Bikin KTP di Sby susah betul …

Di RT :

  1. surat pengantar pindah dari kelurahan tempat asal
  2. fotokopi surat nikah
  3. fotokopi kartu keluarga
  4. keterangan dari koordinator gang
  5. fotokopi ktp lama
  6. foto 4×6

Di RW

  1. cap dan tanda tangan RT
  2. keterangan sudah bayar iuran RT
  3. dimintain 50 rb sumbangan

Di Kelurahan

  1. skkb
  2. bayar uang pohon
  3. dimintain 250 rb

Di Kecamatan

  1. legalisir surat nikah ? what the maksud ?
  2. leges denah rumah dan pernyataan dari pemilik rumah
  3. kurang 100 rb lagi katanya …

sampai 3 bulan, ktp dan kartu keluarga belum jadi juga nih, mulai bohwat buat ngurus ngurusnya …. bete deh … 😦  ada yang bisa menjelaskan mengapa prosesnya sulit sekali … ?

papabonbon butuh ktp dan kk untuk :

  • bikin buku tabungan BCA
  • mau beli motor [jatah perusahaan] –> bulan ini nih … 😦
  • pengen ambil kredit rumah tahun depan atau kapan kapan
  • daftar sekolah –> ngurus ktp, paspor, skkb, dll
  • mau balik nama kendaraan ke surabaya
  • mau apply sim baru di SBY

baca juga :

  1. http://tugupahlawan.com/520/wajib-sidik-jari-bagi-penduduk-surabaya/
  2. http://salimsuharis.blogspot.com/2007/12/lika-liku-mengurus-menjadi-warga.html
  3. http://www.suarasurabaya.net/v05/kelanakota/?id=47a144c0b9d70cfa8e9dfa43fdfa130c200850320
  4. http://www.kependudukancapil.go.id/index.php?content:read&o=42
  5. http://jiad.blogsome.com/2007/03/13/susahnya-menjadi-wni-di-surabaya-by-nina-susilo/
  6. http://www.jatim.go.id/news.php?id=266

7 thoughts on “Bikin KTP di Sby susah betul …

  1. mbulet dan muahal banget bro….

    di sini titip duit beberapa puluh rb,

    kira-kira 1 – 2 minggu dah jadi.

    memang enak hidup di desa….. 🙂

  2. udah ngga mempan nyogok? 🙂
    padahal sejak RT (kok ada koordinator gang segala?) sampe kecamatan semua bayar biaya siluman …….

    dek rema?

  3. Salam,
    btw kok mahal sekali ya bu pengurusannya.
    Saya kebetulan juga warga surabaya. Tapi selama ini dari tingkat RT sampai Kecamatan saya ‘hanya’ habis biaya Rp. 11.000,00. Rincian :
    RT=gratis
    RW=Rp.1000
    Kelurahan=Rp.5000
    Kecamatan= Rp 5000 (kalo jadinya satu hari , maksudnya kalo pagi ngurus maka jadinya sore hari, kalo sore hari ngurus jadinya besok). Ada istilahnya ‘ngurus KTP cepat’, artinya kalo kita bisa bayar RP.15.000, maka KTP baru kita bisa ditunggu sekitar 15 menit saja. Hebat yahh,,,,,,
    Sebagai informasi, Ini biaya pengurusan KTP di kecamatan Tandes tahun 2006.

  4. tambahan syarat, buat yang dari jakarta mau bikin ktp surabaya, harus punya biodata, yang dikeluarkan sudin kependudukan, tapi sudin kependudukan jakarta (timur) nggak ngeluarin biodata, yang ada surat pindah yang isi nya juga biodata, tp judulnya surat pindah, di sby ditolak karena judulnya bukan yang dimaksud. dan katanya orang kelurahan kalo udah bisa dilengkapi PALING CEPET 2 BULAN baru ktp bisa jadi…..sekali lagi paling cepet………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s