Laba Salesman Kalau Kamu Kredit Avanza

Sesuai janji kemarin, papabonbon sedikit kasih gambaran, berapa sih “komisi” yang didapat seorang salesman kalau dia jadi agen ganda –> punya dealer sendiri.

Avanza G Cicilan 3 tahun
 
On The Road 98,500,000
DP 33,839,000
Sisa 64,661,000
Asuransi 6,895,000
Pokok Hutang 71,556,000
bunga 10.5% 22,540,140
Total Hutang 94,096,140
Angsuran/ bln 2,614,000
 
BAYAR I 
DP 33,839,000
Angsuran I 2,614,000
Asuransi 3% 2,955,000
Polis+Fiduscia 200,000
Administrasi 500,000
TOTAL BAYAR I 40,108,000

Cara Perhitungan Keuntungan Salesman Yang Memiliki Dealer Mobil 

I jual 10.50%
I standard 8.50%
PDC 3,421,004
Ins 4,210,875
Total 7,631,879

Cost 
Showroom 500,000
Leasing 750,000
“Uang Approval” 500,000
Total Cost 1,750,000
 
NETT PROFIT 5,881,879 –> Ini contoh penghasilan seorang salesman mobil -gak kena pajak pulak- yang mau kerja keras supaya punya dealer sendiri.

Kesimpulan :

cintailah pekerjaanmu, tapi jangan mencintai tempat kerjamu.

Iklan

35 thoughts on “Laba Salesman Kalau Kamu Kredit Avanza

  1. yg jadi kuncinya adalah :

    – rate dari perusahaan finance/leasing
    – rate dari insurance company

    kalau dua rate itu bisa ditekan ama si calon pembeli sampai ke angka yg sebenarnya, bisa bisa si salesman malah buntung. rugi menanggung antara 1 juta, 3 juta, bahkan 5 juta kadang jadi makanan sehari hari. rugi 5 juta bakalan dijabanin kok, kalau calon pembelinya “tambang emas” alias biasa beli ama dia.

    jadi dia sengaja rugi, buat menjaga hubungan baik ama customer.

  2. nung, kamu lagi liat mobil apa. aku kayaknya ada contoh itungan buat :

    – LS 200
    – Wish
    – Innova
    – Strada
    – Rush
    – Yaris

    selain yg avanza di atas.

    tapi yg jadi inti adalah rate finance/leasing dan rate insurance. itu aja kok. secara teknis akan terlihat di bagian PDC dan insurance refund. itulah margin laba si salesman [yg memposisikan diri sebagai dealer].

    Kalau harga OTR – on the road yah, mestinya samalah ama yg lain lain. Nah, itu model bisnis rata rata kendaraan bermotor di Indonesia. Harga bisa di nego.

    Lha kalau seperti Bajaj yg harganya sama di mana mana, bisa di setting gitu caranya orang principal gimana yah ? karena belum di tahapan ngejar angka sales dalam jumlah super masif ?
    Bajaj Pulsar DTS-i CW : 16.1 jt
    Bajaj Pulsar DTS-i SW : 15,5 jt

    samsung dulu hari kan maksa dealer dan distributor buat netapin range harga yg sangat stabil. mendekati harga yg sama untuk tiap dealer. jadi margin mereka dapat langsung dari samsung sendiri/principal. dan pricing policy ini punya dampak membuat harga pasar second hp samsung ketika itu juga cukup tinggi dan stabil.

  3. Saya mau beli New Camry neh, tolong hitungin untungnya sang sales, kalau dia untung banyak nanti saya beli buat sales yang benar-benar berkomitmen tinggi.

  4. aku ndak punya daftar harga camry on the road. apalagi harga OTR tiap daerah beda beda. antara jakarta, sby, dan banjarmasin aja bedanya bida 4-5 jutaan lho, untuk masing masing lokasi itu.

    tapi kuncinya di :
    rate kredit : 8 %
    rate insurance : 3 %

    kalau hitungannya si sales pakai lebih tinggi dari itu [untuk range 2 bulanan lalu, dan sebulanan ini lah ..], yah berarti selisih lebihnya adalah keuntungan buat si salesman. dgn catatan salesmannya memposisikan diri sebagai dealer.

    kalau salesman principal misal kerja di astra bmw, atau auto 2000, atau suzuki, yah hitungannya lain lagi [lebih kecil]. paling banter paling paling bisanya cuman seperempatnya.

  5. @papabonbon

    Kesimpulannya papabonbon :
    cintailah pekerjaanmu, tapi jangan mencintai tempat kerjamu.

    I’m not agree with that!!!!!

    Jika kita tidak mencintai tempat kerja kita, kita ngga akan bisa memberikan yang terbaek buat perusahaan tempat kerja kita. ^_^

    Btw…kehidupan sales tuh agak rawan, banyak sales yang nakal! Btw…DoDit pernah jadi sales spd motor lho pas waktu masih kuliah dulu (jaman Syusah).

    Trus kyknya para sales tuh kok ngga prnh bisa nyimpen duit y? Duitnya habis melulu, mgkin karna nipu calon pembeli/pembeli beneran.

    Ada yang pernah tau kejadian kyk gini???

    Peace buat papabonbon. ^_^

  6. halo,papabonbon. salam kenal :). dgn melani. tulisan kamu menarik ya. he2. kalo boleh,pengen minta alamat email kamu. sy pengen berkorespondensi langsung. terima kasih ya sebelomnya. makin rajin nulis ok! 🙂 ##melani##

  7. hehehe, kata kata mas dodit itu ada benarnya juga. filosofi yg melambari pendapat ini juga ada lho. hanya saja, awalnya papabonbon berpendapat dalam skup yg lebih spesifik :
    – kita kerja profesional
    – kita bekerja karena kita menyukai pekerjaan kita
    – berada di manapun sama sama bumi Allah, jadi kalau gak kerja di pertamina atau kalo gak jadi PNS depkeu, maka kita ndak perlu ikut ikutan stress 😀

    nah, kalau yg dimaksud dengan “tempat kerja” itu diberi makna sebagai : tempat kerja yg kondusif, rekan kerja yg seumuran, bos yang mengerti anak buah, yah jelas jadi lain lagi artinya.

    maklum peribahasa dari luar negeri sih, kalau diterjemahkan ke konteks sehari harinya kita, jadi rada rada gimana gitu … 😀

  8. @ dodit, tadi papabonbon lagi nulis ttg “Kenapa Salesman” ketika koneksi internetnya ngedrop. yah, ilang deh tulisannya. secara di tekan tombol back juga udah ndak muncul lagi.

    @ melani. aku kirim deh emailku ke email kamu.

  9. Wa… ka….ka…kak….
    Ini yang punya Blog baik banget deh, mau ngasi tahu calon pembeli.
    Dari hari ini kedepan para sales mobil siap-siap gulung tiker….

  10. wah pantesan. sewaktu mau beli mobil avansa secara cash salesnya lansung bilang kredit aja pak khan lebih mudah bayarnya.Tapi saya bilang tidak saya maunya cash dan minta warna favoritku.Lalu salesnya bilang ooo,warna itu tunggu bulan depan pak.ok saya akan tunggu.setelah membayar uang jadi 5 jt saya pun menunggu selama 2 bulan tapi mobilnya blum datang2!!!!!Terpaksa dech beli mobil lain!!!

  11. @ oom ilham dan manusia super.

    papabonbon ketika menulis blog ini dgn titik berat ke financenya. tapi kalau sudah main lebih dalam ke posisi mobil a, b, c dan seterusnya dan dikaitkan dgn harga optimalnya, papabonbon harus cari info dulu nih.

    Oh ya, buat itungan PDC nya pakai sistem anuitas yg bisa jadi beda tiap perusahaan leasing. nanti bikin thread baru deh buat urusan itung itungan yg bisa digenerate lebih umum.

  12. Itungan PDC (Pre-Delivery Cost) emang beda buat tiap showroom, tapi beberapa showroom yg cukup reputable yang menerima PDC balik ini (istilahnya di dunia dealer) seharusnya mengembalikan ini dalam bentuk natura buat customer, misalnya bonus langsung, salon mobil, tilangan kalo mungkin customernya minta delivery lebih cepat dari STNK jadi, dst.

    Papabonbon emang bener, hitungannya tidak akan jauh-jauh dari itu, cuman rasanya insurance baliknya kegedean. Waktu saya jadi ADH Astra BMW/Peugeot Mlg sekitar 2004-an, biasanya kita terima dari insurance tuh sekitar 2,5-3,5jtan. Itu dah buat BMW, dan biasanya dari asuransi yg gak segroup kaya Wahana Tata atau Simas. Kalo dari Garda Oto yg segroup paling2 1,5, dibagi rata gopek2 buat company, Kacab+ADH dan sales. Gak tahu lagi kalau sekarang ratenya jadi lebih mahal.

    PDC dan insurance sudah sama2 tahu buat leasing, ins dan dealer, jadi kebanyakan showroom, jatahnya buat sales biasanya diminta & disisain paling2 500-1jt buat salesnya. Tempat saya dulu masih mending karena tutup mata kalo sales dpt lebih, showroom2 laen kaya Suzuki, Ford, dll., jatah salesnya diembat juga.

  13. @papabonbon :
    “cintailah pekerjaanmu, tapi jangan mencintai tempat kerjamu.”

    @DoDiT :
    I’m not agree with that!!!!!

    Saran gw…
    Jangan mencintai tempat kerja kita, cintai saja perempuan yang bekerja di sana…
    Biar tetep semangat!
    Hua…haha…

  14. Kalo menurut pendapat gw, krn kendaraan sifatnya konsumtif bukan investasi dan nilainya akan susut (terdepresiasi), jadi kalo mau beli ya Cash aja… jenisnya ya menyesuaikan dengan budget…tapi kalo emang cash gak ada, dan kebutuhan kendaraan memang amat sangat mendesak, yang pilihan terakhir dengan kredit…tapi saran pap bisa digunakan, intinya tekan nilai bunga dan asuransinya… OK

    Cheers….

    Arie

  15. Papabonbon…
    kalo aku mau kredit mobil bekas gimana..???
    ya yg harganya 85 jutaan … kira2x di sales leasingnya terima ga nih om…
    thanks

  16. Teman-teman,

    Pernahkah kalian mendengar opportunity cost. Jika kalian pernah, maka akan bisa memahami kenapa orang membeli mobil dengan kredit. Saat ini saya dalam proses melunasi motor saya. Kalau saya beli cash (13jt), tapi saya kredit 3 tahun sesuai kemampuan dan menjadi 21jt. Tetapi, dengan penambahan uang 8jt selama tiga tahun, saya bisa menghemat waktu dan mengatur waktu saya, saya telah bisa mengantar anak saya les kemana-mana, mengantar istri dan meminjamkan untuk keluarga dan membawa anak2 saya jalan-jalan termasuk piknik dan berenang bareng-bareng. Nilai yang tidak terhitung. Soal bensin, pajak dan perawatan, itu berkaitan dengan biaya produksi saya. Lalu ada pembanding dengan naik angkot untuk 3 orang dan tentunya untuk 3 tahun. Perbedaan biaya angkot dan cicilan plus bensin dan perawatan, hanya 100,000 per bulan. Jadi untuk kenikmatan yang tidak ternilai-waktu lebih cepat, bisa mengantar ke tiga tempat les, mengantar ke tempat mengajar istri saya dan belanja ke pasar, tidak ternilai harganya. Ini yang tidak saya dapatkan jika saya tidak mengkredit motor karena kemampuan masih motor.

    Dengan penambahan anggota keluarga, maka saya berencana mengkredit mobil dengan DP20% selama 2 tahun. Dengan perhitungan yang sama, maka saya akan tetap membeli mobil secara kredit melihat kepada jumlah anggota keluarga dan tentunya kesehatan anak-anak dan istri saya, agar tidak kehujanan dan menghisap debu dan asap kenalpot dari kendaraan. Ini nilainya tidak terkira. Cuma saya akan melakukannya secara prudent, cicilan tidak lebih dari 30% gaji saya.

    Ini pendapat saya secara pribadi. Nilai uang yang lebih saya bayarkan adalah untuk membayar opportunity cost.

    Trimaksih
    Salam

  17. sekedar info dan mo meluruskan topic diatas, yg namanya PDC tsb dihitung pada jenis transaksi mobil bekas, bukan di transasksi mobil baru…..

  18. Wihhhhh…..
    Mendingan jadi sales mobil aja, komisinya menggiurkannnnnn!!! Harga mobil 98jtan komisi 5jtan, skrg harga mobilnya udah sktr 160jtan, berarti 8jtan kali..
    Ckckkckck…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s