Cirebon : Empal Gentong

What is Empal Gentong ?

jika kita merujuk pada wikipedia edisi Indonesia, kita akan menemukan jika makanan eksotis ini adalah khas Cirebon. Coba kita kulik sebentar informasinya.

Empal Gentong adalah makanan khas masyarakat kota Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai (gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong (priuk tanah liat). Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi.Empal gentong berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah tani, kabupaten Cirebon.

buat yang pengen tahu bagaimana sih empal gentong di masak dan penampakannya sebelum dihidangkan, mari kita intip sebentar dapurnya.

nah, ini dia dapurnya. ada banyak pilihan untuk diramu dan diracik jadi empal gentong. pengunjung bebas memilih lho. bisa full daging, atau mau dicampur babat, atau mau campur atau bahkan jeroan sahaja. monggo dipilih dipilih …

setelah kita memilih, maka mulailah proses barbar ala galia dimulai. dagingnya dipecel pecel sampai jadi kecil kecil. contohnya seperti di atas. haiya … kalau lihat prosesnya seperti di gambar kok jadi hilang nafsu yah. perasaan waktu kemarin motretnya biasa aja deh. enak enak ajah hahahha ….

nah, sekarang diguyur kuah, hampir siap untuk dihidangkan. perpaduan daging yang sudah diukep bumbu kuning, dengan kuah yang mlekoh seperti gulai membuat yang bagian motret jadi nyem nyem sendiri. buru buru balik ke tempat duduk takut kehabisan …. huahahahhaha

oh, ya, kalau balik ke foto pertama, ada disediakan acara dan bubuk cabai kering. buat kamu yang suka seger seger dan pedas pedas. makin banyak makin nikmaaaat. yahahaha ….

kalau pengen tahu tempatnya, tinggal cari yang ada tanda begini di depan warungnya

8 thoughts on “Cirebon : Empal Gentong

  1. YuHuWWW…MoT ada reFereNsi TeMpaT JuaLaN EmPaL TaPi Beda diKit GTUh Ma YanG diaTas…sOAlNyah Kan JoGja-NaN emPalNya jadI di Bacem GtU, maNis2…Ada DaGiNg,JEroHan, babaT isO, Tp yanG enAk Tu Daging EmPal DiraJanG AbIs tU di GuYuRiN SaYur AseM…saYur AseMnya Ni YaNg Seger BaNget!
    NAmAnYa WaRuNg Mbah WIgNyO, daEra DemaNgan…aGak mAsuK2 GanG Gtu SiY..TaPi raMe TrUsss….EnaK si EmPaL+soP AseMnYah…Tar KalO abNg ke jOgja Mot AjaKiN deH kesaNa….

  2. kyknya gue udah gak boleh makan ini deh ri, paling kalo nekad dikit aja. Soalnya kemaren waktu pulang ke indo nyobin makan bareng istri, doi sih biasa aja, badan gue yang pegel2…

  3. Nasi Jamblang cirebon juga gak kalah enak bang,apalagi lauk hati ayamnya,kuahnya maknyus…(maklum,saya kalo lebaran pasti pulang ke cirebon)

  4. waahh.. apalagi yang masih panas plus ditambah sambal garing.. empal gentong mantappp.. tapi ati2 bagi yang dara tinggi.. kwkwkwkwkwkwk..

  5. di Jakarta empal gentong bisa dinikmati di Jalan Prapanca Raya no.1 Kebayoran Baru, Jakarta selatan (dari arah Blok M, sebelum Kantor walikota Jakarta Selatan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s