Daftar 25 Pejabat Negara Terkaya di Indonesia

Untuk pejabat negara di pimpin oleh Ical dengan Bakrie Grupnya disusul oleh Yusuf Kalla dengan Kalla Enterprisenya, sedangkan pejabat pemerintah daerah khususnya gubernur terkaya, ditempati Rudolf Pardede, Gubernur Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Tercatat dalam LHKPN, Rudolf yang juga mantan anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat ini banyak memiliki harta kekayaan berupa logam/ batu mulia dan barang seni/ antik senilai di atas Rp100 milyar. Secara keseluruhan, Rudolf telah memiliki kekayaan sekitar Rp298 milyar atau hampir sepertiga dari kekayaan Ical. Sedangkan untuk gubernur termiskin diantara yang lain dipegang oleh Gubernur Sumatera Barat Gamawan Fauzi.
25 PEJABAT NEGARA TERKAYA

  1. Aburizal Bakrie Menteri Koord. Kesra = Rp. 994,349,061,983 Thn 2005
  2. Muhammad Jusuf Kalla Wakil Presiden = Rp. 134,265,037,046 Thn 2005
  3. Fahmi Idris Menteri Perindustrian = Rp. 85,279,605,847 Thn 2006
  4. Meutia Hatta S. Meneg. Pbdy. Perempuan = Rp. 38,459,989,300 Thn 2004
  5. Agung Laksono Ketua DPR = Rp. 16,418,293,000 Thn 2001
  6. Jero Wacik Menteri Kebudayaan & Pariwisata = Rp. 15,561,250,000 Thn
  7. Mari Elka Pangestu Menteri Perdagangan = Rp. 15,142,939,762 Thn 2004
  8. Boediono Menteri Koordinator Perekonomian = Rp. 14,046,878,563 Thn 2
  9. M. Yusuf Asy’ari Meneg. Perumahan Rakyat = Rp. 13,232,400,000 Thn 20
  10. Bambang Sudibyo Mendiknas = Rp. 12,489,646,528 Thn 2004
  11. Anwar Nasution Ketua BPK = Rp. 11,968,769,205 Thn 2001
  12. Sofyan Djalil Menteri Negara BUMN = Rp. 10,857,373,418 Thn 2007
  13. Hatta Rajasa Menteri Sekretaris Negara = Rp. 9,727,063,000 Thn 2004
  14. M Maftuh Basyuni Menteri Agama = Rp. 8,907,602,000 Thn 2004
  15. Purnomo Yusgiantoro Menteri Energi & SDM = Rp. 7,623,418,134 Thn 20
  16. Sri Mulyani Menteri Keuangan = Rp. 7,376,539,461 Thn 2006
  17. Paskah Suzetta Meneg./Ketua Bapenas = Rp. 6,963,214,000 Thn 2006
  18. Jenderal (Pol) Sutanto Kepala POLRI = Rp. 5,931,696,900 Thn 2006 20
  19. Juwono Sudarsono Menteri Pertahanan = Rp. 5,661,800,000 Thn 2004
  20. Erman Suparno Menteri Tenaga Kerja&Trans. = Rp. 5,510,185,751 Thn 2
  21. Hassan Wirajuda Menteri Luar Negeri = Rp. 5,101,987,654 Thn 2004
  22. Siti Fadilah Supari Menteri Kesehatan = Rp. 4,738,300,000 Thn 2004
  23. Susilo Bambang Yudhoyono Presiden 4,652,069,796 Thn 2004

25 GUBERNUR TERKAYA

No Nama Lembaga Total TBN

  1. Rudolf Mazvoka Pardede Gubernur Sumut = Rp. 298,740,200,000 Thn 2001
  2. Fadel Muhammad Gubernur Provinsi Gorontalo = Rp. 149,752,933,448 Thn
  3. Zulkifli Gubernur Provinsi Jambi = Rp. 58,888,946,621 Thn 2004
  4. Fauzi Bowo Gubernur Provinsi DKI Jakarta = Rp. 33,801,168,988 Thn 200
  5. Anwar Adnan Saleh Gubernur Sulawesi Barat = Rp. 30,287,981,975 Thn 20
  6. Sri Sultan Hamengkubuwono X Gubernur DIY= Rp. 20,184,763,982 Thn 2001
  7. Ratu Atut Chosiyah Gubernur Banten = Rp. 17,810,707,822 Thn 2002
  8. Agusrin Nadzamudin Gubernur Bengkulu = Rp. 12,350,448,400 Thn 2005
  9. Agustin Teras Narang Gubernur Kalteng = Rp. 9,427,930,752 Thn 2004 10
  10. Danny Setiawan Gubernur Jawa Barat = Rp. 4,432,340,226 Thn 2001
  11. Syahrial Oesman Gubernur Sumatera Selatan = Rp. 3,758,042,878 Thn 20
  12. Ismeth Abdullah Gubernur Kepulauan Riau = Rp. 3,697,058,000 Thn 2005
  13. Karel Albert Ralahalu Gubernur Maluku = Rp. 3,511,005,232 Thn 2004
  14. Piet Alexander Tallo Gubernur NTT = Rp. 3,306,801,297 Thn 2005
  15. Rudi Arifin Gubernur Kalimantan Selatan = Rp. 2,409,211,550 Thn 2007
  16. M Rusli Zainal Gubernur Provinsi Riau = Rp. 2,365,623,114 Thn 2002
  17. S. H. Sarundajang Gubernur Sulawesi Utara = Rp. 2,350,767,000 Thn 20
  18. Eko Maulana Ali Gubernur Kep. Ba-Bel = Rp. 2,299,600,000 Thn 2006 20
  19. M. Amin Syam Gubernur Sulawesi Selatan = Rp. 1,775,973,000 Thn 2001
  20. Sjachroedin ZP Gubernur Lampung = Rp. 1,495,500,000 Thn 2003
  21. Dewa Made Beratha Gubernur Bali = Rp. 1,320,726,894 Thn 2001
  22. Lalu Serinata Gubernur NTB = Rp. 740,224,387 Thn 2002
  23. Gamawan Fauzi Gubernur Sumatera Barat = Rp. 667,140,890 Thn 2001

25 BUPATI TERKAYA

No Nama Kabupaten Total TBN

  1. Rina Iriani S. R. Bupati Karanganyar = Rp. 55,945,062,244 Thn 2005
  2. Untung Sarono W Sukarno Bupati Sragen = Rp. 33,474,528,000 Thn 2002
  3. Begug Poernomosidi Bupati Wonogiri = Rp. 28,780,000,000 Thn 2005
  4. Ujang Iskandar Bupati Kotawaringin Barat = Rp. 21,789,880,000 Thn 2005
  5. I Wayan Geredeg Bupati Karang Asem = Rp. 19,388,721,000 Thn 2005
  6. Probo Yulastoro Bupati Cilacap = Rp. 16,082,077,852 Thn 2006
  7. Monang Sitorus Bupati Samosir = Rp. 14,181,360,308 Thn 2005
  8. Masfuk Bupati Lamongan = Rp. 11,200,711,889 Thn 2005
  9. Endang Setyaningdyah Bupati Demak = Rp. 10,830,604,216 Thn 2005 10 Syaukani HR Bupati Kutai Kartanegara = Rp. 10,304,683,430 Thn 2004
  10. Putu Bagiada Bupati Buleleng = Rp. 10,212,680,000 Thn 2006
  11. AA. Sampurna Jaya Bupati Lampung Tengah = Rp. 10,076,500,000 Thn 2005
  12. Sutrisno Bupati Pacitan = Rp. 10,040,249,782 Thn 2002
  13. RM Luntungan Bupati Minahasa Selatan = Rp. 8,810,000,000 Thn 2005
  14. Zulkifli Anwar Bupati Lampung Selatan = Rp. 8,481,877,000 Thn 2005
  15. Basuki Tjahaja Purnama Bupati Belitung Timur = Rp. 8,365,669,968 Thn 2005
  16. Ongku P Hasibuan Bupati Tapanuli Selatan = Rp. 8,222,024,000 Thn 2005
  17. Abdullah Tuasikal Bupati Maluku Tengah = Rp. 8,180,050,712 Thn 2006
  18. Aang Hamid Suganda Bupati Kuningan = Rp. 7,437,194,454 Thn 2005 20 Robbach Ma’sum Bupati Gresik = Rp. 6,756,637,188 Thn 2005
  19. Ferry Zulkarnain Bupati Bima = Rp. 6,542,500,000 Thn 2004
  20. Wahyudi K Anwar Bupati Kotawaringin Timur = Rp. 6,525,301,577 Thn 2005
  21. Ratna Ani Lestari Bupati Banyuwangi = Rp. 6,020,500,000 Thn 2003
  22. A. Dimyati Natakusumah Bupati Pandeglang = Rp. 5,966,675,000 Thn 2002
  23. Zulfikar Achmad Bupati Bungo = Rp. 5,865,101,600 Thn 2003

25 WALIKOTA TERKAYA

Nama Kota Total TBN

  1. Sukawi Sutarip Walikota Semarang = Rp. 39,300,213,246 Thn 2005
  2. Herry Zudianto Walikota Yogyakarta = Rp. 18,000,964,573 Thn 2003
  3. Joko Widodo Walikota Surakarta = Rp. 9,829,421,400 Thn 2005
  4. Rachman Djalili Walikota Prabumulih = Rp. 8,336,041,877 Thn 2005
  5. Sofyan Hasdam Walikota Bontang = Rp. 7,808,866,349 Thn 2005
  6. Rudy Resnawan Walikota Banjar Baru = Rp. 7,698,218,221 Thn 2005
  7. Abdillah Walikota Medan = Rp. 7,513,608,000 Thn 2005
  8. Herman Abdullah Walikota Pekan Baru = Rp. 6,677,423,789 Thn 2005
  9. Aat Syafa’at Walikota Cilegon = Rp. 5,934,956,835 Thn 2005 10 Sutrisno Hadi Walikota Tanjung Balai = Rp. 5,820,789,178 Thn 2005
  10. M Ali Umri Walikota Binjai = Rp. 4,655,402,291 Thn 2002
  11. A Dadang Kafrawi Walikota Jakarta Selatan = Rp. 4,363,306,373 Thn 2005
  12. Medi Botutihe Walikota Gorontalo = Rp. 4,108,761,533 Thn 2001
  13. Fajar Panjahitan Walikota Jakarta Barat = Rp. 3,929,610,559 Thn 2005
  14. M Effendi Anas Walikota Jakarta Utara = Rp. 3,913,579,707 Thn 2005
  15. M Itoc Tochija Walikota Cimahi = Rp. 3,216,350,000 Thn 2006
  16. Abdul Hafiz Hasibuan Walikota Tebing Tinggi = Rp. 2,809,590,000 Thn 2005
  17. Imdaad Hamid Walikota Balikpapan = Rp. 2,800,352,783 Thn 2006
  18. Mansyur M Abunawas Walikota Kendari = Rp. 2,541,777,000 Thn 2001 20 J.A Jumame Walikota Sorong = Rp. 2,502,907,024 Thn 2003
  19. Awang Ishak Walikota Singkawang = Rp. 2,502,502,288 Thn 2003
  20. Andi P Tenriadjeng Walikota Palopo = Rp. 2,460,803,952 Thn 2003
  21. Arifin Manap Walikota Jambi = Rp. 2,429,565,192 Thn 2002
  22. Kusnan Walikota Jakarta Timur = Rp. 2,288,144,588 Thn 2005
  23. Buchary Abdurahman Walikota Pontianak = Rp. 2,251,196,000 Thn 2002
Sumber: Dokumen Tambahan Berita Negara (TBN) LHKPN KPK kurun waktu 2001 2007

About these ads

20 gagasan untuk “Daftar 25 Pejabat Negara Terkaya di Indonesia

    • menurut gue pejabat yang punya kekayaan harta gak perlu dikagumin yang terpenting adalah kaya hati terhadap rakyatnya percuma juga kali pejabat kaya harta tapi miskin hati, and gua mau salam juga buat my heart anita rahayu anak jati uwung.

  1. miris ya.., di saat rakyat prihatin dengan inflasi tinggi, pejabatnnya bergelimang harta…, bagi-bagi duonk…buat subsidi bensin dan beras..

  2. sebenernya yang penting adalah PEMANTAUAN atas harta kekayaan pejabat, sebelum, ketika sedang menjabat dan setelah menjabat.
    Kan banyak juga pejabat yang memang sudah kaya dari sononya: Bakrie, Kalla, cs.
    Tiap tahun harus ada laporannya, berikut setoran pajaknya. Harus diumumkan.
    Lha kalo sebelumnya ngga sampe semilyar begitu selesai menjabat hartanya 10 milyar ya perlu disidik tuh orang.

    Selain itu pejabat yang pengusaha atau investor seharusnya melepaskan diri dari aktivitas perusahaannya. Periksa juga perusahaannya, sebelum, selama menjabat dan setelah menjabat, apakah dapat kemudahan dan makin majunya tidak wajar.

    Kalau cuma data ini sih tidak bisa disimpulkan si anu korup, si anu menyalahgunakan kekuasaan, dll.

    Cari data lagi dunk.

  3. saya bingung…orang2 itu dapet duit bertrilyun2 dari mana ya? apa mereka pengusaha juga?? kalo Pak Aburizal masih mending, beliau kan punya company di mana2.tapi yang lain2, kaya gubernur, bahkan bupati..dari mana mereka dapet pemasukan segitu banyak sampe trilyun2an yap??hmm…berapa ratus tahun harus saya nabung sampe dapat angka segitu??*mikir2…

    *cuma recehan dari kantong saya…

  4. Hormat kepada Negara Indonesia tercinta

    Kiranya masih banyak rakyat yang membutuhkan bantuan material dan bantuan pendidikan, agar bangsa ini menjadi besar karena Sulitnya mendapatkan yang terbaik.

    Kelak generasi yang akan datang lebih menyikapinya dengan semangat jiwa sosial dan berbudaya…..

  5. alhmdllah jambi gubernurnya msk dftr 3 bsr.
    tpi synknya jambi gag ada pembangunannya satupun
    yg ada bnyak ngadain yg gag penting2
    naseb aku tinggal di jmbi
    tpi gag apa2 yg pnting aman

  6. gubernur bengkulu termasuk peringkat ke 8,tetapi kok bengkulu masih masuk provinsi yang tertinggal.emang dari mana pemasukannya sampai sebanyak itu,tolong diperhatiin masyarakat kecil.salam hormat are ade putra lembak bengkulu

  7. harusnya semua orang menjadi kaya seperti para orang-orang kaya tersebut, semua yang dia mau pasti bisa; sampai kita/mereka sadar : bahwa bukan itu yang dimaksud kaya!!!!

  8. KEKAYAAN DI DUNIA INI HANYA SEMENTARA BANG……
    SADARLAH PARA PETINGGI NUSANTARA INI
    RAKYATMU MENUNGGU BELAS KASIHMU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s