Expat Kita Memang Sedang Bermasalah [IV]

Ngelanjutin  urusan bermigrasi ria, cari kerjaan di luar negeri dan beraneka ragam masalah yang ada aaach …  🙂

Berikut ini sharing dari mas Tony di Saudi.  Sumber dari curhatan di milis beasiswa.  bagus juga untuk perspektif teman teman yang lagi cari info buat ke Timur Tengah.

Assalamu’alaikum Mbak/Mas Vitri dan Teman2 Mailing list Beasiswa

Terima kasih buat email temen-temen yang banyak masuk ke email pribadi saya.  Saya Tony (seperti posting saya sebelumnya) adalah salah seorang mahasiswa penerima Beasiswa KSU PhD dan research assistant serta dijanjikan (disurat) bahwa PhD program akan dimulai semester II (Februari 2008).

Setelah disini selama 2 bulan dan banyak bergaul dengan komunitas 2 pelajar, konsulat dan TKI/TKW kita di arab serta setelah sering berinteraksi dengan pihak universitas maka beberapa hal yang dapat saya sampaikan kepada teman2 :

Hal-Hal Positif yang ada (PELUANG):

1. Universitas2 di Arab Saudi (berdasarkan seminar internasional yang saya ikuti disini) seperti KSU, King Fath, King Abdullah, dll saat ini sedang bersaing ketat dan membutuhkan mahasiswa S2 dan S3 baik dari Arab maupun dari Internasional dalam rangka meningkatkan reputasi, peringkat, dan penelitian di Universitas mereka. Tahap seleksinyapun berbeda2 namun relatif lebih mudah, contoh untuk KSU, temen2 bisa membuka website barunya 🙂 di www.ksu.edu.sa masuk ke tiap2 fakultas, misal di College of Computer and Information Sciences disini sedang membuka S2 dan S3 sebanyak2nya dan mudah cukup kirimkan berkas lamaran langsung ke Deannya.
2. Bagi temen2 yang kesini dalam rangka meningkatkan iman dan ibadah sangat cocok, dijamin anda jadi sholat tepat waktu dan ringan untuk beribadah (masjid dimana2 ada)
3. Bagi yang selama ini sulit umroh dan haji insyaAlloh umroh bisa kapan aja asal ada duwit, tetapi haji dibatasi 3 tahun sekali (kecuali kalo anda bisa bahasa arab dan menjadi pemandu haji disini).
4. Biasanya universitas menyediakan asrama, untuk KSU asrama untuk mahasiswa Science VIP (ada air panas, AC, dapur, dll), gajinya pun 3-5 kali lipat dari mahasiswa agama (2000-3000 reyal) + tiket pp Indonesia 4 buah tiap tahun (hebat ya!!). Makan di Cafetaria Kampus disubsidi cukup 2 reyal/makan, sarapan cuma 1 reyal. Jadi jika anda single dan ingin hidup enak dan tidak ada masalah dengan waktu, sekolah di Arab sangatlah cocok.
5. Buat temen2 yang punya keahlian/ketrampilan di bidang science (misalnya saya bisa web, programming) selama anda punya kemampuan komunikasi yang bagus (english atau arab) peluang kerja tambahan di sini banyak. Kenapa? karena orang2 Arab SANGAT PEMALAS mereka membutuhkan orang asing. Pengalaman saya, Alhamdulillaah dalam 2 bulan 4 peluang bekerja dari teman, dari konsultan universitas, dari kepala Pusat Komputer Universitas, dan dari Supervisor saya (project) telah saya terima, meski mungkin akan saya tolak. kenapa? nanti saya cerita di bawah.
6. Kuliah di Arab sangat cocok untuk anda yang ingin berlama2 diluar negeri atau ingin selamanya meninggalkan Indonesia dan menetap di Arab.

Hal-Hal yang mesti DIPIKIRKAN, DIPERTIMBANGKAN, DIWASPADAI MASAK2:
1. Banyak pengalaman dan pesan dari tenaga2 profesional maupun student di sini termasuk pengalaman saya, institusi di arab sangat MUDAH DALAM NEGOSIASI tetapi SANGAT RINGAN UNTUK MENGINGKARI. kata “Insya Alloh” di sini sudah tidak berarti lagi sebagai sebuah kesungguhan 😦 Jadi kalo anda mau berangkat ke Arab pastikan dahulu seluruh perjanjian tertulis disepakati dan ditandatangani (bisa saya pastikan biasanya hal ini sangat sulit). Dalam kasus saya, ternyata program PhD komputer sampai di sini belum ada dan baru saja disetujui 😦 serta insya Alloh (baca: nggak yakin) akan dimulai Tahun depan (bukan semester depan seperti tertulis di surat atau info permulaan). Biasanya tidak ada kontrak yang jelas sehingga interprestasi pekerjaan bermacam2, Contoh: dalam kontrak gaji 2000 SAR untuk S2 selain hak kuliah diberikan kewajiban kerja 48 jam/minggu (banyak banget nih!) sehingga beberapa teman di Jurusan banyak “dimanfaatkan” oleh oknum2 jurusannya untuk mengerjakan hal2 yang sebenarnya pekerjaan orang lain, contoh: mengoreksi ujian dosen, jaga ujian atau paling parah ada yang disuruh bikin kopi (ya Allooh parahnya kesan TKI disini). JAdi bersiaplah dengan perlakuan danhal-hal yang tak terduga dari kontrak kita.
2. JANGAN PERNAH BERPIKIR SETELAH MASUK ARAB akan MUDAH UNTUK PULANG atau RESIGN! Untuk keluar kita butuh apply Visa Exit Permit lagi dan itu harus atas persetujuan universitas kita. Jika Universitas tidak menyetujui maka gagallah kita keluar atau ijin pulang. Setiap student diwajibkan mengurus Visa keluarnya leat jalur imigrasi Universitas dan JANGAN PERNAH BERPIKIR BISA SELESAI SEMUA URUSAN DALAM 1 HARI. Disini untuk setiap item prosedur butuh 1-2 hari dan untuk mendapatkan 1 dokumen ijin butuh kurang lebih 5item prosedur, jadi jika ingin pulang disarankan 2 BULAN sebelumnya sudah mengurus! 😦 Sebagai contoh rekan saya mas Tri Sasongko (yang adiknya meninggal dunia kecelakaan di Thailand 1 minggu yang lalu, ada beritanya di detik dan kompas) TIDAK BISA PULANG MENDADAK…butuh paling cepat dan setelah bernegosiasi alot 2 Mingguan baru bisa pulang. Jadi kalo memilih kuliah disini siapkan jika ada apa2 dgn keluarga di Indonesia tidak bisa pulang dengan cepat.
3. Secara pribadi dan pengalaman 2 teman student wanita dalam rombongan kita, SAYA TIDAK MEREKOMENDASIKAN TEMEN2 WANITA UNTUK BELAJAR DI ARAB! apalagi belum menikah, dijamin anda tersiksa tidak bisa kemana2 (hanya tinggal di asrama, meski dijemput KBRI sangat sulit keluar) dan umur anda tua karena kuliah lama disini.
4. Bersiaplah untuk KULIAH LAMA disini S2: minimal 2 tahun hingga 4 tahun, S3: 5 tahun hingga 12 tahun 😦 ada bukti mahasiswa S3 10 tahun nggak lulus2….di sini S3nya memakai model US jadi pake kuliah bukan full research

Wuaduh…pokoknya masih banyak lagi deh informasi-informasi tentang KSU dan Arab…untuk lebih detail dan up to datenya silahkan akses di www.arabksustory.wordpress.com, tentang KSU www.ksu.edu.sa,
tentang saya www.tonydwisusanto.wordpress.com

mohon maaf jika email2 yang masuk ke saya tidak bisa saya bales, atau mbalesnya telat2…banyak kerjaan dan sering mumetnya :))

Salam kompak,
Semoga Alloh senantiasa menuntun kita menuju kemanfaatan diri bagi semesta alam

Tony Pelita Hati

3 thoughts on “Expat Kita Memang Sedang Bermasalah [IV]

  1. Model S-3 US itu memang ada kuliahnya, tapi bukan berarti bisa molor-molor waktunya. S-3nya di bagi dua part: part A, kuliah (setara master), jika lolos, baru maju ke Part B: Phd candidacy. Kalau di Arab lama, mungkin nyambi kerja juga barangkali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s