampaikan para alim ulama di dalam Bait Allah (Luk 2:46-49). Kemudian kisah beliau hilang samasekali ketika dia berumur 13 s/d 29 tahun, dan baru muncul kembali ketika beliau berumur 30 tahun, seperti yang tertulis dalam Injil Lukas 3:23 diatas tadi. Lukas 3:23 memberikan bukti kemun¬culan Yesus pada usia 30 tahun, kemudian beliau wafat dalam usia sekitar 33 tahun. Oleh sebab itu, seandainya ada umat Kristiani atau siapapun yang bisa memberi¬kan bukti-bukti tertulis dalam Alkitab (Bible) tentang kisah Yesus ketika beliau berumur sekitar 13 s/d 29 tahun, yaitu ketika beliau memasuki usia remaja sampai dewasa, kami sediakan hadiah cukup besar, sejumlah uang cash / tunai sebesar Rp. 10.000.000.- (sepuluh juta) Mungkin banyak sckali saudara¬saudara kita yang beragama Nashrani tidak menyangka dengan pertanyaan yang kelihatannya sepele, tetapi sebenarnya sangat berarti bagi keimanan dan kehidupan beragama, karena hal tersebut menyangkut keselamatan di dunia dan akhirat. Jika kami sebagai umat beragama Islam sangat mengkritisi kandungan Alkitab (Bible), hal itu wajar-wajar saja, sebab Al Qur`an banyak memberikan informasi tentang keberadaan Yesus (nabi Isa), Taurat, Zabur dan Injil, yang semua itu merupakan bagian dari keimanan kami, bahkan termasuk salah satu rukun iman bagi setiap muslim di seluruh dunia ini. Nah seharusnya umat Kristiani yang lebih pantas mengkritisi kandungan kitab sucinva bukan?? Pertanyaan Ketiga Pernahkah Yesus Mengatakan: “Akulah Allah Tuhanmu, maka sembahlah Aku saja” Pertanyaan yang ketiga ini sangat menantang bagi semua pihak, terutam: bagi umat Kristiani karena hampir semua umat Kristiani, rasanya tidak ada yang tidak menyembah kepada Yesus sebagai Tuhat dan juruselamat mereka. Mulai dari anak kecil, dewasa dan orang tua, mereka semu diajarkan bahwa Yesus adalah Tuhan ata Allah itu sendiri yang harus disembal Padahal setelah kami pelajari, kaji da dalami, ternyata tidak ada satu dalilpun di dalam Alkitab (Bible) itu sendiri diman Yesus pernah bersabda bahwa “Akulah Allah Tuhanmu, maka sembahlah aku saja.” Tidak ada!! Yang ada justru Yesus bersabda, “Sembahlah Allah Tuhanmu dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti. ° Ucapan atau sabda Yesus tersebut men berikan suatu pengertian kepada kita bahwa Yesus itu bukan Tuhan atau Allah yang harus disembah, karena dia hanyalah seorang Nabi atau Rasul. Untuk lebih jelasnya marilah kita simak kisah didalam Alkitab yaitu pada Injil Matius 4:8-10, yaitu ketika Yesus dicoba oleh Iblis sebagai berikut : “Dan Iblis membawanya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memper¬lihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya, dan berkata kepada¬Nya: “Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku. ” Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!” (Matius 4:8-10) Ayat-ayat tersebut adalah seputar kisah tentang percobaan di padang gurun ketika Yesus akan dicobai Iblis. Sebelumnya Iblis mencoba Yesus dengan menyuruh membuat batu-batu jadi roti, namun tidak berhasil, kemudian percobaan kedua Iblis menyuruh Yesus jatuhkan dirinya dari atas bubungan Bait Allah, namun tidak berhasil. Terakhir Iblis membawa Yesus kepuncak gunung yang tinggi dan menawarkan untuk diberikan kepada Yesus semua kerajaan dunia ini dan kemegahannya, asalkan Yesus mau sujud menyembah kepadanya. Pada percobaan yang ketiga inilah Yesus menghardik Iblis tersebut seraya berkata, “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!” Dari ucapan Yesus tersebut dapat kita pahami: 1. Iblis tahu bahwa Yesus mengajarkan Tauhid, yaitu menyembah hanya kepada Allah saja (laa ilaaha ilallaahu). 2. Terhadap Iblis saja Yesus perintahkan bahwa menyembah dan berbakti itu hanyalah kepada Allah saja, bukan lainnya, bukan juga pada dirinya. 3. Iblis tahu bahwa Yesus itu bukan Tuhan, sebab jika Yesus itu Tuhan, tentu kata¬kata Yesus sebagai berikut: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah aku Tuhan, Allahmu, dan hanya kepadaku sajalah engkau berbakti!” Yesus sendiri yang memberikan kesak¬sian bahwa menyembah dan berbakti itu, hanyalah kepada Allah, bukan kepada dirinya, mengapa justru Yesus itu yang dijadikan sesembahan oleh saudara¬saudara kita umat Kristiani? Dalam kitab suci Al Qur`an Nabi Isa as (Yesus) juga mengajarkan Tauhid, yaitu menyembah itu hanya kepada Allah saja, bukan kepada yang lainnya, bukan juga kepada dirinya. Perhatikan ucapan Nabi Isa as (Yesus) dalam Al Qur`an: Innallaaha huwa rabbii wa rabbukumfa`buduuhu haadzaa shiraathum mustaqiim “Sesungguhnya Allah Dialah Tuhanku dan Tuhan kamu, maka sembahlah Dia, inilah jalan yang lurus. ” Bahkan dalam kitab Taurat Musa Ulangan 6:4, dikatakan bahwa Tuhan itu Esa: “Dengarlah, hai orang Israel: Tuhan itu Allah kita, Tuhan itu esa!” Berdasarkan Taurat, Injil dan Al Qur`an, Tuhan yang disembah itu adalah Tuhan yang Esa, bukan Yesus yang disembah. Bahkan Yesus sendiri menyuruh menyem¬bah hanya kepada Allah yang dia sembah. Oleh sebab itu untuk pertanyaan yang ketiga ini, disediakan pula hadiah uang. tunai sebesar Rp. 10.000.000.- bila menemukan ayat dalam Alkitab (Bible), dimana Yesus mengatakan kepada para pengikutnya, “Akulah Allah, Tuhanmu, maka sembahlah aku saja”. Kami yakin siapapun tidak akan menemukannya. Tetapi jika menemukannya, silahkan hubungi kami untuk mengambil hadiah Rp 10.000.000. Seandainya tidak menemukannya berarti Yesus tidak pernah mengajarkan kepada umatnya bahwa dia adalah Tuhan atau Allah itu sendiri, yang harus disembah. Menyamakan Yesus dengan Tuhan atau Allah, adalah suatu perbuatan dosa, sebab baik Yesus maupun Allah, tidak mengajarkan seperti itu. Bahkan didalam Alkitab itu sendiri, Allah melarang siapa saja yang, menyamakan Dia dengan yang lainnya Perhatikan ayat Alkitab sebagai berikut: “Kepada siapakah kamu hendak menyamakan Aku, hendak membandingkan dan mengumpamakan Aku, sehingga kami sama? (Yesaya 46: 5) Pertanyaan Keempat Pernahkah Yesus Mengatakan: “Akulah yang mewahyukan Alkitab, Aku pula yang menjaganya” Semua umat Kristiani meyakini bahwa Alkitab itu 100% firman Allah. Menurut mereka, para penulis Alkitab itu semuanya di. ilhami oleh Roh Kudus ketika mereka menulis kitab tersebut. Kalau memang Alkitab itu benar-benar 100% firman Allah. tentu didalam Alkitab itu ada pernyataan dari Allah bahwa Dia-lah yang mewahyukan Alkitab itu, dan Dia pula yang menjaganya. Oleh sebab itu sangatlah wajar jika ada yang mempertanyakan mana dalilnya firman Allah didalam Alkitab yang mengatakan “Akulah yang mewahyukan Alkitab, dan Aku pula yang menjaganya. ” Jika pertanyaan seperti itu diajukan kepada Al Qur`an, maka Al Qur’an bisa memberikan kesaksian dan bisa berbicara bahwa dia benar-benar dari Allah. Tetapi bila pertanyaan tersebut ditujukan kepada Alkitab, maka kami sediakan hadiah sebesar Rp. 10.000.000.- untuk satu pertanyaan tersebut. Alkitab yang diantaranya terdiri dari Taurat, Zabur dan Injil, adalah nama-nama kitab suci yang banyak disebutkan oleh Al Qur`an. Bahkan ummat Islam wajib mengi¬maninya karena kitab-kitab tersebut adalah kitab-kitab yang pernah Allah turunkan kedunia ini. Taurat kepada Nabi Musa, Zabur kepada Nabi Daud, dan Injil kepada Nabi Isa. Karena Al Qur`an banyak menyebut-nyebut kitab-kitab tersebut, maka kami umat Islam juga mempelajari, apakah kitab-kitab yang dimaksud A1 Qur`an itu ialah seperti yang ada sekarang ini di tangan umat Kristiani. Dalam mempe¬lajarinya, kami justru menemukan begitu banyaknya ayat-ayat yang jelas-jelas berasal dari penulis kitab itu sendiri maupun orang lain, seperti contoh dibawah ini: “Dari Paulus, hamba Kristus Yesus, yang dipanggil menjadi rasul dan dikuduskan untuk memberitakan Injil Allah.” (Roma 1:1) “Dari Paulus, seorang rasul, bukan karena manusia, juga bukan oleh seorang manusia, melainkan oleh Yesus Kristus dan AIIah, Bapa, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati,…. (Galatia 1:1) “Teofilus yang mulia, Banyak orang telah berusaha menyusun suatu berita tentang peristiwa peristiwa yang telah ……. (Lukas 1:1) Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama aku menulis rentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus,…. (Kisah Rasul 1:1 ) “Salam dari Yakobus, hamba Allah dan Tuhan Yesus Kristus, kepada kedua belas suku di perantauan. “(Yakobus 1:1) “Dari Petrus, rasul Yesus Kristus, kepada orang-orang pendatang, yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil……. ” (1 Petrus 1: 1) “Dari penatua kepada Ibu yang terpilih dan anak-anaknya yang benar-benar aku kasihi. Bukan aku saja yang mengasihi kamu, tetapi juga semua orang yang telah mengenal kebenaran….. ” (2 Yohanes 1:1) “Dari Yudas, hamba Yesus Kristus dan saudara Yakobus, kepada mereka, yang terpanggil, yang dikasihi dalam Allah Bapa,…..” (Yudas 1:1) Contoh dari semua ayat-ayat Alkitab tersebut jelas sekali itu berasal dari si penulis kitab itu sendiri. Siapa pun yang membacanya, akan mengatakan bahwa itu tulisan sipenulisnya. Makanya tidaklah keliru jika dikatakan bahwa Alkitab itu adalah 100% kitab Ilahi, dan 100% kitab Insani karena didalamnya bercampur antara firman Allah dan tulisan manusia dlsb. Dan hal itu merupakan suatu bukti yang tidak mungkin terbantahkan. Dalam meneliti, mempelajari dan mendalami kandungan Alkitab, kami tidak menemukan adanya ayat yang menjamin bahwa Alkitab itu benar-benar diturunkan oleh Allah dan Dia yang menjaganya. Karena itu kami menyediakan hadiah Rp. 10.000.000.¬ (sepuluh juta rupiah) bagi siapa pun yang bisa memberikan bukti tertulis didalam Alkitab apabila ada ayat yang berbunyi: “Akulah yang mewahyukan Alkitab, dan Aku pula yang menjaganya.” Berbeda dengan Al Qur`an, yang bisa bersaksi dan berbicara dari dirinya sendiri bahwa dia benar-benar berasal dari Allah. Bukan hanya satu ayat, tetapi ada sekian banyak ayat Al Qur`an yang memberikan kesaksian bahwa dia berasal dari Allah. Perhatikan ayat-ayat sebagai berikut: Alif laam raa tilka aavaatul kitaabil mubiin innaa anzalnaahu qur-aanan ‘arabiyyal la`allakum ta`qiluun. Alif laam raa. Ini adalah ayat-ayat Kitab (Al Qur’an) yang nyata. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya berupa Al Qur’an berbahasa Arab agar kamu memahaminya. Alif laam miim raa` tilka aayaatul kitaabi wal ladzii unzila ilaika mir rabbikal haqqu walaakinna aktsaran naasi laa yu’minuun. “Alif laam miim raa. Ini adalah ayat-ayat Al Qur’an, dan yang diturunkan kepada engkau dari Tuhanmu adalah benar, tetapi kebanyakan manusia tidak beriman.” (Qs 13 Ar Ra’du 1) Alif laam raa` kitaabun anzalnaahu ilaika li tukhrijan naasa minazh zhulu¬maati ilan nuuri bi idzni rabbihim ilaa shiraathil `aziizil hamiid. ” Alif laam raa, (inilah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya engkau mengeluarkan manusia dari gelap kepada terang dengan izin Tuhan mereka ke jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji.” (Qs 14 Ibraahim 1 ) Innaa nahnu nazzalnadz dzikra wa innaa lahuu la haafizhuun “Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Qur`an dan sesungguhnya Kami pula yang memeliharanya. ” (Qs 15 Al Hijr 9 Pertanyaan Kelima Mana perintah Yesus atau Tuhan untuk beribadah pada hari Minggu? Pertanyaan ini mungkin agak aneh dan bahkan dianggap sepele atau main-main saja. Padahal ini merupakan salah satu pertanyaan serius yang perlu dipikirkan, perlu diperhatikan, dan perlu dipertanyakan, karena menyangkut ritual yang secara terus menerus atau continue dilakukan dan diamalkan oleh hampir seluruh umat Kristiani di dunia. Melakukan ritual ibadah wajib secara terus menerus tanpa dalil atau perintah dari Allah, merupakan ibadah yang sia-sia. Padahal apa yang dilakukan itu akan diminta pertanggung jawaban dihadap Allah. Oleh sebab itu wajarlah jika kita tirtjau kembali, apakah yang kita lakukan selama ini benar-benar punya dalil atau dasar yang kuat dari kitab suci kita, ataukah itu hanya berasal dari perintah Inanusia biasa atau pendapat para pemim¬pin agamanya, kemudian mewajibkan para pengikutnya untuk melakukannya. Kalau hal seperti itu yang terjadi, kemudian di ikuti oleh para pengikutnya, maka itu berarti yang kita ikuti adalah ajaran manusia, bukan ajaran Allah. Contohnya, beribadah atau masuk gereja pada hari Minggu, ternyata tidak ada satu dalilpun didalam Alkitab yang menyuruh beribadah atau menjadikan hari Minggu sebagai hari yang harus dipelihara, disucikan atau dikuduskan. Oleh sebab itu bagi siapa saja yang bisa memberikan dalil yang tertulis dalam Alkitab bahwa ada perintah dari Allah untuk mengkuduskan, mensucikan atau menjadikan sebagai hari peristirahatan, maka kami sediakan hadiah tunai sebesar Rp. 10.000.000.¬(sepuluh juta) jika ada dalil di dalam Alkitab. Sebenarnya jika benar-benar mengikuti firman Allah dalam Alkitab, maka hari peribadatan itu ialah hari Sabat (Sabtu) bukan Minggu! Hari inilah (Sabat) yang ada dalilnya dalam Alkitab, bahkan perintah untuk memelihara, menjaga dan mengku¬duskannya, jelas sekali ada tertulis didalam Alkitab itu sendiri. Apalagi yang menulis perintah untuk mengkuduskan hari Sabat adalah Allah itu sendiri, yang telah meno¬reh diatas kedua loh batu. Bahkan kedua loh batu tersebut ditulis dengan jari tangan Allah sendiri, lalu Dia sendiri yang menyerahkan kepada Nabi Musa as untuk disampaikan dan diajarkan kepada kaumnya. Simak ayat frman Allah dalam Alkitab sebagai berikut: “Setelah itu berpalinglah Musa, lalu turun dari gunung dengan kedua loh hukum Allah dalam tangannya, loh-loh yang bertulis pada kedua sisinya; bertulis sebelah-menyebelah. Kedua loh itu ialah pekerjaan Allah dan tulisan itu ialah tulisan Allah, ditukik pada loh-loh itu. ” (Ke132:15-16) Sungguh ironis sekali, ternyata perin¬tah Allah untuk menjaga, memelihara dan mengkuduskan hari Sabat, ternyata dilang¬gar dan juga tidak dipatuhi lagi oleh hampir semua umat Kristiani di dunia, kecuali sebagian kecil sekte Advent. Padahal kalau kita baca dalam Alkitab, ternyata ada ancaman yang sungguh mengerikan, yaitu ancaman hukuman mati bagi mereka yang tidak memelihara dan yang melanggar kekudusan hari Sabat. Coba kita simak ancaman Allah bagi yang tidak memelihara dan mengkususkan hari Sabat. “Berfirmanlah Tuhan kepada Musa: “Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah Tuhan, yang menguduskan kamu. Haruslah kamu pelihara hari Sabat, sebab itulah hari kudus bagimu; siapa yang melanggar kekudusan hari Sabat itu, pastilah ia dihukum mati, sebab setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari itu, orang itu harus dilenyapkan dari antara bangsanya.” (Ke131:12-14) Yang lebih menarik lagi yaitu, ternyata Yesus seumur hidupnya tidak pernah mengkuduskan hari Minggu. Seumur hidupnya Yesus selalu mengkuduskan hari Sabat dan setiap mengajar selalu pada hari Sabat. Yesus tidak pernah satu kalipun menganjurkan untuk beribadah atau mengkuduskan hari Minggu. Sekali lagi jika ada dalil dalam Alkitab Yesus atau Allah menyuruh mengkuduskan hari Minggu, kami sediakan hadiah Rp. 10.000.000. (sepuluh juta) bagi siapa saja yang bisa memberikan dalilnya. Perhatikan hari apa yang Yesus kudus¬kan di dalam Alkitab, hari Sabtu atau hari Minggu? Lukas 4:16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat (Sabtu) la masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab. Markus 1:21 Mereka tiba di Kapernaum. Setelah hari Sabat mulai, Yesus segera masuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar. Markus 6:2 Pada hari Sabat Ia mulai mengajar di rumah ibadat dan jemaat yang ‘ besar takjub ketika mendengar Dia dan mereka berkata: “Dari mana diperoleh-Nya semuanya itu? Hikmat apa pulakah yang diberikan kepada-Nya? Dan mujizat-mujizat yang demikian bagaimanakah dapat diadakan oleh tangan-Nya? Lukas 4:16 Ia (Yesus) datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan¬Nya pada hari Sabat la masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Al kitab. Lukas 4:31 Kemudian Yesus pergi ke Kapernaum, sebuah kota di Galilea, lalu mengajar di situ pada hari-hari Sabat. Lukas 6:6 Pada suatu hari Sabat lain, Yesus masuk ke rumah ibadat, lalu mengajar. Di situ ada seorang yang mati tangan kanannya. Lukas 13:10 Pada suatu kali Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat. Masih banyak ayat-ayat lainn-ya dimana Yesus memelihara dan mengkuduskan hari Sabat, tapi dari 7 (tujuh) ayat tadi saja, sudah lebih dari cukup memberikan bukti¬bukti kepada kita bahwa sesungguhnya menurut Alkitab, hari yang diperintahkan untuk di ibadati, dipelihara, dan dikudus¬kan adalah hari Sabat (Sabtu) bukan Minggu !! Yesus tetap memelihara dan mengkuduskan Sabat, sebab dia yakin bahwa apa yang Allah tetapkan untuk berlaku kekal, tidak mungkin dibatalkan olehnya. Yesus sangat yakin dengan janji Allah bagi yang memelihara hari Sabat. Mari kita renungkan janji Allah bagi yang memelihara dan mengkuduskan hari Sabat. “Apabila engkau tidak menginjak-injak hukum Sabat dan tidak melakukan urusanmu pada hari kudus-Ku; apabila engkau menyebutkan hari Sabat “hari kenikmatan”, dan hari kudus Tuhan “hari yang mulia”; apabila engkau menghormatinya dengan tidak menjalankan segala acaramu dan dengan tidak mengurus urusanmu atau berkata omong kosong, maka engkau akan bersenang-senang karena Tuhan, dan Aku akan membuat engkau melintasi puncak bukit-bukit di bumi dengan kendaraan kemenangan; Aku akan memberi makan engkau dari milik pusaka Yakub, bapa leluhurmu, sebab mulut Tuhan-lah yang mengatakannya. ” (Yesaya 58:13-14) Bukankah ayat-ayat tersebut memberi¬kan bukti bahwa sesungguhnya tidak ada satu perintah di dalam Alkitab masuk geieja hari Minggu atau mengkuduskan hari Minggu. Bahkan seumur hidup Yesus hanya beribadah pada hari Sabat (Sabtu) bukan Minggu. Ternyata hari Minggu dikuduskan karena menurut pendapat pemuka agamanya hari itu Yesus bangkit dari kuburnya Sekarang bagaimana dengan hari Minggu? Apakah ada perintah atau jaminan berkat bagi mereka yang mengkuduskan hari Minggu? 1. Allah tidak berhenti bekerja pada hari Minggu. 2. Allah dan juga Yesus tidak pernah memberkati hari Minggu. 3. Tidak ada hukum yang menyuruh memelihara hari Minggu. 4. Yesus tidak pernah memberkati hari Minggu. 5. Hari Minggu tidak pernah dikuduskan oleh Allah maupun Yesus. 6. Tidak ada pelanggaran hukum jika bekerja pada hari Minggu. 7. Tidak ada satu ayatpun dalam Alkitab yang melarang bekerja pada hari Minggu. 8. Tidak ada berkat yang dijanjikan bagi mereka yang memelihara hari Minggu. 9. Hari Minggu tidak pernah disebutkan dalam Alkitab sebagai hari ibadah bagi umat Kristiani. 10. Tidak pernah hari Minggu disebut sebagai hari perhentian. 11. Yesus tidak pernah menyinggung tentang hari Minggu. 12. Kata “Hari Minggu” bahkan tidak pernah muncul dalam Alkitab, kecuali disebut “pekan pertama minggu itu”, tapi bukan “Hari Minggu” dan hanya sekali disebutkan yaitu pada Kis 20:7, itupun hanya pertemuan dimalam hari, yaitu Sabtu malam. 13. Para nabi dan orang terdahulu tidak pernah memelihara hari Minggu. 14. Tidak ada ayat dalam Alkitab tentang perobahan Sabat jadi hari Minggu. 15. Tidak pernah Tuhan maupun Yesus berfirman bahwa ada dua hari Sabat yang dikuduskan dalam seminggu, yaitu hari Sabtu dan Minggu. 16. Tidak ada satupun perintah di dalam Alkitab yang menyuruh merayakan “hari kebangkitan” Yesus sebagai pengganti hari Sabat. 17. Tidak pernah Tuhan berfirman bahwa “hari kebangkitan” Yesus harus dikuduskan seperti hari Sabat. 18. Seumur hidupnya, Yesus hanya ber¬ibadah pada hari Sabat 19. Tidak ada seorang nabipun di dalam Alkitab yang pernah menvuruh mengkuduskan hari Minggu. 20. Seumur hidupnya, tidak sekalipun keluar dari mulut atau bibir Yesus tentang hari Minggu dan lain-lain. Berdasarkan 20 alasan tersebut, maka dapatlah dipastikan bahwa sesungguhnya tidak ada satu dalilpun dalam Alkitab untuk mengkuduskan hari Minggu! Ternyata hari Minggu hanyalah hari yang diperintahkan oleh pengemuka agama Kristen hanya karena dianggap penting karena Yesus bangkit pada hari Minggu. Padahal tidak ada satu dalilpun didalam Alkitab itu yang menyuruh mengkuduskan hari Minggu dan tidak ada janji Allah atau berkat yang Allah janjikan bagi mereka yang memelihara dan yang mengkuduskan hari Minggu, tidak ada!! Justru yang ada ialah ancaman Allah bagi mereka yang tidak memelihara dan yang tidak mengkuduskan hari Sabat (Sabtu). Terkadang ada sebagian umat Kristiani yang mengatakan, jika Sabat harus dikuduskan, kenapa umat Islam tidak turut mengkuduskan hari Sabat? Jawabannya tentu karena kami umat Islam punya hari tersendiri sebagai hari yang diperintahkan untuk beribadah pada hari tersebut. Dan hal itu ada dalilnya dalam Al Qur’an, yaitu pada Qs 62 Al Jumu`ah ayat 9 : Yaa ayyuhal ladziina aamanuu idzaa nuudiya lish shalaati miy yaumil jumu’ati fas’au ilaa dzikrillaahi wa dzarul bai’a dzaalikum khirul lakum in kuntum ta`lamuun “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk shalat pada hari Jum’at, maka hendaklah kamu bersegera untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Demikianlah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui.” Hari Sabtu atau Sabat ada dalil di Alkitab. Hari Jum’at ada dalil dalam Al Qur`an. Hari Minggu, mana dalilnya??? Pertanyaan Keenam Mana dalilnya dalam Alkitab Yesus 100% Tuhan & 100% manusia??? Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang sangat perlu kita pertanyakan kepada umat Kristiani, sebab hampir dalam setiap acara discusi atau perdebatan, alasan yang paling sering dipakai oleh mereka adalah bilamana dalam keadaan kepepet, yaitu bahwa Yesus adalah 100% Tuhan dan 100% manusia. Alasan-alasan seperti itu sudah keting¬galan, karena bila alasan seperti itu masih terus dipertahankan, maka sampai kapan pun tidak akan menyelesaikan persoalan. Atau dengan kata lain alasan seperti itu dipakai sebenarnya hanya untuk menutup¬nutupi kelemahan Alkitab itu sendiri. Padahal alasan seperti itu samasekali tidak punya dalil dalam Alkitab. Artinya tidak ada satu dalilpun yang tertulis dalam Alkitab bahwa “Yesus adalah 100% Tuhan dan 100% manusia”. Jika ada yang bisa memberikan dalil tertulis dalam Alkitab seperti itu, kami sediakan hadiah Rp. 10.000.000.- (sepuluh juta) untuk satu pertanyaan ini saja. Umumnya para Pendeta atau Misionaris, atau umat Kristiani lainnya sering menjawab dengan mengangkat dalil Yohanes pasal 1 ayat 1 & 14. “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.”(Yohanes 1:1). “Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaannya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. (Yohanes 1:14) Menjadikan ayat ini sebagai refrensi bahwa Yesus adalah 100% Tuhan dan 100% manusia, sulit bisa diterima akal sehat. Maka untuk itu agar lebih mudah dipahami dicomotlah bagian pertama dari pembukaan Alkitab yaitu pada kitab Taurat Musa, ialah Kitab Kejadian 1 pasal 1 dan Kitab Kejadian pasal 1 ayat 26, yang bunyinya sebagai berikut: “Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.” (Kejadian 1:1) “Berfirmanlah Allah “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” (Kejadian 1:26). Dari bunyi ayat Kejadian 1:26 ini, ada kata “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut rupa dan gambar Kita…..’ Yang dimaksud dengan kata “Kita,” menurut penafsiran umat Kristiani, itu adalah bentuk kata Trinitas yang tersembunyi sebelum Yesus datang kedunia dalam kitab Perjanjian Baru. Jadi kata “Kita” itu mengandung makna : Tuhan Bapa, Tuhan Anak dan Tuhan Roh Kudus, atau dengan istilah lain dikenal Bapa, Firman dan Roh Kudus. BAPA itu = Tuhan = Allah (oknum pertama) FIRMAN itu = Yesus = Anak Allah (oknum kedua) dan ROH KUDUS itu = Tuhan juga (oknum- ketiga). Awal kitab Kejadian pasal 1:1 berbunyi “Pada mulanya Allah..:.’ Awal Yohanes pasal 1:1 berbunyi “Pada mulanya adalah Firman” dan pada awal kitab Kejadian pasal 1:26 berbunyi “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut rupa dan gambar Kita…..” Dari ketiga dalil tersebut (Yoh 1:1 dan 14, dan Kej 1:1 dan 26) para misionaris menafsirkan Yoh 1:1 yang berbunyi “Pada mulanya adalah Firman…” selaras dengan Kejadian 1:1 yang berbunyi “Pada mulanya Allah… ” Dengan demikian menurut mereka Firman itu adalah Allah. Yang dimaksud dengan kata “Firman” adalah Yesus itu sendiri. Sementara Firman itu adalah Aliah, kalau begitu berarti Yesus = Allah. Kemudian pada Yoh 1:14 dikatakan bahwa “Firman itu telah menjadi manusia” Sedangkan manusia itu adalah Yesus. Kalau Firman itu adalah Yesus dan Yesus itu adalah Allah, berarti Allah itu telah menjadi manusia yang disebut Yesus. Oleh sebab itu makna dari Yoh 1:1 yang berbunyi: “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah…’ yaitu Yesus yang mulanya ada bersama-sama dengan Allah, adalah Allah itu sendiri yang telah menjadi manusia. Memang sulit sekali bisa diterima penafsiran ayat-ayat tersebut, sebab sesuatu yang tidak rasional dipaksakan harus menjadi rasional. Menurut penafsiran kaum muslimin, kata “firman’° berarti “perkataan” atau “kalam” (kalamullah) yang bermakna “perkataan Allah.” Misalnya jika Allah ingin menciptakan sesuatu, cukup Dia berkata (berfirman) “KUN” (jadilah) maka jadilah. Contoh bagaimana penciptaan Nabi Isa as (Yesus) dan Nabi Adam as di dalam Al Qur’an. Allah jelaskan sebagai berikut : Inna matsala `iisaa `indallaahi ka matsa¬li aadama khalaqahuu min turraabin tsum¬ma qaala lahuu kun fa yakuun. “Sesungguhnya perbandingan (kejadian) Isa di sisi Allah adalah seperti (kejadian) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya, “Jadilah” maka jadilah dia. ” (Qs 3 Aali `Imraan 59). Mengenai Injil Yohanes pasal 1 ayat 1 dan 14, dalam buku The Five Gospels yang diterbitkan oleh Harper San Fransisco, yang dikomentari oleh Robert W. Funk dan Roy W. Hoover, ternyata ayat-ayat tersebut tidak masuk dalam kategori ucapan Yesus yang diseminarkan. Injil yang diakui di Indonesia ada empat yaitu Injil Matius, Markus, Lukas dan Yohanes. Di Amerika sekitar tahun 1993, di kota Sanoma CaIifornia, disponsori oleh Westar Instituie, Injil itu diseminarkan oleh sekitar 76 orang ahli dari berbagai kalangan, seperti guru besar dari berbagai universitas terkenal didunia, para ahli ilmu theologi dari Katolik dan Protestan, ahli kitab suci, ahli bahasa Ibrani dll yang semuanya tidak ada orang Islam. Injil yang diseminarkan ada lima yaitu Injil Matius Markus, Lukas, Yohanes dan Injil Thomas. Ke lima Injil yang bernama “The Five Gospels” diseminarkan dalam rangka mengklasifikasikan sabda Yesus. Makanya dalam cover The Fiue Gospels tersebut tertulis What Did Jesus Really Say? The Search For The Authentic Words of Jesus. (Apa yang benar-benar Yesus ucapkan? Mencari ucapan asli dari Yesus). Dalam kitab The Five Gospels tersebut, semua ucapan atau sabda Yesus, dicetak berwarna. Ada empat warna yang disepa¬kati, yaitu merah (RED), merah muda (PINK), kelabu (GRAY) dan hitam bolt (BLACK). Ada tiga option (pilihan) yang disepakati untuk menentukan derajat kebenaran sabda / ucapan Yesus, yaitu : Option 1 ** Red : I would include this item unequivocally in the database for determining who Jesus was. ** Pink : I would include this item with reservations (or modifications) in the database. ** Gray : I would not include this item in the database, but I might make use of some of the content in determining who Jesus was. ** Black : I would not include this item in the primary database. Option 2 ** Red : Jesus undoubtedly said this or something very like it. ** Pink : Jesus probably said something like this. ** Gray : Jesus did not say this, but they ideas contained in it are close to his own. ** Black : Jesus did not say this, it represents the perspective or content of a later or different tradtion. Option 3 ** Red : That`s Jesus ! ** Pink : Sure sounds like Jesus. ** Gray : Well, maybe. ** Black : There`s been some mistake. Dari hasil seminar, ternyata Injil Yoha¬nes pasal 1 ayat 1 & 14 tidak masuk kategori yang dinilai atau yang diseminar-kan, sebab ayat-ayat tersebut dianggap bukan sabda atau ucapan Yesus. Ayat itu hanyalah ucapan Yohanes saja! Dan ayat tersebut tidak masuk dalam kategori RED, PINK, GRAY & BLACK. Hasil akhir dari penelitian dalam seminar yang dilakukan oleh 76 ahli dari berbagai kalangan, menyatakan sebagai berikut : “Eighty-two percent of the words ascribed to Jesus in the gospels were not actually spoken by him, according to the Jesus Seminar.” “Delapan puluh dua persen kata-kata yang dianggap berasal dari Yesus di dalam Injil, tidaklah benar-benar diucapkan olehnya, menurut Seminar Yesus.” Pernyataan 76 (tujuh puluh enam) ahli dari berbagai kalangan dari seluruh dunia dalam Seminar tentang Yesus, sungguh mengejutkan dunia, khususnya dikalangan kaum Kristiani, sebab kalau 82% (delapan puluh dua persen) isi Injil bukan benar¬benar diucapkan Yesus, berarti hanya 18% (delapan belas persen) saja isi Injil yang dianggap ucapan Yesus. Ternyata Yoh 1:1 & 14 yang jadi acuan bahwa Yesus 100% Tuhan dan 100% manusia, menurut 76 ahli tersebut, bukan ucapan Yesus, tapi hanya pendapat penulis Injil itu saja, yaitu Yohanes. Padahal para perseta Seminar Yesus tersebut, tidak ada satupun orang Islam, dan tidak satupun berasal dari lndonesia. Lebih ironis lagi, dari semua Injil-Injil yang diseminarkan tersebut, Injil Yohanes termasuk yang hampir 100% dianggap bukan ucapan Yesus. Hasilnya sungguh mengejutkan, dari 4 (empat) kategori, tidak ada satu ayatpun dalam seluruh Injil Yohanes yang dicetak hurup Red. Hurup Pink saja hanya ada 1 (satu), hurup Grey hanya ada 4 (empat) ayat saja, selebihnya Black. Perincian khusus Injil Yohanes sebagai berikut: RED : (That is Jesus!), tidak satu ayat pun yang dicetak merah, berarti tidak ada satu ayatpun yang dianggap benar-benar ucapan Yesus. PINK : (Sure sounds like Jesus), hanya ada satu ayat saja yaitu Yoh 4:43. GRAY : (Well, maybe), hanya ada 4 (empat) ayat saja, yaitu pada Yoh 12 ayat 24, 25, 26 dan Yoh 13 ayat 20. BLACK : (Jesus did not say this There’s been some mistake!) selebihnya bukan ucaan Yesus! Bayangkan saja, Injil Yohanes terdiri dari 21 pasal, 878 ayat dan 19099 kata. Kalau RED tidak ada, PINK hanya 1 ayat, GRAY 4 ayat, berarti sisanya BLACK (bukan ucapan Yesus) ada 873 ayat. Pertanyaan Ketujuh Mana dalilnya asal percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dijamin “pasti masuk surga” Umat Kristiani umumnya berani memastikan sesuatu y•ang belum tentu atau belum pasti terjadi. Mereka berang¬gapan asal percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, di jamin “pasti masuk surga”. Padahal memastikan sese¬orang masuk surga, itu bukan hak atau wewenang kita manusia, itu hanyalah hak Allah Swt. saja. Jika ada umat Islam menga¬takan kepada mereka kata “Insya Allah”, sering diprotes, katanya “jangan insya Allah-insya Allah dong, yang pasti aja dong!!” Mereka tidak memahami bahwa mengu¬capkan Insya Allah adalah sesuatu yang dianjurkan dalam kitab suci Al Qur’an dan juga Alkitab. Tetapi sebagian besar umat Kristiani tidak paham bahwa didalam Alkitab sebenarnya dianjurkan mengucapkan Insya Allah bila mengatakan sesuatu yang belum tentu terjadi. Bahkan dikatakan, bila tidak mengucapkan Insya Allah sesuatu yang belum pasti terjadi, dia tergolong sombong, dan bahkan berdosa. Perhatikan ayat Alkitab sebagai berikut: “Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: “Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung”, sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap. Sebenarnya kamu harus berkata: “Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan beruat ini dan itu.” Tetapi sekarang kamu meme¬gahkan diri dalam congkakmu, dan semua kemegahan yang demikian adalah saIah. Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.” (Yak 4:13-17) “Ia minta diri dan berkata: “Aku akan kembali kepada kamu, jika Allah menghendakinya.” Lalu bertolaklah ia dari Efesus.” (Kis 18:21) “Tetapi aku akan segera datang kepada¬mu, kalau Tuhan menghendakinya. Maka aku akan tahu, bukan tentang perkataan orang-orang yang sombong itu, tetapi tentang kekuatan mereka.(1 Kor 4:19). Kata-kata dalam semua ayat ayat tersbut yaitu “Jika Tuhan menghendakinya” dan “Jika Allah menghendakinya” serta “Kalau Tuhan menghendakinya”, semua itu makna¬nya sama yang dalam Al Qur’an disebut “insya Allah”. Didalam Alkitab cetakan lama, kata¬kata “Jika Tuhan Menghendakinya” semuanya tertulis jelas dengan kata “insya Allah” Perhatikan Alkitab lama cetakan tahun 1960 sebagai berikut: “Hai kamu jang berkata: “Bahwa hari ini atau besoknja biarlah kita pergi kenegeri anu serta menahun disitu, dan berniaga dan mentjari laba”; pada halnja kamu tiada mengetahui apa jang akan djadi besoknja. Bahaimanakah hidupmu itu? Karena kamu hanja suatu uap, jang kelihatan seketika sahadja lamanja, lalu lenjap. Melainkan patutlah kamu berkata: “Insya Allah, kita akan hidup membuat ini atau itu”. Tetapi dengan hal jang demikian kamu memegahkan dirimu dengan djemawanmu itu; maka semua kemegahan jang demikian itu djahat. Sebab itu, djikalau orang jang tahu berbuat baik, pada halnja tiada diperbuatnja, maka mendjadi dosalah baginja. “Melainkan sambil meminta diri ia berkata: “insya Allah, aku akan kembali kepadamu.” (Kis 18:21) “Tetapi insya Allah aku akan datang kepadamu dengan segeranja, dan aku akan mengetahui bukan perkataan mereka itu jang……dst. (1 Kor4:19). Dalam Al Qur`an, mengucapkan kata insya Allah merupakan suatu kewajiban bila kita tidak mengetahui sesuatu yang bakal terjadi. Perhatikan ayat-ayat Al Qur`an sebagai berikut: Fa lammaa dakhaluu ‘alaa vuusufa aawaa ilaihi abawaihi wa qaalad khuluu mishra insyaa-allaahu aaminiin “Maka tatkala mereka masuk menemui Yusuf, Yusuf membawa ibu bapaknya ke tempatnya dan berkata, “Masuklah kamu ke negeri Mesir, insya Allah dalam keadaan aman. ” (Qs 12 Yusuf 99) Qaala satajidunii in syaa-allaahu shaabiraw wa laa a`shii laka amraa. “Musa berkata, “Insya Allah engkau akan mendapati aku orang yang sabar dan aku tiada mengingkari perintahmu. ” (Qs 18 Al Kahfi 69) Fa lammaa balagha ma`ahus sa`ya qaala yaa bunayya innii araa fil manaami annii adzbahuka fanzhur maadzaa taraa qaala yaa abatif`al maa tu`maru sa tajidunii insvaa-allaahu minas shaabiriin. “Maka tatkala anak mencapai umur dapat bekerja bersamanya, Ibrahim berkata, “Hai anakku, sesungguhnya aku melihat di dalam mimpi bahwa aku akan menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu?” Dia berkata, “Wahai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepada engkau; insya Allah engkau akan mendapati aku termasuk orang-orang yang sabar.” (Qs 37Ash Shaaffaat 102) Ternyata dari keterangan Alkitab tidak boleh m.engatakan “PASTI” untuk sesuatu yang belum tentu terjadi. Memastikan dijamin “Pasti masuk surga” bila percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juru¬selamat, adalah perbuatan sombong dan dosa. Jika hanya asal percaya kepada Yesus, semua ummat Islam percaya kepada Yasus yang disebut Nabi Isa as. Tidak sempurna iman seorang muslim jika tidak mengimani semua nabi, termasuk Nabi Isa. Bahkan percaya kepada semua nabi termasuk Nabi Isa as (Yesus), merupakan salah satu Rukun Iman yang harus di imani oleh setiap muslim dimanapun mereka berada. Hanya saja umat Islam mengimani beliau hanya sebagai Nabi atau Rasul, bukan Tuhan!! Menurut pandangan ummat Kristiani, asal percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat maka dijamin pasti masuk surga. Tetapi menurut pandangan Islam, hal itu bertolak belakang 180 derajat, justru kalau percaya kepada Yesus sebagai Tuhan, maka disitulah tidak mungkin diselamatkan, karena telah menjadikan tuhan-tuhan lain selain Allah. Dan itu disebut dosa syirik, yaitu salah satu dosa yang tidak diampuni oleh Allah. Dalam kitab Injil, Yesus berfirman bahwa keselamatan itu tergantung bagaimana kita mengamalkan perintah Allah. Perhatikan ucapan Yesus sebagai berikut: “Bukan setiap orang yang berseru kepada¬ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melaku¬kan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. ” (Mat 7:21) Berdasarkan ucapan Yesus tersebut, dapat kita simpulkan bahwa bukan setiap orang yang berseru Yesus, Yesus yang akan masuk kedalam surga, tetapi kata Yesus yaitu mereka yang melakukan sesuai dengan perintah Allah. Tentu menjadi pertanyaan, apakah ummat Kristiani sudah melakukan sesuai perintah Yesus dan perintah Allah?? Marilah kita lihat beberapa contoh sebagai bukti: 1. Allah Mengharamkan Babi “Demikian juga babi hutan, karena memang berkuku beiah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu. Daging binaiang-binatang itu janganlah kamu makan dan bangkainya jartganlah kamu sentuh; haram semuanya itu bagimu. (Imamat 11:7-8) Allah telah mengharamkan babi. Kenyataannya mereka tidak haramkan babi, malah babi jadi makanan kesukaan mereka. iustru yang haramkan babi umat Islam bukan? 2.Yesus sunat “Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, la diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.” (Luk 2:21 ) Yesus sunat, tetapi para pendeta tidak wajibkan sunat. Justru yang bersunat yaitu ummat Islam. Nah apakah mereka ikuti perintah Allah? Justru umat Islamlah yang ikut perintah bersunat!! 3. Yesus mati dikafani tidak pakai peti “Yusufpun membeli kain lenan, kemudian ia menurunkan mayat Yesus dari salib dan mengapaninya dengan kain lenan itu. Lalu ia membaringkan Dia di dalam kubur yang digali di dalam buki t batu. Kemudian digulingkannya sebuah batu ke pintu kubur itu.” (Mar 15:46) Yesus mati dikafani, tidak pakai peti. Apakah umat Kristiani yang mengaku pengikut Yesus bila mereka mati dikafani dengan kain putih dan dikubur tidak pakai peti?? Ternyata mereka bila mati, pakai jas, sepatu, dasi. pakaian yang paling bagus, didandani seperti penganten, lalu dimasukkan kedalam peti, padahal Yesus mati hanya dikafani dengan kain putih dan tidak pakai peti. Ini berarti mereka tidak mengikuti contoh bagaimana matinya Yesus. Justru yang mengikuti matinya Yesus, adalah umat Islam. Bahkan dalam Islam, kuburan tidak perlu dibeton seperti bangunan rumah, cukup menaruh batu diatas kubur sebagai tanda. Diatas kuburan Yesus juga ditaruh sebuah batu, sebagai tanda, dan dalam Islam disunahkan menaruh batu diatas kuburan. Sebenarnya masih ada begitu banyak bukti-bukti bahwa ummat Kristini tidak mengikuti perintah Yesus dan Allah. Dari beberapa ayat yang kami paparkan sebagai contoh itu, cukup memberikan bukti bahwa jaminan keselamatan itu bukan hanya asal percaya kepada Yesus dijamin pasti masuk surga, tetapi bagaimana mengamalkan seluruh ajaran Yesus dan Tuhannya Yesus yaitu Allah Swt. Setelah dicek diseluruh isi Alkitab, ternyata tidak ada satu ayatpun yang menjamin asal percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat “dijamin pasti masuk surga.” Oleh sebab itu jika ada umat Kristiani yang bisa menunjukkan ayatnya yang mengatakan bahwa asal percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat “dijamin pasti masuk surga”, kami sediakan hadiah uang tunai sebesar Rp. 10.000.000.- (sepuluh juta rupiah) untuk satu pertanyaan ini saja. Allah menjamin masuk surga bagi orang-orang yang benar-benar beriman dan bertaqwa kepada-Nya yaitu mereka yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Tilka huduudullahi wa may yuthi`illaaha wa rasuulahuu yudkhilhu jannaatin tajrii min tahtihal anhaaru khaalidiina fiihaa wa dzaalikal fauzul ‘azhiim. “Dan barang siapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah akan memasukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai¬ sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya, dan itulah kejayaan yang besar.” (Qs 4 An Nisaa ` 13) Ayat tersebut menjelaskan bahwa yang di jamin masuk surga oleh Allah, yaitu mereka yang taat kepada Allah dan Rasul¬nya. Bagaimana bisa dijamin masuk surga, jika hanya asal percaya, tetapi tidak mengamalkan serta tidak taat perintah Allah dan Rasul-Nya?? Buktinya betapa banyak ayat-ayat dalam Alkitab, dimana tidak diamalkan dan tidak ditaati oleh umat Kristiani. Oleh sebab itu keselamatan itu yaitu bagaimana kita taat kepada Allah dan Rasul-Nya dan mengamalkan yang diperintakan-Nya. Bagaimana yang tidak taat kepada Allah dan rasul-Nya serta melanggar hukum dan ketentuan-Nya, apakah mereka dijamin pasti masuk surga??. Perhatikan ayat selanjutnya : Wa may ya’shillaaha wa rasuulahuu wa yata`adda huduudahuu yudkhilhu naaran khaalidan fiihaa wa lahuu `adzaabum muhiin. “Dan barang siapa durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya dan melanggar batas-batasnya (hukum) Allah, niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam neraka, kekal di dalamnya dan baginya azab yang menghinakan. ” (Qs 4 An Nisaa` 14) Pertanyaan Kedelapan Mana foto asli wajah Yesus dan siapa pemotretnya? Berdasarkan ayat tersebut, bagi mereka yang mengatakan asal percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dijamin pasti masuk surga, padahal tidak melakukan perintah Allah dan Yesus, maka bukan jaminan surga yang didapat, tapi neraka. Sebagian besar rumah umat Kristiani hampir dapat dipastikan terpampang gambar atau lukisan Yesus dan ibunya Maria dengan wajah yang ganteng dan cantik rupawan dengan pakaian yang berwarna warni. Tentu menjadi pertanyaan: 1. Apakah wajah Yesus dan ibunya Maria adalah wajah mereka yang asli atau itu hanya hasil rekayasa saja? 2. Jika wajah mereka itu asli, siapa yang memotretnya? 3. Tustel atau camera merek apa yang dipakai saat itu? 4. Apakah 2000an tahun yang lalu sudah ada camera atau tustel berwarna? Jawabannya pasti semuanya mustahil Tetapi banyak umat Kristiani terlihat begitu khusu’ bila sembahyang atau meminta pertolongan dihadapan gambar atau lukisan Yesus dan Maria. Gambar atau lukisan berikut ini adalah Maria dan Yesus menurut versi bangsa-bangsa di beberapa negara di dunia. Apakah ini fotoatau lukisan? Jika foto, berarti ini manusia jaman sekarang, dipilih yang cantik dan ganteng la lu dipotret, terus dikatakan inilah Maria dan Yesus. Mungkin saja saat ini mereka masih hidup. Benarkah ini foto yang menggambarkan wajah Yesus? Sebenarnya dia adalah salah seorang bintang film yang memerankan diri Yesus. Saat ini dia pun masih hidup. Lukisan ketiga ini menggambarkan Yesus dalam wajah yang lain lagi, tidak sama seperti yang pertama dan kedua. Jika Yesus Tuhan, koq Tuhan bisa mati? Inilah Maria & Yesus dalam versi bangsa lain. Mungkin Maria dan Yesus bagi suku bangsa ini adalah yang tercantik dan terganteng. Maria dan Yesus menurut versi Guadalupe. Wajah Yesus persis seperti anak wanita? Wajah Maria dan Yesus ini menurut versi bangsa apa ini?? Maria dan Yesus versi orang Timur Tengah. Bahasa Arab yang tertulis diatas adalah: Ummi Allah = ibu Allah. Yasua Almasih = Yesus Almasih The Good Seheperd adalah julukan kepada Yesus sebagai Pengembala yang baik Yesus Kristus versi orang Bolivia dengan wajah yang sangat berbeda. Mungkin ini wajah Yesus versi orang Indian Maria dan Yesus menurut suku Apache Yesus berambut kribo mirip orang Ambon Lion of Judah adalah salah satu julukan buat Yesus, sebagai singanya orang Yahudi. Ada sebagian umat Kristiani yang dulunya ngaku mantan Islam, kemudian masuk Kristen dengan alasan dia dijamah oleh Yesus. Ada juga yang katakan dia melihat wajah Yesus. Padahal semua kesaksian seperti itu jelas bohong. Kenapa? Sebab darimana dia tahu bahwa itu benar¬benar wajah Yesus?? Wajah bapak kakek¬nya saja hampir tidak ada orang yang pernah tahu, apalah wajah orang yang telah mati lebih 2000 tahun yang lalu. Oleh sebab itu disediakan hadiah uang tunai sebesar Rp. 10.000.000.- (sepuluh juta rupiah) kalau ada orang bisa memperlihatkan wajah Yesus yang sesungguhnya. Wajah¬wajah Yesus dalam semua gambar tersebut, pasti hanya hasil rekayasa atau hasil imaginasi seseorang. Jika disuruh orang suku Asmad di Irian melukis wajah Yesus menurut imaginasi mereka, mungkin saja wajah Yesus dibuat hitam, pendek, kribo, tanpa busana dan pakai koteka. Jika ada yang mengaku pernah dijamah dan ketemu Yesus, lihatkan gambar-gambar tadi, tanyakan padanya dan tolong tunjukin, wajah yang mana yang dilihatnya? Sungguh satu Kebohongan besar jika wajah Yesus adalah salah satu dari wajah-wajah tersebut. Pertanyaan Kesembilan Mana dalilnya Yesus lahir pada tanggal 25 Desember dan perintah merayakannya!! Sejarah Natal Chritmas diartikan sebagai hari kelahiran Yesus, yang dirayakan oleh hampir semua orang Kristen didunia, berasal dari ajaran Gereja Katolik Roma. Padahal ajaran tersebut tidak terdapat dalam Alkitab dan Yesus-pun tidak pernah memerintahkan kepada murid-muridnya untuk menyelenggarakannya. Perayaan yang masuk kedalam ajaran Gereja Katolik Roma pada abad ke empat ini, berasal dari upacara adat masyarakat penyembah berhala. Perayaan Natal yang diselenggarakan diseluruh dunia ini samasekali tidak mempunyai dasar dari Alkitab. Menurut penjelasan di dalam Catholic Encyclopedia edisi 1911, yang berjudul “Christmas”, ditemukan kata-kata yang berbunyi sebagai berikut : “Christmas was not among the earliest festivals of church, the first evidence of the feast is from Egypt. Pagan custom centering around the January calends gravitated to christmas. ” “Natal bukanlah upacara gereja yang pertama, melainkan ia diyakini berasal dari Mesir. Perayaan yang diselenggarakan oleh para penyembah berhala & jatuh pada bulan Januari ini, kemudian dijadikan hari kelahiran Yesus.” Masih dalam Encyclopedi itu juga dengan judul “Natal Day” bapak Katolik pertama mengakui bahwa : “In the Scnptures, no one is recorded to have kept a feast or held a great banquet on his birthday. It is only sinners (like Pharaoh and Herold) who make great rejoicings over the day in which they were born into the world. ” “Didalam Kitab Suci, tidak seorangpun yang mengadakan upacara atau menyelenggarakan perayaan untuk merayakan hari kelahiran Yesus. Hanya orang-orang kafir saja (seperti Firaun dan Herodes) yang berpesta pora merayakan hari kelahirannya ke dunia ini.” Natal Menurut Encyclopedia Americana Tahun 1944 “Christmas…it was according to many authorities, not celebrated in ihe first centuries of the Christian church, as the Christian usage in gene.ral was to celebrate the death of remarkable persons rather than their birth… ” (The “Communion”, which is instituted by New Testament Bible authority, is a memorial of the death of Christ.) “A feast was established in memory of this even (Christ’s birth) in the fourth century. In the fifth century the Westem Church ordered it fo be celebrated forever on the day of the old Roman feast of the birth of Sol, as no certain knowledge of the day of Christ’s birth existed. “Menurut para ahli, pada abad-abad permulaan, Natal tidak pernah dirayakan oleh umat Kristen. Pada umumnya, umat Kristen hanya merayakan hari kematian orang-orang terkemuka saja, dan tidak pernah merayakan hari kelahiran orang tersebut.” (“Perjamuan ci” yang termaktub dalam Kitab Perjanjian Baru, hanyalah untuk mengenang kematian Yesus Kristus.) “Perayaan Natal yang dianggap sebagai hari kelahiran Yesus, mulai diresmikan pada abad ke empat Masehi. Pada abad kelima, Gereja Barat memerintahkan kepada umat Kristen untuk merayakan hari kelahiran Yesus, yang diambil dari hari pesta bangsa Roma yang merayakan hari “Kelahiran Dewa Matahari”. Sebab tidak seorangpun yang mengetahui hari kelahiran Yesus.” Asal usul Natal Natal berasal dari kepercayaan pen-yem¬bah berhala yang dianut oleh masyarakat Babilonia kuno dibawah raja Nimrod (cucunya Ham, anak nabi Nuh). Nimrod inilah orang pertama yang mendirikan menara Babel, membangun kota Babilonia, Niniweah dll, serta kerajaan di dunia dengan sistem kehidupan, ekonomi dan dasar-dasar pemerintahan. Nimrod ini adalah seorang pembangkang Tuhan. Jumlah kejahatannya amat banyak, diantaranya dia mengawini ibu kandung¬nya sendiri Semiramis. Setelah Nimrod meninggal, ibunya yang merangkap istrinya menyebarkan ajaran Nimrod bahwa roh Nimrod tetap hidup selamanya walaupun jasadnya telah mati. Adanya pohon Evergreen yang tumbuh diatas sebatang pohon kavu yang telah mati, ditafsirkan oleh Semiramis sebagai bukti kehidupan baru bagi Nimrod. Untuk mengenang hari kelahiran Nimrod setiap tanggal 25 Desember, Semiramis menggantungkan bingkisan pada ranting-ranting pohon itu sebagai peringatan hari kelahiran Nimrod. Inilah asal usul Pohon Natal. Melalui pemujaan kepada Nimrod, akhirnya Nimrod dianggap sebagai “Anak Suci dari Surga’. Dari perjalanan sejarah dan pergantian generasi ke generasi dari masa¬kemasa dan dari satu bangsa ke bangsa lainnya, akhirnya penyembahan terhadap berhala Babilonia ini berubah menjadi Mesias Palsu, yaitu berupa Dewa Baal, anak Dewa Matahari. Kepercayaan orang-orang Babilonia yang menyembah kepada “Ibu dan anak” (Semiramis dan Nimrod yang lahir kembali), menyebar luas dari Babilonia ke berbagai bangsa di dunia dengan cara dan bentuk berbeda-beda, sesuai dengan bahasa di negara-negara tersebut. Di Mesir dewa-dewi tersebut bernama Isis dan Osiris. Di Asia bernama Cybele dan Deoius. Di Roma bernama Fortuna dan Yupiter, juga di negara-negara lain seperti di China, Jepang, Tibet bisa ditemukan adat pemu¬jaan terhadap dewi Madona, jauh sebelum Yesus dilahirkan. Pada abad ke 4 dan ke 5 Masehi, ketika dunia pagan Romawi menerima agama baru yang disebut “Kristen”, mereka telah mempunyai kepercayaan dan kebiasaan pemujaan terhadap dewi Madonna jauh sebelum Kristen lahir. Natal adalah acara ritual yang berasal dari Babilonia kuno yang saat itu puluhan abad yang lalu, belum mengenal agama yang benar, dan akhirnya terwariskan sampai sekarang ini. Di Mesir, jauh sebe¬lum Yesus dilahirkan, setiap tahun mereka merayakan kelahiran anak Dewi Isis (Dewi langit) yang mereka percaya lahir pada tanggal 25 Desember. Para murid Yesus dan orang-orang Kristen yang hidup pada abad pertama, tidak pernah sekalipun mereka merayakan Natal sebagai hari kelahiran Yesus pada tanggal 25 Desember. Dalam Alkitab/Bible, tidak ditemukan walau satu ayatpun Tuhan/ Allah maupun Yesus yang memerintahkan untuk merayakan Natal, sebab perayaan setiap tanggal 25 Desember, adalah perayaan agama Paganis (penyembah berhala) yang dilestarikan oleh umat Kristiani. Upacara Natal adalah berasal dari ajaran Semiramis istri Nimrod, yang kemudian di lestarikan oleh para penyembah berhala secara turun temurun hingga sekarang ini dengan wajah baru yang disebut Kristen. Sinterklas Sinterklas atau Santa Claus sebenarnya bukan ajaran yang berasal dari penganut paganisme (penyembah berhala) maupun Alkitab. Sinterklas adalah ciptaan seorang Pastur yang bernama “Santo Nicolas” yang hidup pada abad ke empat Masehi. Menurut Encyclopedia Britannica halaman 648-649 edisi kesebelas, disebutkan : “St Nicholas, bishop of Myra, a saint honored by the Greek and Latins on the 6th of December…a Legend of his surreptitious bestowal bf dowries on the three daughters of an impoverished citizen…is said to have originated the old custom of giving present in secret on the Eve of St. Nicholas (Dec 6), subsequently transferred to Christmas day. Hence the association of Christmas with Santa Claus.” “St. Nicholas, adalah seorang pastur di Myra yang amat diagung-agungkan oleh orang-orang Yunani dan Latin setiap tgl 6 Desember. Legenda ini berawal dari kebiasaannya yang suka memberikan hadiah secara sembunyi-sembunyi kepada tiga orang anak wanita miskin. untuk melestarikan kebiasaan lama dengan memberi¬kan hadiah secara tersembunyi itu digabungkan ke dalam malam Natal. Akhirnya terkaitlah antara hari Natal dan Sabta Claus..” Sinterklas Mengajarkan Kebohongan Dalam ajaran agama manupun, semua orang tua melarang anaknya berbohong. Tetapi menjelang Natal, banyak orang tua yang membohongi anaknya dengan cerita tentang Sinterklas yang memberikan hadiah Natal ketika mereka tidur. Begitu anak-anak mereka bangun pagi, didalam sepatu atau kaos kaki mereka yang digantungkan didepan pintu rumah, telah berisi berbagai permen dan hadiah lainnya. Oleh sebab itu Sinterklas merupakan pembohongan yang dilakukan oleh setan yang menyamar sebagai manusia. “Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblis pun menyamar sebagai malaikat Terang. Jadi bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran. Kesudahan mereka akan setimpal dengan perbuatan mereka.”(2 Kor 11:14-15) Pohon Terang Pohon Terang atau Pohon Natal, sama¬sekali tidak pernah dianjurkan oleh Tuhan maupun Yesus untuk mengadakan atau merayakannya. Itu semua diadopsi dari ajaran agama pagan (kafir kuno). Pohon itu sendiri disebut dengan istilah “Mistleto” yang biasanya dipakai pada perayaan musim panas, sebagai persembahan suci kepada matahari. Menurut Frederick J. Haskins dalam bukunya Answers to Questions disebutkan: “The use of Christmas wreaths is believed by outhorities to be traceable to the pagan customs of decorating buildings and places of worship at the feast which took place at the same times as Christmas. The Christmas tree is from Egypt, and its origin date from a period long anterior to the Christian Era.” “Hiasan yang dipakai pada upacara Natal adalah warisan dari adat agama penyembah berhala (paganisme) yang menghiasi rumah dan tempat peribadatan mereka yang waktunya bertepatan dengan malam Natal sekarang. Sedangkan pohon Natal berasal dari kebiasaan Mesir Kuno yang masanya lama sekali sebelum lahirnya agama Kristen.” Sungguh mengherankan sekali dan sekaligus memprihatinkan, ternyata sebagian besar umat Kristiani tidak mengerti dan tidak menyadari tentang sejarah perayaan Natal dan Pohon Terang. Mereka begitu antusias menambut kedatangan hari Natal, bahkan jauh jauh hari sebelumnya mereka sudah memper¬siapkan dengan biaya yang begitu besar dalam menyambut hari kelahiran Tuhan mereka. Padahal merayakan Natal dengan Pohon Terang samasekali tidak punya dasar atau dalil didalam kitab suci mereka sendiri. Para Pendeta dan Pastur diseluruh dunia bahkan Uskup dan Paus, jika ditanya tentang Natal dan Pohon Terang, pasti akan mengakui bahwa memang tidak ada dalil dan ajaran dalam Alkitab bahwa Yesus lahir pada tanggal 25 Desember dan tidak ada satu ayatpun tertulis didalam Alkitab (Bible) yang memerintahkan untuk meraya¬kannya. Kata Bibel / Alkitab tentang Pohon Natal “Beginilah firman Tuhan: “Janganlah biasakan dirimu dengan tingkah langkah bangsa-bangsa, janganlah gentar terhadap tanda-tanda di langit, sekalipun bangsa¬bangsa gentar terhadapnya. Sebab yang disegani bangsa-bangsa adaIah kesia-siaan. Bukankah berhala itu pohon kayu yang ditebang orang dari hutan, yang dikerjakan dengan pahat oleh tangan tukang kayu? Orang memperindahnya dengan emas dan perak; orang memperkuatnya dengan paku dan palu, supaya jangan goyang. Berhala itu sama seperti orang-orangan di kebun mentimun, tidak dapat berbicara; orang harus mengangkatnya, sebab tidak dapat me¬langkah. Janganlah takut kepadanya, sebab berhala itu tidak dapat berbuat jahat, dan berbuat baik pun tidak dapat. ” Tidak ada yang sama seperti Engkau, ya Tuhan! Engkau besar dan nama-Mu besar oleh keperkasaan. ” (Yeremia 10:2-6) Ayat-ayat Alkitab tersebut jelas sekali mengatakan bahwa Pohon Terang adalah upacara penyembahan berhala yang tidak bisa berbicara, tidak bisa berbuat jahat dan tidak bisa juga berbuat baik. Tetapi kenapa masih saja disembah oleh sebagian besar umat Kristiani? Jawabnya karena mereka tidak mengerti kandungan kitab sucinya, dan hanya ikut-ikutan apa kata pemimpin agama mereka. Tidak mereka sadari bahwa justru mereka bukan pengikut Yesus yang setia. Pengikut Yesus (Isa) yang sebenarnya adalah ummat Islam! Apakah Natal Memuliakan Yesus? “Maka hati-hatilah, supaya jangan engkau kena jerat dan mengikuti mereka, setelah mereka dipunahkan dari hadapanmu, dan supaya jangan engkau menanya-nanya tentang tuhan mereka dengan berkata: Bagaimana bangsa-bangsa ini beribadah kepada illah mereka? Aku pun mau berlaku begitu. Jangan engkau berbuat seperti itu terhadap Tuhan, Allahmu; sebab segala yang menjadi kekejian bagi Tuhan, apa yang dibenci-Nya, itulah yang dilakukan mereka bagi illah mereka; bahkan anak-anaknya lelaki dan anak-anaknya perempuan dibakar mereka dengan api bagi illah mereka. (32) Segala yang kuperintahkan kepadamu haruslah kamu Iakukan dengan setia, jangan¬lah engkau menambahinya ataupun mengu¬ranginya. ” (Ulangan 12:30-32) “Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku. Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.”(Matius 19:8-9) “Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perin!ah manusia. Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia. ” (Markus 7: 7-8) Merayakan Natal = Melestarikan Kebo¬hongan dan Pemborosan Menjelang Natal akan bermunculan berbagai iklan di toko-toko, koran, majalah dlsb. Jutaan dolar dan miliaran rupiah dihamburkan untuk promosi berbagai barang dagangan untuk keperluan Natalan. Semuanya dikemas sedemikian rupa sehingga tampak seperti “Malaikat Pembawa Terang”, padahal tanpa mereka sadari ajaran Yesus mereka telantarkan, karena yang mereka rayakan adalah tradisi ajaran agama kafir kuno, bukan perintah Tuhan ataupun Yesus “Bukan setiap orang yang berseru kepada¬Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapaku yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepadaku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!” (Matius 7:21-23) “Percuma mereka beribadah kepada-Ku. sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia. Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia.” (Markus 7: 7-8) “Melihat itu murid-murid gusar dan berkata: “Untuk apa pemborosan ini? Sebab minyak itu dapat dijual dengan mahal dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin.” (Matius 26:8-9) Dari penjelasan sejarah Natal ini, jelas¬lah bahwa Natal itu bukan ajaran Yesus. Yesus seumur hidupnya tidak pernah sekalipun menyuruh merayakan Natal bagi dirinya. Merayakan dirinya sebagai seorang Nabi atau Rasul saja beliau tidak pernah ajarkan, apalagi menyuruh merayakan kelahirannya sebagai Tuhan!! Tidak ada satu dalilpun dalam Alkitab menyatakan Yesus lahir tanggal 25 Desember. Pendeta, Pastur bahkan Paus di Roma-pun mengakui bahwa Natal bukan ajaran gereja. Oleh sebab itu jika ada umat Kristiani atau siapapun yang bisa menunjukkan dalilnya dalam Alkitab Yesus lahir pada tanggal 25 Desember, kami sediakan juga hadiah uang tunai Rp. 10.000.000.- (sepuluh juta rupiah) untuk satu pertanyaan ini pula. Dalam pa
    • Terima kasih atas ulasannya. Anda hebat ya. ngerti banyak, hehehehe. Ask your self: Agama apa yang bisa membuat damai dunia? Jawabanmu pasti Islam kan? Jawaban orang Kristen pasti Kristen, begitu juga jawaban orang agama yang lain. Pasti mengedepankan agamanya. Jawabannya tidak ada agama yang bisa membuat dunia damai.
      Dalam pemahaman saya sebagai orang jawa, agama adalah ageman. Atau pakaian dalam bahasa Indonesia. Setiap orang pasti memilih “pakaian” yang nyaman. Walaupun ada yang memilih tidak memakai “pakaian” tertentu. Nyaman dengan jilbab atau kopiah, tidak membuat siapapun boleh menyalahkan orang yang nyaman dengan jas, pakaian casual ataupun bahkan tanpa busana. Perdebatan mengenai keunggulan agama, hanya membuat kita konyol. Menemukan sisi negatif dari suatu benda atau hal atau agama, tidak membuat kita menjadi lebih beragama dibandingkan siapapun. Tidak pula lebih menuntun kita kepada kebaikan, bukan?

      Lebih baik mencari sisi positif dari “pakaian” yang kita pakai. Daripada berkutat dengan sisi negatif orang lain. Mengutip perkataan PROF DR KOMARUDDIN HIDAYAT di salah satu majalah, beliau mengatakan kira-kira begini, “Mari kita fokus membangun dunia ke arah yang lebih baik. Mengenai apakah kita nanti mendapat surga, itu urusan sang Pencipta. Tugas kita adalah berbuat baik di dunia. Beberapa orang memiliki pemikiran terbalik. Walaupun dunia hancur, yang penting masuk surga.”

      Beberapa orang bertanya dengan kritis, apa surga ada? Mana buktinya? Pengalaman para nabi? Cerita jadul tentang khayangan? Atau imajinasi para pemeluk agama yang takut mati? Apakah ada bukti fisiknya?

      Saya tidak berada di pihak mereka. Tapi saya yakin, bersama kita bisa mengalami surga yang indah yang terwujud di dalam kehidupan kita di dunia. Jika kita mau.

      Be positive! And stay there!

  30. Ikut MLM apapun juga kalau berhasil pasti menguntungkan dan dapat bonus, cuma masalahnya sekarang ini sudah susah cari member lain karena MLM pasarnya sudah jenuh khususnya Tianshi, mending kita balik ke bisnis konvensional, jadi PNS, pegawai swasta yang pendapatannya pasti. sekarang gini aja misalkan member tiansi sekarang katakanlah 1 juta dan masing masing sudah presentasi 100 kali berarti sudah 100 juta orang Indonesia tahu tianshi? misalkan lhooo… member tianshi yang dapat reward biasanya adalamh member yang joinnya sudah lama sekali saat itu belum banyak penduduk tahu tianshi? selain itu MLM kesannya di mata masyarakat sebagai bisnisnya pengangguran yang ditolak masuk perusahaan yang cuma pintar bicara? maaf kalau ada yang tersinggung

    HEHEHE JANGAN MARAH DONK, MEMBER TIANSHI MEMANG BANYAK YANG KERJA DAN PUNYA JABATAN TETAPI SEBAGIAN BESAR ADALAH KAUM PENGANGGURAN DAN TIDAK TERDIDIK..JADI MALU IKUT TIANSHI

    reply
    bobi (not verified) on November 04th 2008

    DI NEGARA MAJU SEPERTI AMERIKA-EROPA, YANG IKUT TIANSHI ADALAH BULE MISKIN DAN BODOH, SERTA IMIGRAN CINA YANG SIPIT PESEK JELEK MIRIP BABI! DI INDONESIA YANG IKUT TIANSHI BIASANYA ADALAH ORANG BODOH, MALAS, MANJA TIDAK PUNYA KEAHLIAN IPTEK, KEUANGAN, KEDOKTERAN, OLAHRAGA, SENI, NYANYI, SEHINGGA TIDAK PUNYA KEMAMPUAN MENCARI UANG, WAJAHNYA JELEK JADI DITOLAK JADI ARTIS, MODEL SERTA BODOH JADI TIDAK DITERIMA JADI PNS-PEGAWAI SWASTA! KERJA MLM ADALAH PEKERJAAN MINUS KEAHLIAN, TANPA STATUS, KASTA TERENDAH, MALU-MALUIN KARENA BISANYA CARI ORANG TERUS NAWARI SAMBIL MODAL NEKAT DAN LUDAH! MIRIP SALESMAN HIIII JIJIK! BIAR KAYA PUN TETAP MEMALUKAN! ORANG KAYA YANG TERHORMAT ITU JADI PENGUSAHA, POLITISI, PEJABAT, ILMUWAN, DOKTER, PENGACARA, DIREKTUR, MANAJER, ARTIS, MODEL, DLL! ADA GENGSINYA! LAGIAN YANG KAYA DAN PUNYA PENDAPATAN PASIF DI TIANSHI HANYA BRONZE LION, SILVER LION, GOLD LION, DIREKTUR YANG CUMA 200AN ORANG ATAU 0,0005% DARI 1 JUTA MEMBER TIANSHI INDONESIA! 1 JUTA MEMBER LAIN BINTANG 1 SAMPAI BINTANG 8 GAK JELAS! KALO JARINGAN MACET YANG GAK DAPAT UANG! ALIAS KERE MISKIN! UNTUK JADI PERINGKAT LION MINIMAL BUTUH 500AN DOWNLINE COBA BAYANGKAN ANDAI 1 JUTA MEMBER TIANSHI INDONESIA BUTUH 500 ORANG DOWNLINE BERARTI TOTAL 1 MILLIAR ORANG ATAU 5 KALI TOTAL PENDUDUK INDONESIA! KAYA DARI TIANSHI MAKSIMAL DAPAT HADIAH MURAH MERIAH : MERCY 500 jUTA, KAPAL 1 MILLIAR, PESAWAT BALING-BALING PERANG DUNIA 2 MILLIAR, VILLA 3 MILLIAR! PENGUSAHA BISA BELI MOBIL MAYBACH 4,5 MILLIAR, KAPAL YACHT 10 MILLIAR, PESAWAT JET 100 MILLIAR, ISTANA 100 MILLIAR ! YANG HEBAT ITU AMERIKA-EROPA PERUSAHAAN KOMPUTER, MOBIL, ELEKTRONIK, MESIN, FARMASI, ROKOK, PERBANKAN, ASURANSI, KONSTRUKSI MANTAP DAN MEMANG DIBUTUHKAN! SUPLEMEN TIANSHI UNTUK MENCEGAH SESUATU YANG BELUM TERJADI ATAU PENYAKIT YANG TIDAK PASTI! BELUM TENTU KITA MINUM TIANSHI BISA BEBAS DARI PENYAKIT ITU! BELUM TENTU KITA TIDAK MINUM TIANSHI KITA KENA PENYAKIT ITU! EFEK JANGKA PANJANG TIANSHI JIKA DIKONSUMSI TERUS MENERUS BELUM DIKETAHUI! TIANSHI BARU BERDIRI 15 TAHUN ARTINYA JANGKA PANJANG OBAT 20 TAHUN KEATAS BELUM TERBUKTI! TOTAL BIAYA YANG DIKELUARKAN BILA MENGKONSUMSI TIANSHI RUTIN LEBIH BANYAK DARIPADA BIAYA RUMAH SAKIT BILA KITA KENA PENYAKIT ITU! MENDING BAYAR ASURANSI KESEHATAN LEBIH MURAH CUMA RP. 100 RIBU PERBULAN TETAPI SEMUA PENYAKIT DITANGGUNG! MEMBER TIANSHI KALAU KECELAKAAN, SAKIT PERLU OPERASI APA ADA YANG NANGGUNG? APA BISA SEMBUH MINUM TIANSHI? KALO PEGAWAI DITANGGUNG PERUSAHAAN JADI AMAN! TIANSHI PRODUKNYA TIDAK BIBUTUHKAN MASYARAKAT! HEI DALAM DAFTAR 600 ORANG TERKAYA DUNIA (WWW.FORBES.COM) YANG DARI TIANSHI CUMA 1 ORANG YAITU LI JIN YUAN BANGSAT SENDIRI ITUPUN CUMA PERINGKAT 500AN ALIAS PALING BONTOT! KEKAYAAN NYA HANYA Rp. 1,2 TRILLIUN HASIL NIPU ORANG BODOH!
    MASIH KALAH DARI ABURIZAL BAKRI RP. 54 TRILLIUN DARI BATUBARA, MINYAK, TEKNOLOGI COY! ATAU DARI BILL GATES RP 540 TRILLLIUN DARI TEKONOLOGI JUGA COY! DARI 1 JUTA MEMBER TIANSHI KALAU SUDAH PRESENTASI 100 KALI PER ORANG BERARTI SUDAH 100 JUTA PENDUDUK INDONESIA YANG PAHAM TIANSHI DAN SUDAH NOLAK! TIANSHI SUDAH BASI! YANG 100 JUTA ITU MASING2 MENGHUBUNGI 1 ORANG BERARTI 200 JUTA PENDUDUK INDONESIA SUDAH MUAK TIANSHI! BUBARIN TIANSHI!

  31. Gw kerja di epson, gaji fresh graduate sekitar 2,8 jeti
    tapi susah bgt euy naek gaji di epson… plg setahun naek cuma 100 rebo ajah

    • Mau ikut nimbrung dong kalo untuk gaji fresh graduated punya pengalaman 1 tahun kira2 minta gaji berapa yah di PT.KAO untuk staff Accounting ??
      Karena besok ada interview neh. Thanx

  32. Saya pernah bekerja disalah satu perusahaan manufacturing yang bergerak dalam produksi printer di daerah cikarang. Saya sangat salut akan teknologi yang mereka gunakan dan sangatlah mutakhir. Perusahaan tidak segan2 utk menyekolahkan pegawainya utk alih teknologi. Hal yang sangat disayangkan adalah, suasana kerja yang sangatlah membosankan dan adanya perbedaan perlakuan antara tenaga kerja asing dan lokal. Saya sempat ditawari untuk disekolahkan ke jepang selama 2 tahun utk belajar teknologi namun saya menolak. Sekarang saya sudah bekerja kurang lebih 2 tahun di perusahaan telekomunikasi terbesar di indonesia. Saya merasa lebih nyaman.

  33. ada yg tau gaji utk S1 di Mattel? kan ada bukaan tuh…
    terus jamkerja…
    dan perincian gajinya…, kalo g pake lembur bisa dapet berapa yah…..
    ane skrg di jababeka jg si… tap cape karna kalo g lembur dapetnya masih kurang…
    maklum lg banyak utang hehe
    makasi buat yg ngasi info…papabonbon?

  34. salam kenal mas bonbon..:).saya fres grad nih..kalo standar gaji S1 di manufaktur semikonduktor brapa yah? perkiraan total salarynya dikisaran brapa?

  35. Berikut info salary utk Samsung Electronics Factory tahun 2009-2010 :

    1. level Officer (Fresh Grade):
    Basic Salary : 3 jt
    Transport : 500 rb
    Attendance : 100 rb

    2. Level Senior Officer (2 tahun dari officer)
    Basic Salary : 3,2 jt
    Transport : 500 rb
    Attendance : 100 rb

    Basic salary bisa up sedikit sekitar 100rb – 200rb jika bisa nego.
    hitungan lembur sesuai dengan pemerintah.
    selain monthly dapat juga :
    1. THR (1x Basic)
    2. Bonus (1x basic)
    3. Appraisal (1x basic)

    untuk tax di tanggung sama karyawan, dan assuransi jiwanya juga yang biasa
    (jadi jgn sampe sakit rawat inap, pasti nombok).

    untuk kaca mata dapat budget sekitar 300rb utk 2 tahun sekali.

    untuk transport ada bus HIBA yang sudah tak layak pakai.

    mengenai karir dan masa depan disini sistem mafia jadi ya ABS aja
    (asal bos senang).

  36. saya sudah bolak balik keluar masuk perusahaan manufacturing sejak tahun 2006 sampai sekarang, sudah 4 perusahaan yang saya masuki, tapi ternyata kenyataannya tingkat kesejahteraannya tidak sesuai dengan yang dibicarakan. Saya setiap bulan hanya menerima THP Rp 2.300.000,-

  37. wih klo tempat kerja saya kayak swasta2 manufaktur yang disebutkan diatas bisa dapet berapa ya saya… saya sekarang ud 2 tahun di salah satu BUMN pupuk, masuk dari s1 teknik mesin posisi sekarang staff non struktur. jam kerja 07.30 – 16.30 tapi realitasnya saya sering pulang minimal jam 18.00 kadang jam 23.00 … dan itu tanpa lemburan karena s1 masuk ud staff jadi ga dpt lemburan. sabtu minggu masuk terus demi loyalitas , tapi alesan utamanya sih ga enak diomongin orang… dan sabtu minggu masuk walau hanya setengah hari itu tidak dibayar sama sekali , bayarannya cuma sebungkus makan padang gratis.. hehe jadi berpikir kok kata orang yg BUMN santai itu beda sama yang saya rasakan…

  38. udah lama kerja di samsung cikarang. udah bolak balik ke luar negeri juga. kesimpulannya kalo lo bukan orang korea ga ada masa depan. fresh grad ber ipk tinggi rugi masuk sini. baru masuk masih segar. taun berikutnya udah stress keliatan tua trus nyari lowongan hahaha. mending usaha sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s