Jadi Blogger itu Aktualisasi Diri

Wadehel yang hebat “SAKTI” membuat analisis blogger menurut Maslow. Agak berbeda dengan analisis kang Wadehel, papabonbon berpendapat kalau semua bloger ada di level aktualisasi diri.

Yang membedakan hanyalah motivasi dan caranya beraktualisasi :

  • ada yang ingin tenar, baik dengan cara biasa biasa saja [seperti papabonbon dulu, yang kadang blogwalking] maupun ekstrim [kasus ngadu traffic yang disuspend]
  • ada yang menulis untuk menuangkan isi hati [menulis karena suka menulis] – misale seperti kang anjar atau phillip vermonte, namun sebaliknya ada juga yang tidak ingin ketahuan oleh orang terdekat, namun tidak masalah dibaca oleh orang asing [misale seperti dinotz]
  • ada juga yang sharing ilmu dan menjadikan blog sebagai sarana berdekatan dengan orang terdekat [seperti ibu EdRatna – dusun Ngrowo]
  • ada juga yang gabungan motivasi berbagai hal di atas.
Iklan

11 thoughts on “Jadi Blogger itu Aktualisasi Diri

  1. Jadi blogger itu… ya biar bisa menyimpan file dan dibaca orang, kali aja ada manfaatnya (gagal jadi penulis jadi nulis sendiri, redaktur sendiri… dan bayar sendiri koneksinya)…..

  2. kalo gak dalam rangka sharing [kayak ubuntu] yah dalam rangka cari ketenaran. it’s ok kok. lagian bedanya juga emang dikit, kayak kulit bawang. sharing sekaligus aksi, juga ndak masalah kan .. 😀

  3. Aku ngeblog karena aku merasa kurang cukup dengan pendengar kuliahku tentang kesetaraan yang hanya melingkupi siswa siswiku maupun mahasiswa mahasiswiku. (bener kali seperti teori Maslow, to actualize myself. LOL.)
    Dalam proses, ternyata kemudian aku pun menjadi seorang Narcissist, yang kadang suka nulis keseharianku.
    Di kemudian hari, setelah mengenal upload lagu di multiply, aku jadi suka berbagi, kali aja ada orang-orang yang pengen punya file lagu tertentu tapi mereka belum punya, so mereka bisa download di sana.
    Mengenai to get more friends by blogging, to get wider horizon in viewing this life, itu sudah pasti. Also to be tougher, LOL, especially when getting attacking comments in my posts.
    Nice weekend yah?

  4. Aku ngeblog karena aku agak-agak pikun.. jadi daripada pikiranku ilang mending dicatet deh di blog.. penting gak penting urusan belakangan yang penting kearsip di blog 🙂

  5. Hehehe…kata si bungsu, ngeblog itu nyampah….apa aja ditulis. Dia malah pamit sementara off dulu karena pengin fokus ke TA.

    Tapi anak sulungku malah pengin ibu tetap aktif menulis…biar ga pikun. sempat agak vakum karena pindahan, si sulung sempat pesan agar ibu menulis lagi, sepulang tugas dari Aceh.

    Mana yang benar ya……tapi kata Papabonbon di atas ada benarnya kok.
    Dulu bepergian kemana-mana, paling cuma memfoto…sekarang apa yang ditemui ditulis, tentu sambil mencoba melihat situasi daerah yg dikunjungi, orang-orangnya, budayanya serta perekonomiannya…. Kebetulan lagi free lance jadi pengajar, yang malah bepergian kemana-mana.

  6. Hallo Papabonbon,
    makasih yah sudah tempel blogku di blog ini, disejajarin ma mas ape ama mas arya, heheehehe..pede bener, nemu blog na papabonbon ga sengaja, sedang cari resep itiak lado ijo..eh malah nemu namaku.

    makasih ya..

    salam kenal
    ps: apa kita dah kenal sebelumnya?

    salam
    Rizal

  7. alo oom, udah balik ke LPEM ? aku add blog sampean dikasih tahu ama Bayuni Shantiko. Aku tertarik buat kuliah di Perancis :d sampai rela rela kursus di CCF tahun kemarin. btw, blognya kok udah lama gak diurusin, hueheheheh ….

    salam kenal juga. semoga makin sering ketemu …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s