Audit Siklus Sales & Collection (1)

Buat yang belajar akuntansi, baik aliran positivistik maupun paradigma alternatif, mestinya pernah ingat kalau Paton & Littleton menganggap kalau sales adalah prosesi yang penting bagi sebuah perusahaan.  Alasannya, karena pada saat itulah terjadi konversi dari persediaan (baik berbentuk barang jadi maupun jasa) menjadi pendapatan. 

image

gambar diatas berasal dari bab 13-17 dalam buku Audit karya Arens. 

FYI, Arens adalah salah satu milestone dalam bidang Audit.  Sesepuh lainnya yang kitab sucinya sering dipakai dalam bidang Audit adalah Boynton.  Perbedaan dari kedua simbah bidang audit ini adalah, Boynton melakukan pendekatan akun dalam melakukan audit, sementara Arens melakukan pendekatan siklus.

Bisa dilihat dalam gambar diatas, Arens melihat tiga akun, sales, A/R dan cash in bank dalam sebuah siklus yang lengkap.  Dalam audit dikenal test substantif dan test of control, dalam gambar diatas, kedua jenis test tersebut diaplikasikan dalam satu kesatuan.

note :

test substantif ada tiga macam : AP – analytical procedure, STOT – substantive test of transaction, TDB – test detail of balance.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s