Anak Semua Bangsa

Ini dia buku kedua Pramoedya Ananta Toer. Anak Semua Bangsa.

lagi kuteruskan membaca karya pramoedya hari ini.  semakin kubaca semakin kumengerti mengapa karya karyanya dicekal.  untuk dia yang telah dicap pki, semua wacana yang berbau api kritis perlawanan akan dianggap sebagai karya yang provokatif.

bisa menyebarkan kekacauan !   🙂

generasi yang diidealkan pram adalah generasi baru, dengan semangat menyala nyala di dada, dan sangat ingin bertindak.  tidak harus sempurna ketika mengawali tindakan.  tapi bumi telah menjadi saksi, bahwa mereka telah berusaha melakukan sesuatu.

anak semua bangsa dimulai dengan lanjutan kisah tentang kehidupan nyai ontosoroh dan minke setelah annelies di rudapaksa oleh pengadilan kulit putih untuk dibawa ke nederland.  peran protagonis dimainkan oleh Jean Marais dan Khouw Ah Soe sebagai orang yang ingin melihat minke turut bangkit, bangun menggelorakan bangsanya.  tokoh antagonisnya justru si redaktur S.N. v/d D Maarten Nijman.  Dalam buku kedua ini, Maarten ditampilkan sebagai kulit putih yang simpati secara kemanusiaan, namun tidak memiliki simpati terhadap nasib pribumi baik secara konsep maupun tindakan terhadap kebangkitan kaum pribumi di negara mereka masing masing.  malah ujungnya koran S.N. v/d D ini perpanjangan tangan kaum industrialis gula.

buku kedua ini menurut papabonbon hawa maskulinnya kental.  karena caranya bercengengria pun digambarkan dalam perspektif laki laki, dan kesedihannya juga kesedihan kaum lelaki, kesembronoan adalah yang nampak dalam pandangan kaum lelaki, cara bagaimana dunia tampil membuka diri juga digambarkan dengan cara berpikir laki laki.  nyai ontosoroh tampil dalam sosok pujaan ala margareth tatcher atau kamerad ideal kaum kiri.  wanita wanita baja yang rasional.

buku ini kering dari deskripsi imaji sosok diri yang ingin mengenal dunianya ala N.H. Dini atau Maria A Sarjono yang kental perspektif seorang wanita.  Dunia mental buku ini adalah wajah dunia dari cara seorang lelaki kiri yang mencari dunianya sedang berolah fikir.

Iklan

One thought on “Anak Semua Bangsa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s