Diet Berdasar Golongan Darah : Sugesti atau Kenyataan ?

Teman papabonbon, kang Indra Gaper berhail menurunkan berat badan, dari 75 kg ke 55 kg.  Sukses berat buat kang Indra.  Karena papabonbon juga ingin menurunkan berat badan sampai 50 kg, maka papabonbon ingin menapaki jalan sukses kang Indra.  Caranya gimana atuh, kang ?

gambar dari sini

Rekomendasi dari kang Indra buat beli bukunya Peter J. D’Adamo, judulnya Diet Sehat Golongan Darah.  Konon golongan darah O berasal dari nenek moyang kita di masa menjadi pemburu, karenanya mereka cocok makan daging, diet high protein, olahraganya yang cocok aerobik.  Cieeee, Tyranosaurus type nih.  hahahaha …. 🙂

Selanjutnya ketika manusia mulai bercocok tanam mulai timbul golongan darah A, cocoknya jadi vegetarian, olahraganya yoga dan cabang lain yang sifatnya non kompetisi.  Dooh, serasa brontosaurus nih, hahaha …

Tahap selanjutnya ketika manusia mulai melakukan domestifikasi hewan peliharaan, mulai beternak, timbullah golongan darah B.  Katanya sistem kekebalan tubuh paling tinggi dan sistem pencernaannya fleksible.  Selain itu dilahirkan untuk cocok dengan dairy products.  hasil domestifikasi gitu lho, telur dan susu.  Hehehe ….  Berikutnya, hasil pertemuan si vegetarian dengan si nomad menghasilkan golongan darah AB, hasil tengah tengah antara A dan B.

gambar dari sini

Tapi apakah klaim mr. D’Adamo ini valid secara ilmu pengetahuan ?  Sayangnya tidak.  So sad.  Coba baca baca lagi wikipedia untuk lebih jelasnya.

beberapa kritisisme ilmiah atas klaim D’Adamo misalnya :

  • klasifikasi makanan berdasarkan bermanfaat, netral dan harus dihindari, tidak punya dasar klasifikasinya secara ilmiah
  • lectin yang di klaim mr. D’Adamo sebagai pembeda jenis makanan pada golongan darah tertentu secara spesifik ternyata jarang terdapat dalam makanan kita sehari hari
  • dalam bukunya, D’Adamo meyetakan sedang melakukan pengaruh diet berdasr golongan darah pada penderita kanker dan juga ahrthritis, sampai saat ini hasil riset tidak pernah dilaporkan
  • golongan darah yang pertama kali ada justru golongan darah A, sedangkan ketiga golongan darah, A, B dan O sudah timbul sekitar 4.5 – 6 juta tahun yang lalu

baca juga :

10 thoughts on “Diet Berdasar Golongan Darah : Sugesti atau Kenyataan ?

  1. aku juga ikut diet ini n udah turun 8 kg selama 4 bulan..lumayan lah..awal2 emang berat banget rasanya,,apalagi musti ngindarin maem ayam ama kacang tanah kesukaanku…btw golongan darahku B

  2. aku udah baca bukunya, bkn cma baca tapi beli yang terlengkap. belom sempet nyoba sih, tapi habis ngelahirin langsung turun 20kg. jd blm tau mujarap apa nggaknya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s