Insight – aktivitas orang principal bagian consumer dan distribution

Ada insight dari seorang teman yang sangat mencerahkan.  Hasil dari ngobrol, diskusi dan tukar pedapat via email japri.  Yang diomongin adalah aktivitas orang konsumer.  Papabonbon sharing di sini, untuk mencari feedback tambahan, plus dari bebrapa item di bawah ini, kok yah, tiba tiba timbul pertanyaan baru.  Kali aja ada begawan marketing yang lewat dan bersedia memberikan saran.

pola evaluasi efektivitas program :
 
1. Pada dasarnya setiap trade promo maupun customer promo diarahkan untuk menggenjot selling in dan selling out secara bersamaan. selain sebagai bagian dari campaign dan marketing strategi yang sudah diolah oleh brand manager dan KAM untuk di modern channel. Jadi review nya sudah cukup [ceritanya papabonbon nanya ketepatan prosedur evaluasi ] namun perlu juga dilakukan evaluasi selling out dari promo sehingga bisa di compare suatu jenis promo dibandingkan jenis promo yang lain efektivitas dan growth-nya lebih bagus mana?
 
2. Untuk evaluasi dari sisi finance rasanya lebih kepada agar tidak terjadi double payment atau double penagihan, hal ini penting dilakukan di modern channel karena sangat sering terjadi.
 
3. Orang distribusi lebih kepada monitoring service level dan demand forecast sehingga jangan sampai terjadi stock out jika tiba2 ada lonjakan sales. Ini harus sangat ketat karena untuk modern channel ada penalti service level yang akan dideduct jika service level-nya rendah. Untuk orang konsumer lebih kepada monitoring implementasi program promo di modern channel dan local channel, juga monitoring SKU aktif dan price tag apakah ada yang salah atau tidak dan monitoring SPG.  Yang terakhir, market intelligence juga harus dilakukakn oleh orang konsumer seperti monitoring aktivitas kompetitor dan juga kegiatan yang lain.

===

Tanya :

1. sebagai orang akuntan [non praktisi marketing] papabonbon kepingin tahu, menilai efektivitas program promo – selling in – selling out tadi, bisa dengan cara/metode apa aja sih ?.  kalau cara kasar kan bandingin besaran biaya promo/persentase pencapaian target penjualan selama even.  Tapi kan, cupu banget masa cuman gini doang analisanya 😀

2. kritria service levelnya orang bagian distribusi apa saja yah ?  karena KPI nya oang distribusi di sini rada rada gak jelas sih.  Maklum departemen baru.  masih meraba raba.  Ada yang bisa menjelaskan masalah service level dan ketersediaan stock ini gak ? 

Nah, buat service levelnya orang distribusi, ada yang kasih insigt begini ke papabonbon.

1.Selain itu coba check inventory / stocknya untuk  fast moving slow moving product . Kalo inventory level nya tinggi yah bonus/insentif dipotong.
2. Kalo untuk merchandiser check buying dia kalo diatas 50 % buying nya jadi fast moving berarti dia bagus,tapi kalo di bawah 50 % dari total dia buying slow moving yah dia MD yang kurang bagus
3. Product knowledge dia gimana? Greeting dia?? …

Komen papabonbon, “Pssst, kalau ditolak melulu masuk ke tokonya cik Lan, berarti greeting dia payah, ya .. kikikikik …. “

3 thoughts on “Insight – aktivitas orang principal bagian consumer dan distribution

  1. Saya akan mencoba menjawab, sekedar sharing aja:
    1. Sistem KPI perlu memperhatikan 2 faktor: Pengukuran dengan melihat hasil akhir (pencapaian penjualan, atau ratio pencapaian penjualan), dan Proses kerja (seperti; jumlah kunjungan, kunjungan efektif, unit per transaksi, frekuensi order, pengembangan pelanggan baru, ratio pelanggan aktif, volume per pelanggan dsb nya).
    2. Perlu penilaian secara periodik dan terukur yang bobotnya cukup menantang.

  2. Might I simply say nice to read a comfort to search out someone who really understands what they’re talking about on the web. You certainly can take a problem to light and enable it to be essential. Even more people need to learn this and understand this section of the story. I cannot believe you’re not very popular as you clearly have the gift.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s