Harus Diimani: Perintah Membunuh Cicak!

ini tulisan berbahaya, harap yang masih waras tidak ikut ikutan membaca !!! 

Doktrin lama dalam agama saya yang sedang dibangkitkan kembali oleh teman teman salafy yang riang gembira :)

Mengapa Fuwaisik, Si ‘Penjahat Kecil’ Diperintah Untuk Dibunuh?

http://thetrueideas.multiply.com/journal/item/635

Anda tahu yang saya maksudkan dengan si penjahat kecil dalam head tulisan saya ini?Ini tak lain tak bukan adalah cicak.Mengapa cicak disebut sebagai penjahat kecil?

Jawabnya: wallahu a’lam, demikianlah yang tersebut dalam hadits-hadits Nabi, namun jika ditanya mengapanya, maka saya tidak punya keterangan yang lebih, karena saya tidak mengetahui asbabul wurud (latar belakang timbulnya hadits) dari hadits yang membahas hal ini.

Berikut ini adalah hadits-hadits yang terkait dengan penjahat kecil itu.

Hadit Pertama:Sesiapa yang membunuh seekor cicak dengan sekali pukulan maka baginya sekian-sekian kebaikan. Dan sesiapa yang membunuhnya dengan pukulan yang kedua maka baginya sekian-sekian kebaikan, kurang dari yang pertama tadi. Dan jika seseorang dapat membunuhnya dengan pukulan yang ketiga maka baginya sekian-sekian kebaikan, kurang dari yang kedua tadi.[12][12] Sahih: Hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu-anhu, dikeluarkan oleh Ahmad, Muslim dan lain-lain, lihat Sahih Muslim – no: 2240. (Kitab as-Salam, Bab Dorongan membunuh cicak).

Hadits Kedua:

Dari Amir bin Sa’ad, dari bapanya (Sa’ad bin Abi Waqqash) radhiyallahu-anhuma katanya ” Sesungguhnya Nabi saw telah memerintahkan supaya membunuh cicak dan beliau menamakannya ‘si penjahat kecil'(Fuwaisik)“. (Sahih Muslim, 2094)Hadits KetigaHadis Aisyah radhiyallahu anha:
Sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  memberikan nama kepada cicak Fuwaisik yaitu sangat jahat  (HR Muslim 1290)

Maka sebagai seorang muslim yang taat mendahulukan ketaatannya kepada Allah dan RasulNya, diatas akal budi yang dipunyainya.

[5.7]     Dan ingatlah karunia Allah kepadamu dan perjanjian-Nya yang telah diikat-Nya dengan kamu, ketika kamu mengatakan: “Kami dengar dan kami taati“. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui isi hati (mu).

Wallahu a’lam

Teks hadits diambil dari sini.

Ini adalah sambungan dari tulisan sebelumnya, masih mengenai cicak. Ada yang bertanya mengapa cicak diperintah untuk dibunuh? Bukannya ia berguna untuk makan nyamuk yang justru menimbulkan penyakit (seperti demam berdarah)? Dosa apa yang telah diperbuat binatang ini?

Alhamdulillah, saya mendapatkan dalil yang dimaksud untuk kelengkapan tulisan yang sebelumnya, berikut dalilnya:

Dari Ummi Syarik radiyallahu anha, sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memerintahkan untuk membunuh cecak, dan beliau bersabda: ”(Binatang) itu meniupkan (api) terhadap Ibrahim alaihissalam (waktu Ibrahim dimasukkan dalam api oleh raja Namrudz). (HR Bukhari)

Maka sebagai seorang muslim yang taat mendahulukan ketaatannya kepada Allah dan RasulNya, diatas akal budi yang dipunyainya.

[5.7]     Dan ingatlah karunia Allah kepadamu dan perjanjian-Nya yang telah diikat-Nya dengan kamu, ketika kamu mengatakan: “Kami dengar dan kami taati“. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui isi hati (mu).

Wallahu a’lam

About these ads

53 thoughts on “Harus Diimani: Perintah Membunuh Cicak!

  1. Mungkin yang sering sholat di di masjid atau musholla seringkali menemukan “sesuatu” yang berasal dari cicak. Kalau tidak kelihatan bisa jadi terinjak dan mengharuskan wudhu kembali. Atau kadang-kadang tergeletak begitu saja di atas sajadah atau tempat sujud.

  2. yoi.. saya merasa belom tentu cicak kecil yang sekarang yang harus dibunuh.. Yang saya tau malah ular. Karena Jin jahat biasanya menjelma jadi ular. tau juga deh
    Wallahualam …
    memang harus berhati2 dalam mentafsirkan hadits.. salah tafsir bisa2 malah merugikan umat Islam, seperti hadits yang menyatakan Siti Aisah Ra menikah di usia 7 tahun >_<. Padahal haditsnya dhaif. Yang bener adalah Siti Aisah Ra sudah usia setidaknya 16 tahun (diduga 19-20) kalo refer ke Hadits yang shahih (Buchari)

  3. saya dari dulu jijik sama cicak, selain alasan-alasan di atas saya juga jengkel karena cicak itu suka jorok buang hajat sembarangan. mangkanya kalo nggak dipukul sama sapu ya dijepret dulu pake karet gelang, begitu dia KO di lantai maka kuinjaklah dia!

    Ada satu cerita, ah saya pernah bercerita tentang ini di blognya fertobadhes : Ada seorang pemuda gagah perkasa, tapi begitu tubuhnya kejatuhan cicak langsung pingsan dia, kasian ya.

  4. Tulisan anda yang seharusnya tidak perlu dibaca, agama yang sempurna ini tidak perlu menggunakan rasio karena tuntunan telah ada itu pun bila anda mau belajar.

  5. duh, kasian cicak & Tuhan yang udah nyiptain dia. emang makhluk diciptakan untuk dibunuh ya?

    mmm… tentang rasio, agama tanpa rasio artinya menyia-nyiakan akal yang dikasih Tuhan donk? :-/

  6. sekedar beropini..mungkinkah yg dimaksud dg fuwaisik ini adalah personifikasi dr provokator ??
    since bukankah provokator adalah org yg suka membesar2kan api, juzz like cicak dlm kisah nabi Ibrahim tersebut ?

  7. Hati2lah dlm menafsirkan qur’an maupun hadist. Alangkah baiknya tny pd yg sdh ahli tafsir. Klo orang awam yg mentafsirkan bisa berbahaya. Ingat kasus ‘ahmadiah’? Itu trjadi karena salah tafsir…

  8. Syaiton merasa lebih mulia dari nabi Adam karena memakai “akal busuknya” yang mengatakan bahwa api lebih mulia dari tanah. Padahal dua- duanya Allah yang ciptakan. Kok jadi dia yang lebih tahu dari Allah? Dasar sombong dan sok tahu!!!

    Jadi jika hadist sudah shahih, jangan sok menggunakan akal untuk menafsirnya lagi. Jangan jadi seperti Syaiton.

  9. Assalamu’laikum Wr. Wb
    Siapa bilang agama harus pake logika…
    Agama itu cuma butuh keimanan dan ketaqwaan kita.. kalo al-qur’an bilang A maka yakini lah A kalo hadist bilang B ya ikuti B, jadi berhentilah bersikap sok pintar dengan “selalu bertanya “kenapa?” yang ada bukan makin iman, malah bingung sendiri akhirnya malah SESAT…

  10. salamuaalaikum..

    harus di ingat bahawa akal fikiran manusia ini sentiasa terbatas..
    kalo kita mahu mengharapkan ia semata-mata memang binasa lah jiwa kita dan juga masyarakat..

    “Aku tinggalkan kepada kamu dua perkara yang jika kamu berpegang padanya kamu tidak akan
    sesat, iaitu kitab ALLAH (al-Quran) dan sunnah rasul-NYA.” – Hadis Hasan, riwayat Malik
    dalam al-Muwattak, no 898 dan al-Hakim dalam al-Mustadrak, no. 63.

    bertaubat lah segera bagi mereka yang menafikan sunnah Rasulullah s.aw.
    wallahualam

  11. OO menarik juga..tapi yang peliknya kenapa argument tentang cicak tidak patut di bunuh hanya kerana ia memakan NYAMUK?!

    adakah nyamuk yang menghisap darah kita hamba allah yang tidak mungkin sempurna seperti nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad dapat menjustifikasikan dan meminggirkan Sunnah Nabi semata2 demi kesenangan kita.??!

    apakah satu makhluk yang di namakan JAHAT oleh baginda dapat dipelihari hanya SEMATA-MATA cicak itu MEMAKAN NYAMUK?!?!

    dan NYAMUK yang tidak berhasad dengki dengan manusia lebih KEJI daripada CICAK yang HINA lagi JAHAT??

    fikirkanlah wahai hamba allah sekalian..

    play with logic to defy logic..

    salam..

  12. pas baca pertama kali hadist ini, saya juga kaget. Soalnya saya termasuk orang yang menganggap cicak itu lucu :D. Ga tega ngebunuhnya juga.

    Tp ya hadist ini sepertinya memang shahih (Saya bisa saja salah lho tpnya). Maksudnya memang begitu bunyinya. Cuman yang saya masih ga tau, backgroundnya apa.

    Baca dari buku lain, katanya karena cicak menjijikan. Tapi anehnya halal untuk dimakan :D

  13. akal telah membenarkan akan kebenaran Islam, Al Qur’an Sunnah rasul maka ketika qta mendapati dlm Alqur’an/hadist shahih sesuatu yg tdk dimengerti oleh akal qta itu menunjukkan akal qta terbatas maka sudah seharusnya qta mengimaninya tanpa bertanya-tanya, mencocok2kan dg akal qta yg terbatas seperti hal2 ghaib yg disebutkan dlm keduanya.

  14. Saya sangat mengimani hadist itu..
    Saya juga sering membunuh cicak sebagai makanan kucing, jadi yang membunuh kucing saya..
    Wajar kalo cicak disuruh dibunuh karena suka buang kotoran di tempat shalat, sajadah, al quran, pakaian salat dll..

  15. Ping-balik: Hukum Membunuh Cicak | Smart Xp

  16. Ping-balik: Hukum Membunuh Cicak

  17. Ping-balik: Hukum Membunuh Cicak | megabitt.co.cc

  18. Ape orang kristen lebih tau tentang cicak dari pada Allah dan rosulnya…Kalau die lebih tau kenape die kencing ga cebok ga disunat…trus ape yesus ngajarin nyanyi2..kalo yesus emang nyanyi trus ape lagu karangan die trus Albumnye ape namenye atu lg Kalo die lo anggep Tuhan kenape Tuhan ente Berak n kencing ..entar pas ente lg berdoa Tuhan ente lagi toilet
    ….ente harus mikir…mengerjain amal Agama harus sesuai dgn yang di perintahkan Tuhan dan Nabinye…Nih jawaban gw buat orang kristen yg mulai berkomentar tolol di web tetangga tentang hadist cicak…n buat muslim bahwa hadist ini mutawatir…KAMI DENGAR DAN PATUH YA ALLAH..!!

  19. Gue mo nambahin dikit nih gan…
    Dr web tetangga, ad yg komen katanya: ‘yg salah itu si cicak pd saat rosululloh saw. sedang sembunyi di gua, knapa cicak yg ada drmah kita disalahin? Pdhal mereka berjasa bgi kta dengan memakan nyamuk’

    kalo menurut loe cuman si cicak yg ganggu rosululloh aja pas sembunyi di gua yg salah, brarti dulu si setan yg diciptakan pertama x oleh allah yg membangkang, setan setan yg sekarang ini kagak ada yg salah gitu mksud loe…
    Jadi orang jgn kepinteren dech, apa yg ada di qur’an hadits ya itu yg kita amalkan. Kagak usah nanya emang kenapa?
    INGAT !!! ILMU YANG KITA PUNYA HANYA SETETES, SEDANGKAN ILMU YANG ALLAH PUNYA ITU SELUAS SAMUDRA, so kagak usah sok pinter ngeluarin hipotesa hipotesa untuk menyanggah apa yg ada di qur’an hadits.
    Emang islam loe udah bener apa?
    Jangan2 islam loe jg salah 1 dari 72 islam yg nantinya msuk neraka. Mending loe pada cari tau dlu dech apa bner islam yg loe anut saat ini salah 1 dr 73 glongan yg akan msuk surga, gue yakin mayoritas salah pilih, hanya 1 dr 73 yg paling bener. Pilih 1 dr 10 aja susah palagi 73 pusing…
    Gua ksih sedikit bocoran dah buat kalian, 1 dr 73 itu ada di negara kita indonesia. Tinggal loe pada cari tau golongan mana aja yg msih eksis di indonesia dan diakui hngga saat ini, ada 3 golongan besar yg ada di indonesia, 1 dr 3 itu adalah ahlul sunnah wal jama’ah yg diridhoi allah swt, yg laen masuk neraka. Yg mana golongan kalian? Udah bner blum? Kalo masih ragu ama glongan loe saat ini loe pada bisa datangi 1 per 1 dr 3 glngan itu untk mncari tahu yg paling bener. Mudah kan!! Cukup milih 1 dr 3, gag perlu milih 1 dr 73. Dr kalkulasi gue dibutuhkan 1th untuk mencari tahu per golongan, jd bila ada 73 glngan, maka 73th wktu yg dperlukan untk mencari kbenaran itu, mkin sblm ketemu mana yg bner loe pada udah tua bahkan mungkin udah mati, tp di indonesia cukup 3th krna hnya ada 3glongan n dah pasti golongan yg bner ada di 3 glongan ini.kalo mnurut loe pada 3th msh trlalu lama, gue kasih tau dah, ciri2 dr 3 glngan trsbt yg ahlul sunnah wal jama’ah itu:
    yg sering dikatakan agama sesat oleh banyak orang di indonesia,
    yg sering dikatakan agama nyleneh oleh kbanyakan orang di indonesia,
    yg berpedoman qur’an hadits,
    yg dipimpin oleh seorang imam,
    sluruh ibadah yg dilakukan golongan ini menggunakan bahasa arab tak pernah pakai bhsa indonesia,
    yg mewajibkan perempuan berkerudung hingga menutupi dada.
    De el el…

  20. affan ne kalimat apa maxsud mu wahai saudara q …? ini tulisan berbahaya, harap yang masih waras tidak ikut ikutan membaca !!!

    Doktrin lama dalam agama saya yang sedang dibangkitkan kembali oleh teman teman salafy yang riang gembira :)

  21. selain cicak ada lagi kok hewan yang BOLEH di bunuh seperti ; walaupun tida ada ganjaran pahala hehe

    خَمْسٌ فَوَاسِقُ يُقْتَلْنَ فِى الْحِلِّ وَالْحَرَمِ الْحَيَّةُ وَالْغُرَابُ الأَبْقَعُ وَالْفَارَةُ وَالْكَلْبُ الْعَقُورُ وَالْحُدَيَّا

    Lima (hewan) perusak yang boleh dibunuh di luar tanah suci dan di tanah suci yaitu: ular, gagak, tikus, serigala dan rajawali (Muttafaqun ‘alaihi)
    Yang jelas pasti ada hikmah dari anjuran tersebut karena emank sih yang biasa buang kotoran di dalam mesjid itu bukan tikus tetapi cicak yang lebih kecil dan bisa masuk lewat atap dll..

  22. menurut saya hadis tersebut tidak shahih karena saya sdh mencarinya di kitab bukhori hadis tapi tidak ada dan sya jg bertanya dengan dosen hadis di kmpus itu tidak shahih,,wallohu alam bisowab…

  23. HARUS BIJAK MENGKAJI HADIS,, DAN CARI KETERANGAN LAIN..

    Namun demikian bukan berarti setiap kali kita mendapatkan cecak harus dibunuh dikarenakan perintah didalam hadits tersebut bukanlah sebuah kewajiban akan tetapi disunnahkan membunuh setiap cecak yang membahayakan.

    Imam Suyuthi menyebutkan didalam “al Asbah an Nazhoir” bahwa Binatang-binatang itu terbagi menjadi empat macam :

    1. Binatang yang didalamnya terdapat manfaat dan tidak berbahaya maka ia tidak boleh dibunuh.

    2. Binatang yang mengandung bahaya didalamnya dan tidak bermanfaat maka dianjurkan untuk dibunuh seperti : ular dan binatang-binatang yang berbahaya.

    3. Binatang yang mengandung manfaat didalamnya dari satu sisi namun berbahaya dari sisi lainnya, seperti : burung elang maka tidak dianjurkan dan tidak pula dimakruhkan untuk membunuhnya.

    4. Binatang yang tidak mengandung manfaat didalamnya dan tidak pula berbahaya, seperti : ulat, serangga sejenis kumbang maka tidaklah diharamkan dan tidak pula dianjurkan untuk membunuhnya. (Al Asbah an Nazoir juz II hal 336)

    Jadi apabila memang cecak yang ada di sekitar kita itu membahayakan manusia atau meracuni makanan maka dibolehkan bagi kita untuk membunuh cecak tersebut.

  24. Assalammu’alaikum
    siapin sapu lidi sama karet gelang de, buat “nggintes” cecek als “mateni” cecek “hayo gage” brantas cecek (MERDEKA)

    Buat yang gak ngerti nggintes and mateni itu artinya membunuh
    nah klw gage itu artinya cepetan
    OK :D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s