Kerjaanku Sekarang, Ngotak Ngatik Komputer [2]

Korban cela celaan utama, CPU
Sejak komputer di rumah yang udah lama njebluk motherboardnya ini aku reparasi, aku juga makin sering terlihat berkomputer ria. Maklum, punya minat untuk ngotak ngatik yang namanya komputer. Dari instal ini itu dari cd bawaannya chip atau info komputer, hasil searching program di internet. Sampai nambah nambah hardware atau card ini atau card itu, masang dvd rom [biar bisa liat dvd di komputer –> pancet wae kebiasaane, mung pindah panggonan dari tv dan dvd player, dipindah lokasi nontonnya ke komputer].

Ngotak ngatiknya ndak canggih canggih amat juga sih, wong komputer rumah yang diotak atik juga keluaran lama, dari jaman kuliah dulu lagi. Yah, barang lama yang berjasa besar gitu ceritanya, sudah menghasilkan tiga sarjana kali …. Aku sendiri, terus Suharyono [kembaranku yg tidak lagi kembar identik, dan terakhir istriku dhewe yang memakai komputer yang sama untuk menggarap skripsinya]. Belum ada yg serius di garap sih, sekedar makin sering aja ngetik iseng iseng di depan komputer rumah. Itung itung mengurangi kebiasaan nonton tv atawa nonton dvd di rumah lah. hahahahah …. :p

Penasaran komputerku tuh apaan ? Speknya Pentium II 450 –> halah ! jaman pentium IV 3.2 giga gini …! Yah, namanya juga udah 6 tahun hehehehhe. Komputerku udah tiga kali ganti motherboard, pertama lahir ke dunia, dia pakai Intel SE440BX, trus ambrol tahun 2004, ganti BX Cell yang penuh pengalaman menyedihkan itu, [menyedihkan karena banyak melibatkan tipu tipunya tukang komputer]. Umurnya pun ndak panjang, setelah breakdown bolak balik paling totalan cuman awet 6 bulanan. Abis itu aku trauma ngotak ngatik komputer sampai lamaaaa banget. :p

Baru dua minggu lalu, karena satu dan lain hal [yang kepanjangan kalo ditulis sekarang] aku akhirnya iseng ngganti motherboard buluk itu dengan motherboard second juga. Lumayan dapat Asus, kalo dilihat pake CPU-Z sih Asus 97127F. Wah, binatang apaan tuh ? Hei, brother, aku juga udah nggak tahu lagi tuh. Dah kejauhan jamannya kali. Secara telinga kita udah terbiasa denger Asus P4V8XX atawa chipset LGA 750 gitu gitu. Yang pasti abis itu sekalian memori aku naikin, dari 64 Mb jadi 128 x 3 keping = 384 Mb. Memori segitu jadi impian lho kalo jaman dulu huehehehehhe …. :p Orang gila jaman sekarang sih, mainannya 2 Gb. Gila bener πŸ˜€

Tempat aku service yang baru ini orangnya baik banget, secara mobo BX-Cell kemarin vga dan soundcardnya onboard, yg sekarang ini dikasih udah dedicated semua, cuman sayangnya mau sekalian upgrade processor ke PIII 867, eh slotnya beda. Jadilah pakai processor lama. Iseng iseng nggeratak toko komputernya sambil nungguin mas masnya aku kerjain buat update instalan windows 98 ke windows ME, akhirnya aku jadi boros. Aku nambah beli plastik cover computer, kabel usb to usb, ama usb hub yg 4 input, plus optical mouse. Totalan kena 250 rb. Yah, lumayan worthed lah. Sampai rumah, tambah ngoprek lagi, DVD Rom aku pasang juga. Daripada nganggur kan. Di uji coba nyetel dvd, eh lumayan lho, meski ngakunya vga cardnya cuman S3 Trio 3D 2x, 3.5 Mb ternyata kuat juga buat nonton dvd. Film apa aja bisa ditonton secara lancar dan ndak putus putus. Aku terus terang surprise. Agak heran gitu lho, kok bisa yah …. Soalnya, sebelumnya pake Intel i740 8 Mb, dan putus putus gitulah. πŸ˜€ Nah, pas pake mobo BX-Cell, ada vga card internal, 4 MB, juga masih putus putus juga tuh. Bikin ndak respek aja waktu itu. Yang pasti, lancarnya si kompie ini dalam bermultimedia ria, membuat aku jadi gembira huehehehehhe ….

Aku minta diinstalin windows ME secara awalnya aku ngerasa pernah nyoba pake windows XP dan berujung kompieku bolak balik crash. Waktu itu aku nekad instal XP meski memorynya cuman 64 Mb karena pengen banget nginstal cd nya gunther. Maksudnya sih pengen liat liat peta jabodetabek dari rumah πŸ˜€ Harapan ini berakhir dengan dengan nasib komputer bolak balik masuk reparasi. Nah kalo sekarang, aku nurunin ekspektasi, ndak muluk bergunther ria lagi. Asalkan bisa baca flasdisk via usb udah cukup lah, jadi bisa bawa data dari kantor ke rumah, dan sebaliknya. Cuman ME ini ternyata lumayan cocok dapat julukan happy crash windows kayaknya. Secara komputerku ini sering banget nih ngehang tanpa sebab yang jelas. 😦 Gimana ndak sedih coba ? hiks …

Kejadian diatas membuat aku jadi makin ngiler buat nginstal Linux. Ada yg bisa kasih tahu gak, bagusnya aku instal linux versi apa yah ?

5 thoughts on “Kerjaanku Sekarang, Ngotak Ngatik Komputer [2]

  1. Yah ME dipake.. jelas2 OS bapuk.. mending pake 98 deh Om!

    kl mau coba linux, sih silahkan aja… sama aja kok.
    Kl aku pribadi lebih suka pake Red Hat dan turunannya, sekarang pake Fedora, baik untuk coba-coba maupun production.
    Pernah juga sih aku pake Ubuntu, tp karena gak familiar ama Debian, yah akhirnya gak betah berlama2. Yah sama aja lah.. Linux gak jauh2 beda.. ;).

    Met Mencoba Om, jangan lupa backup data dulu.. nanti salah partisi ilang semua tuh data. πŸ˜€

  2. kalo soundcard ama vga nya kira kira bakalan bermasalah ndak yah [ bisa dikenalin maksute … males cari cari cd tambahannya soale]
    vga s3trio 2x 3.5 mb, trus soundcardnya css berapa gitu, crystal yg murah meriah itu lho πŸ˜€

    kemarin abis dari carrefour, liat noteboknya zyrex ama axioo yg pake linux. karena ndak familier mumet dan muter muter ndak jelas. kayaknya sih pake ubuntu. semua serba pakai K soale …

  3. serba K artinya desktopnya KDE, desktop terberat di linux :=) tapi penampilan emang jreng ewes ewes.

    sebagai linux minded dan sekarang ubuntu minded, saran ogut selalu ubuntu. Kemerdekaan linux pada pilihan kernelnya, pengen kernel yg ringan tentunya dukungan hardwarenya juga agak sulit atau kernel terbaru yang dah oke.

    ubuntu dan distro linux jaman kini pada umumnya jadi berdaya guna kalo ada sambungan internet. Suse dengan Yast-nya dan ubuntu dengan apt-get nya keren sekali. Tapi komunitas ubuntu udah menyediakan dvd repo bagi yang kagak punya sambungan internet atau internetnya dial-up dan berbiaya tinggi :=))

    ubuntu yang mana, saran saya pilih 5.10 dikenal sebagai dapper drake. kalo kagak punya cd-nya tinggal kasih alamat lengkap nanti saya kirimin GRATIS !! tidak dipungut biaya kirim. gue soalnya anggota penyebar ubuntu ….

  4. @ yanuar
    thx buat cd fedora dan vga 32 mb nya. hari ini di pickup

    @ cay
    ditunggu banget ibooknya πŸ˜€ dah nggak tahan nih.
    ada temen yg berangkat ke dubai via spore tgl 3 des ini. mending titip rendra apa temenku yah … tapi kok jalan jalan ke dubai dulu … 😦

    @ cak sabri
    alamat rumah udah dikirim buat cd ubuntunya. :p
    iya berat emang prosesnya, yg di carrefour processornya 3 ghz celeron sih, tapi gilanya memory cuman 128 mb. aku kira awalnya gara gara memorinya njomplang … πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

