kamu invest emas ? are you sure ?

jaman gonjang ganjing 
krisis meraja lela. ekonomi lesu, mau deposito main saham kok rasa rasanya malah tidak aman

beberapa teman berpendapat investasi emas adalah yang terbaik apalagi harga emas sampai 2007 naik terus

masalahnya adalah, kalau semua orang
berpikir demikian apa yang kira kira terjadi ?

akan ada pebisnis yang beli emas banyak banyak, akan ada pebisnis yang bikin reksadana emas akan terjadi harga tidak wajar pada emas

sudah mulai terlihat, permintaan emas dunia  ternyata didominasi reksadana emas

Bahkan emas yang dimiliki para trader ini lebih besar dibandingkan yang dimiliki oleh bank sentral negara negera besar.  Pastinya permintaan real emas untuk industri sedikit banget. 

Harga emas notabene dikendalikan para cukong penimbun emas para spekulan, dan perdagangan emas saat ini sudah buble.

Bagaimana kalau meletus ???

Dan kalau ada yang bilang harga emas itu stabil, silakan lihat grafik di bawah ini, yang garis hitam.  Kenyatannya, harga emas berfluktuasi kok.   Jadi mitos kestabilan harga emas itu tertolak dengan sendirinya.

14 thoughts on “kamu invest emas ? are you sure ?

  1. rada ngga mudheng neh😦

    Kalo emas stabil, berarti bukan naik ataupun turun, tetapi pengukurnya yang naik turun. Misalnya emas “naik” berarti dolarnya turun.

    Jadi apa yang dipakai untuk menyatakan emas stabil? Ada alat tukar lain? Sembako? Apa iya emas segenggam seribu tahun lalu nilainya sama dengan segenggam sekarang ini?

  2. harga itu dipengaruhi :
    – supply n’ demand
    – naik turunnya kurs mata uang yang dipakai

    menurut mas dwi, kalau lihat dari tabel tabel di atas yang paling berpengaruh yg mana yah ?

    supply and demand, atau karena dollar jatuh terus nilainya dari hari ke hari.

  3. Katanya sekarang harga emas lagi turun yaa..
    Banyak tuh yg bilang invest d emas aja, soal nya saham2 jg masih anjlok kan? trus emang harga emas kebanyakan dikendalikan sama grosir, tp yah pinter2 kita juga beli2 and jual nya..

    dicoba g ada rugi nya kali yaa..
    kuat2 modal aja, hehehe.. sapa mau nyumbang? hehehe..

  4. masalahnya, “perusahaan yang emang bagus” itu yang mana?

    Mungkin yang termasuk “blue chips,” perusahaan yang sudah mapan, dll, tapi krismon kali ini juga mengubur perusahaan2 yang diduga termasuk “yang bagus.” Lehman Bros., Meryll, …..
    Biasalah, ternyata mereka bukan industri keuangan, tetapi industri masak-memasak, yang dimasak adalah “pembukuannya.”
    (http://en.wikipedia.org/wiki/Cooking_the_books)

    Emang lagi murah-murahnya sih, …. masak Citibank sahamnya tinggal “sen-sen”an, GM, Ford, murah banget euy, tapi siapa yang bisa menjamin perusahaan2 tsb ngga bangkrut besok pagi?

  5. kalau dalam pasar yang efisien, maka harga akan merefleksikan seluruh informasi yang ada. kecuali dalam kondisi sentimen pasar.

    dalam kondisi normal, ada yang disebut strategi pasif, idenya adalah pemodal kecil cukup berinvestasi di saham yang masuk indeks (misal LQ45). karena yg bisa mendapatkan keuntungan dari saham yang underricing hanyalah investor besar. mengapa ? karena spread antara saham yg normal priced dengan yg underpriced sebenarnya kecil sekali. mungkin hanya beda tipis 0.01 sen, tapi dengan modal besar, selisih itu terkapitaliasi jadi “banyak”.

    kondisi sentimen pasar, membuat banyak perusahaan mengalami problem underpricing. kalau kita mau susah susah mempelajari fundamental makro ekonomi, trend bisnis masa depan, fundamental dan core bisnis perusahaan secara spesifik dan dibandingkan dengan kinerja industrinya, bisa kok kita memilih perusahaan yg sekiranya akan long lasting di masa depan.

    salah satu metode yg bisa dipakai untuk memprediksi kebankrutan adalah z-score altman.

  6. Dalam jangka panjang-EMAS selalu mengalahkan UANG KARTAL dan HIPOTESIS LAINNYA BAIK SEBAGAI alat tukar, satuan hitung, maupun PENYIMPAN KEKAYAAN….dan kalau emang bener harga emas suatu saat akan turun-itu BERARTI saatnya NGEBORONG EMAS

  7. iseng aja…..emas diliat tiap hari emang harganya turun naek….tapi diliat ujungnya pasti naek(long term only),dari pada saham saya lebih pilih emas fisik….dari jamannya nabi-nabi,sampe sekarang emas tetep banyak demandnya,klo kata orang kertas dibakar ilang,emas dibakar tetep emas…..pilihan tetep ditangan masing2 sich…..s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s