Anak Outsourcing Baru Naik Gaji

Anak outsourcing di tempat papabonbon baru naik gaji.  Ah, benar, papabonbon menulis ini, karena baru baca tulisan bu Ratna di sini.  tapi papabonbon menulis di sini bukan untuk menjawab pertanyaan tentang masalah gaji, tetapi sisi lain yang lebih mendasar.  Yaitu, karir.

Di tempat papabonbon, seperti pernah ditulis sebelumnya, di sini, di situ, yang ini dan yang itu,   [huehehe jadi panjang .. :p ], pekerjaan outsourcing divendorkan terutama untuk level klerikal dan mereka yang ada di lapangan namun bersifat teknis.  Contohnya, admin sales, spg, telemarketing, dan merchandiser.

Karir

Kalau mau jujur, pekerjaan itu memang loncatan bagi yang ingin mencari pengalaman.  dari admin sales bisa lari ke akuntan atau demand planning atau GA.  Dari telemarketing bisa naik ke supervisor customer service.  dan dari spg dan merchandiser bisa naik ke sales control.  Nah, untuk level level yang lebih atas itulah di tempat papabonbon, biasanya baru pegawai tetap, dan biasanya memang mengambil dari teman teman outsourcing yang dipromosikan.

Itu soal karir.

Kenaikan Gaji

Sekarang tentang take home pay.  Tentang kenaikan gaji, sebenarnya juga ada dua layer, tidak sekedar gaji naik sekian persen, thok til.  Ada dua hal yang mempengaruhi pendapatan, yaitu :

  1. gaji pokok
  2. insentif

gaji pokok, rata rata naik sekitar 10 persen, berkisar dari 7 % – 8 % sampai 12 % tergantung prestasi setahun terakhir.  Lha lumayan toh 🙂  yang mungkin membuat agak jengkel, ada outsourcing dari divisi A yang naik gaji sejak januari kemarin, sementara dari divisi B, baru dihitung naik mulai Juni.  :p  Lha piye, memang kebijakan tiap divisi beda beda je …

Sementara untuk insentif juga sedang digodok [seperti biasa skema berubah tiap semesteran], supaya bisa mengikuti perkembangan jaman, sekaligus sesuai dengan kebutuhan dan target perusahaan.  klenyam klenyem.  manis toh ya …  minimal nggak statis, dan gak jelas juntrungannya, kita kerja buat ngejar apaan .. 🙂

Kalau menurut kamu bagaimana ?

papabonbon berpendapat :

  • pekerjaan di bidang sales adalah urusan networking dan pengalaman real dari bawah
  • di sales, jika ingin cepat naik, selain kemampuan, juga rajin cari pengalaman baru, dan rajin pindah perusahaan [no matter di outsourcing, maupun principal]
Iklan

5 thoughts on “Anak Outsourcing Baru Naik Gaji

  1. Sebetulnya outsourcing menarik untuk cari pengalaman, kalau jenjang karir sih kayaknya terbatas sekali. Kenaikan memang biasanya setiap tahun karena harus minimal sama dengan UMR…dan sebetulnya kalau ditempatkan di perusahaan yang ada kerja lembur, mereka juga mendapat upah lembur yang juga sama….ditempat saya malah diikutkan pendidikan, bisa turne dsb nya….

    Tapi kalau bonus…inipun sebetulnya juga tergantung dari target perusahaan…lha dulu kantor saya ga pernah ada bonus, nggak dilirik orang….setelah go public jadi rebutan karena ada bonus…tapi kerjaan juga berat (lih. postingan Andjar, tentang anak teknik yang kerjanya bolak-balik Buku Besar akuntansi…..hehehe).

    Tapi betul, tergantung orangnya kok…temenku keluar saat jadi Manager, malah sekarang jadi eksportir besar, punya usaha sendiri. Tapi kayaknya saya ga sesuai disini, jadi akhirnya kerjaan tambahan ya mengajar, dan dipaksa untuk terus belajar….memang kompetensi orang lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s