Ngomong Duwit !

Ketika gaji anak depkeu naik ke angka 15 juta banyak orang yang heboh. Padahal, tidak jauh di luaran sana, kalau kita mau sedikit berbagi dengan teman teman yang kerjaan sehari harinya sebagai sales mobil. Pendapatan mereka perbulan bisa 20-25 juta [sales yg merangkap kerja di principal sekaligus di dealernya sendiri]. Yang pegang posisi sebagai pemilik dealer dan punya cukup modal buat kulakan mobil sambil nyales sendiri, bisa di range 40-90 juta per bulan. Lho kok bisa ? Bagaimana hitung hitungannya ?

Dealer biasanya punya kontrak dengan :

  • perusahaan finance tertentu
  • perusahaan asuransi tertentu

untuk mobil kelas 100 jutaan ke atas [tergantung suasana pasar dan jenis mobil], baik yang baru maupun yang second :

  • dari sisi qty, makin banyak barangnya yg dibeli, maka approval untuk dapat potongan kredit dari perusahaan finance akan makin besar. konsep untung dikit, yg penting jualan laku keras. [oh ya, sales juga kudu bagi bagi ke orang yg ngasih approval di finance company dan insurance company biar lancar]
  • dari sisi kredit murni, ada spread sekitar 5-8 jt tergantung nego
  • dari sisi insurance company, refund nilai asuransi bisa sampai 50 persen – normalnya 30 persenan lah. [penting : perbedaan rate asuransi mobil baru dengan mobil lama ternyata hanya 0.5 %. Kalau selama ini, umumnya orang beranggapan asuransi untuk mobil lama jauh lebih mahal dibanding mobil baru. Perhatikanlah, ini hanya tipu tipu pegawai asuransi.

dari penjualan sebuah mobil dengan cara kredit, seorang sales [yg memposisikan diri sebagai dealer] yang beruntung, bisa mendapat antara 4-14 juta per mobil, dan kalau tidak beruntung yah, bisa terpapas sampai hanya dapat spread 500-900 rb. Ini sudah dianggap hanya mampu menutup cost operational saja. Dari angka diatas tinggal dilihat purchasing power parity di lokasi kerja/daya beli masyarakat, dan segmen customer yang jadi target penjualannya. Sales senior yang kerja standar bisa close penjualan antara 2-3mobil setiap minggu.

Sales yang rugi, malah bisa parah, dia nego cut harga 8 jt, sementara approval dari manajer operasional perusahaan finance ternyata hanya 5 juta [inilah pentingnya bagi bagi uang pelicin untuk membica hubungan baik dengan pihak yang berwenang memberikan approval]. Bisa bisa 3 juta selisih cutting harga dengan approval ini nombok, kalau dia memposisikan diri buat nanggung biaya sekedar menjaga hubungan baik dengan customer.

Kalau dia nekad nego ulang dengan customer sih bisa saja, tapi nama baiknya jatuh di mata customer, dan dia gak bakal “dipakai lagi buat beli mobil berikutnya”. Belum lagi black campaign dari customer yang kecewa. ” Jangan beli lewat kopral Jono. orangnya Ruwet!”. Matilah dia.

Posisi yg menikmati keuntungan terbesar di dunia otomotif adalah orang yg punya barang dan melakukan transaksi ke customer. Karena itu salesnya principal dan orang asuransi dapatnya jauh dari angka diatas. Posisi paling keren adalah di dealer.

Orang yng kerja double, sehari hari jadi salesnya principal, namun ceperannya dia nyales mobil buat dia punya dealer sendiri, tambah lagi punya koneksi dengan financing company dan insurance company adalah “rent seeker” nya di industri ini.

Bayangkan dengan pekerja loyalis, tidak neko neko, sales di Auto2000 kondisinya :

  • gaji pokok dan macam macam tunjangan : Rp 2 jt
  • insentif bulanan – ketika mencapai target : Rp 3 jt

supervisor dapat Rp 7 juta, dan komisi sekitar 10 %. sementara orang sales komisi di range sekitar 12.5 % – 30 %. Karena itu sales loyalis, bagaimanapun harus belajar naik posisi, untuk mencapai posisi aman. Karena jualan mobil, kolaps ketika iklim ekonomi memburuk, seperti kenaikan BBM misalnya. Kalau agak nekad dia makan uang pembagian dari sales buat memperlancar approval. net nooott … πŸ˜›

Kapan kapan papabonbon masukkan hitung hitungan detailnya buat ilustrasi πŸ˜€

Iklan

26 thoughts on “Ngomong Duwit !

  1. Ehm….ternyta gajinya segitu y…???
    bole juga tuh.

    Bandingkan dgn pegawai honorer rendahan (Belom diangkat) kyk saya yg cuma 3jt . Hiks…sss 😦

    Apakah perlu banting setir ke bidang sales???
    KLo kerja dibidang keuangan kyk sales tuh, gajinya rutin tha? KLo misalkan target tidak tercapai…???

    KLo bisa papabonbon kasih juga detil hitung2an gaji di bidang perbankan, mulai dari level teller, Back Office sampe officer awal dan manajer cabang.

    Thx

  2. Kalau gaji guru sepertinya tidak usah dihitung. Nanti kalau disandingkan dan dibandingkan dengan gaji pegawai yang lain akan terlihat seperti lidi dibandingkan dengan pohon jati raksasa diameter 4 meter πŸ˜€

  3. @ macanang :
    memang ada orang yg sangat berbakat di bidang sales, plus karakter bwaan yg tega, dan mudah mempengaruhi orang. ngerti bahasa tubuh customer sehingga bisa memposisikan diri, ramah ketika customer tanya tanya, dan ketika customer lagi hot, dia juga ikut hot di saat yg tepat. mampu ngatasi orang orang dari segmen kaya yg biasanya sangat rewel dan mudah complaint.

    sales muda, dari kota kecil, dan gak biasa ngadepin orang yg karakternya sulit, memang agak sulit masuk ke dunia seperti ini.

    @ deking :
    tunjangan guru di DKI Rp 2 juta lho. malah pengajar LBB Primagama di cibubur yg kerjasama ama highscope, dijanjikan dapat per orang 10 juta oleh highscope jika anak murid di pelajaran yg diampunya lolos UN semua.

  4. waaa, money oriented kalo gitu…yuuppp, tuntutan hidup membuat kita “wajib” mengkalkalkulasi untung rugi dengan duit

  5. Gaji itu asal cukup aja..

    cukup beli mobil, cukup beli rumah mewah, cukup buat foya2 dan makan enak serta cukup untuk tabungan hari tua ::D

  6. ini nih manfaatin momen pemberantasan korupsi untuk mencari untung sendiri. gaji 15 juta perbulan itu mah terlampau besar, apalagi buat pegawai negeri. Nanti dengan dalih yang sama semua pegawai bakalan minta gaji gila-gilaan.

    gw sebel bgt dengan orang-orang kayak gini, gaji naek juga gak pengaruh dengan pemberantasan korupsi, kan uang enggak ada cukupnya.

  7. Iyalah ! Didukung lho …

    intinya :

    – wiraswasta
    – kemandirian
    – kerja keras
    – kehidupan yang lebih baik
    – menghadapi ujian dan terus survive, ketika :
    situasi ekonomi memburuk, atau
    kalah nego dengan customer, atau
    gak dapat pembeli blas …
    – tawakal dan bersyukur buat hasil usahanya

  8. duit mank ga ada abisnya yak!
    tapi zaman sekarang ini apa coba yang gak pake duit.
    makanya, tiap kita memang dituntut untukkaya, loh???

  9. Wah, darimana tuh angka 15 juta gaji pegawai depkeu? Di kantor pajak moderen penghasilan tersebut hanya buat kepala kantor (eselon III) saja.

  10. @mataharicinta,
    dilihat dari rautnya sih nggak susah duit ya?
    Iyalah mesti kaya agar kita bisa lebih banyak lagi berzakat,infaq,shadaqah dan menerbar zarrah kebaikan buat anak-anak balita yang sudah terenggut masa bahagia kanak-kanaknya di trotoar, di jembatan penyeberangan, di bantaran sungai, di metromini2, di bis2 kota. Nggak perlu nungguin si Adang, Dani, Foke, Prijanto, Kutu Kupret dll.

    Let’s do it…

  11. hari ini 24-10-2010, aku mau tanya gaji 15 juta org depkeu itu gaji bulan pertama dia kerja atau yg udah pengalaman 10 th.. tolong diperjelas ???.

  12. aku pernah kerja di bank danamon 2010 januari di jakarta Rasuna said. Sebagai direct sales kartu kredit.. waktu itu gajinya sebulan 1.1 jt bulan pertama nol pengalaman kerja di bank, status masih kontrak. Ada temen yang baru lulus SMA semester 1 kuliah juga dpt segitu, ada temen yg dah pengalam kerja umurnya 35th juga dpt segitu. Komisi kartu kredit yg di acc Rp50.000 sd 150ribu (yg platinum) per kartu yg di acc. Asal tau aja sales manajernya aja dah umur 40 th dah pengalamn kerja di bank mana aja (swasta bukan BUMN) masih naik spd. motor…. beli mobil 2nd aja gak bisa..kaciaaa…n Kapokooookkkk… kerja di bank swasta.. jangan sampe deh anda2 kalo punya keluarga kerja di bank.. kecill… gajinya..
    Sekarang (sejak Juni 2010) di Danamon dan juga bank Niaga di jakarta dah gak pake gaji lagi jadi ongkos transport, makan, semua tanggung sendiri..penghasilannya hanya dari komisi jgn berharap jd pegawai tetap…TIDAK MUNGKIN TERJADI…

    • @rawo : situ emang ga bakat jd seles, ngeluh mulu, slalu mmbanding2kan diri sama orang lain, mending cari yang gampang aja,. office boy sono

    • ya sapa suruh kerja di bank… apa dikira ‘keren’ gitu jadi bankir?? apa karena itu kantor penuh dengan uang, trus karyawan nya kecipratan uang?? hahaha… tidak begitu om, tips dari saya, carilah pekerjaan yang ‘industri’nya sedang trend dan jadi penopang utama ekonomi. contohnya pertambangan dan konstruksi (properti dan infrastruktur)… keuda industri ini tumbuhnya gila-gilaan dalam 8 tahun terakhir, pertambangan dan energi malah selalu profit di atas 25%, dan karyawan pun kecipratan bonus yang gede…. gw di astra mining industry (pama) tahun 2006-2010 kemaren, tiap tahun dapet bonus 10-12x gaji, ya bisa berkisar 60-70jt gw bawa pulang tiap desember… gaji seh emang standar lah, 3-5 juta, tapi insentif dan tunjangan bulanan, serta jaminan kesehatan nya itu gila-gilaan… dah gitu level tertentu dapet mobil… trus pinjaman 0%… enak deh di astra pokoknya….

  13. Yaaah gapapalah buat menghibur diri, banyak loo sales yang sukses, yang gagal……………….lebih banyak lagi…………….huahahahahaha

  14. sebelumnya makasih ya gan, atas infonya.

    gan mau tanya.. kalau gaji sales auto 2000 yang gak punya deler, rincian gaji include bonus gimana ya..

    misalnya dia berhasil jual 3mobil innova. target perbulan 3 mobil. makasih ya gan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s