Trekko – Motor Listrik dan Masalahnya

Waktu di PRJ beberapa minggu yang lalu, papabonbon kesengsem juga lho sama motor motor listrik yang ditawarkan di sana.  harga sekitar 5-6.5 juta.  Penampilan seperti mio atau sky wave.  Selain harganya murah dan ramah lingkungan, yang pasti gak perlu pusing STNK, nomer kendaraan dan hemat bahan bakar.  Murah meriahlah ngecharge listriknya.

 

dynamic duo Baterenya ganda, jadi bisa jarak jauh

  • Kecepatan (Maks) 38 km/jam
  • Daya Tempuh (Maks 100-120 km
  • Berat Kosong 65 kg
  • Masa Charge (kosong) 6-8 jam
  • In-put Charge 100 W
  • Dinamo Hi-Tech TX Brushless 350 W

nexus bentuknya udah kayak skutik jaman sekarang, powernya paling besoar !

  • Kecepatan (Maks) 40-45 km/jam
  • Daya Tempuh (Maks 50-55 km
  • Berat Kosong 75 kg
  • Masa Charge (kosong) 6-8 jam
  • In-put Charge 150 W
  • Dinamo Hi-Tech TX Brushless 500 W

Kecepatan sekitar 40-60 km/jam.  Ada juga sih jenis motor listrik dari brand lain yang klaim bisa 80 km per jam, dan menyandang predikat satu satunya motor listrik yang pakai STNK dan nomor polisi.  Maklum, dia bisa ngebut, hehehe ….  Kalau nggak salah brandnya Emoto.

Berikut ini beberapa poin menggembirakan dari mas Sepriandy

  1. pertama yang paling awet dan jauh jarak tempuhnya, dynamic duo trekko, jarak sih klaim 100 km lebih..c uma jujur aja, pas saya pernah test drive dulu taon 2007, bodi kecil batere juga kecil 350w 14 ah dan satu lagi saya lupa .. ada goesan juga kalo gak salah jadi aman.  cuma gak cocok buat badan gede, juga, nih molis lambat banget,jelas aja,batreenya 8 biji, harga kurang lebih 6,3 jt yah?
  2. modif yg udah ada, bisa dilihat di skema di bagian Files di milis ini.. intinya sama nambah 4 biji batree jadi dobel jaraknya.. yg recomended sih yg 500w /20 ah, spek tertinggi saat ini, dan yg udah ada diagramnya yah trekko flash, emoto vip atau molis andal
  3. spare part banyak subtitusinya, bisa dilihat di bagian database

Masalah juga ada.  misalnya seperti protes pengguna setia trekko ini kemarin Rabu, 16 Juli 2008 di milis motor listrik [http://autos.groups.yahoo.com/group/MotorListrik/message/1847].

buat rekan-rekan yang tahu atau pak peter kalau lagi online minta no kepala cabang trekko di bandung atau siapapun lah bagian tingginya trekko harap japri saya di 081320040300 atau 022 91155118

kalau bisa sih segera. trekko nexus saya bermasalah lagi. lama2 dibuang juga nih motor listrik :(

ceritanya……..
pada suatu hari. dihari rabu (yaitu hari ini) motor listrik menampakkan keganjilan. yaitu indikator batre turun terus. jadi begitu di on dan lampu nyala. maka indikator listrik tetap di bawah seperti
belum di on. tapi lampu nyala. aneh bin ajaib. kalau lampu dimatikan, indikator langsung naik dan bisa digas. tadi untuk naikkan indikator harus mati dan nyalakan sebanyak 5x
lebih. bete…… udah malem, dikerjain lagi.

cerita belum selesai sampe sana yang lebih sebelnya lagi. sampe rumah sekarang indikator tidak mau
turun, udah cabut kunci, segala macem masih bisa digas.  ampun deh………. kemaren-kemaren masih oke tapi kok tambah lama tambah erorr ya. padahal belum atau hampir 4 bulan nih.

yang lagi bingung gimana charge motor listriknya kalau tidak mati gini. kalau lupa juga motor saya bisa dibawa kabur lagi.

mau dibawa ke trekko nya nanti pasti tidak ada tukang service, dlll.
cape……..
jadi mau cari bagian atasnya aja deh.

thx
*maaf ganggu ya malem-malem, soalnya transportasi hanya motor listrik saja*

About these ads

120 gagasan untuk “Trekko – Motor Listrik dan Masalahnya

    • Pasti irit trekko doang….!
      yg pasti klo udah beli jgn harap bisa dijual lagi
      Suuuuulllliiiiit minta ampun
      pakai aja sampai bosan trus buang

  1. aq mulai sebel nih ma costumer service trekko….
    dia kerjanya amatiran….ga professional…..
    harusnya tuh costumer service tau bnyk….eh dia malah tanya sana sini….
    malah ga bnyk taunya…payah banget deh.
    aq dah ga bisa naikin molis nexuz aq slama seminggu ini…
    kata costumer servicenya lagi di atur jadwal ama teknisi….koq ampe se minggu sih…lama amat…
    gimana klo tuh molis nexuz mogok dijalan????
    mo tunggu seminggu bisa bikin orang jadi gila tuh….

    tolong donk pihak trekko tindak dan pantau costumer servicenya…
    saya merasa amat dirugikan nih…
    soalnya saya beli nih molis karena katanya teknisinya langsung datang begitu di konfirmasi…
    nyatanya koq sampai seminggu ini nggak datang2 juga?
    saya berkeinginan menyebar kasus ini di media massa jika pelayanan trekko ini bener2 di ragukan…
    terima kasih banyak…..

  2. saya pake nexus jg.
    pernah ada masalah ngadat pas tanjakan…. berhubung dah jauh dari rumah dan mau ke tempat kerja, terpaksa disorong ke kantor…..
    lumayan juga, dari cinere ke mampang dorong si nexus…:D

    saya call service center, dia bilang 2 hari lg orgnya datang ke tempat saya.

    lusanya datang 2 org buat service, nggak nyampe dua jam dah kelar lagi & cuma bayar ongkos jalan teknisinya tsb 50rb aja.

    • salam kenal
      sya pengguna motor listri trekko type nexus juga.
      ada problem pedal gas tidak jalan (motor tidak bergerak) , kalau roda belakang diputer pakai tangan tersendat-sendat.
      mohon info alamat & no tlp service nya

      terima kasiih banyak sebelumnya
      supriadi
      email: supri007@yahoo.com

  3. saya punya moror listrik , tapi skarang ngadat , kenapa yah?
    wktu saya cass selama 8jam , lampu adaptornya dah hijau , tapi pas di pakai baterai malah abis , kenapa yah , apa baterainya dah rusak ? kalu seandainya rusak dimana tempat terdekat buat beli baterainya. soalnya saya di subang , saya beli motor listrik itu di toko sepedah. kira-kira harganya berapa?

  4. tetanggaku ikut-ikutan beli trekko (nexus), kendalanya skala penunjuk batre masih full, tetapi jalannya tersendat-sendat seperti kehabisan power accu, gimana nich kok tidak cocok dengan skalanya. Kalo punyaku (falcon) masih normal, kalau power accunya berkurang, skalanya turun.

    • coba cek sewaktu jalan lampu rem belakang nyala tidak..
      biasanya itu pengaruh waktu pengereman tidak pul tuas remnya.. trims

  5. Sy lagi lihat lihat motor listrik ( speda Listrik), ada bberapa merk, ada yg murah ada yang mahal…rata2 sih 5 jutaan keatas kecuali ada yg dibawah 5 juta juga sih … katanya dah dipake polda metro …apa bener koq nga keliahatan ya..?
    nah mana motor yg cocok ya .buat sy soalnya sy juga akan gunakan speda listrik ini ke kantor yg jaraknya +- 30 km.
    masalh keamanan jug gimana mana yg cocok yg pake stnk atyau nga , apasih kategorinya koq ada yg pakai stnk ada yg ngga…?
    tks

    • Kayaknya stnk or bukan berdasarkan kecepatan….kalo dah 50 km/jam pake stnk kayak emoto…….eh ada yg pake evergreen ga….gimana pengalamannya gue pengin beli nih….tapi kok mahal ya yg gamma ktnya 3,7 jt bener ga sich…gue masih ragu takut dikibulin…maklum masih anyar

  6. Sama, sy jg tertarik beli emoto tapi,merk xenos. tapi mikir lagi, gimana kl ngadat ya.. bengkel d daerahku belum ada… apa musti dorong majalengka-cirebon..?

  7. kemaren saya lihat di pameran Mall Metropolis Tangerang, sempet nyoba muter2 dalem mallnya pake meteor :p
    asik sih, tp ga tau performanya kalau buat jalan berbatu / nanjak.
    harga pameran 4,5jt kalo ga salah.
    Masih mikir2 buat beli, kok baca lebih banyak yg komplen daripada yg seneng, tapi kebanyakan tahun 2008.
    Ada yg udah nyoba keluaran 2009 ?

    • beli dimana , jakarta?
      jarak tempuh berapa? batere ngadat gak?
      nexus itu type trekko yah? berapa harganya?
      bisa di goes gak seperti sepeda, biar aman kalo ngadat
      thx
      max

  8. Q pengen juga punya motor listrik.
    Abisnya, asyik sih.
    Ndak da polusi udara, ndak da polusi suara.XD

    Btw, di Solo dah ada dealer sama tempat servicenya ndak??
    Masalahnya kan klo ndak ada bisa berabe.

  9. Meteor 4.5 juta? Murah tuh….
    Saya aja beli flash (harga sama dg meteor) di PRJ setelah diskon sana-sini jatuhnya 5 juta. Kalau harga dealer 6.45 jt

  10. Mau bagi pengalaman saja, saya beli trekko (Flame) tahun lalu (±10 bulan yg lalu), saya beli dengan harapan cost operasional bisa lebih murah dibandingkan dengan sepeda motor. Tapi saya punya pengalaman buruk, battery molis trekko saya tdk bisa dipakai lagi (bukan ngedrop, tapi tdk bisa jalan lagi) Karena masa garansi cuma 6 bulan, praktis tdk bisa diclaim. Yang jadi masalah adalah, pada buku petunjuk, nge-charge battery adalah 12 jam (dengan lampu indikator pada charger berwarna hijau), pada saat beli, sama tokonya dibilang nge-charge nya jangan lebih dari 8 jam, saat saya complain mengenai problem saya malah dibilang jangan lebih 6 jam, mana yang benar? Yang lebih konyol lagi, saat beli saya tidak dikasih tahu kalau umur pakai dari battery tersebut memang cuma berkisar 1.5 tahun, baru dikasih tahunya setelah problem saya muncul. Kalau tau kondisinya akan begini, saya tdk minat sama trekko, karena harga battery nya 1.4 juta? Kalau ada yg minat beli trekko, baiknya pikir-pikir dulu, atau mau beli molis saya (Flame, tinggal ganti battery nya?) Makasih.

  11. sekedar bagi info. trekko punya k u sudah 2th km sudah 9600 km. resep panjang umur molis : satu orang saja yang pegang (pake) , pake timer waktu ngecharge (4 jam cukup) . pernah ada masalah di kunci kontak (tidak mau on saat start) teknisi langsung datang dan beres. saya puas pake trekko flash.

    • salam kenal saya mau tanya apa ada yg pernah memodif trekko nya dg baterai ultracapacitor???
      karena saya lihat baterai ini memiliki keunggulan yg sangat baik dan apa ada yg tahu d mana toko yg menjualnya?? atas balasannya terima kasih

  12. Trimakasih,kami dari dealer sepeda listrik merk TREKKO di area jawa tengah,bila ada pertanyaan,kritik dab saran silahkan hubungi shinta (085725372599/0271 651020.

  13. modifikasi trekko dengan batre ultracapacitor terlalu mahal… mending menggantai batre yang polymer aja atau yg Li-ion.

    kalau pengalaman saya dalam ngoprek motor listrik khususnya flash yang pernah saya lakukan mengganti batrai dengan aki basah, aki kering NiMh, Li-ion, dan polymer. untuk yang pgen murah dan tahan lama hasilnya pada aki basah 24Ah bisa untuk jarak tempuh 47km dengan drop voltage 5v. untuk aki kering keunggulanya lebih ringan saja. untuk penggunaan Li-ion n Li-po saya guna utk kompetisi

  14. kompetisi motor listrik kelas 500Watt hasilnya cukup drag tis di dalam akselerasinya hanya butuh waktu 4,2 detik untuk mencapai top speednya flash 45km/jam dengan akselerasi 2,5m/s kuadrat (setara dengan ninja C standart). dalam hal kompetisi motor listrik yang saya ikuti d seluruh indonesia modifikasi lain yang kudapat adalah menambah voltage baterainya menjadi 60volt (ingat kapasitas kontroler standart menggunakan IRF75 jadi tegangan maksimum 75volt tetapi sebaiknya di ganti dgn IRF3710)
    Hasilnya dapat me

  15. meningkatkan akselerasi dan top speednya menjadi 60km/jam.
    namun sayangnya pihak trekko tidak mendukung atas kegiatan ini, mungkin takut ketahuan kelemahannya.hehehe kalau motornya itu ternyata kinerjanya berbeda beda (belum memiliki standarisasi) klo g percaya coba saja dengan 10merk yg sama dan cobalah pasti tidak seragam kinerjanya.
    dan yang saya herankan juga mengapa trekko tidak memiliki service manual… ada yang punya atau liat?
    nb:ikuti electric vicycle engine on march 2010 in UGM

  16. informasi lengkapnya di ievc.ugm.ac.id

    sebagai suatu langkah perwujudan diri pada kepedulian terhadap teknologi kendaraan listrik.
    nah kalau ada yang punya ide dan pengalaman silahkan ikut saja, atau sekedar menyumbangkan masukan saran dapat dimasukan dalam email saya.
    saya juga membuka kesempatan untuk berkoalisi dari pihak umum guna mendapatkan hasil yang maksimal dalam hal kendaraan listrik 2010

  17. ooo telo, ki sopo maneh le arep njajal trekko flash ngo balapan ning UGM sesuk, OK kita ktemu besok maret di UGM, jangan Curang dg menyembunyikan baterai ya!!!

  18. @ Indra: ini alamat emailnya wahyuarief_s209.te.ugm.ac.id

    @ Ooo Tello:Yo wani wae tak lawan. sopo sing meh ngo trekko flash mung 500Watt. aku meh ngo KELLY Motor 7200Watt, high SPEED. menh ngumpetke baterai utowo motor bensin yo kono, mobilku kecepatanne wis 120Km/jam dengan menggunakan KERS koyo ngon FERRARI.

  19. Mohon info dari mas Arif mengenai modifikasi Trekko Flash dg aki basah 24 AH. Trekko Flash saya bermasalah kalau agak nanjak MCB langsung anjlok padahal baru di charge (chargenya juga 12 jam gak bisa penuh). Kira2 gimana ya solusinya ? udah ganti MCB, tetep aja ngadat. Mohon infonya juga alamat dan telepon dealear trekko Bandung. tks

  20. saya pingin beli sepeda listrik. tapi kenapa ya selalu terhadang suku cadang? karena saya berpikir kelengkapan suku cadang mutlak diperlukan untuk produk yang nota bene masih belum populer di indonesia. kasarnya biar orang yakin produk tersebut aman dipakai atau tidak. kalau hanya produk sekali pakai, lah buat apa? he..he..

  21. posisi saya di jogja..no hp 081329293494..murah deh..wong sudah bosen, beli bulan november 2009. kalo nawarnya logis..siap lepas

  22. saya dari thn 2006 pake trekko flame. gk pernah ganti batery.gk pernah manggil teknisi. tips gue, eh saya, gk usah bingung soal lamanya waktu ngecas, kalo batery tinggal setengah, cas aja mule jam 9 malem pe pagi, jam 6 ato jam 7 an. kalo soal banjir, mau motor listrik ato motor bensin tetap aja mogok, hehehehehe, gue test buat bawa tabung gas 12 kg, kuat2 aja, tuh.dan usahakan kalo jalan baterynya jgn setengah, biasanya turunnya cepet.kalo mau aman, tiap hari di cas, kyk hp aja. viva trekko.

    • Saya menggunakan Trekko Pinky sejak th 2007, baru mengalami batreinya sudah mulai nge-drop. Tidak ada keluhan selama sy menggunakannya. Untuk kekuatan Tenaga, tergantung jenis yg Trekko yg digunakan…

      Bravo, Save the Earth….

    • sebenarnya kondisi becek or banjir ga masalah asalkan ngebut jangan berhenti pada waktu melewati banjir.. coba dehh, saya sudah coba and mantaaapp..

  23. IYAA NIH GAK PROFESIONAL MASA CABANG YG DI JAKARTA TELPON NYA PAKE FLEXI TRUS MILBOK LAGI … PAYAH TAR SAYA EXPOSE BIAR GAK ADA YG BELI…
    PUNYA SY RUSAK TEMPAT SERVICE NYA GAK ADA YG TAU AMPUN DEH…..JANGAN DEH PAYAH…..

  24. Motor listrik saya produk Trekko,accu saya rusak karena outomatic charger tidak bekerja dengan baik,dimana saya harus beli accu dan charger nya,saya mukim di Lampung.trim infonya

  25. benar sekali! dulu bokap ngbet pengen beli treko, dah gw saranin beli motor laen aja. akhirnya setahun dah kaya sampah!!!
    baru nyesel dah beli sampah 7 juta

  26. Baru beli 8bln eh..ntu Motor trekko ku dah nga fungsi on offnya dicoba telp ke cs jakarta disuruh bawa aja dr bogor boyong ke jkt eh tiba di sana kantor dan plang nama trekko koq udah pindah tanpa pemberitahuan lagi… Jadi gimana nasib nih motor mubasir jadi sampah karena bengkel di sini juga nga ada yang bisa benerin…TOLONG DeH….

  27. Ass,
    saya punya trekko flash. selama ini tdk masalah…. krg lebih 3 bulan terakhir batterai bermasalah. sdh di charge terus. setiap penuh n dimatikan mau jalan tdk bisa. Kelihatannya batterai sdh soak. Kemana sy harus service ? Bagaimana dealer trekko? dimana? apa bisa diganti batterai lain?

  28. sekedar info nih…(numpang nimbrung ya)…
    kalau ada yang ingin sharing tentang motor listrik boleh hubungi saya via email ya…
    atau hubungi saya via sms di 021-68301168

  29. for all… just share.
    untuk segla permaslahan motor listrik/sepeda motor listrik bagian lectriknya dpat diserahkan pada bengkel service electronic biasanya bisa memperbaiki.
    komponen utama dari motor listrik hanya
    1. Baterai 475rb-dari wimcycle, 875-dari trekko, 4jt Li-ion 48v 20Ah, 5,6jt Li Po 25Ah
    2. Motor penggerak 1,2jt-350W, 1,3jt-500W, 1,45jt-800W
    3. conltroller 350W,500W,800W,1000W,1200W,1500W,2000W
    dan yang paling sering rusak adalah bagian baterai dan kontrollernya. untuk spare part di daerah yogyakarta dapat beli di jalan brigjen katamso di toko sepeda dengan harga 200rban sampai 450rb. tapi untuk trekko lebih mahal beli di gamping 875rb.
    Dari pengalaman bengkel bengkel yang menrima service motor listrik, dalam sejarah belum ada yang rusak motornya (dalam artian spul terbakar)

    baterai dapat di ganti dengan baterai apa saja asal tegangannya sesuai dengan controller misal: trekko flash 48V, sunrise 72V. soal kapasitras Ah tidak begitu berpengaruh pada tenaga hanya pada waktu lama tempuh. Aki dapat menggunakan Aki Basah, Aki kering, Sealed acid, Nimh, Li-ion, dll.

    untuk automatic charger punya saya pun bru seminggu beli merk sunrise 2000W sudah tidak mau bekerja di charge abis magrib sampai subuh tidak mau berhenti ngecharge, sampai sampai akinya mendidih+panas. so untuk ngatasi itu saya akhirnya beli timer digital untuk mengisi baterai. dengan lama pengisian saya set 5 jam jika kosong, 2,5 jam jika petunjuk menunjukkan setengah
    .

    • Mohon tanya bagaimana tahunya controler motor listrik saya rusak , cara memeriksa controler itu bagaimana ? Kenapa accu masih setengah sudah tidak kuat berjalan , hanya saat di taruh dengan standar tengah ban bisa berputar .

    • Bapak Arief , mohon tanya accu motor 12 V 24 amp apa bisa digabung dengan
      accu mobil 12 V 35 amp … ? sebab motor saya listrik accu nya yg suak cuma
      dua accu … sedang sekarang yg baru harganya sekitar Rp 500 ribu per accu .
      sedang accu mobil Rp 400 ribu per accu.

  30. Bisa dicoba ke bengkel sepeda motor atau bengkel TV yg sdh kenal , pasti suatu waktu ada yang mau dan bisa , sbb sebenarnya itu tidak sukar , cuma perlu waktu buat pelajari jalur kabel . Juga saat ngecharge tambahkan kipas angin lagi di luar biar charge dalam posisi dingin sebab … bisa charge nya jadi awet .

  31. @samuel: untuk mengetahui kontroler rusak itu roda tidak mau berputar, apabila di putar pakai tangan akan berat(stall)
    nah apa bila saat d standart tengah mau mutar tapi d sertai suara dengung itu berarti salah satu hall sensor (kabel warna hijau,kuning,biru) ada yg tidak terhubung kendor atau konektornya njamur.

    untuk penggabungan baterai ta ada masalah, saya sudah mencoba 2 aki kering 14Ah merk panasonic saya gabung dengan aki basah 10Ah yuasa
    hasilnya aki basahnxa cepet habis duluan,

  32. terus saya pakai baterai mobil NS60 45Ah 2 buah, hasilnya
    aki kering habis duluan. nah saat ngecharge yang penuh aki kering duluan.
    tapi pada intinya tidak masalah.

    emang mahal harga baterainya, jadi mending pakai baterai basah aja dengan konsekwensi lebih berat.

  33. Salam semua!
    Saya mau jual Trekko Nexus ’09/10 warna merah
    akan tetapi keadaan akinya sudah tidak bagus, keadaan molis oke, klo ada yg mau email saja
    lokasi depok jawa barat

  34. bos mohon bantuan kalo d trekko mesen motor dc brushless gmana cranya?buat tugas akhir kebetulan saya dari POLBAN kalo ada daftar spec. boleh juga tuh,..tlg ya

  35. bagi yang ingin tanya2 langsung mengenai motor listrik bisa hub langsung no.tlp:

    (021) 9156 8386 / 0813 1423 2808 (jabodetabek)

    (dealer motor listrik yang selalu mencoba untuk tetap eksis,..baik didunia maya maupun di dunia nyata)…

    selain menjual, kami juga menangani perbaikan/service motor listrik khususnya untuk merk EMOTO, dan tak menutup kemungkinan perbaikan untuk merk2 yg lainnya juga,..
    karena pada dasarnya semua motor listrik memiliki prinsip kerja yang sama.

    memakai motor listrik sangatlah menyenangkan jikalau kita menggunakannya sesuai dengan fungsinya serta mengerti cara2 perawatannya…
    seperti pepatah yang mengatakan: “tak kenal maka tak sayang”

    • Wah!.. jarang2 ni ada tempat untuk service sepeda motor listrik di wilayah JABODETABEK,..lengkap lagi…

      >>>>>> (SALES-SERVICE-SPAREPART) <<<<<<<

      di bookmark dulu ah,. siapa tahu suatu saat butuh..
      info2 kaya gini ni mas arief yg bener2 berguna buat para pengguna molis..

      karena layanan after sales service itulah yang justru paling penting..
      jangan bisanya cuma jual2 aja, tdk ada tanggung jawab kedepannya..

  36. @ prama: beli dibelakan kampus polban katanya bos nya EVRT21 si hendri ada dan malah harganya lebih murah 1,4jt, terus kalo specnya ya pilihanya cuma 350W, 500W ama voltagenya 36 dan 48V yang merk trekko. tetapi bisa dipaksa kok kayak seperti mobil listriknya UNY itu 1 motor di kasih 48V/3200W untuk sesaat uji tanjakan juga no problem.
    Tapi kalo cuma buat tuas akhir kasih yang murah aja kan cuma penelitian tidak ditunjukkan dengan performa di KMLI 2011.hehehe

  37. ada yang punya saran molis yg performanya paling bagus…apakah emoto, trekko, betrix atau wim cycle…..mohon pencerahannya…..biar ada referensi buat beli molis……thanks

  38. trekko bagus di traksi atau tanjakan, wim cycle bagus buat jalan datar top speednya tinggi sedikit berdengung. klo emoto belum pernah coba soalnya cuma ada di jakarta.hehe

  39. Mas Arief.., bagi dong kontak email-nya mas arief…
    aku di jogja jg nih…, Pingin maksimalkan kemampuan trekko flash-ku.

  40. Mahal tidak ya kalau manggil teknisi trekko ke rumah? No yg bisa dihubungi berapa?
    Trekko sy tiba2 ga masuk listriknya waktu di cas, indikator nya hijau terus. knapa ya? dah dipake 3 tahun.

  41. Molis saya, ganti aki mobil 35 Ah 4 aki jarak tempuh menurut sepedometernya sepeda molis dapat menempuh 75km. 1 aki terpaksa naruh di tempat kaki dan yang 3 di tempat aslinya. Tapi ada modif harus ganti rumah aki, bikinnya di tukang tekuk plat. Ada yang berani di adu jarak tempuhnya siapa yang paling jauh???? Biar meriah adu jauh molis.

  42. Aku berani test jarak tempuh ma molisnya. aku juga uda tak ganti akinya (critanya mau ganti aki yang asli harganya mahal) so aku ganti dengan baterai basah Incoe NS60 45Ah 4 buah, ditambah baterai cadangan 7Ah panasonic 4 buah. Untuk pemasangan sya pasang 3 baterai di bawah kaki seperti dudukan aslinya dengan konsekwensi memotong casis untuk menanbah panjang 5cm karena baterainya lebarnya 26cm. terus baterai 1 lagi saya pasang di bawah jok menaikkan bagasi, sehingga bagai menjadi lebih sempit. karena masih ada sisa tempat di bawah tempat duduk belakang atas roda sekitar ada celah 10cm saya memanfaatkan untuk baterai cadangan 7Ah Panasonic NiMh. So… klo secara teoritis dengan motor 350Watt tetapi kontroller 1500W kendaraan bisa berjalan 90Km (tetapi aku gak pernah ngukur beneran) yang pernah ku ukur yang aki cadangannya yaitu dengan 7 Ah bisa jalan sejauh 10Km (uda putus putus jalanya).
    Karena aki kapasitasnya lebih besar saya pasang NCB yang biasa buat rumah agar jika terjadi konslet otomatis cut off.
    Klo adu kecepatan ada yang berani????

  43. Saya Mau Jual Trekko Spyder warna merah. Beli Tahun 2008/2009 Sudah bosen pake. Kondisi Batray tdk bagus lagi. sdh pernah saya ganti sendiri pake Batray UPS 12V 7Ah x 4.
    Dijual Murah saja… harga damai. mau irit pake Batray UPS Merk Panasonic beli di toko Komputer harga @140ribu x 4 = 520rb. tapi berhubung cuman 7Ah jarak tempuh gak bisa seperti aslinya. yg minat beli Hub 0274-6501754 Lokasi Jogja.

  44. Permisi, Mohon info.
    Saya punya Molis Flash. Pelek ban depannya patah, kalau mau beli, harganya kira-kira berapa ya?
    saya juga minta tolong, karena saya bukan tinggal di jawa, bagaimana ya?

  45. Salam kenal mas arif.kebetulan saya baru dapet molis gratisan merek viera dengan battery soak nih.untuk tahu spek.berapa watt dan voltase si molis gimana ya mas?trus ada saran untuk jenis baterai alternatif kalo liat posting di atas,baterai khusus molis mahal ya??!!trimakasih sbelumnya ya!!

  46. @ wisnu : di liat dari labelnya controllernya aja ada tulisan related power. klo gak ada ya hitung manual , jumlah aki (setiap aki 12v) di kali arus yang digunakan. misal 4 aki berarti 48V, terus arus untuk controller 10A berarti 480Watt. iya batrainya mahal (bisa dinggap mahal atau bisa dianggap murah) tergantung suana keuangan.hehehe yang paling murah ya pakai baterai basah 10Ah.

    Add di Facebook : Arief050586@lycos.com terus join group mobil listrik indonesia

  47. MAs Arif, aku nih punya trekko nexus dengan aki terpasang 4 buah merk trekko kode 6 FM 20, converter 500 w, kemaren ada masalah ga bisa jalan ( aki lemah?), aku coba tes pake aki basah 12 V 80 ah, tapi malah ga ada energi sama sekali, apa betul harus digunain aki kering aja?
    mau beli aki kering takut salah, bingung nih, apa akinya harus selalu 4 buah ? dan apa arti 6 FM 20 itu?,
    Tks atas responnya

  48. kalo baterai / accu dg spec :
    power : 350 W, 48 V / 15Ah, bisakah diganti dg accu dg spec : 48 V / 35 Ah ?
    Kalo diganti dg 4 bh accu kering spd motor shg harganya lebih murah dari yg ori apa bisa ?

  49. tidak harus asli trekko, karna asli lum tentu baik. lebih baik yang braded khusus aki semacam (yuasa, GS, G-force, Amaron, Massiv, GP batteries, dll) . lha aki nya itu tulisannya semcam sablonan.
    Tipe flash akinya 4 X 12v 20Ah
    belinya dapat di dekat stasiun tugu yogyakarta, atau di depan UPN seberang jalannya

  50. baru beli langsung kecewa!!!
    Baru beli trekko second yg kata pemiliknya tingal ganti batre trus ok. tp setelah beli batre seharga 1,6jt ternyata masih macet, trnyata controller rusak,kmd beli controller 525rb… ternyata… tetep masih ngadat. telpon dealer malah no hp ga diaktifkan,, sms minta no teknisi jg blm dikirim2….

    uang sudah hilang hampir 4 jt cuma gigit jari…!!!

  51. klo dinamonya jarang rusak. pusingnya beli motor listrik bekas ya seller kadang bilang cuma ganti batre aja bisa. kenyataannya controller mati. charger juga rusak. hall sensor juga mati. so untuk itu saya berikan tips bagi yang mau membeli motor yang gk ready to run dengan alasan batre lemah bisa di cek langsung di depan penjualnya dengan cara colokkan cable charge nya harus sudah bisa jalan normal. klo tidak berarti kontroller rusak. bila charger mati tawarlah lebih rendah lgi 300rb an. selain itu dapat pula dengan cara menstandart 2 dan memutar roda dengan tangan dapat berputar halus atau tersa terbebani. jika terbebani berarti controller rusak parah maka tawarlah lbh rendah lg 875rb untuk yg 500w klo 350w ya 400rb an. klo hall sensor rusak ya tawar 150rb. so denagan begitu qita bisa memprediksi harga ready to run nya. solnya sebuan yang lalu abis beli motor listrik yang iklancdi koran bilang cuma ganti batre di 5d tawar kan 1.6jt tapi dgn analisis diatas bisa di dapat harga 700rb. tapi mpe skrg jg lum ta perbaiki.hehehe soale cuma iseng nawar malah deal.

    • Mas arief, Mau Tanya nih, saya barusan beli emoto yg spirit sekend, kondisi masih ok, jalan normal semua, cuma pengen modif agar lebih kuat di tanjakan, apakah harus ganti semua? Aki, kontroler Dan dinamonya? Ataukah cukup kontrollernya saja?
      terimakasih atas bantuannya
      salam
      fajar

  52. @rahmad: bengkel modifnya cari yang knalan knalan ada atau yang disekitar rumah anda sebab jika memodif melebihi keceptan 40km itu sudah termasuk perbuatan illegal apalagi sampai dijalankan di jlan raya. selain iru untuk urusan garansi jufa enak klo mengenal bengkelnya. klo sekedar modif nambah batrai biar jarak tempih jauh itu legal legal aja bisa ke bengkel modif mugen jaya nologaten sampong laris rumah makan. untuk kontaknya bisa di konfirm lewat email saja.

  53. Saya Pake trekko flash sdh masuk pemakaian tahun ke-2. Kecepatan akhir ada di 53-54km/jam. Tau deh bener apa nggak itu hitungan spedo si trekko.

    Oiya mas arief, kalo di jadikan 2WD apa jg ilegal ato boleh2 saja mas ?
    2WD kayaknya harus pake batre tambahan kali ya mas ?
    Di Mugen Nologaten apa komplit buat apgred ke 2WD, nambah barte dll mas ? sbb blm sempet ke sana. agak jauh dari tmpt saya di prambanan. (maap, ceriwis… hehehe)

    @papabonbon: Salam kenal.., Makasih ya dah nyediain tempat buat diskusi molis di sini. Kalo ke jogja jangan lupa mampir di outlet Bubur Jagung saya mas (http://buburjagungemas.com). Gratis coba kok…, kalo mau di potret jg boleh. hehehe… sorry…, malah promosi. Piiss…

  54. ow siap saya coba bubur jagungnya.hehehe
    bengkel mugen itu bengkel modifikasi motor aja, kearah bagian frame dan body serta aksesoriesnya. tahun lalu aku mbuatkan untuk 2WD nya pada bagian forknya aja dan dudukan rem cakram, selebihnya uda beda bengkel. maklum untuk meminimalisisr biaya.hehehe. tapi klo mau pasrah tompo resik juga bisa otomatis ongkosnya lebih mahal sebab biaya mikir, transport, dan waktu lebih lama juga dihitung. semisal anda menambah besi 24cm aja harus membayar 1 lonjor 6 meter mesti sisanya di kembalikan.

    Untuk membuat 2WD tidak perlu menambah baterai toh kecepatannya sama aja, tetapi akselerasi bertambah. hal yang illegal dilakukan adalah membuat kecepatannya melebihi 40Km/Jam (kecepatan real) bukan kecepatan yang ada di spedo meter kendaraan apapun. dihitung dari jarak dibagi waktu.

    sebaiknya jangan loncat terlalu jauh dalam modifikasi, mulai dari yang kecil kecil aja dulu biar biayanya gak begitu trerasa.

  55. di liat kiriman nya ko banyak yang ngadat ya motor listrik gimana mau jadi motor masa depan….tadinya minat tapi konsumen bnyk yg ngeluh seperti di atas….

    • aku punya kontroller flash 48V 500W harga 500Rb kondisi 2nd normal semua
      sama kontroller 1500W 48V harga 1jt kondisi 2nd normal semua

      berminat email ke :arief050586@gmail.com

  56. Saya punya TREKKO FLAME 350 WAT 14 AH.
    Th 2008.
    Sampai sekarang sudah 5 th aktif saya pakai setiap hari, dgn jarak tempuh -+ 35 kilo styap hari’a..
    Selama lima tahun ini saya baru ganti accu 1 kali.
    Itupun saya ganti pakai accu motor karisma yg punya sfesifikasinya sama,
    yaitu: 12 V. 3,5 ah.
    Sebanyak 4 buah, karna memang accu standar’a TREKKO 4 BUAH..
    1. Lebih murah.
    2. Lebih mudah d cari.
    3. Di bengkel motor manapun ada yg jual accu motor karisma/honda beat,vario. Spec’a samako dgn TREKKO..
    Dan 1 lagi. TREKKO saya juga sering bermasalah erorr ininyalah,itunyalah, tp selalu saya masukin ke bengkel2 motor umum’a, dlm artian bukan sepesialis motrik. Dan selalu bisa d tangani, kenapa kita takut soal jerusakan..???
    Toh motor mesin aja yg harga’a gila2an, waktu’a rusak ya rusak aja..!!!

    Buat temen2 rekan2 yg mempunyai motrik, jgn takut soal kerusakan..!!

    MOTRIK ALIAS MOTOR LISTRIK.. Sebener’a sfesipikasi’a ga serumit atau ga sesusah sbagai mana umum’a sepdda motor mesin umum’a..

    Bayangkan dgn motor2 mesin sekarang, yg sudah menggunakan spec injektion, banyak mengaflikasi spec DIGITAL. Tapi kita tidak takut untuk membeli’a..!!

    Untuk seorang mechanik motor di era sekarang ini..
    MOTRIK bukanlah jenis kendara’an yg rumit untuk di dandani, melainkan mendandani MOTRIK cukup dengan mata tertutup,,!!

    Enak’a lg komponen2 part MOTRIK MUDAH D RAKIT / D BIKIN,, BUKAN SEPERTI MOTOR2 MESIN JAMAN SEKARANG YG ELECTRIK’A SUDAH JAUH LEBIH MODEREN DAN GA BISA D RAKIT..!!

    Mudah2an penjelasan saya d atas bisa membuat anda mengerti n bisa menjadi solusi..trim’s.

  57. punyaku treko falcon, batrai dah jebol 2 x…
    yg pertama krn kelamaan ngecharge .. jadi rusak.
    yg kedua ngangkut keramik 4 dus…
    nganggur 3 th… drpd dibuang.. iseng2 diganti accu motor biasa … tyt masih bisa jalan, walau utk jarak 15 km…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s