Apa Guna KPK ?

Apa guna KPK dan TIMTASTIPIKOR yah ?

Jadi whistleblower sebagaimana kaidah virtue ethics yang diajarkan dalam kuliah etika bisnis jaman kuliahan dulu, ternyata masih belum mulus dilindungi di Indoensia. Lha wong Rancangan undang Undang PErlindungan saksinya juga matjet kok :P. Postingan Aresto di sini membuat papabonbon termangu mangu. Welah welah … 😛 Jadi whistleblower tentang indikasi minta sogokan dari orang sekelas menteri, ternyata membuahkan hasil kena program lengser keprabon. Makin trenyuhlah hati orang oang kecil macam kita kita ini. Apalagi sebelumnya baru baca, kalo Newmont bebas dari segala tuntutan pencemaran lingkungan.

Sedikit bergeser dari cerita tentang dunia birokrasi dan korupsi. Tempat kerja papabonbon yang baru, punya program whistleblower di kantor pusatnya di ujung dunia sana, tapi apakah di Indoensia kalau kamu jadi whistleblower, kamu bakalan selamat ? Neee, papabonbon rasa belum. FYI ajah, industri yg papabonbon akan masuki ini salah satu highly regulated industry. Sama ketatnya dengan industri rokok ataupun penerbangan. Salah dikit ajah, dan kena blow-up, reputasi bisa jatuh.

Ketika ikut program Induction beberapa waktu lalu, orang Product Development yang bagian regulation dan legalnya cerita beberapa kasus yang bikin tewas [nama] beberapa industri. Catat ajah seingat papabonbon :

  • biskuit beracun
  • lemak babi
  • mizone dan ingredient pengawet yg tidak dicantumkan
  • ajinomoto dan label halal
  • kasus obat nyamuk bakar yg ditemukan dalam cocacola

Huhuy, apa kagak seru tuh …. asik aja sih, waktu induction itu, dapat banyak insight baru. Whistleblower di indoensia ? Hmmmm 😛

Yah, terakhir terakhir, papabonbon liat, lho kok,  judulnya udah kagak ngepas yah.  bagian tengah ke bawah, tulisan berkait dengan urusan whistleblower bidang konsumen, padahal depan depannya tulisan ini, urusannya dengan korupsi.  Hayah, kok jadi gini sih ? .. cuman mau ganti judul baru yang lain kok belum dapat ilham yah .. huahahahah

Jadimikir, jangan jangan mau nulis judul jadi whistleblower, tapi kok gak dapat tempat di hati.  Kayaknya papabonbon setuju dengan aresto, orang kita, belum punya padanan kata yang tepat dengan makhluk bernama whistleblower ini.

Dan ini menunjukkan kalau fenomena ini belum mendapat tempat dalam kosmologi budaya kita. Pemberantasan korupsi ? Jadi orang yang teriak pertama tentang penyimpangan bisnis ? Masih jauh keleee ….

Iklan

3 thoughts on “Apa Guna KPK ?

  1. wah, komentar Hardono [di blog aresto juga], komentar ini menarik karena agak melihat unsur budaya. bisa dilihat berikut ini.

    whistleblower kalo di bahasa Indonesia kayaknya tergantung dari siapa yang ngelihat. Bagi yang dirugikan karena kedoknya terbongkar, whistleblower ya berarti pengkhianat/pembocor rahasia (kaya kasus IPDN).

    Apakah ini ada hubungannya dengan filsafat orang Jawa, “mikul dhuwur mendhem jero”? Kalo di Islam seinget aku dilarang menyebar2kan aib seseorang, apakah ini juga menjadi faktor?

    ===

    dalam tradisi jawa, ada mikul dhuwur mendhem jero
    dalam tradisi islam, dilaarang emnyebar aib saudara

    ===

    ngomong ngomong, salah satu teman papabonbon, yang berid fm_sholihah sempat mengacam papabonbon, karena kritis terhadap pandangan sesama saudara muslim. katanya, kalau mau menegur atau tidak setuju via japri saja, jangan di depan orang kristen dan non muslim lainnya.

    fiuuhh, papabonbon jadi heran, lha apa gunanya forum umum atau terbuka ? yah, pusing .. c spasi d, capeeee deh !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s