Ending Duel Silat Paling Seru

Di milis tjersil, baru dibahas mana cerita silat yg endingnya paling ngegirisi. Ada yg mengajukan :
1. pertempuran final antara sasaki kojiro vs musashi,
2. ada yang mengajukan Kozure Okami— membuat aku tertarik 🙂 , dan
3. ada yang mengajukan Pedang Tuan Muda Ketiga karya Khu Lung / Gu Long – rencana cetak ulang Desember ini.

Yang terakhir ini cerita silat klasik jaman tahun 60an. Dimana jagonya punya cerita silat cina daratan adalah Liang I Shen, Gu Long, dan Jin Yong.

Buat yg curious, Jin Yong/Chin Yung ini adalah orang yg ngarang Kwee Ceng, Yo Ko dan To Liong To/Thio Boe Kie.

Nah, aku jadi penasaran, gimana cara mendapatkan komik Kozure Okami (nama amriknya Lone Wolf & Cub) karya Kazuo Koike & Goseki Kojima ini yah … ??? Ada yg bisa bantu ?

dari Rieza Fitra Muliawan
===

Re: [tjersil] ending dalam cerita Khulung – menyambut cetak ulang Pedang Tuan Muda Ketiga

bicara soal duel antara dua jago pedang. saya pikir cerita duel antara musashi dan sasaki kojiro [dalam buku musashi – eiji yoshikawa] adalah yang terbaik untuk jenis cerita laga atau cersil.sukar dicari bandingannya. setelah itu, saya memilih duel antara ogami itto dan retsudo [lonewolf and the cubs – kazuo koike & goseki kojima] adalah yang paling dramatis. pertarungan yan capsha dan cia siau hong, menyusul ada di bawahnya.

entah ilmu pedang apa yang diyakinkan oleh yan capsha sehingga ia tidak bisa menguasai pedangnya itu. pastilah ilmu sesat. karena premis ilmu pedang tertinggi adalah [biasanya] “tanpa pedang”, alias “manunggaling pedang”.  oleh karena itulah saya berkesimpulan, pastinya ilmu pedang yan capsha adalah sesat adanya. yan capsha, ternyata masih membutuhkan pedang sesaat sebelum bertempur dengan cia siau hong. butuh pedang andalan untuk menyalurkan jurus ke 14 nya itu.

ilmu pedang cia siau hong, tidak kalah sesatnya.  setiap pedang keluar sarungnya, harus dicuci darah … ini pasti ilmu sesat.  bisa orangnya tersesat atau memang pedangnya dirasuki iblis.

bab-bab awal pendekar gelandangan [sastra kumala tahun 1978], ditulis dengan sangat baik.

mengikuti petualangan yan capsha sangat mengasyikan. saya tadinya berpikir, wah menarik ada jago seperti yan capsha ini, mengingatkan akan kehidupan para “wanderer samurai” yang menekuni jalan pedang.  hidup mengabdi semata mencari kesempurnaan ilmu pedang. di setiap belokan jalan, ada kemungkinan ditempur musuh, atau ditantang para jago pedang muda yang sedang berjuang mengangkat nama. sayang, khu lung tidak mengeksplorasi tema ini.

bagaimana suka duka orang yang berjuang untuk mendapatkan nama besar di dunia persilatan. bagaimana para jago pedang muda mengambil jalan pintas dengan langsung menantang jago pedang terkenal hanya untuk mengangkat nama [biasanya berujung kematian].

dilema yan capsha ketika mempelajari ilmu baru dari buyung ciu ti ini adalah pembahasan yang paling menarik. apalagi setelah jurus pemunah ciptaan capsha ternyata digunakan untuk menyerang dirinya sendiri. bab ini adalah yang paling baik dari semua keseluruhan cerita pend. gelandangan.  padahal karakter yan chapsa sendiri sudah demikian flamboyan dan bersahaja.  lebih berkarakter dibandingkan siau cap it long.

cerita 13 permata palsu yang menghiasi gagang pedangnya [ yang asli sudah digadaikan untuk dibelikan makanan dan minum arak ] membuat cerita lebih realis. dari mulutnya keluar rentetan kata kata mutiara ala khu lung, walau filosofinya tentang pedang … mentah.

yan capsha memperlakukan duel pedang, seperti acara keagamaan. maklum, karena setelah duel pasti akan ada yang mati.  yan capsha adalah karakter dengan pembahasan paling sedikit tapi justru dialah yang menerangi seluruh cerita pendekar gelandangan ini.

ada yang sangat mengganjal membaca pend.gelandangan ini. cerita yang dimulai dengan kualitas baik, menjadi standard khulung justru ketika khu lung sudah mulai banyak mengumbar darah.
1. kemana si gagak ?
2. tiok yap tjing ; orang ini, macam apakah? : apakah sebenarnya motivasi dia?
3. kemana si toa tauke ? hilang begitu saja? padahal dialah biang semua keributan.
4. yan capsha menjadi tua, cia ciangkwee masih begitu begitu saja.

iseng-iseng.
siapa nama keluarga (she) yan capsha sebenarnya?
[bing, dilarang jawab]

teman papabonbon, si zur-tech memberi link, http://www.vimanga.ru/manga/l/lone-wolf-and-cub untuk download, tapi ketemu 28 volume, 142 bab, dan masing masing bab rata rata 10 mb, langsung getir, kagak kuat downloadnya huehehehe 😀

Oom gigi sih ngasih info kalau di Kinokuniya Singapore ada, karena minggu kemarin dia baru lihat.  Kendati ini komik era 60-an, tapi dicetak ulang, terbitan amrik, Dark Horse. baru terbit Sep 2000.  Sayang, di Surabaya kan tidak ada Kinokuniya …  😦

Iklan

14 thoughts on “Ending Duel Silat Paling Seru

  1. Return of the condor heroes, alias yoko ini karya Chin Yung yg dibahas diatas. Bagian dua dari trilogy I Thian To Liong.

    Cuman ending ceritanya kan bukan adu pedang ? Secara Yo Ko yg paling sakti di sana. Si pendeta Lama itu kan masih selevel dibawahnya Yo Ko, lagian senjatanya adalah roda. Di Pendekar Rajawali Sakti ini justru Yo Ko nya baru terakhir terakhir jadi sakti.

    16 tahun berpisah, huhuhuhu …. Yang pasti Yo Ko dan Siauw Liong Lie ini juga favoritku kok .. 🙂

  2. Salaam Kenal,

    Wah senengnya nemu blog ini, isinya informatif, menarik, dan beragam, keep up the good work..

    Aku jg penasaran gimana caranya dapetin lone wolf and cub 😉

  3. coba check paragraf bagian bawahnya deh …

    teman papabonbon, si zur-tech memberi link, http://www.vimanga.ru/manga/l/lone-wolf-and-cub untuk download, tapi ketemu 28 volume, 142 bab, dan masing masing bab rata rata 10 mb, langsung getir, kagak kuat downloadnya huehehehe

    Oom gigi sih ngasih info kalau di Kinokuniya Singapore ada, karena minggu kemarin dia baru lihat. Kendati ini komik era 60-an, tapi dicetak ulang, terbitan amrik, Dark Horse. baru terbit Sep 2000. Sayang, di Surabaya kan tidak ada Kinokuniya … tapi coba aja kinokuniya jakarta.

  4. Kalau aku, duel paling nggegirisi adalah duel: Mahesa Jenar lawan Sima Rodra dari Lodaya. Sudah berulangkali baca cerita Nagasasra-Sabuk Inten ini…masih tetep suka nangis kalo baca bab-bab tertentu. Kalau ada yang suka, silakan baca di: gajahsora.com/daftar_index_naga.htm
    sala.

  5. Ping-balik: Pedang Tuan Muda Ketiga « bebek goreng ala madura

  6. Kalau menurut gua sich yang paling dramatis pertarungan antara siau li tamhoa melawan siangkwan kim hong. Karena gak ada yang bisa nonton and akhirnya juga dramatis kan !

  7. Yang seru lagi pertarungan antara murid siau li tam hoa (Yap KaY) melawan anaknya siangkoan kim hong (siangkwan siau san) dalam cerita Rahasia Mokau Kaucu

    • kayaknya rahasia mokau kaucu ini bukan karya jin yong deh. tapi dari penulis lain yg bikin cerita seolah olah nyambung ama trilogi : kwee ceng, yo ko, thio boe kie deh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s