Cirebon : Empal Gentong

What is Empal Gentong ?

jika kita merujuk pada wikipedia edisi Indonesia, kita akan menemukan jika makanan eksotis ini adalah khas Cirebon. Coba kita kulik sebentar informasinya.

Empal Gentong adalah makanan khas masyarakat kota Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai (gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong (priuk tanah liat). Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi.Empal gentong berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah tani, kabupaten Cirebon.

buat yang pengen tahu bagaimana sih empal gentong di masak dan penampakannya sebelum dihidangkan, mari kita intip sebentar dapurnya.

nah, ini dia dapurnya. ada banyak pilihan untuk diramu dan diracik jadi empal gentong. pengunjung bebas memilih lho. bisa full daging, atau mau dicampur babat, atau mau campur atau bahkan jeroan sahaja. monggo dipilih dipilih …

setelah kita memilih, maka mulailah proses barbar ala galia dimulai. dagingnya dipecel pecel sampai jadi kecil kecil. contohnya seperti di atas. haiya … kalau lihat prosesnya seperti di gambar kok jadi hilang nafsu yah. perasaan waktu kemarin motretnya biasa aja deh. enak enak ajah hahahha ….

nah, sekarang diguyur kuah, hampir siap untuk dihidangkan. perpaduan daging yang sudah diukep bumbu kuning, dengan kuah yang mlekoh seperti gulai membuat yang bagian motret jadi nyem nyem sendiri. buru buru balik ke tempat duduk takut kehabisan …. huahahahhaha

oh, ya, kalau balik ke foto pertama, ada disediakan acara dan bubuk cabai kering. buat kamu yang suka seger seger dan pedas pedas. makin banyak makin nikmaaaat. yahahaha ….

kalau pengen tahu tempatnya, tinggal cari yang ada tanda begini di depan warungnya

Cirebon : Nasi Jamblang Pelabuhan

gambar dari wikipedia

pagi ini sudah dibawain nasi jamblang mang dul sih, tapi papabonbon masih penasaran dengan nasi jamblang pelabuhan seperti yang di tlis oleh arie parikesit – moderator jalansutra.  ya wis, papabonbon nekad jalan jalan sendiri, pakai acara mio yang suka mogok dewe, sampai betulin helm biar kagak nutup terus :p

Dari pelabuhan terus dikit sampai taman ade irma suryani.  Nah nasi jamblang ini kelihatan banget ramenya.  Lokasinya di pelampitan persis disamping pintu masuk taman.  Nyaris kagak kelihatan.

Aaaaah, sangat lengkap sekali propertiesnya nasi jamblang di sini.  jadi setelah ambil nasi yang khas banget karena pakai daun jati yang berbulu lembut itu (psssst, ambil dua porsi), papabonbon pun mulai tepekur, melihat berbagai pilihan condiment yang ada.  Coba deh kita list dulu di sini :

  • cumi hitam
  • ikan tongkol bumbu rujak
  • sambal racik khas jablang lah yauw
  •  perkedel kentang
  • sate usus
  • sate telur puyuh
  • tempe
  • tahu bacem khas jamblang
  • sate kentang
  • mendoang garing
  • tahu kuning
  • telur pindang
  • ati ampela goreng
  • ati ampela bumbu
  • hati sapi
  • jengkol yg delicious
  • dadar

kalau kamu suka model resto bersih dan clean, mungkin kamu susah menikmati, tapi kalau kamu pencinta makanan otentik dan mencari rasa khas daerah, papabonbon akan merekomendasikan nasi jamblang pelabuhan ini.

Cuminya mantap digongso dengan cabai hijau, harum dan gurih, bacemnya sangat merasuk, serasa melt di lidah, manis dan sedikit asam, rasanya merasuk bener ke bacemnya, pindang telur dan sate telur puyuhnya juga dibalur bumbu dan sudah diukep dengan sempurna, dengan berbagai condiment yang ada dengan rasa yang pas, papabonbon hanya bisa bilang “ini mantap !”.  Die die must try

pastinya papabonbon ambil cumi tiga biji, ati, ampela, sate telur, bacem, perkedel kentang 3 biji, kena 20 rb

baca juga :

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Sega_Jamblang
  2. http://www.bakulrujak.com/?p=19