Mengapa Vega lebih unggul dibandingkan Supra Fit

Bocoran dari teman yang kerja di Kayaba, katanya sih, selain marketing, senjata utama Yamaha adalah pada produknya itu sendiri, alias karena Quality control nya.

Jadi ceritanya begini :

Di Indonesia ada dua perusahaan utama pembuat shock breaker untuk roda dua.  Showa dan Kayaba.  Showa melayani mayoritas Honda dan sedikit Suzuki.  Kayaba melayani mayoritas Yamaha dan sedikit Honda. 

Inside story :

Karena posisi runyam Kayaba ini, meskipun sesama group Astra, kalau pembagian benefit ke karyawan ada peraturan tidak tertulis, tidak boleh melebihi jumlah bonusnya AHM.  Jadi kalau AHM dapat 8 kali gaji, paling banter Kayaba cuman boleh 6 kali sahaja.  Nah, jadi runyam ketika Yamaha Vega kemarin booming dan AHM terpuruk motornya di kelas 100 cc.  tetap sja Kayaba nggak bisa dapat benefit melebihi AHM. Alasannya = Solitaritas.  Taek !!!. wakakakak

Kembali ke laptop !

Alkisah, ketika Vega baru mulai launching, pemesanan yamaha ke Kayaba hanya di angka 15 000 per bulan dan sekarang stabil di angka 30 rb per bulan untuk line produksi Vega.  Itu pun, awalnya 80 % dikembalikan.  bulan bulan berikutnya dah turun jadi 60 persen, trus 40 prsen dan sekrang dikisaran 10-20 %.  lesson learned, dari urusan shockbreaker aja, QC Yamaha berani ngereject sampai angka fantastis 80 persen, gimana dengan komponen lainnya ?.

Jadi inget waktu papabonbon beli supra fit, sudah datang ke tangan, warna yg diterima tidak sesuai dengan pesanan,  dan sebelnya, molding plasting depannya, dari sejak beli udah gak kompak dan ada celahnya.  Sebel deh, tapi gimana mau balikinnya coba.  dan kondisi tercela gitu, tetep aja tuh dapat QC passed dari orang Honda nya.  Pathetic deh. 

Dan sekarang ini Honda terpuruk karena ceritanya sama sekali tidak ada inovasi teknologi, hanya main main di casing luarnya.  Sekarang bukan lagi jamannya motor 2 tak vs 4 tak.  Sekarang sudah sama sama 4 tak, dan lihat siapa yang mampu deliver value paling besar ke end user.  Yah, selain promosi gencar, orang kan tetap melihat kualitas/value barangnya.  Kalau barangnya Honda cupu, yah, otomatis kenyataan akan berbicara.  Dan ketika barangnya terbanting di pasaran,  mau bilang apa lagi, coba ! 

Oh ya, tolong itu dikurangi orang orang AHM yg sampai sekarang masih bebas nerima uang dari supplier yah !.  Sangat tidak good corporate governance lho.

About these ads

92 thoughts on “Mengapa Vega lebih unggul dibandingkan Supra Fit

  1. wah, supra fit itu kendaraan pertama papabonbon yg dibeli anyar gress pertama kalinya dalam hidup. makanya sebel, ketika mulai ngerti motor dan mulai menemukan banyak kekurangannya.

    awalnya warna ndak cocik bisa ditolerir, molding merekah bisa ditolerir, lama lama sebel juga wakakakka :D sadis tuh AHM, dari HPP 5.8 jt, di jual ke konsumer dgn harga cash 9.5 jt waktu itu. maut deh, honda ngambil untungnya.

  2. bener tuh kata mas kopdang don… beli barang pakai duit yang halalan thoyyiban… plus jangan pilih harga yang murah tapi yang kualitasnya oke, mesin oke, penampilan juga oke, harganya juga kan oke,

    belinya supra fit sit, coba kalau supra CW fuel injection pasti ndak ada yang cacat. Supra fit itu khan dibuat untuk nandingi murahnya mocin yang harganya sangat murah dengan kualitas yang jelek itu tho?

    Disamping itu motor honda itu hanya cocok untuk orang-orang tua dan yang ingin ngirit (katanya) lho… seperti saya ha…ha..ha tapi bukan yang supra fit lho

  3. Dear Papabonbon,

    awalnya warna ndak cocik bisa ditolerir, molding merekah bisa ditolerir, lama lama sebel juga wakakakka :D sadis tuh AHM, dari HPP 5.8 jt, di jual ke konsumer dgn harga cash 9.5 jt waktu itu. maut deh, honda ngambil untungnya.

    Memang begitu mekanismenya. Harga HPP belum ditambahi pajak-pajak yang nggilani dari pemerintah (plus pungutan2 liar & bocoran di sana-sini). Harga ke end-user bisa jadi bengkak.

    Salam.

  4. Pengalaman pertama saya menunggang motor adalah bersama Vega, dan rasanya emang ‘tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata’ ketika memacu dengan kecepatan diatas 80 di jalanan aspal Sorowako yang mulus dan lengang…
    (kalau saya balap tuh, inget iklan yang :
    “Jilbab kok ngebut?”
    “Emang ngebut pake jilbab?”)
    hehehe.
    Tapi suatu ketika saya harus meminjam Supra seorang teman, dan kayaknya saya nyesel deh beli Vega, pengen Supra aja.. (rumput tetangga memang selalu lebih hijaw)

  5. BTW, shock breaker (apa shock absorbser sih yang bener?) Vega kok rasanya lebih empuk ya dibanding Fit punya, ya?. Apa karena pantat saya yang udah tepos, nggak bisa beda in empuk-keras :D

  6. To Papabonbon;

    Pak Him sampai dipaksa mempercepat pensiun lho gara2 Honda kesalip Yamaha… Tapi kalo menurut data, yg bikin turn around Yamaha atas Honda sebetulnya bukan Vega, tapi Mio.

  7. hi…… semua…
    antara nyesel dan ngaak nyesel itu wajar dalam dunia psikologi, btw aku punya catatan dikit tentang ini bahasan.
    1. aku punya vega r 2005 kecepatannya max 80-85km per jam
    2. aku punya supra fit 2005 kecepatan max 80-90 km per jam.
    nilai – nilai :
    kenyamanan posisi kemudi 80 vega dan 75 supra fit
    getaran mesin 70 vega dan 90 supra fit
    tarikan awal 90 vega dan 75 supra fit
    tingkat irit bahan bakar vega plus minus 40/lt dan +- 50lt/lt supra fit
    bentuk body (subyektifitasku) vega 90 dan 75 supra fit
    kekokohan body 75 vega dan 70 supra
    (semua data diatas adalah subyektifitas saya selaku penikmat kedua motor itu dan kebetulan tahunnya sama)
    thx

  8. buat getaran mesin, memang vega terasa lebih kenceng suaranya – ngingetin jaman dua tak, tapi kalau kestabilan mesin, masih menang vega lho.

    udah gitu supra fit getaran motornya lebih gede karena moldingnya bautan semua, sementara vega lebih kompak moldingnya. kira kira molding vega ini setara lah kompaknya dengan supra x

  9. ga setuju bro..
    mungkin kebetulan aja sampeyan dapet yang kurang memuaskan tapi itu 1:1.000.000 ok..
    terus honda bukan terpuruk tapi kemarin kalah ma yamaha karena honda ga produksi vario..
    coba tengok sekarang hon daoke lagi kan :-)..
    peace honda memang lebih unggul

  10. Faizal komenta

    Buat aku mah tetap supra fit yg ok,, punyaku tahun 2005 dipake gak pernah ada masalah, nyaman,irit cocok utk zaman bbm mahal gini.. Yah mungkin itu penilaianku karena barang sendiri, walau belum lunas kredit sampai 2008 bro…

  11. wah, wah, banyak supra fit defender juga rupanya. supra fitku rakitan tahun 2003 sih [belinya awal 2004], jadi yah gitu, keluaran baru masih banyak hal yg mengecewakan. :) terutama moldingnya.

  12. aneh tapi nyata
    mesin vega r 110
    mesin supra fit 100 padahal bisa sampai 110
    buat jalan tanjakan honda lebih unggul
    lihat aja daerah penggunungan banyak yang pake honda
    ya ga?!
    tau gak? n sangking mendarah dagingnya orang2 madura sebut motor itu “honda”
    honda yamaha
    honda jupiter

  13. aku udh lama pk honda, supra fit, tp y ndk masalah..tuh, kalo rajin service sih…sedikit jeleknya tuh di catnya gampang nglupas….but overall ok…aq ndk th bnyk soal yamaha…tp..honda memang lebih unggul bung!!

  14. sebenernya sih sumua motor sama aja, itu tergantung yang bawanya aja…
    kalo supra fit 100 cc dan vega 110 cc tapi kenapa supra fit bisa menyaingi kecepatan dari vega…
    gw pernah nyoba vega 110 2006 tapi kecepatan maksimal cuma sampai 90/ jam dan abis itu gw coba supra fit 100 cc dan kecepatan maksimalnya sampai 110/jam.
    jadi coba siapa yang lebih unggul…..?
    kalo gak percaya lo coba deh kedua motor itu dan lo bandingin, siapa yang lebih unggul dan siapa yang terdepan….?

  15. vega vs supra fit

    klo aq lebih suka supra fit dibanding vega. tapi klo udah dimodif. klo blm dimodif ya pilih supra fit, coz itu motor adl aset menuju title sarjana.

  16. Yang penting punya motor rajin di service, mau honda kek, yamaha kek, intinya rajin di service… dari pada saling beradu, dapet komisi kagak,,, ya ga,,, peace buat bikers, kita kan punya kendaraan buat transportasi bukan buat aduan,,, santai di jalan dan ramah pada setiap pengendara kan jadi lebih indah.

  17. Saya sudah pakai supra fit sejak th 2005 kondisi sih ok ok aja tuh sampai sekarang, iritnya bener bener bikin hemat 1ltr = 50km, kalau model memang standar sesuai dengan harga.

  18. Saya penikmat fit x 2008. Sebenarnya kalo ngejar kesenangan, beli jupiter mx pun saya mumpuni. Tapi kenapa saya pilih fit? Karena sesuai dgn kebutuhan saya. Lagian mau seberapa kencang sih kalian pake motor? Ngejar apa? Intinya, semua bagus. Tinggal seberapa bagusnya kita rawat itu motor? Bagus dan tidaknya motor lebih di tentukan oleh perawatan, bukan saat pembelian.

  19. Motor gw supra fit 2005, udah bolak balik bandung-jkt sampe kilo meternya kembali ke nol. yang bisa nyalip gw cuma rombongan moge doank..itu juga karena mereka di kawal,

  20. ah..!kata sapa yamaha unggul…dobol tuh……….
    w punya supra fit 2006…..
    w bawa turing kebogor…..w cuma ngabisin bensin 1 liter dari jak-pus ampe kebogor sedangkan temen2 w yg bawa jupiter n vega r dia ngabisin 3 liter bensin…!
    berarti honda lebih unggul….!
    n mesin nya pun awet alias ga rewel cz motor temen w vega r yg tahun 2006 udah berapa kali turun mesin…!
    bener2 dah honda best of the best….!

  21. terserah org mau bilang apa tapi setahu gw Honda unggul di negara asalnya. semua motor gw Honda. legenda 2 [2003],supra fit [2006],honda beat [2008], fit x [2008]. spare part honda gampang bgt ada dimana2. di warung rokok juga ada. spare partnya bisa milih dari yg paling murah – mahal. benzine irit.

  22. Yang penting perawatan aj. Kalo ngerawatnya rutin, tuh motor jg ngasi yg enak buat jalan. Aq pake suprafit 2005. Irit. 10rebu bs kupake smpe 180km :D

  23. Aku juga Setuju Honda paling Top, biarlah orang bicara aku tetap pakai Honda, dan utk yang belum punya kendaraan motor dan ingin memilikinya mending Pilih Honda dech, insyallah anda akan puas. :)

  24. gw di bdg pake supra fit 06 skrg udh pindah ke palembang itu mtr di bw jg … tetep kenceng tetep irit dan gak bikin kantong bolong….hidup hidup

  25. sory smuanya bro. stau ane baik vega maupun supra fit itu motor yg d prntkn tk harian, jd pis wat pnggna yamaha dan honda. mmbndngkn vega dan fit hrs lngkp spek2 msng2. bg pndukng fit kudu tw spek vega dmikian sbliknya. memalukan bro klo sombng2n bndng2n tk blp2n. tuh motor buat mmdhkn aktvits harian qta msng2. bkn buat sombng2n. kaga pantes… dah motor dua2 nya murah alias kls low end, trs blinya kredit pula? klo mo bndng2 yamaha vs honda. yg pas misl yamaha r1 sama cbr1000rr,ntu bru pantes. bro sklian, yg pntng qta sukurin motor qta, qta rawat dan terapin cara mengmudi yg aman dan saling mnghrgai sesama. pizz.. klo kbnykn ngomong. dr w, pmakai vega-r dan mx.

  26. yg post banyak sales honda :D

    gak ada jamannya supra fit ngalahin vega. makanya kalo bahas motor, main ke blog motor, jadi gak dibohongi sales honda

  27. aku nganggo vega r , bojoku nganggo revo…..
    podho ae’ pa….
    wis ojo podho ribut…

    ne’ arep buanterrrr…. nganggo ferrari wae…

  28. analisisku :
    motor yamaha(vega ) unggul di akselerasi tp top speed kalah
    sebaliknya honda (supra fit) percepatannya lambat, tp top speednya bisa nyaingi kelas motor menengah
    di medan tanjakan….vegar menang, torsi kuatnya di gi2 1 dan 2 sedangkan sufra fit torsi terkuatnya cuma gigi 1
    di medan lurus rata….sufra menang, honda torsinya kecil2 jd untuk mencapai topspeed membutuhkan waktu yang lama (mungkin itu rahasia irit selama ini)

    torsi kecil=gaya yg diberikan kecil=konsumsi bahan bakar sedikit=irit duit

  29. Aku juga pengguna suprit.. Emang best of the best dah,
    temenku ngendarai jupiter aja mah libas.
    kalo ama jupiter mx agak imbang lah jarak dkat..
    Tp ada gak enak.nya waktu di tanjakan suprit slalu lbh ketinggalan ha.ha.ha

  30. nyrocos aje neh smw orang……yg kenceng tapi gak irit, yg goncanganx gede lah…..daripada berdebat gak tentu arah mending smw pake sepeda gunung. adu kecepatannya jadi tergantung pada kecepatan yg genjot tu sepeda.wkwkwk

  31. Suprafit saya keluaran tahun “2003” awalnya mau beli smash……selama saya pakai tidak ada masalah yang berarti cuma service dan ganti oli rutin….yang saya herankan kenapa Suprafit saya begitu irit dan kencang.pernah saya suatu hari kebut2an dengan shogun teman saya tapi suprafit saya yg menang….Alhamdulillah saya tidak salah pilih hingga sekarang Supra Fit saya setia menemani saya kemana saja. Trim’s

  32. Saya pengguna supra fit r 2008.
    Sampe skrng masih bagus.

    Ok di bawa ngebut walau 100 cc.dan irit pula.
    cocok deh wat anak kuliahan sperti saya.

  33. honda memang lebih oke…walaupun dari segi tampilan memang saya akui kalah dari yamaha….
    tapi untuk mesin memang lebih unggul…..
    saya pengguna supra fit r tahun 2006 mesin standar…..cuma ubah setting karbu aja n setting klep..sama ganti tipe oli.sama ganti busi racing denso irridium.. (saya campur oli 2 tak castrol dengan oli 4 tak shell perbandingan 30:70 total 1 lt)…wew…mengerikan gan…
    untuk top speed meningkat lebih bagus,…walopun untuk pencapaian nya butuh waktu lama dan teknik oper gigi yang tak mudah…
    saya test dengan banyak motor suzuki smash 125, jupiter z, jupiter mx kopling, walaupun mereka tergolong mempunyai tahun lebih muda 2008 keatas sampai 2010….
    supra fit r saya tetep yang lebih unggul….percaya atau tidak…. speedo saya pecah gan… hehehehehehe
    tapi duit yang saya dapat berkali2 lipat hehehehehe…
    untuk perawatan memang honda tak rewel…bayangkan saya membeli jupiter Z baru tahun 2010 dan stiap minggu harus kencangkan rantai…..top speed mentok 110 kpj
    sedangkan supra saya setelah saya pakai speedo digital koso disitu mencapai 118 kpj
    dan uniknya lagi perbedaan cc tak berpengaruh pada honda…….
    honda hanya butuh mesin panas untuk kerja optimalnya itulah mengapa saya campur olinya biar mesin ringan….
    oh ya stratedi irit lainnya kalo ga punya duit beli pertamax….pake bensin campur kapur barus…hehehehehehe tarikannnya melejit….
    buat iri para pengendara motor yang tune up motornya biar cepet wkwkwkwkwkwkwkwkwk
    kalo mau cepet lagi ganti knalpotnya……..dijamin!!!!!!!!!
    honda tetrap nomer1

  34. Mau berbagi pengalaman dikit :)…
    Ane termasuk pemakai honda supra fit keluaran pertama (2003) s.d sekarang (2012) gan. Tuh motor udah ane test mudik pas lebaran empat tahun berturut-turut sampe sekarang pun nggak pernah turun mesin, paling ane bawa ke bengkel resmi cuma untuk service doang. Jujur aja secara pribadi ane puas banget sama produk honda ini. Minyak irit, perawatan gampang, sparepart murah, tarikan ringan, dll. Bukan bermaksud menjatuhkan merk lain ya, ini emang benar pengalaman ane sendiri loh gan. :D

    Oh ya, pengalaman berkesan ane dengan honda fit ini gan. :)
    Tahun 2003 beli di showroom Jl. Gatot Subroto Medan (cicilan 3 tahun). :(
    Tahun 2004 kena musibah tsunami di Banda Aceh (Alhamdulillah selamat berkat nih motor). :)
    Tahun 2005 mudik lebaran dari Kota Pekanbaru ke Medan 676 Km
    Tahun 2006 s.d 2008 mudik lebaran dari kota Banda Aceh ke Medan 597 Km
    Tahun 2009 Touring dari Banda Aceh ke Takengon 312 Km
    Tahun 2010 s.d sekarang (2012) tobat gan…(capek) :D

    Yg jelas sampe kapanpun ane tetap setia sama nih motor gan, sewaktu susah maupun senang motor ini tetap setia menemani ane kapanpun dan dimanapun. :)

  35. gw bingung ama supra fit gw knp sparepart buat bos klep jarang bgt dipasaran setiap gw bli slalu yg dikasih grand atau supra x kan goblok yg jual barang uda tau beda masih aja ngeyel

  36. Yang masih doyan Supra Fit, ane mau jual nih keluaran 2006, surat-surat lengkap, pajak idup sampe 20 mei 2013, kondisi fisik 95% (mulus dah pokoknya). Buka harga Rp. 4.150.000, nego tipis….
    call/sms aj : 085814707691 , lokasi Cikarang Barat Bekasi.

  37. Ane pengguna Supra Fit X keluaran 2008..dah 4 tahun ini menemani ane kemana aja..pp ke kantor, jalan2,dll..milage udah 53 ribuan km. kondisi mesin standar..blm pernah turun mesin…pernah nanya ke montir ahass, ini motor suaranya masih bagus, ga perlu turun mesin..tipsnya harus rutin service & ganti oli tiap 2000-2200 km..dan jgn pernah memaksa speed kencang di motor ini..ini motor buat harian, ga bs ngebut kencang2..ya cukup maksimal 70 kpj..kepikiran mau ganti motor bebek dengan cc yg lbh gede (Supra X 125/ Shogun Axelo)…tp masih sayang..masih apik ni motor..

  38. Motor gw Yamaha semua & gw senang pakai Yamaha… Yamaha Alfa (1992), Yamaha Vega (2000), Yamaha Jupiter Z (2003) & Yamaha Scorpio Z (2005). Yang Alfa udah dijual & lainnya masih ada nyampai sekarang.
    YAMAHA MEMANG TOPPP Banget!!!!

  39. kalo menurut ku tergantung pengendaranya nyaman make vega apa supra fit,kebanyakan supra fit atau umumnya motor honda kelemahannya pada casing lampu depannya kalo udah 2-3 tahun pasti jadi bunyi berdecit karena mulai gak rapat.tapi kalau soal sparepart supra fit kebanyakan paling murah
    kalo vega yang bikin aku ga suka cuma getaran mesinnya yang besar kalo udah 80an km/jam,kalo udah gitu jadi ragu nambah kecepatan takut mesinnya kenapa-kenapa

  40. supra fit saya km41500 full standar servis sama ganti oli rutin ga pernah rewel
    akselerasi sama vega dan absolute revo kalah :D tapi gak segitunya , tes sama vega n’ absolute revo pagi hari jalan sepi akselerasi pertama kalah tuu sama kedua motor di atas tapi karena jalanya panjang banget ,2 motor diatas bisa kesalip brrooo di kecepatan 115an kpj di speedo bawaan (walaupun yang bener gak tau hanya berapa wkwkwk)
    sekian pengalaman :D

  41. yang penting punya motor buat cari nafkah,…di rumah ad vegar, supra 125,kaze r, suzuki bravo,scoopy,beat,trekno motor listrik,honda win & rx king ude di lego,sepeda lipet dua, ontel,wim cycle 4, manfa’atnya sama kok sama-sama memperlancar urusan kate orang-orang ga punya kendaraan sama juga ga punya kaki mao kemane-mane ribet,…gitu sob,……

  42. Hmm is anyone else experiencing problems with the pictures on this blog
    loading? I’m trying to determine if its a problem on my end or if it’s the
    blog. Any suggestions would be greatly appreciated.

    • wah. . Aku punya motor supra 125 tahun 2010.
      Aku ganti gear ukuran 40 tarikanya pun mantap, .
      Kecepatan. Bisa mencapai 160. .sampe mentog. . d jalanan rata dan halus. .

  43. Pada ribet lu ngurusin mana yg bagus n mana yg lebih unggul.
    Yg pasti ke 22nya sama bagus.karna AHM n YIMM ga bakal smbarangan produksi motor.smua udah ada perhitungannya brow,kta smua yg disini bikers brow.cintai kendaran anda .berhati hati saat berkendara.inget org rumah sudah menunggu anda.
    Yg kenceng tu yg nerobos lampu merah brow.

  44. motor ane supra fit thn 2006 ane modif habis2an buat touring, mesin standar tapi bobot motor menakutkan. box kiri,kanan dan belakang, ban ukuran 80/100blkg, 80/90dpn. apalagi isi bagasi dan box penuh dengan peralatan2 jaga2 buat perjalanan jauh. full assesoris touring, stir trail lebar(pake trondol), hanguard, roller,dst. BUT masih bisa “ngesot” bareng vega (Kalo “LARI” itu NSR sama RXking)

  45. Adu Kecepatan Supra Fit vs Vega:
    – Putaran bawah s/d menengah,Vega unggul.
    – Putaran menengah keatas, Supra Fit unggul mutlak.
    Itu penilaian secara real, objektif & netral berdasarkan fakta. Thanks…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s