Edensor & Khatulistiwa Literary Award

Selamat buat bung Andrea Hirata !  Edensor masuk menjadi nominasi Khatulistiwa Literary Award.

Berita Lengkap ada di sini.

Edensornya sendiri memang desa yang indah kok.  Iseng browsing foto foto tentang Edensor lewat mbah gugle, dapat beberapa yang menarik.  Berikut ini salah satunya.

 sumbernya dari sini

Lihat juga ulasan Edensor di :

  1. https://papabonbon.wordpress.com/2007/08/16/andrea-hirata-edensor/
  2. http://sastrabelitong.multiply.com/journal/item/4/Edensor_Buku_Ketiga_Dari_Tetralogi_Laskar_Pelangi_
Iklan

47 thoughts on “Edensor & Khatulistiwa Literary Award

  1. Ping-balik: ThrowInside » Edensor : when dream come true…

  2. dari laskar pelangi, sang pemimpi hingga edensor semuanya adalah novel yang sangat berpengaruh dalam hidupku.. terimakasih andrea hirata.. ditunggu maryamah nya.. suksas slalu.. aku pengen lebih kenal dengan arai dan lintang dan tentunya si-ikal..

  3. Aku baru selesai Edensor kemarin sore. Aduh Ikal mengapa kau cari A Ling begitu rupa ? cobalah datang ke kotaku Lumajang di kaki gunung Semeru, mungkin ada A Ling, mungkin dia gak jadi designer tapi jadi juragan truk yang disewakan buat angkut pasir gunung Semeru ke jakarta, mungkin dia jadi petani wortel atau kentang di lereng gunung Semeru yang indah meski Semeru lagi batuk-batuk …….., atau mungkin sudah kau temukan di Maryamah Karpov yang aku tunggu……….. cepetan terbitnya ………………!

  4. Edensor ???

    berhubung fans Andrea kebanyakan cewek, saya yakin banyak yang patah hati baca bukunya..nyari A Ling sampai ke Afrika geto loch.

    A Ling mungkin ada di Maryamah Karpov LAGI !!
    Jadi ( katanya ) film LP bakal tayang sebelum MK terbit, meminimalisasi kecemburuankah ???

  5. aq dah baca edensor, tapai aq msh gregetan. Kayaknya kok ada yang kurang ya. Coba deh ndre… tulis edensor sekali lagi, pasti banyak serpihan2 yang kau harus bawa tapi tak terajak. aq ksengsem banget ama LP dan Sang Pemimpi juga sangat bagus. Maka rada kurang puas di Edensor. Apa karena si Ikal udah kurang idealis ketika dia berada di Eropa…

  6. oh my god……..edensor is beautiful country,,,
    aku ingin bekelana…… menemukan keindahan edensor
    yang tak pernah terpikirkan……..

  7. dear Andrea hirata…

    aku sampai bela2in beli LP yg hardcover krn pengen liat ibu guru muslimah yang rendah hati,krn aku gak sempet nonton acara kick andy…begitu nonton..i cant stop my tears …
    it was great book,inspire,dapat memotivasi,menggugah semangat..
    benar2 andrea dapat mensastrakan,kimia,fisika,ekonomi,tehnologi dengan gaya bahasa yg menyentuh perasaan..

    so siapakan wanita yg beruntung mendapatkan seorang Andrea hirata,yg mempunyai banyak pengalaman,pengetahuan,tetap belajar dan yg terpenting..rendah hati..(yang saat ini sangat sulit menemukan orang yg rendah hati…)

    so sukses selalu buat andrea hirata and GOD bless u,…

  8. Banyak yg bilang klo Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, ama Edensor itu bagus,, daku tak percaya sampe daku baca novel itu sendiri,,, dan ternyata TOPP BANGEETS!!! Pokoknya baca buku2 ini jadi keterusan and penasaran! Kocaknya ada, sedihnya juga ada (pas nyeritain ttg Arai)…
    Gara2 buku ini saya jd semangatt untuk ..mengejar cita2 luhurku yaitu Keliling Dunia!!! Hahaha,,, makasih buat Bung Andrea Hirata krn dah bikin buku bagus!!! daku tunggu karya2 berikutnya! Salam buat Kucai!

  9. To MAS IKAL
    aku sangat terinspirasi sekali pada mas andrea.mungkia lebih tepat nya tergika-gila dan teropsesi pada mas andrea.aku sekarang kelas 3 smk di daerah terpencil yg bahkan tak tertulis di peta.setelah aku membaca laskar pelangi,sang pemimpi.dan edensor semangat ku unt mengetahui ilmu2 lain berkobar2,buku mas menghidupkan kembali pd cita2ku yg sempat mati.meyakinkanku bahwa tuhan tidak pernah tidur.trimkasih mas I LOVE U…

  10. membaca buku LP, sang pemimpi,edensor bikin kita menangis, tertawa seperti orang gila no 15 he..he..dan yang terpenting bikin kita lebih bersemangat menjalani hidup. thanks banget kak andrea.

  11. aq ingin lihat eDens0r… hikz…
    aq tak sabar menanti maryaMah kaRpov….
    aq ingin tahu dimana dan bagaimana dengan A Ling….
    aq ingin bertemu ikaL dan teman2….

  12. kenapa sih nyari foto2 anggota laskar pelangi,arai,jimbron,p.balia,ayahnya pak cik ikal, di internet gak pernah ketemu???pa emang gak ada?? pak cik ikal,bikin blog pribadi dooongg……
    atau buat yang tau,kasih aq info ya??

  13. Negri mimpi yang benar-benar nyata!
    Merangkai mimpi dalam kehidupan nyata yang indah & begitu mengagumkan.
    Kapan Q bisa ikut berpetualang! He…
    Slalu di nanti Maryamahnya.
    Good Luck bwt ikal.

  14. sungguh, tak ada lagi kata yang bisa aku ungkapkan untuk skedar menyatakan kekagumanku kepada seorang andrea hirata.kamu telah membuatku percaya pada mimpi dan sekaligus kekuasaan Tuhan dengan tangan takdirnya.

    aku ingin bertemu denganmu ikal, dan agaknya aku telah jatuh hati pada rambut keritingmu itu,he..
    aku sedikit menyesal karna kalau saja aku lbih tua beberapa tahun saja dari diriku yang sekarang,saat itu mungkin aku menjadi orang yang paling beuntung karna bertemu denganmu di kantor pos untuk mengambil kiriman uang dari orangtuaku untuk jatah bulananku di ipb ini,
    dan taukah kau aku ingin menguatkan hati Lintang, berkata padanya bahwa masih banyak jalan lain menuju mimpinya dan Allah selalu tau yang terbaik untuk hambaNya dan ingin sekali aku pertemukan dia dengan dosen2ku, rektor kalau perlu.meyakinkan mereka agar mau menerima lintang sbgai mahasiswanya walaupun kini dia sudah bukan lagi seorang yang muda,sayangnya entah dimana harus kutemukan dia?…
    bagaimana kalau tiba2 aku mendapatkan A Ling disini, di bogor??tentu dia akan bosan padaku karna aku pasti akan bertanya padanya semua tentangmu dan berkata hingga kalau perlu beribu2 kali bahwa dia sangat beruntung karna mendapatkan cintamu,
    dan tentu, aku ingin sekali bertemu mahar..yaah mungkin aku bisa belajar menjadi orang gila yang intelek seperti dia,hehe…=D

  15. satu scene yang bikin air mata saya mengambang di edensor adalah ketika ikal menerima surat dari ayahnya, ..ayahnya yang sudah pensiun, tua, tak berdaya……..yang masih bisa memikirkan nasib daerahnya ( saudara, orang sekampung, tetangga, tanah dimana dipijak, langit dimana dijunjung…lebih tepatnya)
    ayahnya berpikir lurus , langsung dan benar2 ikhlas………….. sekarang daerahnya sedang mewabah penyakit, (walaupun diri mereka sendiri tidak terkena imbasnya) dan perlu dokter, atau setidaknya mantri, juga kegagalan panen yang akan berakibat fatal…. orang2 belitong akan kelaparan! dan untuk itu perlu mantri pertanian.
    Maka ia sang ayah mentitahkan pada anak2 nya untuk segera mencari ilmu yang dibutuhkan tanah air mereka secepatnya, tak usah lama2 karena ini urgent dan segera pulang untuk membantu masalah kampung mereka.
    Sang ayah tak mengharap anak2 nya sekolah tinggi2 dan jadi profesor ekonomi atau biologi yang akan dipuja2 oleh orang sedunia…yang paling penting ilmu yang mereka dapatkan itu dapat segera menolong saudara sebangsa mereka yang lagi sekarat!!!
    menurutku ayah ikal sudah melihat secara mendalam bahwa yang namanya ilmu itu adalah yang dapat secara nyata membantu orang2 terdekat…orang2 sebangsa kita (kebetulan bangsa kita memang begitu menyedihkan sekali sehingga perlu pertolongan darurat!!)
    Pada faktanya memang orang2 indonesia banyak yang menjadi orang hebat di tanah rantau, tak sedikit yang menjadi profesor, direktur, peneliti, yang dikagumi dan di sanjung orang sedunia, tapi kita dapat lihat sendiri…..apa efeknya bagi bangsa kita secara keseluruhan?

  16. bravo buat bang andrea, setelah membaca LP, Sang Pemimpi & Edensor hidupku semakin bersemangat terutama utk memotivasi anak2ku dalam menempuh dunia pendidikan….
    kutunggu Maryamah Karpovnya……dimana Arai ?? thanks bang Ikal atas semangat yg kuberikan…GBU

  17. bravo buat bang andrea, setelah membaca LP, Sang Pemimpi & Edensor hidupku semakin bersemangat terutama utk memotivasi anak2ku dalam menempuh dunia pendidikan….
    kutunggu Maryamah Karpovnya……dimana Arai ?? thanks bang Ikal atas semangat yg kauberikan…GBU

  18. wuiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh,,,,,,,,,

    keren bangeeeeeeeeeeeeeeddddddddddddddd,,,,,,,

    ka’ andrea maen ke sekolahq dunkz……..

    disekolahq banyak yang ngefanz ama kaka’ lho,,,,,,,

    ka’ gimana kalo’ LP-nya dibuat film????

  19. keren banget… papabonbon ada informasi ga tentang bedah buku laskar pelangi di jakarta atau bandung tolong kasih tahu aq ya? ku pengen ketemu mas andrea nih

  20. Saya baru saja wawancara dengan Andrea mengenai novelnya terbaru, nantikan isinya. Maryamah Karpov adalah gabungan karakter perempuan Melayu dan jagoan catur Karpov, inilah klimaks dari perjalanan Si Ikal Laskar Pelangi.

  21. keren abiezzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz!!tapi gw blom baca buku ke empatnya!gw salut banget atas perjuangan meraih cita-cita dan cinta bang andrea alias ikal dan saudara sekaligus sobat setia yang sering memberikan sureprice2 wah si Arai!pokoknya anrea hirata keren banget!!!!

  22. thax alot udh bwt Sang pemimpi
    disaat aq gi minder dan takut bwt b’mimpi…
    akhirnya ….
    ada jg mtvasi bwt q
    o iy salam bwt kucai,mahar, sahara, dan smw anggota laskar pelangi,,,
    q pgn ngulang msa kcil ni
    ikut gabung gengnya laskar pelangi
    hehehe

  23. pengen gabung anggota laskar pelangi dong…………………………..hehehe
    thax alot udah ada nvl yang inspiratif bgt
    usai bc sang pemimpi q jd brani bmimpi ne mo jadi apa.
    sukses slalu y

  24. One thing i gonna say to andrea is THANKS A LOT! Saya sudah baca 3 buku dari tetraloginya,,,dan ya Allah…. He’s made me became insane to know whole the world.. Tulisan-tulisannya sangat inspiratif, kisah-kisahnya sangat menyentuh.. Suerrrrr deh,,emosi jadi serasa diaduk-aduk saat membaca karya besarnya.. Andrea adalah seniman kehidupan dan seniman kata-kata sebagaimana Arai yang Andrea ceritakan dalam bukunya..
    Pokoknya bagus bgttttttttttt……………

  25. Ikal….
    U’re amazing person…
    maybe I had gotten obsetion with U…Thank u for Ur dreams. Absolutely U’re my inspirator…
    Thank U so much andrea….
    Congratulation to edensor….
    We have waiting for maryamah Karpov…
    Keeping Succes to Ur Film…”Laskar Pelangi”

  26. awesome….!!! really awesome…!!!

    if i were u….

    kamu bisa mengolah kehidupan menurut caramu sendiri…

    karena kamu menyadari kalau hidupmu adalah milikmu, bukan milik orang lain…

    semuanya adalah tentang pilihan…

    terima kasih untuk trilogi laskar pelanginya….

    menunggu Maryamah Karpov….

    u’re such an inspiring person…

  27. andrea, trm kasih atas novel yang indah, betul2 hidup, menyentuh dan kocak. gmana nasib arai, si simpai keramat? sy ingin sekali bertemu dgn kamu, arai, jimbron dan lintang. sy tunggu novel maryamah karpov nya ya……………

  28. Andrea……….I love u so much. novel-novelnya sangat banyak membantu aku dalam mengejar impian dan cita-cita hidupku saat ini. seandainya saja aku ikut berpetualang dengan Arai dan Ikal menjelajahai eropa, ehm……pasti mengagumkan.

  29. Udah
    ga k itung lg brapa kali aku mengulang baca semua buku andrea, tp tak pernah ada kata bosan, krna setiap selesai mbaca ak sperti dapat spirit bru dlm menjalani hidup! byak2 trimakasih untuk andrea yg sudah menulis buku yg sangat2 inspiratif. sx lg tentralogi LP benar buku yg sangat menakjubkan!

  30. ass……..
    T.O.P B.G.T
    banyak banget pesan yang dsampaikan dalam buku ini,bagi saya bukan berapa kali saya membaca,tapi berapa banyak orang yang saya ajak membaca novel ini,suksese selalu buat mas andrea hirata……..

  31. assalamualaikum wr wb
    kang andrea hirata kumaha damang abdi urang bandung asli dan tulen resep pisan lalajo film laskar pelangi sok emut kana perjalana hidup abdi kapungkur rada mirip siga dina film janten emosi teh asa terwakili, seu-eur anu samina sareng perjalanan hidup abdi
    mudah-mudahan film laskar pelangi teh ulah ngan janten tontonan wungkul tapi janten tuntunan ku masyarakat bandung terutama siswa-siswa pelajar anu ayeuna mah sikap-na hedonstis
    nuhun kang andrea…. iraha urang tepang sareng silaturrahmi
    wilujeng boboran siam ramadhan 1430h
    hapunten lahir bathin
    wassalamualaikum wr wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s