Pakai Kartu Kredit Mana ?

Coba deh, kamu search di google, pakai keyword kartu kredit.  Tanggung ada berjibun sumpah serapah dari mereka yang kecewa dengan kartu kredit.  Semua merk kartu kredit yah, gak nanggung nanggung deh, pasti tidak ada yang terlewat.

Padahal, katanya kartu kredit berguna untuk menunda pembayaran [satu bulan saja sih].  Jadi kartu kredit itu sebenarnya berguna atau tidak sih ?

Papabonbon, bulan lalu apply kartu kredit, dan sebelumnya menghabiskan waktu sekitar 2-3 minggu untuk searching informasi kartu kredit sebanyak banyaknya.  Terutama dari kasus kasus kecewa pelanggan dan komplain yang ada.  Setidaknya papabonbon bisa menyimpulkan beberapa hal, pelanggan dikecewakan karena :

  1. misalnya BCA, kartu kreditnya harus bayar annual fee double.  karena kalau apply visa atau master, kita akan menerima dua kartu kredit, bca cart dan visa/master card.  sementara BCA kurang transparan tentang hal ini.
  2. beberapa pelanggan kecewa, karena kadang melakukan pembayaran berlebih, namun ketika kurang bayar sedikit saja, tagihan plus bunganya ampun ampunan 😦
  3. pelanggan kurang familier dengan sistem respon perbankan dan SOP customer service.  sering terjadi kekecawaan dimulai dalam proses kenaikan kredit limit.  Beberapa bank memberikan fasilitas kenaikan limit otomatis asalkan saldo kita di bank yang sama mencukupi, namun sering kali, antara limit di kartu kredit dengan saldo di tabungan tidak bisa match seketika [terutama ketika hari libur], akibatnya, pembelian kita dikenakan bunga sangat mahal karena dianggap over limit
  4. pihak keluarga sering mendapat tekanan dan perlakuan kejam dari pihak debt collector, baik yang third party maupun debt collector factoring [kredit kita dijual karena dianggap kredit macet].  perlakuan kasar sering diterima pihak yang tidak berkepentingan. 
  5. data kita sebagai konsumen yang seharusnya dirahasiakan, ternyata dijual begitu saja seara semena mena.  😦

nah, lalu benefitnya apa ya ?

kalau orangnya teratur, maka bisa untuk one bill payment. Dari segala urusan semacam :

1. bayar listrik
2. bayar telepon
3. bayar tagihan hape
4. belanja bulanan
5. bayar asuransi
6. langganan internet

jadi kita tidak perlu pusing melakukan pembayaran satu per satu untuk setiap item tagihan diatas.  Enak bukan ?

Tapiiiiiii, kalau orangnya kalap, pengen beli hape terbaru, [atau nafsu beli printer baru biar dapat ipod dgn harga miring, atau baru pindahan rumah, terus langsung belanja spring bed, tv, ac, lemari, kulkas, mesin cuci, dll yah, maboklah pasti keuangannya …. 🙂

Solusi untuk mengontrol penggunaan kartu kredit antara lain :

  • harus rajin ngecek ke websitenya kartu kredit, item tagihan kartu kredit kita larinya kemana ajah …. 😦
  • belanja gedhe ndak papa, asalkan hari ini belanja, besok kudu bayar.  Sambil ngejar point atawa ngejar cashbacknya 🙂 hyakakakakaka

Lalu kartu kredit mana dong, yang direkomendasikan ?  bukannya semua bank penyedia kartu kredit ternyata punya cacat cela ?  Berikut ini info dari seorang rekan, mas Etjip dengan beberapa tambahan.

Saran:


1. Bisa dipilih: HSBC, BCA, Mandiri.

HSBC pelayanannnya profesional; BCA cukup banyak promo, bagi penggemar starbucks, all year round bisa upsize, tiap 2 bulan ada promo buy 1 get 1 free untuk frappucino; Mandiri kayaknya masih belum dengar track record negatif, dan seringkali ada 50% off.

2. Jangan pernah dipilih: Citibank, Standard Chartered, Niaga.
Citibank pernah punya pengalaman buruk. Sejak punya Citibank tahun 2006, dalam jangka waktu sebulan setelah kartu didapat, gw sering dapat telpon penawaran kartu kredit, voucher hotel, dll. Pasti gara-gara Citibank membocorkan data gw. Kenapa yakin Citibank? Karena gw pemakai setia HSBC dari tahun 1999 dan tidak pernah sekalipun ditelpon orang gak jelas yg menawarkan suatu promo sampai tahun 2006, persisnya sebulan setelah terima kartu si Citi.

Standard Chartered: menurut gw dia tidak conduct business in ethical way. Gw pernah ditawarin kartu kredit Stan-Chart. Pas gw tanya dapat data gw darimana, dengan bego (ato jujur) si marketer bilang dapat beli data dari pajak. S**t.

Niaga: bulan Feb 2008 jadi korban carding, jadi security systemnya pasti jelek abis dan security atas data storagenya pasti ancur berat. Untung tuh kartu yg bikin kantor, bukan punya pribadi…. :p EGP. Tapi, buat personal gw tidak akan mau pakai Niaga.

Selamat memilih (ini bukan promosi, gw juga tidak dapat komisi dari memberitahu info di atas.)

O ya, untuk bisa dipakai di lounge airport, mesti yg gold ato lebih, paling asyik platinum (berapa sih minimum income buat gold ato platinum sekarang? masih 60 sama 100 juta?). Untuk Soekarno-Hatta, lounge-nya ada di terminal 2D. Sedihnya, lounge-nya HSBC jelek banget, makanannya cuma nasi goreng, mie goreng, bakpao sama softdrink (data per awal 2007). Nyebelin, mendingan gak sekalian ato masuk lounge yg lain bayar 60 ribu.

Kalau ingin yang bunganya murah, tentu pilih bank lokal.  Paling rendah bunganya Bumiputera, BNI, diikuti BRI, Mandiri, BCA.

baca juga :

http://priandoyo.wordpress.com/2007/06/20/kartu-kredit-apa-yang-cocok-buat-saya/

Iklan

32 thoughts on “Pakai Kartu Kredit Mana ?

  1. BCA by phone sucks!
    masak udah masukkan no customer, pin, baru dibilang kalau tidak berfungsi? udah abis pulsa berapa tuh?
    Kenapa gak adari awal coba enggak berfungsinya?

  2. Ngejar cash backnya oom.

    Pikir pikir annual fee 200 rb vs cut off tagihan 300 rb + cash back 600 rb. Masih lebih menang pk kartu kredit.

    *asumsi per bulan expense yg di switch pk kartu kredit sekitar 1 jt, cash back minimal 0.5 persen dari transaksi. Jadi 1 jt bisa dpt 50 rb, kalo setahun 600 rb*

  3. yep, begitulah …. tapi memang kalau di indonesia diiklankan dgn cara yg membuat konsumeerisme meningkat drastis. 😦

    tuh, oom ario bismo kan menulis secara implisit kalau kartu kredit di jeerman minim diskon dan promo gila gilaan 🙂

  4. Ping-balik: Kartu Carrefour BCA? | Lelucon Singa

  5. Waw… Thank banget info nya..

    Baru mau berniat.. entah kapan. Soalnya masih takut juga sama si kartu plastik itu.

    Masih kepikiran untuk lebih baik ngambil cicilan rumah atau asuransi. Hidup merana nggak papa.

    Soalnya, saya nggak yakin bisa ngatur. Kalau dah pengen, beli. Apalagi yang pengen pacar, duh nggak kuat deh!

  6. BCA Card lebih banyak manfaatnya bagi gue yang terjun di duni bisnis,apalagi BCA Visa gue jadi lebih mudah dalam bertransaksi baik didalam maupun diluar negeri.

  7. Setuju. CITIBANK sudah gue blacklist karena dia mau blacklist gue (nahlho). Jadi ceritanya, kartu udah gue tutup setahun yang lalu, tapi masih ditagih anual fee. Gue cuekin. 3 bulan kemudian dia ngancem mau masukin gue di blacklist di asosiasi penerbit KK. Sontak gue marah. Mereka udah minta maaf sih. Untunglah.

    Sekarang andalan gue UOB Platinum, banyak diskon dan fasilitas airport lounge sampai ke luar negri 😀
    Sebelumnya pake MANDIRI TITANIUM, juga tidak mengecewakan. Diskon selalu 50% bahkan lebih.

    Ngomong2 ajnatz.blogspot.com itu situs gue he he
    Feel free to explore. ada info airport lounge dan tempat makan enak. Tapi mostly di Indonesia (jakarta)

  8. Ping-balik: ABN Amro reseh «

  9. heiii,,aq bingung jadi nya nech ama,koment2 yg beragam,,sebener nya bagus gak sech pakai kartu kredit itu?,aq sekarang buka tabungan bca,,rencana mau bikin tuh kartu kredit,bagusan kartu kredit yg mana dan jenis apa yang bagus?,,yg bisa dipake di luar negry,kayak jepang dan indonesia,,trus gimana cara bayar bulanan,,kalo telat bayar mesty bayar bunga pajak berapa,,mohon bantuan nya donk,,sory rada buta nih ama kredit card,,,

  10. Kalau kartu kredit digunakan untuk modal usaha.. saya kira sah-sah saja. Kalau untuk konsumtif… lebih baik jangan deh. Jika memang serius untuk usaha, bikin yg byk, jgn bikin 1 saja, makin banyak makin bagus. Tapi hanya untuk bisnis. Dan mulai dari kartu gold.

  11. Standard chatered platinum master card di website nya tertulis bisa untuk lounge di airport soekarno hatta terminal 2, sampai di terminal 2 soekarno hatta tidak bisa masuk, minta nya kartu visa platinum standard chatered, wah benar-benar mengecewakan, mereka lagi promo 0 percent cicilan pemakaian kartu di luar negri, tapi untuk janji yang mereka bilank juga tidak bisa ditepati mana mungkin saya percaya, kapok pake kartu nya standart chatered

  12. Sangat menarik. Bagaimana mengenai kartu kredit BII? Tiba2 sudah jadi CC nya, karena mereka mengambil data saya tanpa sepengetahuan.. Mereka meminta utk sms ke nomer sekian2 utk aktivasi, namun saya belum sms. Apakah artinya CC saya belum aktif? apakah CC BII bagus menurut anda? Terima kasih. Mohon pencerahannya..

  13. BNI oke tuh. yg gold nya aja bisa buat dapat gratisan di airport lounge. mandiri ada buy 1, get 1 dan lumayan banyak diskon menariknya buat nonton XXI. bca juga kalau hari sabtu/minggu. kalau bii kurang asik lah.

  14. BII selama ini aman bos… Yang pasti perlu dinget tanggal jatuh tempo dan cekatan saat kapan harus ngambil /gesek dan kapan harus bayar……… poin pun oke bisa tutup biaya tahunan. Tx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s