Andrea Hirata : “Edensor”

Andreanis adalah istilah yg diciptakan bagi mereka yang jadi fans Andrea Hirata.  Dia sudah membuat tiga buku, Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, dan Edensor.  Tetraloginya akan diakhiri buku berjudul Maryamah Karpov.

Gambar diambil dari sini

Papabonbon terpikat dengan lantunan kata kata Andrea dalam Laskar Pelangi, kuat, filmis, seolah kita melihat langsung dunia yang digambarkan Ikal.  Dunia kita berubah dan berpendaran meloncat satu lokasi ke lokasi lain.  Sangat sugestif.  Sayang kekuatan besar ini belum terkendali.  Muncratannya bagaikan ledakan lava yang pijar.  Akhirnya papabonbon kehilangan selera karena cara berceritanya berjalan dengan lika liku ombak yang meloncat loncat dengan cara yang tidak sinkron.  Kehabisan napas, dan nyaris pingsan ketika menjelang 85 persen bagian.  Sayang sekali. 

Hal ini membuat papabonbon emoh menengok Sang Pemimpi, buku kedua.  Apalagi ketika melihat sekilas, isinya ndak jauh beda dengan rangkaian bab terakhir di Laskar Pelangi yang disusun sedikit lebih baik.  Pun sang pemimpi ini kok yah tipis sekali sih yah .. :D hahahaha  :)

Jadi ketika di perpusnya Engkoh Ong Bing di Tunjungan Plaza I lantai LG sudah hadir buku Edensor ini, papabonbon akhirnya memutuskan untuk pinjam.  Andrea makin ciamik nih dengan cara menuliskan gelora hatinya.  Yang pasti di buku Edensor ini ceritanya mengalir terarah, dan efisien karena kita tidak terloncat loncat tanpa alur yang tidak jelas [kelemahan LP – kalau maju mundur maju mundur, flash back sudah bisa lah, cuma LP itu alurnya hancur banget dan membuat capek yang baca]. 

Andrea dalam ceritanya mengungkapkan kepada kita, bagaimana bisa orang yang daftar di Universite Paris [universite berapa nih oom, sorbonne kan dipecah jadi banyak universite] tiba tiba muncul sebagai lulusan dari Sheffield Hallam University.  Dan disanalah Edensor, menjadi gelora dan muara lika liku perjalanannya.  Banyak lika liku petualangan yang membuat Ikal [tokoh dalam novel ini] bercermin tentang diri, lingkungan, dan ironi kehidupan yang dipetikkan oleh Andrea sebagai lolipop pelajaran moral.  Sesuatu yang jadi pemicu adrenalin dan membuat neuron otak kita berkedip kedip dengan sangat rancaknya.

Sayang masih ada yang mengganjal dalam ideologi Andrea dalam buku ini.  Beda pendapat sih boleh, hanya saja papabonbon kebingungan dengan :

  1. Andrea sangat menjunjung Harun Yahya.  Haiyah …  Dalam sikap toleransi, menghargai orang lain, demokrasi, gender, bagaimana ber Islam, hubungan antara orang melayu, orang jawa, orang china, cara pandang Andrea sangat unggul, namun dia nampaknya ingin menghentakkan pengusung ideologi kreasionisme ini [yg juga berkolaborasi dengan kaum kristen fundies di Amerika yang mendapat tentangan dari banyak kalangan saintis dan juga gereja Vatikan sendiri] ke suatu tempat tertentu. Entah disengaja untuk meruntuhkan, atau memang Andrea begitu kesengsem dan memujanya.  Yah, itu sih sah sah aja.  cuman kasian dengan Arai, gitu lho … :D  habis dinisbatkan sebagai defender of God.
  2. Ada kesalahan fatal ketika menghadapkan klasikal dengan monetaris.  karena yg ditampakkan untuk bertempur adalah Adam Smith dengan John Maynard Keynes.  dan dialog yg dipakai juga janggal.  Dalam buku Edensor seolah ide public work adalah ide kalangan Adam Smith – klasikal, sementara Keynes [yg sebenarnya justru pelopor public work di Amerika – yg juga dilakukan Hitler dengan membangun Autobahn dan berbagai proyek infrastruktur raksasa di tahun 30an sehingga Jerman selamat dari krisis], justru dianggap representasi dari kalangan monetaris.  Jelas jelas aliran Keynesian justru setuju pada intervensi pemerintah.  dan program program Keynes untuk bangkit dari resesi tahun 1930an adalah melalui pekerjaan massal [ingat waktu krismon kan …].  Entah ini dari Andreanya atau gara gara editornya, tapi papabonbon jadi sengit ajah.  Lack of economic knowledge.  Dan ini menyedihkan !.

Ketika Andrea Hirata dikonfirmasi ke nomor 085220016543, dia menjawab dengan sms “nama disamarkan, thanks atas apresiasinya ya”.  Ya, Andrea memang bukan jenis pemain yang suka mengkonfrontir dan dikonfrontir.  So,  let it be.  Dan inilah dia resensinya. 

Buku ini, Edensor, memuaskan saya.  Lebih baik kualitasnya dibandingkan buku LP.  Meskipun energinya nampak lebih besar di Laskar Pelangi.  Great Andrea, kita menantikan bedah bukunya bersama Penerbit Bentang di Surabaya.  Siapa tahu jadi rejeki papabonbon untuk dapat seri seri buku gratisan lagi.  Seperti waktu di perpus Depdiknas/British council dengan Laskar Pelangi dulu.  hohohoho .. Ngarep.

About these ads

462 thoughts on “Andrea Hirata : “Edensor”

  1. Saya justru baca buku karangan Andrea Hirata gara-gara kritikan pedas pak Jacob Sumardjo di Kompas (lupa tanggalnya)…hmm langsung pas ke Gramed beli bukunya dan cuma nemu LP dan Edensor.

    Memang ada kelemahan, semoga kritikan yang ada membuat Andrea menulis semakin baik. Yang patut dipuji adalah keberanian menulis novel..iya kan Papabonbon? Saya justru menemukan buku kedua (Sang Pemimpi) di Gramedia Jayapura, karena udah mengaduk Gramed PIM dan Gunung Agung Senen, semua bilang habis.

    Pernah baca buku Gajah Mada karangan Langit Kresna Hariadi? Pada cetakan pertama kritikan terhadap bukunya sangat pedas…namun semakin lama bukunya semakin baik…saya punya keempat bukunya. Yahh..uangnya habis untuk beli buku melulu….harusnya dibuat resensi ya, biar yang nggak beli bisa tahu alurnya.

  2. Aku kira tadinya buku ini adalah semacem bukunya Tolkien atau Lewis. Hehehe…
    Kok bisa nyambung ke Smith vs Keynes? Jangan2 ada Hayek dan Friedman juga? :P

  3. Kakak saya sampai tertawa sendiri ketika membaca buku-bukunya Andrea Hirata ini. Suaminya sampai complain, “ngapain sih, kok ketawa-ketawa sendiri?”

    Sekarang saya yang penasaran mau baca buku ini :)

  4. assalamualaikum

    coba anda buat karya sastra anda sendiri…..
    saya ingin membandingkan anda dengan andrea hirata..
    saya kagum pada andrea…tidak melihat buku yg dia buat..
    tapi perjuangan dia buat sekolah walaupun dia miskinnnnn sekaliiii
    sama dengan yang sedang saya perjuangkan saat ini…
    kenapa manusia senang mengkritikk….????
    cobalah anda baca berulang2 bukunya anda akan menemukan potongan mozaik yg berserak dlm hidup anda..
    tapi beliii dongg masa gratisss gak modallll
    tapi kalo anda gak suka bukunya yahhh gak usah dibeli dan gak usah dibaca…maaf yahhh agak senewen…

    wassalamm
    rinie

  5. 1. rinie, saya adalah fans andrea. tapi saya kagum pada andrea dengan cara lain.

    2. saya gak gratisan. laskar pelangi saya beli dan dapat tanda tangan dari andrea. sedangkan edensor saya sewa di perpus kang Ong Bing. yg gratis adalah buku buku dari penerbit Bentang yg mensponsori acara bedah buku. saya dapat berkah itu karena bertanya kritis dan ndakik ndakik. pokoke pertanyaan nggilani dah !

    3. overal saya kagum sama andrea. hanya dua poin di atas yg saya kritik, karena menurut saya, sangat pantas untuk dikritik. sedangkan poin lainnya, keseluruhan adalah komplimen dari saya, sebagai pembacanya.

    thx. btw, saya tanya ke beberapa anak FEUI, terutama angkatan saya 95 pun 96. kok gak ada yg kenal, andrea yah. kalau teman yg anak telkom sih, tahu bener ama andrea. ada yg bisa konfirmasi, dia di FEUI angkatan tahun berapa ?

    • yaiyalah gak ada yang kenal
      situ angkatan berapa andrian hirata angkatan berapa
      andrian hirata angkatan 1990 mas
      coba di cek di http://alumni.ui.ac.id/alumni.php
      dulu saya sempet cek gak ada, tapi saya rasa web tsb tidak mencantumkan selururh database mahasiswa ui
      soalnya saya iseng nyari sri mulyani indrawati gak ada
      mungkin hanya yang ingin menjalin silaturahmi dan sudah verifikasi yang muncul

  6. @ mbak fau.

    sebenarnya hanyalah dialog imajiner antara Andrea dengan oom Smith sahaja. Waktu itu andrea mendapatkan beasiswa europe [erasmus mundus ???] dan yg jadi pengurus fundingnya adalah orang monetaris. Sementara ketika di sorbonne, Andrea sangat terkooptasi dengan pemikiran perancis yg lumayan “beda”. Mungkin dari situ timbul pertentangan ide ide itu. Seru sih. Sayang jadi cupu ketika yg baca anak ekonomi juga.

  7. btw, buat yg kepingin ketemu andrea dan diskusi ttg bukunya, ini jadwal berikutnya ….

    UNESCO Jakarta dan Yayasan Nurul Fikri, Banda Aceh, Rabu 29 Agustus 2007 Pukul 10.00 (terbatas untuk peserta diskusi)

    UGM, Auditorium FIB – UGM Yogyakarta, Sabtu 1 September 2007 Pk. 09.00
    Cafe Bannanaran Yogyakarta, Regol Jogja, Komunitas Backpacker, Sabtu 1 September 2007 Pk. 19.00

    Bibex, Be- Mall Jl. Naripan- Bandung, Kamis 6 September 2007 Pk. 16.00 bersama Dewi Lestari, Bambang Trims

    Bloc – FISIP Universitas Indonesia – Depok, Jumat 7 September 2007 Pukul 15.00

    KAMMI UII – Yogyakarta, Sabtu 15 September 2007 Pukul 10.00

  8. Ngomong ngomong, aku jadi ingat. waktu kirim sms kedua ke Andrea, aku nanyain ke dia, kok Abraham Lincoln bisa ketukar sama Benjamin Franklin yah ? sayang,habis itu sepi sepi ajah …

  9. Gw tau buku Andrea dr temen kos gw. Andrea datang ke kampusnya, diskusi LP dan Sang Pemimpi. Trus temen gw promosiin buku itu ke gw, secara dia pamer tanda tangan Andrea di bukunya n foto bareng Andrea… Awalnya gw biasa aja. spt baca novel lain, tp stlh baca semua ternyata asik jg. Bokap gw juga ikutan baca dan dia seneeeeng bgt. minta gw beliin bokap satu.
    Andrea tu keren bgt. Baca bukunya bikin ingat obsesi,ingat ortu, ingat kampung, ingat Indonesia.
    Kalo gw ketemu Andrea, pengen bgt nanya satu hal…
    A Ling udah ketemu belom sih?

  10. waktu diskusi di perpus depdiknas sih, katanya a ling belajar jadi desainer di spore dan sekarang “kayaknya” punya butik di mall taman anggrek – dekat grogol itu. soalnya andrea menyebut nyebut, tentang seorang gadis berwajah oriental yang menitikkan air mata ketika membaca buku laskar pelangi.

    tapi gak tahu jua sih …. Andrea gitu lho, terkadang misterius, dan bisa mengejutkan … :)

  11. Andrea Hirata………….. Wawww… dahsyat..!!!!
    Satu-satunya pengarang pribumi kucintai…. wahahaha….
    Membaca bukunya sangat exiting, inspiring, mendidik dan sama sekali tidak boring….
    Kapan bakal difilmkan? Dengar2 Riri Riza sudah siap-siap biin Laskar Pelangi The Movie? Harus jadi yah, dan filmnya HARUS BAGUS!! hehehe….

    Btw, saya setuju dengan kritikan diatas, dimana LP alurnya maju mundur dan ‘kehabisan nafas ketika di 85% bagian. Saya pikir, lho udah klimaks tapi kok endingnya bingung? Di SP, saya agak boring di 10% pertama, menikmati bagian tengahnya, dan….. agak-agak bingung lagi dengan endingnya…. Seperti maksa mau tamat… Di Endensor, yang bikin bingung, knapa buku ini judulnya EDENSOR? Menurutku judulnya harusnya EROPA mungkin yah… maksudnya, hal terbesar yg dibahas di buku ini adalah Perancis dan penjelajahannya mengelilingi Eropa. Edensor adalah sepotong mozaik kenangan akan A Ling yg ngasih buku ttg desa tua Inggris itu, dan dia temukan setelah penjelajahan eropa-nya. Tapi itu kan bukan klimaks? Sama halnya seperti dia ketemu ama wanita sinting itali Andrea yg menginspirasi dia memilih namanya sendiri.

    But overal, EDENSOR adalah buku yang asyik… Saya jatuh cinta untuk yang ketiga kalinya pada Andrea Hirata dengan membaca buku ini. Saya tidak sabar untuk yg keempat… BRAVO!!!

  12. Iya sih, judul Edensor rada rada tak lampias .. :) Cuman judul itu emang asik. dan kita emang nunggu nunggu kapan kenangan tentang Edensor ini muncul. Mungkin Edensor harusnya lebih tebal lagi. dan sebagian dari Edensor [sekarang ini] di mix ke sang pemimpi sahaja .. :).

    Tapi yah, ini kebijakan pengarang, jadi yah, it’s ok lah.

    Aku juga nunggu nunggu Riri Riza dan laskar pelanginya. yg jadi msalah, kalo bisa Riri bisa membuat kita tidak bingung alur dalam filmnya yg baru. secara bukunya alurnya rusuh .. :)

    masalahe di multiply sastra belitong, andrea kepingin riri harus bisa mencerminkan laskar pelangi sebagaimana andrea memahami. hmm, gimana yah. semoga aja gak malah brubah jadi blunder. ini dua dimensi dan dua keahlian yg rada rada berbeda sih … :)

  13. seneng banget bisa menikmati sedikit cerita yang menurut gw, mendidik dan menggemaskan. urusan alur yang maju mundur dan sebagainya, itu ga masalah buat gw..yang penting ada secercah semangat yang timbul di diri gw setelah membaca buku itu..semangat untuk mengejar impian..ckckckck..ceileh.

  14. I am addicted and a big fan to Andrea Hirata’s books. Pengen banget ketemu terutama pengen tanya kabar ALing dan (terutama) Lintang sekarang. Mudah2an potensi Lintang yang luarbiasa itu tidak mubazir ditelan kesulitan hidup, Gw nangis bombay waktu Lintang harus give up his school ketika bokapnya meninggal dan dia harus menghidupi keluarganya…anak sekecil itu…. Life is so unfairr..!! Dan gw juga tiap ke toko buku selalu tanya buku ke 4 nya Andrea “Maryamah Karvov” dari judulnya aja udah Andrea Hirata banget….bikin penasaran dan mudah2an disitu Andrea juga cerita tentang kehidupan cinta Ikal (dirinya sendiri) dan ending pendidikan S2nya Arai yang sempet terpending karena harus pulang ke Indon…Aduh..pokoknya mudah2an cepet keluar tuh buku and I am really looking forward to LP movie nya Miles Production by Riri Riza…
    BTW, walaupun papabonbon mempunyai kritikan2 yang bernuansa ilmu ekonomi di buku ke 3 Edensor, tapi buat yang awam ekonomi kayak gw, celotehan Andrea tentang Adam Smith and John Maynard Keynes itu malah memberikan pencerahan dan at least sedikit pengetahuan tentang ilmu ekonomi …BRAVO Andrea Hirata….Keep on Writing..!!…Kecintaanmu terhadap orang tua, guru dan kampung halaman … very inspiring for many people who read your books….Allah SWT bersamamu

  15. Andrea Hirata terimakasih atas buku2 yang telah diterbitkan, benar2 memotivasi dan membangkitkan semangat walau terkadang alur cerita yang dibangun tidak teratur dan loncat2 terutama pada LP dan saya masih penasaran akan nasib Lintang. pahlawan saya apakah dia benar2 sejenius itu? Btw …. kapan lagi ada pertemuan dan diskusi dengan Andrea Hirata ? karena ada begitu banyak pertanyaan yang terus menghantui saya…………………

  16. Hahaha… Saya andreanis tulen????… hmmmm…lemme think ’bout it, Bang…
    Andrea wrote down his number di salah satu buku-nya yang dibeliin sama Junius Bona Siahaan(temen TN8 yang rajin banget menginformasikan perkembangan buku2 di Pulau jawa sono), kayaknya Andrea menyukai kesamaan kami yaitu ‘berasal dari pedalaman pulau non-Jawa..’ hahahaha..*Premoooo*

  17. No..no.. I dont agree… Gaya cerita Andrea dalam Edensor mirip sekali dengan Jepun Negerinya Hiroko karya N.H. Dini…
    N.H. Dini adalah penulis pribumi *dan thanks God she is SHE, not HE* yang lebih dulu mengawali gaya bercerita seperti itu, jadi Andrean kayaknya bukan pionir deh dalam hal ini..

  18. andrea hirata wow………bener2 keren novel2nya …n..aku bener jatuh cinta ma novel2nya ,…pertama baca referensinya di kompas jadi penasaran so aku cari di toko buku ,….pertama baca masih boring selanjutnya saya menikmati sekali,….tapi sya setuju klu di lp alurnya tidak jelas meloncat2 untuk selebihnya seeh…ok banget buat saya tertawa, menagis n merenung baca novel2 andrea …sampai2 saya jadi penasaran tokoh2 dalam LP beneran gak seeh mememang ada ,..terutama lintang ….jadi pengen ketemu ……dengan tokoh yang ada di LP…

  19. kalau kata andrea sih, tokoh di laskar pelangi itu benran semua. soalnya itu awalnya bukan novel. namun curahan kenang kenangan andrea yang sedianya akan dipersembahkan untuk kedua gurunya di SD muhammadiyyah tersebut.

  20. mungkin ada ga yg memperhatikan ya..akhir2 ini saya banyak membaca buku yg berhubungan dgn “law of attraction” entah anda sependapat atau tidak menurut saya pengalaman andrea sepertinya menunjukkan kaitan dgn hukum tersebut.

  21. Mulai baca, karena ada temen sms agar baca buku andreas supaya tak stress mikir negeri kita yang kacau. Baru baca kok menarik ya. Tapi buku pertama dan kedua tak ada lagi di gramedia. Cetak ulang lagi dong. Siapa tahu bisa jadi tema ulasan tesis filsafat yang sedang saya pikir2

  22. Ping-balik: ThrowInside » keberhasilan dan kesuksesan bukan sekedar angka

  23. Ping-balik: ThrowInside » keberhasilan dan kesuksesan bukan sekedar angka

  24. saya pembaca seluruh novel andrea dan rajin mengamati perkembangannya, sejauh pengamatan saya, mereka yang sangat paham sastra misalnya prof Sapardi Djoko Damono, Mas Ahmad Tohari dll, bahkan sineas Mas Garin sangat memuji andrea hirata, kecuali prof yakob soemardjo di stsi tempo hari, itupun kritiknya sangat subtil tentang logika dan malah dikritik balik abis oleh pengamat sastra di milis pembaca kompas, sedangkan mereka yang gak jelas kompetensinya di bidang sastra gak karuan ulasannya tentang tetralogi laskar pelangi, dan masih saja berkutat selera gaya lama soal alur, logika, plot, aneh juga ya, padahal dr obrolan di fak sastra ui itu terungkap bahwa tetralogi laskar pelangi terutama edensor sudah dilirik penerbit inggris untuk diterbitkan di eropa dan amerika karena dianggap sangat bermutu, tong kosong memang nyaring bunyinya

  25. yeah yeah, selera pembaca = tong kosong nyaring bunyinya .. :D makasih atas masukannya mbakyu kingkin yg manise .. sayang yg mbakyu sampaikan gak jelas. garin, ahmad tohari memuji di bagian mana, dan mengkritiknya di bagian mana.

    kalau di paparanku kan juga jelas, ada bagian dari tulisan andrea yg layak di puji, dan ada pula bagian bagian yg butuh di kritik.

  26. Mas…Kapan buku Maryamah Karpov akan kluar….saya sudah tunggu2 loh mas….terakhir baca buku yang berjudul Edensor itu 4bulan yang lalu….saya sudah tidak sabar untuk baca buku Maryamah Karpov habis tetralogi dari cerita laskar pelangi sangat bagus…itu memotifasi diri saya untuk terus maju dengan kondisi tubuh yg terus memburuk buku2 mas andrea kembali membuatku bersemangat…mas kabari aku lewat email jika memang bukunya sudah terbit….

    kalau boleh mas saya minta fotonya mas andrea…skalian juga saya minta alamat jelas mas andrea….

  27. saya jg pengagum semua novelnya. kyknya sy malah jatuh cinta sama pribadi ini. buat sy knp novel ini sgt patut sy saya hargai, terlepas dari kesempurnaan alur/plot/dll (sori ga ngerti, bkn org sastra dan bkn pengamat sastra hehehe), adlh kemampuan mata seorang anak pedalaman melayu utk melihat betapa besar jasa gurunya, shg patut diabadikan dan di-worship setinggi itu. menurut sy, kualitas spt itu tdk dimiliki semua org.

    selain itu, semua novel beliau membuktikan bhw law of attraction (ini jg best seller ya di toko2 buku ?) trnyt memang bekerja dg sempurna dan berlaku buat siapa saja. even buat seorg anak miskin yg dibesarkan sekolah miskin.
    then i too have hopes.

  28. Bagi gue, Laskar Pelangi memang bagus diceritakan secara verbal tapi kalau untuk membacanya, sepertinya terlalu malas. Banyak lembar yang dihabiskan untuk detail yang tidak penting dan menyimpang dari alur cerita. Cepek. But like you said Papabonbon…. so let be it. Salam kenal…… ^_^

  29. The books are inspiring……especially Laskar Pelangi…aye teringant guru-guru SD yang baik hati dan benar-benar guru tulen, bukan hanya mengajar tapi mendidik, mengarahkan dan dan membentuk karakter, juga ingat ortu yang jauh..jadi pengen pulang ketemu and sungkem ame mereka, juga pada teman-teman masa kecil yang penuh kenangan persahabatan dan kesetiaan, dan entah dimana mereka. cuma buku pertama itu yang pernah aye baca, yang lainnya…..setelah baca komen smua di atas..jadi pengen beli deh… mkn dah khabisan, tapi…gue terinspirasi novel Andrea, sang pemimpi, pantang menyerah!! cari terus….! keep on writing Andre…thks papa bonbon, minta photo papa bon bon dong, kayaknya kerenan ente daripada sang pemimpi lainnya…he….

  30. Ping-balik: Edensor & Khatulistiwa Literary Award « bum bum bum,parappapapap

  31. hyuhh… sumpeh deh.. ini buku sama seperti buku laskar pelangi dan sang pemimpi, sama renyahnya dibaca dan sangat sarat dengan pesan moral yang dituturkan tanpa kesan menggurui sedikitpun

  32. Ping-balik: ThrowInside » Edensor : when dream come true…

  33. dari anda saya jadi tau no hp andrea, dan saya sempet ber sms san dng nya.. saya kira no hp yg anda sebut bukan no andrea ternyata benar no hp nya..tapi saya mau tanya nih andrea gak marah yahh no hp nya sebarluaskan..?

  34. hiii… andre!!! bukunya bagus banget!!! kata-katanya alus pizan euy….
    lucu, seru, dan mengharukan. apa lagi yang “Sang Pemimpi”.
    terus, gmana kabarnya si lintang, aray Si Simpay Karamat??
    saya penasaran sama Si Pangeran Putih,,, megah banget penggambarannya!!
    I Love it soooooo… much!!

  35. Tetus terang gw telat sih tau Andrea Hirata..pengen baca bukunya abis liat kick andy…but lebih baik telat kaaan… daripada tidak sama sekali and…I’m so impressed..He’s become one of my fav authors now… dan ga sabar buat nunggu Maryamah Karpov nya…buat gw buku2nya menyentuh banget…pokonya lebuh dahsyat dari chiken soup deh…^-^

  36. andrea hirata juga manusia…mungkin aja pas lagi khilaf..
    ada beberapa hal juga yang aku sebenernya aku kurang sreg dari bukunya..
    tapi toh itupun g mengurangi kekagumanku padanya…
    nice work!good job,hirata!!

  37. Finally..i meet him, he’s very humble,down to earth banget..and tanda tangannya mendarat dengan manisnya di buku sang pemimpi dan edensor ku…gak lupa foto bareng..say cheeeeseeeee….(gak sia sia deh ngantri..^-^)

  38. menurut aku,,
    lp hanya prolog,, walau sangat menjabar dan lebar, tetap hanya prolog,, prolog yang menarik, sangat menarik hingga memaksa saya untuk mencari tahu isi di buku selanjutnya,,
    sayang, sang pemimpi tidak sesuai dengan harapan saya,, terlalu datar, tanpa sparks, dan ,, biasa,,,
    edensor untungnya menghibur saya,, menaikan lagi emosi dan ketertarikan saya akan petualangan ikal,,
    skr saya penasaran sekali dengan maryamah karpov,, kapankah dia akan terbit ???

  39. FYI..Maryamah Karpov selesai ditulis,tapi keluarnya setelah film Laskar Pelangi release..coz ada perjanjian antara andrea with riri riza cs..huhuhu

  40. @ bunda ade dan kakak,

    sepertinya sih, tiap buku memang menceritakan penggalan kehidupan dari sisi yang berbeda. di sang pemimpi teman teman di LP tidak muncul, di LP si aray tidak muncul, dan di edensor, ikal dan aray mengejar mimpi dan petualangan, deja vu ketika bertemu dengan mimpi mimpi jaman baheula …[pencarian diri] geto deh …. :D

    @ teman lain. emangnya bener, ada isu kalau bung andrea ngamar dengan seorang wartawati ? aku kok baca ada yg nggosip demikian di blognya dessy TN10.

  41. sebenarnya gosip itu udah lama beredar, semenjak kemunculan andrea di salah satu tabloid wanita bahkan dulu di site resminya andrea aja ada yg langsung menuding andrea seperti itu. aku pun jadi penasaran dan iseng tanya berita nyeleneh itu via sms aku menulis panjang kali lebar dan apa jawaban dari andrea ..dia hanya menjawab singkat ” GOSIP”
    sebenarnya kira2 siapa yahh yg menyebar gosip itu ??, apa ada hubungannya dng tabloid itu yahh??

  42. hmm.. kapan ada jadwal di surabaya?? ada yg tau??
    kan lagi ada pameran buku di balai pemuda,,
    pengen banget ketemu andrea hirata,,
    dan bilang “semangat kerjain skripsi membuncah lagi setelah membaca perjuangannya!!”

    eh eh,, beneran ya, tlg dikabari kalo dia ke sby..

  43. pertama tau Andrea Hirata pas nonton kick andy ( telat yah,hehehe ) itu aja udah bikin saya tersedu-sedu dengar paparan ringkas tentang LP,penasaran ama bukunya sy nyari ke gramedia eh…kebetulan abis,untung aja kaka’ku punya bukunya,seneng juga akhirnya LP ada digenggaman,baca pertama kali puyeng juga rasanya banyak detil-detil yang g perlu (menurutku Sih) yang dijelaskan yang membuat bukunya jadi tebal banget n bisa bikin boring bacanya.But,..By The way,kalo Hirata mo ke Makassar lagi kasih kabar yah biar saya temenin around2 diMakassar Ok!!!

  44. knapa sih pada ngeributin alur. yang penting adalah amanat yg dapat kita ambil. yang pasti semua karya andrea hirata membangkitkan semangat,dan memberi pelajaran kepada kita bahwa hidup ini adalah perjuangan.

  45. exhausted, mbakyu. btw, pernah baca the historian ? itu novel yg segede bantal, dengan alur yg sangaaat lambat, bahkan mau berflashback ria pun dengan cara yg sangat lambat.

    silakan baca, dan rasakan, apa pengaruhnya alur dengan apa yg dialami mental pembaca. :) sangat beda deh rasanya dengan baca da vinci code.

  46. aq udah 2x baca ketiga buku andrea. Awalnya nangis plus hi hi hi (kayak bang zaidun). Makasih untuk bang andrea. Antum mmg orang yang tahu bersyukur, menggunakan otak n rasa yang dikaruniakan ALLOH untuk kebaikan. Aq jadi semangat untuk ngejar lagi mimpi yang dulu, pengen lihat bagian lain bumi ini n ketemu banyak orang dgn berbagai bahasa, kayak impian ikal n arai.
    oh ya, aq sms bang andrea tapi gak ada balasan, hik hik hik
    Salam kenal untuk ekanurlita, aq ada teman juga di sorowako, kenal nadia mulkin?

  47. sebetulnya saya kecewa saat tau bang ikal sign up kontrak bikin movienya trilogi lp..
    kenapa??
    karena saya seorang imajiner,, dan buku2 itu memberikan imajinasi yang sempurna,,
    sangat asyik bermain dengan imajinasi dan menvisualkan semua tulisan itu hanya dalam kepala saya,, (egois :D)
    tapi sekarang, sepertinya akan ada versi visual yang benar2 visual,,
    bang ikal,, saya yakin bang ikal juga seorang pemimpi kuat,, apa tdk takut kalau versi film itu justru mengecewakan dan menghancurkan kedalaman cerita pengalam abang ?
    atau abang sekarang sudah gokomersil ??
    semoga tidak,,,

  48. Laskar Pelangi……..Sang Pemimpi…….Edensor…….gue udah baca…..keren banget!!!! ditunggu Maryamah Kerpovnya……..

  49. Aku baru baca LP dan Sang Pemimpi. Kereeen……bgt! Memang sih alurnya agak kacau,tapi itu hanya hambatan kecil dalam membaca. Amanat dan kisah yang disajikan dapat mengobati lelahnya membaca kedua novel ini. Mudah2an aku bisa cepat membaca buku ke-3,dan mudah2an sama luar biasanya dengan dua novel sebelumnya.

  50. LP saya baca kurang dari 2 hari, Sang Pemimpi kurang dari satu hari, Edensor 5 jam !!..

    kapan lagi ada penulis Indonesia yang bikin tulisan yang menginspirasi banyak orang begini.

    BTW..saya juga setuju seh dengan kritikannya

  51. Di novel laskar pelangi disebutin poster rhoma irama “hujan duit”. Padahal “hujan duit” kan lagunya A rafiq…Mungkin album hujan duit Rhoma Irama hanya beredar di belitong ‘kali yaa…

  52. aku dah baca novel LP n Sang Pemimpi!ceritanya seru banget bisa jadi inspirasi tuk lebih maju, tapi kalau dipikir -pikir apa karena dah jadi takdir sesorang tuk jadi seperti ikal dan arai bisa dapat yang mereka mau!!hebat baget sih salut tuk ka andera hirata!Jadi pengen konsultasi gimana caranya tuk berani ambil keputusan tuk dapat semua cita-cita kita!!!Novel yang keren, cuma seri ke 4 aku blm nemu di toko buku… kapan ya adanya!!mo nya ketemu ka andrea waktu da seminar di Borromeus padahal dah deket banget tapi belum da kesempatan….!sukses yaaaaaa….bentar lagi aku baca edensor jadi penasaran sama lanjutannya, seru juga kali yaaaa…..

  53. agak penasaran masalah Arai..
    Emang SD nya Arai gak di SD muhammadyah ya ??
    apa beda angkatan sama Andrea ?? tapi pas SMA satu kelas kan ya ??
    jadi SD nya dimana ??

  54. apa aku salah lihat, ya? kayaknya waktu jalan-jalan di gramedia bandung buku keempat tetraloginya bang andrea udah terbit tuh….

  55. emang buku ke 4 nya dah terbit yahh??
    aku bingung kok banyak sihh yg ngomong begitu di beberapa blog yg aku baca.. tapi andrea sendiri aja blm ngomong apa2…btw kalo dah ada yg punya buku ke 4 bocorin dong isinya tentang apa sihh..??

  56. aku juga bingung…. nyesel gak ambil sekalian waktu itu. di tasik juga kan udah ada gramedia. makanya sempet kepíkir éntar di kampung aja…. nyatanya”kecele banget”. terus bang andrea-nya sendiri emang bilang buku keempatnya itu bakalan terbit setelah tayang film laskar pelangi…..

  57. wah salut buat andrea hirata. sejak pertama baca buku laskar pelangi,gw langsung jatuh hati sampai beli buku tersebut buat dikoleksi dan menjadi referensi buku bacaan yang terus gw provokasikan ke teman2 gw,
    gw juga rela beli buku ampe 2 x biar adek2 gw bisa baca.. sedih..penuh motivasi,,,,, gw sekarang menantikan terbitan tetralogi yang ke 4 MARYAMAH KARPOV… akankah buku tersebut menggigit seperti tetralogi laskar pelangi sebelumnya… salam kenal buat andreanis semua…..
    jangan lupa bermimpi ya…..semoga mimpi kita dapat tercapai..

  58. Aq bingung + penasaran, karena aq yakin dah pernah liat n pegang buku tetraloginya yg ke 4 itu di gramedia crbn akhir november 2007, tp ga aq beli karena ga bawa duit, di cari lagi dah ga ada…Suer aq pegang !! apa itu bajakan ??

    BTW, di buku LP kan ada anak dari kakaknya Ikal yang dibiayain kuliahnya ..tapi di Sang Pemimpi atau Edensor kok ga di ceritain lagi ya..

  59. Pabon, dua hal aja:

    1) Emang di mana kontradiksinya seseorang dg pandangan2 ketuhananan dan kemanusiaan macem Ikal mengagumi seorang Harun Yahya? Bukannya bapak Harun itu sangat memandang tinggi Sang Pencipta dan penciptaanNya??

    2) Saya dapet clue tapi lupa di novel yang mana en di bagian apa, dilihat dari setting waktu pas Ikal smp, kira2 dia kuliahnya angkatan 88 ato 89 gitu. Jauhlah dari 95/96, makanya pada gak kenal.

  60. selamat sore…
    sy binggung mau ngomong apa tentang BOOK EDENSOR…
    this problem 1 kata aja gak cukup buat ungkapin begaimana THE BESTnya BOOK EDENSOR ini..

    sy iseng aja hari itu ke kwitang disenen.. truz taunya sy melihat EDENSOR.. kemudian sy membelinya..dalam perjalan sy balik kebandung sy membuka bungkusan EDENSOR tsb.. sy mulai membacanya.. menit2 berikut sy tiba d’bandung masih membaca EDENSOR..
    setiap sy melepaskan buku itu dalam hati sy selalu RINDU…
    ingin rasanya MELANJUTKAN…

    saat membaca EDENSOR. ingin rasanya sy ikut langsung dalam setiap cerita tersebut.. SEDIH+TERTAWA+PRIHATIN+SENANG semua bercampur aduk.. hehehhe..

    bertepatan dengan itu juga timbul keingan hati sy untuk bs menjelajahi eropa.. hehehehe… walaupun cuman impian semata..

    oiya.. sy juga ingin sekali bisa berkomunikasi langsung dengan ANDREA HIRATA.. bertanya-tanya semua yang membuat sy KAGUM sm ANDREA..

    hmmmm… yadah THANKS ya.. Kudu baca loh buku EDENSOR… hehehe…. XIE2…

  61. gw setuju ma comment dr mbak dayani. kenapa jg hal yg ga penting gt jd bahan nyari cela nya andrea? kenapa sih kita ga bisa ngambil 99% ke-positifan novelnya? kelemahan yg cuma 1 % dibahas panjang lebar… gw jd prihatin… tp kalo utk gw pribadi, dampak setelah baca tetralogi LP ini bener-2x dahsyat.. gw jd punya semangat utk meraih mimpi gw, jd tambah sayang ma ortu, dan ga berhenti berusaha mencapai apa yg gw ingnkan.

  62. Andrea Hirata…..????? WoW……Novelis yang muncul dengan karya sastra yang begitu segar buat dibaca, cerita yang menyentuh setiap naluri yang ngebaca…
    gw biza bilang asli andrea hirata membawa kita langsung masuk ke dalam setiap situasi yang diceritakan. setelah baca LP, gw teringan akan masa sd dulu, gw cuman bilang Dahsyat!!!!!!!!. tetralogi yang kedua Sang Pemimpi andrea berhasil membuat pembaca terlongo dan terharu pada tetralogy yang kedua ini
    gw cuman biza bilang Dahsyattttttttttttttttttttttttttttttttttttt. kapan nich tetralogy yang Keempat Maryamah Karpof Terbit?????????????????????????

  63. Andrea membuat orang2 yang suka bermimpi menjadi punya alasan untuk bermimpi……….”Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi2mu” kata2 yang memotivasi para sang pemimpi dimanapun mereka berada. Membuat orang yang ga punya sastra sama sekali menjadi sastrawan dalam kehidupan sehari2nya……….poko’e andrea IS THE BEST bwt semangat anak2 daerah tertinggal yg punya mimpi dan harapan yang mulia….
    ditunggu ya..MARYAMAH KARPOV hadir di bumi….
    GOOD LUCK BWT IKAL………

  64. Pokoknya kagum abis.
    Dibaca berulang-ulang tidak membosankan.
    Untuk seorang andrea yang sepertinya tidak terbiasa untuk menulis buku harian (karena dibukunya tidak disinggung2), tapi bisa sedetil itu menggambarkan kejadian seolah-olah baru kemarin terjadinya.
    Salut sekali……
    Untuk new comer dibidang tulis menulis sastra, langsung menghasilkan empat buku yang semuanya ditunggu-tunggu, dicari dan dikomentari.
    Hanya satu kata… KAGUM..

  65. terus terang, yg memotivasi aq utk baca buku ini, karena perasaan ga enak belum baca buku karangan putra daerah sendiri. tambah pula temen2 kampus selalu nitip salam bwt bang andrea hirata, setiap aq pulang kampung. padahal da jelas aq ga kenal:)
    aq pikir, novel LP ga jauh beda ma novel2 laen yg sering bikin aq nyesel baca, karena da ngabisin waktu, padahal baca qur’an setaun belum tentu aq hatam!
    but then…
    i’m so proud of him! LP is truly belitong! universal n sarat pesan! meskipun beliau tidak menjunjung bendera “dakwah”, tapi baca 3 buku beliau smakin ngingetin aq bahwa hidup adalah kumpulan ikhtiar yang akan berujung pada-NYA. Segala Puji Hanyalah bagi ALLAH SWT, yang telah melebihkan bang andrea dengan kemampuan untuk menyampaikan “hikmah hidup” dengan cara yang “hidup”.

  66. edensor lebih teratur dari 2 novel andrea yang sblumnya. banyak pelajaran yg bisa kita ambil. tp kok candaannya jadi berkurang bgt. gak masalah deh! Bang Andre…… ditunggu novel ke empatnya ya….Temukan A ling segera….

  67. jujur aja, aku baru 2 minggu ini kenal dengan bukunya andrea (itu pun dimulai dari sang pemimpi lanjut ke edensor) yg judulnya Laskar Pelangi itu malah sama sekali belum pernah ku baca. Buku-buku andrea ini ternyata semakin mengukuhkan rasa percayaku akan hukum tarik menarik yang dipaparkan “the secret”. Kalau menurutku buku-buku andrea ini merupakan pembuktian dari hukum tarik menarik tersebut.

  68. Wow….KeRen abiz….saya Jd Malu pada diri sendiri abiz baca KeTiGa buku aNdrea Hirata…truTama sama Lintang and Arai….ThanKs to ANdrea dah membagi seMua penGalaman dan banyak memberiKan iNspirasI uNtuk tEtap terUs berMimpi. walaupUn seMua lilin paDam, tapi masih ada satu lilin yang tetap menyala….ya diaLah hArapan…harapan Ada kareNa sebuah mimpi yang terus menggelora….biarlah Tuhan memeluk semua Mimpi2mu…..
    aku Pengen Ketemu Arai and Lintang dong!

  69. nice review…

    iya sih, kadang buku2 andrea hirata bagus, tapi kadang2 dia masukin istilah2 science ato istilah2 seni yang kadang di apply-nya nggak tepat. jadi risih bacanya.

  70. Ada yang tau nggak bagaimana cara menghubungi mas Andrea Hirata? nomor telepon….alamat email atau rumahnya juga boleh deh…plz….thanks before ya….

  71. Lintang apakabar y skrng???Kecerdasan yang terbuang sia-sia…jg jd orang kaya yg menyia-nyiakan pendidikan…sumpah!!! menyadarkan bgt..
    Novelnya Andrea emang oke..kadang bikin nangis, ketawa, ampe senyum-senyum sendiri…Maryamah Karpov kpn keluarnya???udh g sabar..

  72. 1. Mengenai mazhab penulisan : Kebetulan saya gak pernah pake otak kalau baca tulisan macam ini. Saya menempatkan nya sebagai”karya seni” .. jadi ya ngolah nya pake hati saja. Saya gak peduli mengenai time-frame etc etc …. dan ternyata LP sangat xtc dinikmati dengan cara ini.
    Perlu di ingat juga, bahwa LP bisa dibilang bukan ditulis oleh seorang penulis, dia hanyalah seorang yang begitu memuja ibunda guru nya, dan begitu mencintai teman teman nya.

    2. Selain kesan kesan standar yang dirasakan semua pembaca LP , saya dapet kesan Pribadi : Allah kok iseng banget yak ? ngapain memberikan kecemerlangan kepada mahluk yang hanya di “nasib”-kan sebagai supir truk ?

    3. Kok gak ada komentar tentang anak yang terakhir ngedaftar sekolah itu yah ? Yang kalau gak salah dia itu “rada terbelakang”. Tanpa beliau, gak akan ada LP. Karena tanpa beliau, sekolah itu kudu bubar atau di merger. Kalau di merger, saya gak yakin ke solid-an mereka akan demikian .. karena mreka menjadi bagian dari klompok yang lebih besar lagi

    4. “Maryamah Karpov” anyone ?

  73. jadi ikut terhanyut setelah baca laskar pelangi n sang pemimpi. Penasaran nih pengen ke belitong…pengen kenal jg ama ikal n arai…Good luck ya!

  74. salut banget pokoknya untuk sang pengarang, aku tahu dari adikku dari jakarta, baca tuch best seller-nya andrea hirata, ehhhh bener2 inspiratif, anakku yang baru 10 tahun bisa komentar indahhhhhhh, kalimatnya mengalir deras.padahal baru saja dia menyelesaikan seri harry potter…tapi untuk buku LP-nya andrea dia bilanggggg….kenyataan kenakalan anak2 di jaman mamanya.kasihan Lintang ya Ma…..geniusnya terpenggal oleh duka kematian sang ayah…achhh nasib, kenapa masih setia untuk orang2 seperti Lintang di muka bumi pertiwi ini.saluutttttt untuk sang pengarang, dimanakah A LING???

  75. Komentarku…….. Semua buku Andrea Hirata……..sebagai mas kawin gue untuk sang nyonya ……sama-sama gila Andreaholic Mania……tapi A Ling bagai luka kesedihan yang terdampar pada jelaga kerinduan hati yang penakluk, satu sains, chemistry, misteri dan keluguan manusia akan “Cinta Sejati”.thanks

  76. buku yang pertama aku baca ya EDENSOR itu, first comment “buku apaan sih tu, judulnya aja aneh banget” he..(sory mas andrea).
    begitu dibaca, jam 9 malem eh keasikan deh aku, terbawa aja ke dalam kisah-kisah di buku itu. paling sedih waktu ikal sama arai mau pergi ke prancis, di bandara aduuuuh terharu banget deh langsung inget sama bapakku dikampung. ceritanya sangat indonesia, terus inspiratif juga, bikin kita berani buat bermimpi. terus……….waktu mereka keliling eropa n afrika serasa ikut juga akunya. salut deh buat mas andrea….buku-bukunya keren. buku ini bisa buat aku senyum n nangis di saat bersamaan (sule bgt g sih gw??).
    pokoknya gw cinta banget ma andrea hirata n buku-bukunya.
    berkarya terus ya mas andrea
    salam buat arai n njoo xian ling.
    cu

  77. dulu sebelum tenar andrea sering bls sms aku lewat no di atas..
    apalagi pas tengah malem..memanfaatkan penyakit insomia si penulis..
    tiap sms pasti langsung di bls sama andrea..walaupun singkat2 jawabnya..
    tapi setelah mendadak selebritis no diatas katanya jarang dipegang andrea, lebiiih sering bak dhipie yg megang managernya andrea..
    jadi kalo skr sms lewat no diatas.. jangan harap deh di bls..

  78. Boleh ikut nimbrung khan….

    Gw dah liat buku ke-4 Maryamah Karpov ada di gramedia mana aja di Jakarta, skrg lg baca edensor… terlalu terlambat sebenarnya utk kenal LP, setelah rame diomongin orang2 baru penasaran beli bukunya… ;-P

    Yang bikin kaget, waktu di pasar dekat rumah ada penjual buku yang nawarin buku2nya Andrea, cuma dgn harga 25rb per bukunya..??? gile bener…. yang asli gw beli 60rb (LP) !! kyknya sih bajakan ya…. kasian dong kakanda Ikal ga dpt royaltinya (?)…

  79. weleh….weleh…..
    Ternyata dah segitu banyaknya za karangan mas Hirata….
    aqu masih bru baca Sang Pemimpi lom baca 3 buku laennya….
    meski bru baca Sang Pemimpi,,,mz Hirata dah bawa aqu jelajahin mimpi2 yg pkoknya T-O-P abiez……..truz mz Hirata juga dah ngasih wejangan2 yg buat aqu lbih smangat!!!!!!!!thaxs yo mas…..
    truslah berkarya maz!!!!!!! agar generasi muda indonesia termotivasi akan mimpi2mu…….
    SEMANGAT!!!!!!!!

  80. dari banyak hal, gw mau specially berterimakasih sm andrea untuk satu hal, sekarang gw jadi tau kalo negara2 OKI punya perjanjian bebas visa (and I call my self ex-student???)
    benua hitam, I’m coming !!!!

  81. eh dicari-cari perjanjian bebas visanya di google kok ga ada ya…
    temen yg ke dubai jg ternyata bayar visa penuh…
    apa perjanjiannya udah basi kali ya??? seiring basinya aktivitas OKI???

  82. ass..saya kagum banget dengan bang andrea,saya mo gabung ni jadi Andreanis.Cerita yg benar2 memukau.Menggabungkan semua dimensi ilmu,kombinasi logika dan hati yang pas.Cintaaaa banget ma Laskar Pelangi.Thanks banget abangda Andrea,sudah mencurahkan “timah” terbaiknya buat bangsa ini.Saya sebagai calon guru ke depan,belajar banyak tentang bagaimana pendidikan itu melalui buku ini,I LOVE Laskar Pelangi.Saya yakin abangda seorang intelektual muslim sejati.Saya sangat ingin berkomunikasi dgn abangda.gmn caranya ya bang..??Sebgai putri melayu,saya merasa kecil setelah membaca buku abangda krn tak pernah berfikir seluas abang.Tp saya sngt ingin tau tentang Lintang.Mhn di tnggapi…

  83. Bang Andrea…
    Kalau abang bilang “memang ada yang dilahrkan untuk jd guru”.Ika bilang :”memang ada yang di lahirkan jadi seorang Andrea:.Baru kali ini,Ika baca novel karya anak negeri yang berani menuliskan guratan2 kehidupan pribadinya menjadi sebuah karya besar yang layak melototkan mata seluruh dunia.Biar dunia tau..Seorang anak melayu yang tak pernah berani menatap bintang,tapi akhirnya berani menyentuh bintang itu.Ika kuliah di Unimed Medan,Jur Pend.Matematika.Ika kagum banget ma Lintang.Mengenal LIntang dalam kasih sayang abang,Ika merasa benar2 tak ada apa2nya sebagai seorang mahasiswa yang sdh 4 thn ini bergelut di bidang matematika.Lintang benar-benar menyadarkan Ika untuk mencintai dan menghargai ilmu.Betapa sedikitnya ilmu yang Ika aplikasikan buat orang lain,dan boleh di bilang hampir sia-sia.Bang Andrea..kalau diperkenankan,Ika pengen tau kabar Lintang Sang Newton abang.By the way..Bu Muslimah juga gmn ya..
    So.. Buat kamu-kamu yang blm pernah jadi guru,simpan dulu komentar buruk mu tentang Laskar Pelangi.Karena menurutku It’s so perfect.Bukan sekedar teori..Tapi pemberian hati.

  84. Bang Andrea…
    Kalau abang bilang “memang ada yang dilahrkan untuk jd guru”.Ika bilang :”memang ada yang di lahirkan jadi seorang Andrea:.Baru kali ini,Ika baca novel karya anak negeri yang berani menuliskan guratan2 kehidupan pribadinya menjadi sebuah karya besar yang layak melototkan mata seluruh dunia.Biar dunia tau..Seorang anak melayu yang tak pernah berani menatap bintang,tapi akhirnya berani menyentuh bintang itu.Ika kuliah di Unimed Medan,Jur Pend.Matematika.Ika kagum banget ma Lintang.Mengenal LIntang dalam kasih sayang abang,Ika merasa benar2 tak ada apa2nya sebagai seorang mahasiswa yang sdh 4 thn ini bergelut di bidang matematika.

  85. Abangda Andrea,Ika mohon No HP nya juga di pajang dong…Biar gampang komunikasinya….Jgn takut ya bang..ini cuma buat pendidikan ke depan.Abang kan insomia,jd Ika pasti komunikasi nya malam2.Biar abang g terganggu.Blh ya bang….

  86. andrea hirata…………..

    novelnya di kampus gw, khususnya di kelas gw sendiri, MATH _C UPI 2007, lagi banyak di omongin,,,,,,,,,,,,

    baca donk,,,baca,,,, bagus tw. tentang pendidikan!
    ada lucu nya, ada sedihnya, terharu,, yah semuanya lah,,,,,,,,

    itu tuh kata-kata buat yang blom baca novel karyanya!

  87. Membaca buku pertama LP terasa membosankan dan hampir menyerah. Tapi mulai ke tengah mulai terasa keasikannya. Membaca buku SP dan Edensor makin terasa asiknya….makanya lagi nunggu-nunggu buku ke-4 nya nih bang Andrea..

  88. Novel-novel Andrea Hirata sungguh menggugah, menghibur, membawa angan menjelajah luasnya dunia sekaligus sempitnya ruang bagi banyak orang-orang yang diklasifikasikan miskin…

    Sungguh patut disyukuri bahwa ada seorang Andrea yang berhasil lolos dari kungkungan neraka kemiskinan, memberikan inspirasi bagi banyak orang dan membuktikan bagaimana kekuatan mimpi dan perjuangan tak kenal menyerah benar-benar mungkin merubah kehidupan manusia.

    Di LP, awalnya saya merasa bahwa bab demi bab itu meloncat-loncat… agak kesal karena sulit untuk merekonstruksikan kejadian-kejadian, mana yang lebih dulu dari yang lainnya. Tapi kemudian ketika tuntutan terhadap alur dilupakan, apa yang disampaikan Andrea sangat memukau, dan dapat dirasakan betapa cerdiknya Andrea mengaburkan waktu. Sehingga saat saya membaca profil Andrea di majalah wanita dan Andrea menyembunyikan tahun lahirnya, sadarlah saya, bahwa memang dengan loncatan-loncatan kisah itu, tidak dapat pembaca menentukan dengan pasti ‘anak’ angkatan berapa Andrea ini. Tapi tebakan saya pribadi, sekitar 88 atau 89.

    Mungkin ada kekurangan dalam novel-novel Andrea, namun kekurangan itu dalam sekejap tereliminasi oleh pelajaran-pelajaran hidup positif yang begitu banyak dipaparkan di sana. Bahkan dari novel tanpa alur itu saya dapat memberikan pelajaran moral kepada anak saya, dan saya yakin hal yang sama juga terjadi bagi mayoritas pembaca LP, SP dan Edensor.

    Semoga film LP segera diputar, agar buku terakhir bisa ditemukan di Toko Buku (merujuk ke informasi bahwa ada perjanjian : buku ke-4 baru akan terbit setelah film LP diputar). Penasaran! Kalau asal nama “Andrea” sudah terjawab di Edensor, apakah akan ada penjelasan asal nama “Hirata”? Lalu dimana sang Simpai Keramat sekarang sehari-hari menjalani hidup ? Bagaimana A Ling, tidakkah dia pernah menghubungi Andrea setelah namanya begitu banyak disebut-sebut? :)

    Sukses untuk Andrea, pria romantis, jenaka dan cerdas…. Semoga Andrea semakin rajin menulis, sehingga kami para fans tetap dapat menikmati kalimat-kalimat lenturnya yang indah…

  89. wealah, angkatan 90 toh. hiya juga yah, sudah 40 tahunan :) tapikalau kawin, hmmm, kata desi amirudin kostnya di bandung dekat tuh sama kostnya andrea. dan desi gak bicara sama sekali ttg istri andrea.

  90. masa sihhh… andrea dah nikah..???
    aku baru dengar tuhhh…
    berarti selama ini istrinya di umpetin gituh yahhh…
    kasiannn bgt yahhhh…yg jadi istrinya…
    di majalah elit sekelas DEWI andrea jelas2 mengatakan statusnya yg belum menikah dan mengatakan ibunya sudah memaksanya untuk segera menikah.. jika ia telah menikah berarti dia telah melakukan kebohongan publik dong…..udah kaya artis beken ajahh….

  91. lihat dong di paragraf dekat bagian akhir ini :

    Ketika Andrea Hirata dikonfirmasi ke nomor 085220016543, dia menjawab dengan sms “nama disamarkan, thanks atas apresiasinya ya”. Ya, Andrea memang bukan jenis pemain yang suka mengkonfrontir dan dikonfrontir. So, let it be. Dan inilah dia resensinya.

  92. Andrea daah nikah……………….!!??
    duh jangan bikin gosipp dech, dosa tuch. menyebarkan berita bohong hukumnya DOSA BESAR…
    walau pun dia dah nikah gk masalahkan?
    kalo paatah hati jangan bawa2 orang lain donk…..!
    kamis kemarin aq ketemu andera d FISIP UI, dia bilang buku k 4 baakal keluar setelah film laskar pelangi. filmnya aja baru d bikin.
    so.. kita haarus sabar menunggu sampe pertengahan tahun.
    tapi aq gk s7 kalo LP d filmkan coz pasti bikin pembacanya jadi kecewa. seperti salah satu novel yg baru2 aja filmnya d luncurkan. GK BAGUS !
    BTW apapun itu, semua hak sang pengarang…
    y gk…………… ?

  93. Saya guru sebuah SMA. Di sekolah kami ada jam wajib baca karya sastra hampir tiap hari. Dan saya merekomendasikan karya-karya andrea hirata untuk dibaca siswa-siswi saya. Saya tidak begitu ngerti sastra, jadi tidak akan komentar cara penulisan. Saya juga tidak peduli remeh temeh gosip. Yang pasti buku andrea menghibur dan pesannya sampai ke hati saya. Perjalanan hidup Ikal bisa jadi pelajaran buat yang membaca. Itu cukup. Disampaikan dengan hati nyampenya ke hati. itu cukup. Bisa bikin saya menangis dan tertawa sendiri. itu cukup. pokoknya saya jatuh cinta pada Ikal.

  94. tauuu tuhhh ada2 aja..aku kenal sahabat2 andrea dan semua mengatakan andrea blm menikah..
    bisa ngasih bukti andrea dah nikah blm??
    yg ngaku2 dah punya/dah liat buku ke 4 (maryamah) juga ada..
    padahal andrea jelas2 mengatakan novel ke 4 akan louncing setelah film laskar pelangi terbit…berarti yg di liat apaan tuhh??

  95. wah, nikahnya yg jadi rame…padahal aku dulu pengen tahu, andrea anak fe-ui jurusan apa yah ? tahunya manajemen ekstensi. pantesan pendalamannya tentang para pelopor teori ekonomi rada berantakan :)

  96. Boss mau Manajemen Ekstensi , dia mau kuliah dimana kek lo ga boleh sirik gitu yg penting orang2 indonesia pada ketawa pada sedih senang , Andrea sudah bikin orang senang baca gw rasa dia udah bagus. ga usah pada sirik rejeki dah ada yang ngatur

  97. bukan gitu aku kira kan dia anak IESP FEUI. kan perlu dipertanyakan pendalaman teori ekonominya, kalau masih simpang siur ttg paham ekonominya Adam Smith dan Keyness. UI gitu lho, yg nelurin banyak menteri ekonomi. :p

  98. ikutan lagi ah,,, boleh y.. aku dah baca buku Andrea mpe yang edensor, itu dipaksa temen katanya bagus,, temenku suka petualang gitu, tapi aku agak nggak jelas juga sih.. tapi mang lumayan bagus… menurut ku sih,, menulis bukan cuma sekedar menulis, kalau ingin hasil bagus harus bener2 ngerti, kalau nggak ngerti bisa2 pembaca awam kaya’ aku ni jadi salah kaprah juga… paling enak nulis fiksi, yang cuma imajinasi aja.. tapi salut d buat Andrea..

  99. Ngomong2 yang nulis blog ini sudah membuat novel apa aja yah? atau cuma bisa komen kaya gue….haaahaa. eh… sama kambing gue juga cuma bisa ngikutin.

  100. aq udah baca laskar pelangi, sang pemimpi, sm edensor, yang terakhir niy blm…… truz… ceruta A ling gimana kelanjutannya ? ampe sekarang blm ketemu ?? penasaran……

  101. nanya lagi niy… om ikal umurnya brapa ya ? di buku sang pemimpi di tulis klu tahun 1988 om ikal br masuk sma, waktu itu umurnya 18th, jd skrang dah berapa ya ?

  102. buat ( twie twie ) yg dah kasih koment diatas..
    kayaknya gara2 kamu nihh.. di blog nya andrea jadi rame..
    tentang berita andrea yg katanya sudah menikah..
    jadi kasian aku sama andrea nya..
    please dehh kalo cuma katanya dan gak ada bukti kongkrit jangan disebarluaskan berita yg blm jelas, malah jadi fitnah..

  103. Assalamu’alaikum…………
    Pa benar si Arai itu cuma fiktif ? ?Kayaknya iya dech,coz di laskar pelangi (yang jelas2 memoar,non fiksi) tuh gak pernah disebut sedikitpun soal Arai!Aku juga pernah denger yang cita2 ke prancis tuh lintang….So,pa bener kata-katanya Arai yang oke banget:BERMIMPILAH,KARENA TUHAN AKAN MEMELUK MIMPI-MIMPI ITU itu bener2 keluar dari mulut Arai?Bang andrea gak pernah mo beberin siiih……..Eh,itu bener no.nya andrea yach………….????

  104. Ping-balik: Andra Hirata Sudah Menikah ? « besar pasak, DARIPADA KENTANG

  105. Lha dia kan bukan ekonom, kenapa ente pusingin masalag teori ekonomi. ha yang ekonom aja nggak ada yang mempan nih di negri ini. Mending baca Hiratalah…

  106. mas garfield eh, papabonbon, sampeyan kok somse banget seh, emang udah pernah nelorin berapa buku? udah pernah nemuin teori ekonomi juga ya?

  107. Awalnya baca LP pas nyampe bab Gedong, emang aga jenuh, tapi kalo menurut aq, itu karena “taste-ku” yang payah,makanya aq heran waktu orang-orang bisa menikmati LP dan kagum banget dg LP hehe… Jadi karena baca bukunya harus gantian sm kakaku, terpaksa deh aku langsung lanjut ke SP. SP langsung menggeser posisi buku2 favoritku yang laen. Aq bnr2 dibuat ketawa, menangis dan ketawa karenanya. Tapi 1 hal yang pasti, ni buku bnr2 ngasih pelajaran moral yang amat sangat berharga buat aq…

    Dari SP, aq langsung lanjut ke Edensor. Sebuah judul yang “Paassss Bangeeet” (kalo menurut aq loh..). Masih inget kan, kalau si Ikal sangat terobsesi desa kecil itu (setelah dia baca bukunya Herriot). Edensor benar2 telah menjadi penyemangat hidupnya, dan dia ingin sekali suatu saat dia bisa menemukan tempat itu. Dan di buku ke 3-nya, setelah dia kuliah di sorbonne, keliling Eropa dan Afrika, sampai akhirnya takdir memutuskan dia pindah ke Inggris, dan ketemulah si desa Edensor itu. (Setuju kan klo judulnya Edensor?!) hehe..maksa..:p

    Akhirnya dengan menyingkirkan segala macam rasa skeptisku akan LP, aq mulai baca lagi LP, dan setelah baca sampe selesai, aq ga mau patungan buku lagi sama kakaku, aq ingin mengoleksi buku itu sendiri, untuk anak cucuku nanti (LP bnr2 tak lekang dimakan waktu).

    Mungkin emang bener kata papabonbon. Alur LP bikin aq kliyengan (secara aq emang payah…). Tapi setelah baca tuntas, aq ga ngerasa lagi tu kalo alur LP bikin aq mabok. Karna sumpah, LP keren banget. Malahan bikin aq ketagihan buat baca lagi, pengen ngerasain penasaran yang selalu ada di tiap bab-babnya yang alurnya ga jelas itu,hehehe…

    Kesimpulanku : Sepertinya memang dibutuhkan intelegensia yang cukup tinggi untuk menikmati LP. Beruntunglah orang-orang yang langsung bisa menikmati LP (aq jadi iri). Buat yang otaknya pas-pasan kaya aq, sedikit bersabar dlm membaca, kalo perlu ualngi lagi,ulangi lagi,hehe..

  108. Hmm…aq bisa ngerti kalo Andrea lama2 jadi males bls sms papabonbon. Dia pasti ngga mau debat kusir. (ngga level)

    Negara ini jadi krismon juga gara2 kita penganut moneter. Negara terlalu mengintervensi, sampai2 uang rakyat tega dikorupsi.

  109. Iya, gw sebagai orang yang awam tentang ilmu ekonomi setuju sm tulisannya “My Man”, sah-sah aja dia tulis begitu, namanya juga sastra, jangan terlalu banyak mikir deh! yang penting pesan yang dia sampaikan mudah dipahami dan susah dilupakan. satu hal yang gw tau, negara kita begini kan karena banyak utang, dan itu bukankah idenya para monetaris? sekali lagi sori deh papabonbon, gw cuma orang tolol yang gak ngerti ilmu ekonomi! weeekkss…

  110. Assalamu’alaikum..

    Alhmdulillah, saya sudah membaca tiga buku Tetralogi Laskar Pelangi!

    Sekarang sedang menunggu Maryamah Karpov yg saya dengar akan rilis bulan April Depan,.

    Tetralogi milik Andre ini benar2 di luar dukaan!
    Spektakuler dan di luar batas sekedar,
    kita menyebutnya -IMAJINASI-

    gambaran yang komples dari isi cerita membuat saya terus merenung setiap selesai membaca mozaik demi mozaik kisah ceritanya,

    Jarang sekali novel karya anak Indonesia bertutur sekompleks ini, bukan hanya pemamaparan yang mendongen tanpa arah!

    Cerita Edensor juga cukup memukau,
    memberikan gambaran dari perwujudan sebuah mimpi yang kuat!

    Sukses untuk Andrea!
    Salam Pembaca

    Irfan, Depok

  111. saya juga setuju kalo alur di LP memang aga membingungkan dan itu jg salah satu alasan mengapa saya aga lama menamatkannya..tp terlepas dari itu,cara andrea mendeskripsikan karakter lintang dan mahar benar2 menggugah sel2 neuron di kepala saya,membuat diri saya ingin mnjadi org yg kreatif dan lebih baik lagi..
    tp dari 3 buku itu,bagi saya,yg terbaik adalah sang pemimpi,sangat2 inspiratif,mengharukan dan adanya pengorbanan yg luar biasa,salah satunya cara arai buat meminjamkan jimbron kuda putih australi dan cara jimbron nabung secara merata di dua buah tabungan kuda yg ternyata semuanya itu untuk arai dan ikal..amazing!
    yg paling inspiratif adalah saat arai bilang “bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi2 itu”..inspiratif sekali..

  112. Subhanallah,saya sudah baca tiga buku dari tetralogi laskar pelangi,dan menurut pendapat saya,novel itu memang apa yaaa,gak bisa diungkapkan dengan kata2,aneh emang,kadang saya jadi merenung sendiri…bener gak sih apa yg ditulis Andrea…semua ceritanya bagus banget,ceritanya flashback,disini penulis sangat terinpirasi dengan kenangan masa kecilnya yg sangat membekas dihati,makanya gak ada satu kenangan yg terlewatkan.ya apapun itu,yg pasti saya jadi malu sendiri kalo baca buku itu,gimana gak? saya yg dikasih rezeki yg lumayan sama Allah kadang masih gak bersyukur,sementara mereka yg terbatas gak pernah mengeluh dengan keterbatasan ekonomi,untuk edensor…itu membuat saya terobsesi sama penulisnya..he..he…juga jadi pengen ke Prancis,begitu indahnya penulis menceritakan apa yg dialaminya,memukau,romantis,lucu,yah pokoknya bagus dech.si arai dengan kisah cintanya yg ditolak,ikal yg sampe saat ini masih setia dengan a ling,yaaa walaupun gak pernah ketemu lagi sama orangnya,…well tetralogi tulisan Andrea sangat memeukaudan bisa dijadikan contoh ,ternyata masih ada penulis yg bisa tulis buku bagus,bermutu,gak cuma yg berbau sex yg membosankan….Andrea yg sudah sampe keluar negri tapi masih setia dengan melayunya…terus bang Andre…jadilah penulis yg potensial,bermutu dan berbobot,

    SALAM
    Lely Sweety…Semarang

  113. Assalamualaikum Wr.wb
    Gw setuju sama yg ditulis Andreanis: ‘Sepertinya memang dibutuhkan intelegensia yang cukup tinggi untuk menikmati LP’. Menurut gw yang awam ini justru alur yang meloncat-loncat yang membuat LP semakin menarik & tambah bikin penasaran, secara bermanfaat bgt buat menguji daya ingat gw he2.
    U know guys? LP is a great book and theres nothin wrong with the book!!!!
    Hmmm, sepertinya di Indonesia ini banyak bgt org yang bahkan belum menghasilkan satu karya (sastra) pun namun sangat ahli dalam mengkritik karya orang lain, apalagi kl sang penulis seorang new comer n out of the blue pula plus karyanya bisa jadi best seller dlm waktu yang relatif singkat. Gak tau juga kenapa orang2 bisa punya hobi mengkritik gt, mungkin karna ngiri ya (pengen nulis kayak bang ikal tapi gak bisa2), ato karna bang ikal dianggap masih ingusan dalam dunia tulis-menulis? Sorry gak bermaksud suudzhon lho.
    Sebenarnya kritik itu bagus asal niatnya membangun, bukannya sengaja nyari2 celah utk nunjukkin kekurangan yg amat sangat sepele & gak penting. Cpd.
    Gini aja, gw nantangin mas bonbon & smua tmen2 yg ahli mengkritik karya-karya bang Ikal utk nulis sebuah karya sastra. Satuuuu aja. Nulisnya mo rame-rame or sendiri up 2 u lah. Kl udah jadi jgn lupa dipublish so bisa kita bedah rame-rame oks.
    Bang Andrea tetaplah berkarya n keep istiqamah ya
    Wassalam

  114. Buat temen2 yang amat sangat sering mempertanyakan & mengkritik alur Laskar Pelangi, nih bang Ikal ngasih penjelasan saat bedah buku LP di STAN, 29 Feb 2008:
    “Saya mau mengkritik sebuah lembaga dan saya gak mau buku saya ini nanti dijadikan evidence kalo saya dituntut di pengadilan”.
    Lembaga yang mana? I’m sure u’ve already known it guys.
    Gw yakin bang Ikal ngomong kayak gini bukannya sengaja mau ngeles tapi once again hal ini nunjukkin kalo bang Ikal tuh seorang pemikir yg smart.

  115. lack of economy knowledge????????????
    mau tau tentang ilmu ekonomi???????????
    BACA TUH BUKU EKONOMI!!!!!!!!!!!!!
    JANGAN BACA NOVEL!!!!!!!!!!!!!!!!
    INI KAN NOVEL OM!!!!!!

  116. Ikutan Nimbrung Ahh
    Sepertinya org2 spt papabonbon ini memang harus selalu ada dimuka bumi ini, karena andrea pasti jadi akan menjadi jauh lebih baik lg dlm menulis buku,secara memang sebenernya udah jago. Ya meskipun gw jg ga pernah tw karya papabonbon tuh dah berapa?apa ada ya pengarang buku yg bernama papabonbon?hehehe…
    btw baik andrea maupun papabonbon punya kekurangan dan kelebihan masing2.Kelebihan andrea sudah menghasilkan buku yg bestseller,bahkan memberi pengaruh yg positif bg seorg pemuda yg terjerat narkoba, Sedangkan kekurangan papabonbon belum menghasilkan buku apapun..hehehe
    tp klo dilihat2 dari tulisan diatas sepertinya papabonbon ini salah satu anderanis jg,lha hobi smsan sama andrea je..pdhl gw yg dah baca ke3 bukunya n yg termasuk tersihir dg buku2nya aja ga pernah tw ato nyari2 no hpnya,hahaha..

  117. Ass..
    hai papabonbon, di manakah gerangan dirimu? kok blognya gak pernah diintip2 lagi seh?? atut yaaaaaaaa??
    tuh, banyak yang nantangin papabonbon buat bikin karya tuh… secara papabonbon kan PAKAR EKONOMI kita!! huekkss..

  118. gue lagi heran sama beberapa komentar itu, makanya memilih santai santai aja dengan thread yang satu ini.

    1. kritik sastra tuh biasa aja kali. gak perlu emosi gitu lah bacanya.

    2. yg pada minta bikin karya model adu ayat antar islam vs kristen, atau bagus bagusan karya tuh, rada emosional sepertinya. kalian cinta karya andrea atau kesengsem sama andreanya sih huehehehe :)

    3. mengapa bisa berkesimpulan seperti nomer dua. ya karena yg protes secara tidak proporsional, kok ternyata rata rata cewek. hmm, kultus individu yang aneh.

  119. hi..hi..hi..
    akhirnya om bonbon nongol juga!! woooii… ini dia orangnya!! *eits.. tulisannya..* enaknya kita apain yaaaaaaaaa??
    eh, om.. kayaknya sampeyan orangnya wise deeee.. akyu jd kagum.. hi..hi..hi.. *kuntilanak mode on*

  120. bonbon,
    kamu siapa kok mengangkat diri sebagai hakim untuk mengadili orang dalam hal proporsional dan tidak, dan menambahi dengan cewek? Ibumu, nenekmu cewek jugakah atau gender lain ?

  121. Kritik Sastra memang biasa,tapi pernyataan Anda soal,gosip andrea ngamar sama wartawati..trus mengenai meragukan kebenaran apakah andrea pernah kul di FE UI dan jg di Sorbonne Perancis,menurut saya itu sudah penyerangan personal,bukan sebuah kritik sastra lagi. Anda juga seolah2 ingin mengatakan kalo Andrea tdk pintar2 amat sampe2 Abraham Lincoln ketuker sama Benjamin Franklin. Klo mengkritik yg membangun dong, jgn menyerang secara personal gtu, Rusuh jadinya..

  122. Kali diperhatikan yg komen kalo gak dari speedy ya dari jasatel. Ip addressnya juga itu itu aja, cuman ganti nama doang.

    Kelihatanlah kalau yg komen orangnya yg jasatel dan speedy yah itu itu saja.

    Capek deh pakai nama samaran. Dah gitu ketebak lagi :)

  123. Setujuh deh gw sama SArah.
    Bodo amat papabonbon mo ngeritik apa, yang penting sekali gw cinta sama bang Ikal, teteup cinta!! Hidup IKal!!

    Btw om bonbon, sampeyan kok tau seh kalo akyu pernah ganti nama? situ dukun yak?
    Akyu ganti nama kan sama kasusnya sama Ikal, gak cocok alias keberatan nama geto lokss! weeeeeeekss…

  124. semaLam LiaT bg ikaL ga d mEtro ??
    di uLtah na Kick aNdy..
    wah.. makin nDut kyaK nYa..

    Lho..
    Bukan na MK terbitna septmBr naNti seTLh fiLm na LP ??
    kOk uDah aDa d Gramed ??

    bNeran Ne ??

  125. Ribut soal andrea yah? yang jelas novel andrea bagus kok..
    Laskar Pelangi novel yang gak lekang zaman., saya kadang baca kembali novel” andrea karena hampir mirip dengan cerita masa kecil saya. jadi keajaiban hidup seperti kata Andrea itu bisa saja terjadi kok,asal kita percaya. Swear!

  126. overall Tetralogi Laskar Pelangi adalah buku yg sangat bagus (amazing books) dan inspiratif khususnya bagi kita rakyat indonesia yg terkadang bermimpi saja takut. dan untuk papabonbon, saya melihat anda sama seperti “landlord” Ikal dan Arai yaitu Simon Van Der Wall yg diidentikkan sebagai John Wayne Wannabe. Papabonbon juga saya lihat juga sebenarnya adalah “Andrea Hirata wannabe”.
    thx

  127. Indonesia bgt gt loh….di Indonesia banyak tuh pakar..namun banyaknya di bidang Pengamat, pengkritisi….pengamat bola ada, pengamat politik banyak,pengamat film lagi naik daun, pengamat sastra, pengamat sosial dll…..Banyak bacot semua lo pada….plis deh, Hahahah….Piss

  128. buat yg kagum abis sama andrea. mungkin perlu tanya sama kang andrea ttg konsep cintanya.

    apa benar, meninggalkan istrinya tersia sia [kayak hanung bramantyo – ayat ayat cinta juga tuh], demi mengejar cinta matinya pada a ling ?

    bisa jadi buku baru, cinta andrea … :)

  129. Lo sape si Bon? hehe

    Gw si heran ye np stiap ada karya2 baik sastra or ap ja de,yang mencuat ke publik plgi karena prestasinya, malah ada aja kritikan..or apalah kata lainnya. gw pernah baca dikoran wktu penulis kyk HabiB El Shirazy Lg Hot2nya, ada aja yg ngritik kalo dia terlalu ngepop, mengkomersialkan Agama, or whateverlah…taunya koran edisi bsoknya die di counter lg ma yg pro Habib..Bgitupun Andrea…lo pade nape si…Angka best seller itu bukan prestasi maen2…buku2 sastra “cabul” zaman sekarang aj ga ada yg nembus angka segitu. itu kan berarti karyanya merepresentasikan pandangan sebagian besar org, ngasih efek positif n motivasi tertentu pada pembacanya…masalah alur cerita, tema, atau bahkan konten yang bersifat teknis kt gw si lebih ke selera aj…sama aja kalo lo ditanya ntu band Dewa bagus ga si? kan jawaban org beda2…kadang org2 yang genius itu lebih simpel,lebih bs dimengerti karya2 mrk oleh org laen…udah saatnya bangsa ini membuktikan Isi, daripada terus bacot…

  130. halah, andrea di kritik kok pada sewot. aku biasa nulis tentang hobi dan bacaanku setiap selesai baca. setiap kritik pasti ada bagian yang dipuji, ada juga yg protes. pengarang lain juga banyak yang jadi bahan sorotan.

    kok nggak kalian belain karya karya pengarang lain dengan cara kayak kalian belain andrea yah ? huehehehe :).

    jangan jangan yg di baca di blog ini cuman ttg edensor doang. padahal aku nulis tentang andrea beberapa kali di blog ini.

  131. Ato lo saking freak ma Andrea, malah terobsesi…wah kejiwaan tu..Bener jg kta org2 diatas ni… lo bikin deh tulisan sastra apa aja di blog ini jg..n then kite bahas rame2. gmane?? hehe
    Tau film Babel kan? or Fight club? gw bukannye fans bradpitt ni, tp klo lo pd dah liat filmnya, alurnya or apalah bhasa filmnya kan beda tu…kesini2 tmbah bnyk aja film2 yang ngikutin kyk gt…termasuk Indonesia. sastra sama aja bung. sastra itu seni. itulah kenapa kata seni ditaro sebelum kata sastra. dan seni itu abstrak..konseptual. Tapi gw ngerti si knp di negara kita ini bnyak para komentator or pengkritisi..komentator bola, kritikus film, pengamat musik…kyaknya itu ga lebih sebuah penyaluran dari cita2 yang ga kesampaian……Pathetic.”Bollock”.liat aja orang2nya di tivi..tp mendingan si..mereka tampil…. hehehhe Piss ahh…

    Ciao

  132. waduh, mohon dipersori oom. sejak pindah ke sby tahun lalu, rada susah cari pelem bajakan. jadi belum nonton babel ama fight club. hehehe :)

    bisa nitip dibeliin di glodok ?

  133. Btw brusan gw baca2 blog ttg Kritikan buat tetralogi laskar Pelangi. dari yang sekaliber pelajar, Mahasiswa baru intelek, sampe Prof. Pendapat gue: Terang2an mereka mempersalahkan alur..gaya bahasa..dll. tapi perlahan ada rasa respect….n ujung2nya mereka ngabis2in waktu bt membedah LP dengan penuh antusias…
    Tenang kawan sebenarnya mereka terobsesi pada Tetralogi nan membuai ini hihihihih
    piss lg ah
    cao

    thx aden. akhirnya elu ngerti juge. kirain saking bebalnya elo, sampai gampang banget sedikit sedikit mintir gara gara pengarang pujaan dikritik karyanya ….. :)

  134. Sorry kawan…ane di Bdg..

    di bandung kan juga banyak bajakan / mau yg film film perancis dan iran nih :) di sini susah nyarinya. ada juga naruto .. :) btw, ini aden anak sastra perancis yg kerja di pabrik tekstil itu bukan ? hehe, kalau salah orang mohon dipersori yah.

  135. Ga ada yang menarik…

    kalau papabonbon sih, emang cuman pembaca biasa. bukan sastrawan. makanya tahu diri, cuman menulis sejauh yang papabonbon rasakan saja. ndak pakai ilmu macam macam gitu deh. mohon maff yah, kalau tulisannya jelek jelek.

    btw, aden sendiri tulisannya mana ? pengen tahu nih papabonbon, siapa tahu papabonbon bisa belajar menulis dari elo. atau jangan jangan elo lebih parah dari papabonbon. Cuman bisa ngomel ngomel ketika idolanya di kritik. tapi malah gak pernah punya tulisan sama sekali ? :( kalau kenyataannya seperti itu, harusnya “aden” malu hati sama andrea sendiri.

  136. bajakan mah dimana mana…Ini Indonesia bung Hahaha, dari bajakan vcd, software, sampe bajakan Kritik….Sang penyambung lidah…
    btw ane bukan Andreanis..nnn..bukan Aden yng itu mas, permisi kalo bule tanya…papabonbon ini pa Bondan “Manyus” bukan, hehe maaf kalo iya, udah nyinggung prasaan pa bondan….hhi

    di sby gampang cari bajakan ? hmmm. perlu baca yang ini oom, kalo gitu. http://papabonbon.wordpress.com/2007/07/23/polisi-surabaya-yang-rajin/

  137. komen 146 papabonbon: “bukan gitu aku kira kan dia anak IESP FEUI. kan perlu dipertanyakan pendalaman teori ekonominya, kalau masih simpang siur ttg paham ekonominya Adam Smith dan Keyness. UI gitu lho, yg nelurin banyak menteri ekonomi. :p”

    >>Orang Narsis kayak gini nih yang bakal bikin negeriku sengsara

    komen 179 papabonbon : “Kali diperhatikan yg komen kalo gak dari speedy ya dari jasatel. Ip addressnya juga itu itu aja, cuman ganti nama doang.
    Kelihatanlah kalau yg komen orangnya yg jasatel dan speedy yah itu itu saja.
    Capek deh pakai nama samaran. Dah gitu ketebak lagi :)”

    >>papabonbon juga nama samaran kan…?

  138. 1. Narsis ? Bukannya papabonbon memandang tinggi andrea sebagai sarjana ekonomi lulusan ui ? Over expectation malah, secara andrea bikin plot cerita ttg konsep ekonomi itu dgn cara awur awuran.

    2. Papabonbon memang nama keren saya. Lha sudah tahu sama sama nama samaran kok banyak andreanis yang marah marah dan merasa idolanya di serang, itu kan aneh ;)

  139. FEUI narsis dan childist
    saya bukan andreanis

    gue juga bukan dari FEUI kok, oom. gue malah lulusan universitas kampuang. [menyembunyikan identitas mode on hahaha]. Oh ya, kalo kamu rajin search di blog ini pastinya bisa menebak dengan mudah nama universitasku. meskipun demikian, aku fair aja kok, kalau FEUI memang bagus. :)

    oh ya, aku sendiri malah termasuk andreanis. hahahaha.

  140. komen 144 papabonbon : “wah, nikahnya yg jadi rame…padahal aku dulu pengen tahu, andrea anak fe-ui jurusan apa yah ? tahunya manajemen ekstensi. pantesan pendalamannya tentang para pelopor teori ekonomi rada berantakan :)”
    emang ada apa sama ekstensi…? salah apa? Tukang bakso sebelahku ga kuliah di ekonomi dagangannya laris habis

    gak ada masalah dengan ekstensi. yang masalah adalah di manajemennya. secara andrea hirata ini s1 dan s2 nya di bidang manajemen, pantas kalau teori ekonominya agak kedodoran. teori ekonomi yg njelimet memang konsumsinya anak IESP – ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Anak akuntansi seperti gue, atau manajemen seperti Andrea, memang tidak diberikan pelajaran tentang teori ekonomi secara mendalam. gimana ? clear ndak ?

  141. Anak FEUI emang terbukti kok pinter-pinter.. masuknya ajah kan lewat saringan yg berlapis… meskipun terbukti juga sih yg jadi menteri ekonomi itu belakangan malah bikin ekonomi indonesia jadi melarat-ralat..

    Jadi.. mentri dari FEUI ajah bikin indonesia bangkrut.. apalagi yang laen….

    jadi.. ga usah ribut-ribut mau FEUI apa ga..narsis apa ga.. ntar di akherat ga akan pada ditanya kok….

    ORg berMIMPI itu jelas lbh mudah dr BerBICARA, sayang….tak semua org yg pandai BICARA pandai pula MENULIS kan ucapannya.. ., tapiii dari sekian banyak Org Yg pinter Nulis . hanya sedikit org yg Bisa MENGERJAKAN sesuai dgn apa yg mereka Tulisnkan… dan dari sedikit org yg BIsa BeKERJA itu….Hanya segelintir lagi yg SANGGUP BEKERJA dgn IKHLAS untuk Mewujudkan Mimpi-mimpi Mereka….itulah mereka orang-orang Pilhan Allah…

  142. papabonbon, udah tau belom kalo semua komen di weblognya Andrea Hirata di hide? ini pasti gara2 gosip itu…
    ah.. pupus sudah….
    gimana menurut papabonbon yang mengaku andreanis? cedih gak?

  143. dear papabbonbon

    andrea pernah mengatakan dlm suatu diskusinya bahwa novel2nya adalah BIOGRAFI YANG DIRAMU MENJADI SASTRA.. jadi dari perkataan andrea itu kita bisa menyimpulkan bahwa novel2 andrea tidaklah 100% memoar pribadinya ada percikan2 sastra sehingga novel itu tentu tak kan sama dng kisah kehidupannya.
    jadi pliss papabonbon janganlah menghancurkan karakter seseorang dengan opini2 menyudutkan lewat blog mu ini..
    aku sungguh kasian pada andrea.. janganlah jadikan dirinya objek mainan buatmu..
    dan buat orang2 yang mengaku sahabat andrea.. ingat sahabat tidak menusuk dari belakang.. kalian tampaknya bangga sekali menyebar pribadi andrea ke publik..
    kenapa..??? pernah kecewa sama andrea atau mau ikut numpang tenar.. dasar indonesia pengkritik ulung..

    wassalam

  144. rere, aku sepakat denganmu. sungguh terlalu mereka yang suka bergosip! kasian andrea…
    terus terang aku shock baca tulisan papabonbon di no. 190 di atas. tapi aku yakin andrea pasti punya jawabannya. mudah2an semuanya akan jelas di bukunya yang keempat.

  145. yukkkkk…….setuju…rasanya kalo-pun yang ditulis itu g bener, gak ada hak kita minta pertanggungjawaban deh….suka-suka yang nulis dong ye……

  146. seru seru aja sih sebenarnya dengan andra. cuman bikin yang mau nulis tentang who’s who andrea jadi beneran bingung :)

    misalnya kayak :

    – tahun lahir gak dicantumin
    – nama jurusan dibuat gak jelas
    – sudah kawin apa belum

    tapi memang jadi indahnya misteri sih .. :) salut buat andrea.

  147. tentang umur andrea, kayaknya dia kasih pembacanya beberapa clue deh..
    ingat kan di SP dia nyebutin kalo hari ketika ikal, arai, dan jimbron dikejar2 pak mustar itu tgl 15 Agustus 1988. nah, waktu itu umur mereka 17 tahun.
    trus ada lagi, waktu arai melolong bilang Aamiin…miiin..miiin.. umur mrk 10 tahun. di edensor, (mozaik 16 tahun Tuhan menunggu) berarti umur mereka waktu ambil S-2 kan 26 tahun. hitunglah mereka s-2 selama 2.5 tahun.. berarti… itung aja ndili.. he..he..he..
    kalo estimasiku seh skrg ikal umurnya 37-an..

    Iya lah, itu hak andrea buat menyembunyikan umurnya. asalkan jangan dijadikan seolah dia available, padahal ternyata sudah berisitri. itu kan jadi lain cerita, apalagi kalau ternyata istrinya disia siakan. soalnya gue benci nih sama cowok yang poligami, apalagi model model aa gym yang kawinnya pakai acara boong dan nyembunyiin dari istri pertama. udah kejadian dan rame di media massa, baru laporan ama istri. cis. lelaki apaan tuh model gitu :)

  148. ehmmm… papabonbon, sampeyan jangan tendensius gitu doung… emangnya diharuskan apa untuk menyebutkan jurusan? jangan2 papabonbon sedang membentuk opini publik bahwa andrea itu gak pernah sekolah di prancis, ato jangan2 malah bukan jurusan ekonomi gitu??

    kalo tentang merid… yah kita tunggu saja tanggal mainnya.. jangan suuzon dulu lah.. mungkin akan dia singgung di MK.

    andrea memang ternyata jurusannya bukan ekonomi. dia s1 nya jurusan manajemen. s2nya juga sekitaran manajemen keuangan di bidang telekomunikasi.

  149. tepat banget tuhh judul blog mu dng orang yang punya blog..

    HARI-HARI OMONG KOSONG

    HARI-HARI OMONG KOSONG

    setelah ini siapa lagi pribadi orang yang bakal kau hancurkan salut blognya… penambah dosa di akherat.. amin.

  150. Wah pak…saya memang belum Pd buat buku sekaliber Andrea..tapi kalo beraninya cuma di Blog2 si…apa ya…Narsis aj kayaknya…sama dgn Friendster dll…kadang pake nama samaran..pic samaran…bahkan karakter samaran…….atau pemikiran bajakan, hehe…
    btw rame jg y blog lo…pinter mancing kontoversi…jd mirip2 Noel Gallagher, ehehe…pujian tuh

    ah, deden hardi bisa ajah. lha blog kan emang kayak gitu … :) what did you expect, then ? :) gue ndak kenal ama gallagher dan belum niat cari infornya sementara ini.

    btw, blog ksatriapasundan yg kemarin ente kenalin juga menghujat si antosalafy tuh. sama ajah dong berarti .. huahahhaa :) btw, silakan baca juga ini : http://rahard.wordpress.com/2008/03/28/malu-menulis-blog/

  151. PENTINGGG BANGET YAHHH NGEBAHAS STATUSNYA….
    JANGAN2 PAPABONBON NAKSIR YAHHH….
    MAU JADI HOMO YAHH..????

    MUNGKIN GARA2 BERITA DI BLOG ANDA NIHHHH….
    GUESTBOOK ANDREA JADI DITUTUP SEKARANG…
    KARNA BANYAK PERUSUHH YG MENGHAMPIRINYA…
    ANDA HARUS BERTANGGUNG JAWABBB…

    BUAT TWIE TWIE HEBATTTT… ANDA TELAH MENYEBAR VIRUSSS PASTI ANDA SEDANG TERTAWA KENCANG2 SEKARANG…

    AKU DAH CEK TUHH ALAMAT DI KOMEN 190 YG ADA MALAH VIRUSS YG MASUK KE LAPTOP KU…
    UHHH ANJRITTTTTT…….

    1. lha udah crosscheck ke oang orang yg nanya sama andrea di questbooknya belum ? kalau belum kenapa saya yang kena omelan yah … :) bingung gitu kena jurus sapi gila.

    2. aku baru tahu tuh kalau webnya NEC [sekarang NESO] –> netherland education centre ada virusnya. payah dong entuh admin. thanx god ane pakai apple, jadi so far so good, aman aman ajah. lagian kok twie twie yg kena omel nyebarin virus. tanyanya harusnya sama admin IT di neso, kok gradakan gitu websitenya. daftar alumni penerima beasiswa NEC kok gak bener ada virusnya segala.

    3. yang menurut papabonbon kritikal di buku edensor adalah kecenderungan pada paham kreasionisme ala harun yahya dan kesalah pahaman andrea terhadap adam smith. mungkin andrea perlu baca the death of ecomomics.

    lain-lainnya bagus bagus aja kok bukunya andrea. keren malah. laskar pelangi yang merupakan novel terkuat andrea – secara perasaan paling mendalam, pun masalahnya ada di alur, yang semua teman teman mestinya sudah paham.

    urusan status dan lain lain toh tidak papabonbon masukkan dalam artikel kritik. itu malah refleksi dari komentar teman teman sendiri di sini. jadi damian yah, papabonbon gak mempermasalahkan status andrea dalam artikel awal. mohon itu dipahami. kalau kamu belum paham juga, yah, sudah lah. masa kudu dipaksa biar paham sih ? huehehehe. dewasa lah. sudah sama sama gede kok.

  152. Saya dah beberapakali lihat ni blog, kok larinya jadi saling tengkar…… saya salut aja ama papabonbon, berani diluar mainstream, setuju…. ndak ada orang yang sempurna ….. saya yakin andrea butuh kritikan itu, dan saya yakin orang yang paling dibencinya adalah mereka yang membelanya membabibuta kayak hilang ingatan itu……. piss

  153. @ damian. kenapa andrea menutup shoutboxnya untuk sementara ? jawabannya ada di blog andrea sendiri. saya kutipkan berikut ini. lebih lengkapnya silakan meluncur ke http://sastrabelitong.multiply.com/journal

    ===

    Tetapi, mohonlah maklum, belakangan ini, karena kondisi kesehatan ibuku, aku lebih banyak tinggal di pulau Belitong, dan tahukah kawan, untuk mendapatkan akses internet aku harus ke tanjong pandan (ibukota kabupaten), 110 km dari kampungku, dengan kendaraan umum sekali sehari, kadang harus menumpang truk cincau. Sampai di tanjong pandan, harus antri mendapatkan akses dan kecepatan internetnya megap-megap 64 Kbps, hanya sedikit terminal yang diantri banyak orang, pun ketika akses seringkali drop, plus listrik byar pet.

    Untuk mengakses satu tampilan interface butuh waktu sampai 4 menit. Nah, bayangkan bagaimana aku harus menjawab satu persatu komentar di guest book yang telah (sampai hari ini, tgl 3 maret 08) mencapai 2.400 an lebih, di blog sebanyak hampir 1.600, di kalender sebanyak 300 komentar. Personal message yang belum digarap 109.

    Yang meng-invite hampir 500 orang. Aku sampai harus menyurati kuncen multiply di USA sono, bagaimana cara agar invitation itu bisa langsung ku accept dengan sekali klik, tapi mereka diam seribu bahasa, maka mulailah ku accept satu persatu, gak kuat kawan, lalu tiba-tiba jumlah invitation menyusut, aku tak paham, apakah ia expired atau para kuncen itu mangkel hatinya padaku, mengira aku tak mengurus blog ini, dan bikin pernyataan automatically rejected, maaf kawan, semua itu bukan dari pada perbuatanku.

  154. ih baru baca komen2 di posting ini…

    jaka sembung…
    fans ke orang bukan ke karya…
    phobi dikritik…

    payah ah..

    kritik itu biasa lageee… kalo ga mau dikritik, simpen aja sendiri karyanya atau jual ke sodara sendiri.
    dan ngga ada keharusan yang mengritik itu harus bikin buku yg lebih hebat. lagian kritik =/ benci.
    bukankah kritik itu yang bisa membuat orang lebih bagus dalam berkarya?

    ga kebayang ni orang2 kalo nulis di jurnal atau dibantai di seminar/konferens.. pada nangis atau lempar kursi kali ya :P

    oot: saya pernah baca kalau Virginia Woolf pernah mengedit/rewrite satu halaman di bukunya sampe 40x…

    *ah mau ikutan anonim kali ini*

  155. “Iya lah, itu hak andrea buat menyembunyikan umurnya. asalkan jangan dijadikan seolah dia available, padahal ternyata sudah berisitri. itu kan jadi lain cerita, apalagi kalau ternyata istrinya disia siakan. soalnya gue benci nih sama cowok yang poligami, apalagi model model aa gym yang kawinnya pakai acara boong dan nyembunyiin dari istri pertama. udah kejadian dan rame di media massa, baru laporan ama istri. cis. lelaki apaan tuh model gitu”

    ya ampyuunn… aku kira papabonbon orangnya bijak… ternyata…

    sampeyan jangan bawa2 aa gym doung… jangan suka menghakimi orang lain, belum tentu kita lebih baik dari mereka.. apa lagi sampeyan gak kenal mereka secara personal kan?
    itu hak mereka, kalo sampeyan gak setuju, ya jangan lakukan, cukup untuk diri sendiri.. intinya kita gak boleh menghakimi orang sebelum tahu persis masalahnya…

    kalo hal-hal semacam ini sampeyan katakan sebagai “kritik”, saya gak setuju, ini lebih tepat disebut sebagai pembunuhan karakter!

    ini udah melenceng jauh dari pembahasan lho..

  156. sorry, saya baru baca buku pertama dari tetralogi andrea, karena saya bukan orang sastra jd pendaptku mungkin tidak begitu penting atau tidak penting (what ever). Menurut saya, Andrea berhasil menciptakan atau bisa dikatakan menterjemahkan kenangan-kenangan masa kecil kedalam tulisan yang begitu nyata, seolah-olah kita pernah ke bumi belitong, kita pernah mengenal tokoh2 dalam story LP, seperti A Kiong yang mukanya disamakan dengan kaleng kerupuk shg saya bisa membayangkan wajah tionghoa daratan yang masih totok, dll. Hirata jujur menggambarkan satu-persatu tokoh (sahabatnya) meskipun itu, mungkin dpt menyakitkan perasaan tokoh tsb. Dan untuk alur, yg melompat-lompat, pertama memang membuat aku bingung, namun aku suka plot yang seperti ini, kita dibuat seolah-olah naik roller coaster tidak monoton (linier), dan untuk plot ini aku pikir org2 perfilman akan suka. Aku membayangkan LP akan dilirik oleh produser dr hollywood (walt disney) untuk difilmkan. Akhir kata, novel ini benar-benar membukakan mata dan hatiku akan masyarakat marjinal yang termarjinalkan oleh waktu, nasib, dan kesempatan.

  157. Aduh sori, aku mau bahas lagi tentang postingan nyang punya blog di nomor 190 di atas.

    oom, sampeyan kan tau kalo andrea itu emang gak lulus di sorbonne, karena profnya pulkam ke inggris. akhirnya andrea nerusin ke sheffield hallam university…
    nah, di akhir buku edensor, andrea belum lulus tuh… gimana seh oom bonbon… sambil ngelamun ya bacanya?? hehhe.. piss bro… piiiiiiss… cupliiiiiiis…

  158. aduh oom, kok ribet banget seh?? kita ikuti saja cerita di bukunya… otreh?? lagian ya gak mungkin doung bisa kuliah sekaligus di dua universitas, beda negara pula!

    satu lagi oom, kalo andrea boong, seperti tuduhan oom, kayaknya gak mungkin deh, dia itu cinta banget sama guru2 dan keluarganya, masak mereka gak protes? lagian andrea pasti gak akan tega lah menipu orang sebanyak itu..

    pait2nya neh oom, kalo pun andrea boong, dia tetap udah berjasa, udah buat kita lebih menghargai hidup dan pendidikan.. setuju ora?? think positively lah..

  159. sering ikutan milis beasiswa, deh mbak. nanti sampean tahu kalau beasiswa erasmus mundus alias uni eropa itu memang ada program sandwich. jadi kuliah s2 di 3 negara sekaligus.

    lagian udah biasa kok orang di luar negeri kuliahnya pindah pindah universitas. palagi kalau sistem perancis, s1 dan s2 itu diakui untuk tiap tingkat.

    kuliah tahun pertama diakui, tahun kedua diakui, tahun ketiga setara s1, tahun ke 4 dan 5 setara s2. itu bukan hal yang aneh.

    temen yg ambil beasiswa NEC dulu juga ada yg dapat sandwich ini, jadi sempat kuliah di inggris, belanda dan jerman gitu.

  160. tok..tok..tok..
    oom, kesalahan redaksi dikit2 biasalah di dunia perbukuan kita… human error… tugasnya editor tuh.. heheh.. sori ya tak ada maksud menyinggung siapa pun…

  161. kuliah s2 di 3 negara sekaligus secara online gitu om?

    berarti om, kalo begitu gak salah doung redaksi di sampul belakang bukunya andrea… “cum laude dari kedua negara tersebut”, sorbonne ‘n sheffield?

    maklum oom, otakku udah karatan neh… heheh..

    thanks ya infonya.

  162. sori oom, mampir lagi.. baru ngadep yang kasih napas… berarti kasus ini bisa ditutup doung oom??
    soalnya, dari info yg oom kasih barusan, bisa aja andrea kulnya di banyak universitas, bukan? trus kebetulan ketangkep sm oom data dia yg di hanze… itu juga kalo nama itu beneran punya dia, kan sedikit beda tuh.. hehe…

    udah oom, apus aja postingan di atas, gak manfaat… *ngebujuk mode on*

  163. papabonbon, ada yang udah tobat tuh di blog taklimatnya bang andrea!! hahah.. akhirnya ada yang udah insap, sukuuuuur…sukuuur…

    kalo papabonbon mau ikutan insap, monggoooooo…

  164. Meski ketinggalan…
    Baru tadi malam noton VCD Kick Andy-Laskar Pelangi.
    Bersyukur aku diberikan kesempatan untuk menyaksikan sebuah pertemuan mengharukan 2 sosok murid dan ibundaguru yang amat bersahaja…indaaaaahhh tak terperi…

    Terus berkarya brother!

  165. Novel yg membuat kita bisa melihat berkas-berkas cahaya kehidupan sehari hari dan bilamana kita dapat menyatukannya itu semua, maka akan terbentuk bola cahaya besar yang cahayanya melebihi matahari. Memberikan kecerahan kepada jiwa-jiwa yang tersesat di gelapnya alur takdir. Maaf ini kayaknya pengaruh LP nih he..he..
    Buat mas Riri yg mau bikin movienya, saya harap jangan dipaksa alur ceritanya supaya dapet durasi filmnya hanya 2 jam. nanti alurnya malah berantakan,supaya kami yang udah baca novelnya ngga nyesal nonton filmnya. Ini cuman usul mas,saya cuman oang awam koq masalah ginian. Thanks

  166. Sudah, sudahi saja kawan. Tidak ada gunanya juga ribut-ribut. Percaya saja kalau tong kosong itu nyaring bunyinya. Bagi kita yang “cinta” karya Andrea, tidak perlu menanggapi hal-hal seperti itu. Bagini kawan, kalau kita nanggapin orang gila bisa jadi kita ikut gila.Ya itu tadi, orang gila biasanya keras kepala, semakin dilawan semakin jadi walaupun ia tahu kalau dia salah. Sudahlah, buat kita yang masih bisa berpikir normal, mengalah saja. Toh, yang menggonggong juga tidak menghasilkan apa-apa hingga saat ini kecuali caci maki dan kita yakin dia akan tertawa dengan caci maki itu walaupun sebenarnya ia tahu bahwa ia tidak akan bisa “hidup” dengan apa yang dilakukan dan diperolehnya. Sorry, saya tidak menunjuk person, cukup bagi yang merasa. Kawan, kita cukup baca apa yang ada di sini sambil tersenyum, minum dan makan apa yang kita suka sambil menununggu saat kita harus membelanjakan uang kita untuk karya-karya cantik seperti Tetralogi Laskar Pelangi.

    Dan Kawan, Andrea tidak akan terkayakan dan tidak akan termiskinkan oleh hal-hal seperti ini, apalagi ide-idenya, tidak akan terkeringkan, malahan akan semakin terasah tajam. demikian, kita juga tidak akan tersedihkan dan tidak akan terbahagiakan oleh orang-orang yang “kerdil”. Bukan begitu? So kenapa kita harus ikut-ikutan kerdil.

  167. Nyesel gw beli yang bajakan Novel Sang Pemimpi sama Edensor.. Pas abis baca satu blog yang bilang gini : royalty dari penerbitan Tetralogi Laskar Pelangi disumbangkan sepenuhnya untuk Perpustakaan Sekolah Miskin.. Oh Allah! Rasanya kaya disentil! Makna yg udah gw peroleh dari LAskar Pelangi tiba2 menguap entah kemana.. Apa artinya jika kita mengambil makna dari Novel2 Andrea, tapi tidak secara nyata mengaplikasikannya? (contoh sangat kecilnya : Beli novel andrea yang BAJAKAN!)
    Siang ini, gw bakal beli Edensor yang asli!

  168. Boi Andrea…
    Semoga pahala dari setiap hal yang kita petik dari setiap kata-kata dalam novelmu senantiasa tercurah atas kecintaan Allah terhadap umat-Nya yang senantiasa selalu ingin berbuat kebaikan kepada yang lain.

  169. andrea, you’re so cool, hebat banget pake kata-katanya…
    baru kali ini baca novel, sampe ketawa-ketawa trus sampe merinding gara-gara penggambaran keadaan saat orang jatuh cinta, saat mengungkapkan kasih sayang, saat orang betul betul menghayati arti mimpi untuk diwujudkan tapi tidak lepas pada keyakinan kita terhadap tuhan…
    benar-banar pada kehidupan yang nyata.
    pembangun semangat yang great…
    andai ada novel terbaru pasti baca lagi, and itu harus ada!
    semangat!

  170. Pertama kali kenal Ikal waktu liat Kick Andy di Metro, dan aku termasuk orang yang benci sama buku, apalagi yang namanya novel. Buat aku untuk mendapatkan sebuah cerita akan lebih nyaman kalo liat dalam bentuk visual (film) dan budget untuk beli DVD bajakan di set “unlimited”.

    Penasaran sama ceritanya, aku beli LP. Baru di Bab pertama, cerita tentang penerimaan murid baru yang cuman 9 orang, aku sudah meneteskan air mata. Aku jatuh cinta pada pandangan pertama sama Andrea, seperti waktu Ikal menatap kuku jari mulus nya A Ling.

    Baca buku LP, emosiku diombang ambing, menjadi lebih menghargai hidup dan rejeki yang aku dapat sekarang. Perasaan jatuh cinta aku sama Andrea berlanjut sampai SP dan Edensor, dan aku tidak perduli apakah Andrea benar-benar pergi ke Perancis, ke Eropa sampai ke Afrika, aku tidak perduli!! karena dia telah membawaku kedalam imajinasi seakan aku ikut berdiri di gerbang Edensor.

    Gambaran Andrea akan Charles de Gaulle, Gard de Lyon, backpackers, Eiffel, persis seperti yang pernah aku lihat dan rasakan, dan aku masih tidak perduli apakah Andrea pernah benar-benar menginjakkan kakinya di bawah Eiffel, karena aku sudah jatuh cinta pada Andrea.

    Dan aku tidak perduli pada kritik yang mengarah pada pembunuhan karakter, pujian selangit yang mungkin nantinya akan membuat alpa, karena buat aku, Andrea sudah membukakan sedikit pintu untuk orang-orang yang buta akan makna hidup yang tidak hanya melulu materi dan jabatan. Negara ini tidak butuh orang pintar tapi orang yang jujur dan tidak membodohi orang-orang yang sudah nyata-nyata bodoh….

    Peace, Love and Respect (Gigi)

  171. tiga buku dari tetralogi laskar pelangi telah membuat mata dan hatiku terbuka…aku mendapat inspirasi, semangat, berani bermimpi dan ……..andrea, thanks ..kau inspirasi terbesarku saat ini….

  172. mas andrea, ayu seneng bgt waktu abiez baca buku sang pemimpi.dari situ ayu jadi ngefans bgt sama mas andrea. mas boleh minta fotonya gaKK????yohoiiiii

    cayooo mas andrea, tetep semangat untuk nulis buku, tapi ajak ajak ayu yahhhh….

  173. Aku kagum dengan bang Ikal… aku temukan kekuatan-kekutan pribadi. bagaimanapun sesuatu hal yang kita punya walaupun sedikit akan lebih bermakna ketika kita memberikannya…

  174. Membaca komentarnya dari ganjar. saya juga tak mau tahu dia pergi ke eropa sampai afrika, saya juga tak peduli dengan yang anda maksudkan (bertempurnya Adam Smith dengan John Maynard Keynes. dan dialog yg dipakai juga janggal atau betapa Andrea sangat menjunjung Harun yahya) karena sekarang setelah membaca buku bang Ikal sampai ke Edensor saya banyak mendapat pelajaran berharga… sekarang saya berani bermimpi dan berkomitment, berani mengambil resiko (Sungguh menyenangkan). Karena Andrea juga saya berani bermimpi menjadi seorang Guru, awalnya ragu apakah saya bisa sabar untuk jadi guru. tapi seperti kilat, ketika bang Ikal menceritakan Lintang, betapa dia sangat malang tidak beruntung seperti saya. Sekarang saya berada pada titik positif hidup saya, saya ingin terlibat secara langsung lahirnya Lintang-lintang masa depan yang lebih beruntung. Saya juga mendapatkan sebuah kesimpulan berharga, bahwa dalam edensor betapa ikal dan arai telah berjuang mencari potongan Mozaiknya. berkeliling eropa sampai afrika… apakah saya juga harus seperti dia?? melepuh, kedinginan dsb.. jawabannya?? tidak!! bahwa didepan kita, apa yang akan kita jalani sesungguhnya adalah sebuah petualangan dan saya mampu menerjemahkan petualangan Ikal dan arai. didepan saya ada banyak resiko, perjalanan, dan saya harus mencari potongan-potongan Mozaik hidup saya sendiri…

  175. Hai ..masih rame aja thread ini.
    Mo komentar, krn gw dah terlanjur jadi tertuduh nich. Aku ini penggemar Andrea biasa, yang kaget juga waktu denger dia dah married. Misuh2 n marah, seperti kalian lah. Tapi setlh semakin byk info dari sumber terpercaya, akhirnya jadi malah berpikir lebih bijak. Ngapain pula kita sebal krn seolah2 dia membohongi publik, toch masalah tsb urusan pribadi dia, yg mungkin bagian hidupnya yg tidak mau dia bagi ke publik. Terbukti-lah kata temenku waktu sempet rame soal itu di blognya, Bang Andrea langsung tutup blog tsb. Tiap orang kan beda, ngak semua seperti penulis Samuel Mulya yang biasa bicara blak2 an soal kehidupan pribadinya.
    Gue mau ngajak temen2 disini utk lihat segala sesuatunya lebih proporsional, cobalah lihat multiflier effect dari karya si Abang itu, hebat bukan?! Dan jangan pula terlalu apriori dg kritik, kritik itu membuat orang menjadi lebih baik bukan?

    Aku mau klarifikasi beberapa info yg sempat melebar di blog ini:
    (1) Masalah Status Perkawinan
    Secara de yure Bang Andrea skrg sudah sendiri. Secara detail aku ngak tau masalah mereka apa. Tapi janganlah kita langsung menuduh si Abang ini penyebabnya, karena kita ngak tau apa yg sebenarnya terjadi. Jadi “clear” ya, sebenarnya Bang Andrea itu ngak bohong masalah status, cuma namanya pengarang, kata2nya kan tidak straight to the point.

    (2) Masalah Sekolah
    Bang Andrea memang lulusan Eropa. Mengenai detailnya kenapa sempat nama tertulis sbg penerima beasiswa Stuned di Belanda, apakah ikut sandwich program atau ngak, itu kurang jelas. karena sumber info aku itu (org2 kantor Pos) kurang ngerti soal sekolah, krn Bang Andrea sekolah di Eropa pas dia di telkom.

    (3) Pribadi Andrea
    Semua org yg dah kenal lama bang Andrea bilang klo Abang satu ini memang baek bgt, perhatian ma teman2, secara sosial juga ok bgt. No wonder lah, dia begitu spontan ikut terjun langsung waktu bencana di Aceh & Yogya.

    (4) Lulusan Management UI
    Memang Bang Andrea lulusan management program extension. Utk latar blkg hidup seperti dia, dr daerah terpencil, membiayai sendiri, hebat lah bisa sekolah di UI (ikut ext. krn hrs kerja toch…), dan bisa sekolah di Eropa lagi, kerja di Telkom lagi, more over jadi pengarang hebat yg terkenal seantero Indo, bahkan mpe Malaysia & Thailand.
    Papabonbon ngak perlu lah terlalu serius memikirkan perdebatan Adam Smith dg Keynessian itu, memang secara terminology bisa diperdebatkan, tapi ini kan novel boss, bukan jurnal economyst, bisa donk kita ambil extreem kiri & kanan ajah. Adam Smith penganut pembangunan ekononmi riil, Keynessian mengenai kebijakan fiskal, yg satu perbaikan ekonomi melalui pembangunan nyata, yang lain dari intervensi pemerintah. Secara jangka panjang bagus memang Adam Smith itu, tapi secara kenyataan memang sulit setiap kebijakan tanpa stimulus dari pemerintah. Jangan krn masalah begini, jadi meragukan kemampuan intelektual bang Andrea. Karena tiap orang punya core competency msg2, even mereka lulusan ekonomi UI. Di tempat kerjaku ada anak lulusan UI Akuntansi, krn lama di Marketing, begitu ditempatkan sbg analyst, eh, setiap kasih proposal, laporan keuangan yg disajikan ngaco, ngak nyambung antara B/S, Income statement & Cashflow. Pdhl waktu di UI sempat dikirim ke Perancis mewakili AESEC. Ini mungkin bukan salah UI nya, ya krn itu, tnyata begitu kerja, jago & minatnya di Marketing.

    Bagi aku pribadi, Bang Andrea menjadi salah satu inspirasi terbesar bhw someday aku bisa berkarya yang bisa memberikan kontribusi byk buat masyarakat secara langsung. Dan aku ingin sekali punya pribadi dg rasa sosial yg tinggi (waktu kejadian Aceh, aku cuma bisa menangis dan ngumpulin tabungan buat disumbangkan, tidak ada keberanian sedikitpun utk dtg lsg membantu & menyelami penderitaan mrk).

    Kalau soal semangat, aku org yg py semangat besar di bidang kerja maupun akademis. Malah kadang2 harus di-rem, he..he..Dg kerjaan sekrg aku sudah menjelajah mpe Eropa, yg terjauh sampai ke Moscow. Tapi tetep py keinginan besar sekolah di Eropa. Tolong kasih info donk, temen papabonbon yg ikut sandwich program itu pilih Univ apa? beasiswanya apa? Stuned juga? Kayaknya menarik sekali.
    Ntar klo dah dpt Stuned mungkin bisa tau sec. jelas soal program yg pernah diambil Bang Andrea, he..he….

  176. Papabonbon ???

    Kenapa orang-orang di milis ini jadi pada senewen menghadapi kedunguan orang ber-nick gak bermutu begitu ???.

    Sudahlah, daripada meributkan orang berotak tumpul dan tipe manusia “kebanyakan” rakyat Indonesia yang selalu mencari sisi negatif dari setiap ide maju yang mendobrak tradisi dan terlihat “lain” dari karya lainya.

    Orang tipe itu hanya bisa menjelekkan, menjatuhkan, dan niatnya hanya satu, tiada lain dan tiada bukan adalah “Mencari Sensasi dibalik Ketenaran Seseorang tanpa mampu menunjukkan kemampuan dangkal diri sendiri”.

    Yah, jadi ya wajar-wajar saja lah, walaupun Indonesia bukan negara Liberal macam Amerika, tapi kehadiran orang rendahan macam ini cukup menambah warna baru dunia budaya Indonesia, dan orang itu merupakan kombinasi apik dari kedunguan dan kepicikan berpikir.

    Apalagi, papabonbon ini cukup terlihat ‘pintar’ memainkan sejarah dan istilah-istilah asing pada buku tulisan Andrea, walaupun tipe orang ‘hebat’ macam ini jika benar-benar diminta untuk berdebat terbuka dengan orang yang ingin dijatuhkanya, tiada ragu lagi, ia akan berkelit dan menunjukkan sikap “Lari Mundur Sebelum berperang”. Niatnya sih, supaya tidak kelihatan “punggung” lambang kekalahan, tapi jika diperhatikan kembali lebih dalam, justru malah terlihat ‘aneh plus dungu’ buangeeet ! (ehehe… becanda kok !).

    Jadi, jangan aneh melihat ‘fenomena’ orang macam ini dinegeri yang kita cintai ini, sebab begitulah “kebanyakan” tipe orang Indonesia, dan orang ini salah satu yang “paling” diantara orang-orang kebanyakan itu.

    Yah, itulah kenyataanya.

  177. AsLm ….

    Huaaaaa…. Andreeea >>>>

    aKu ingin bertemu denganmu …
    hahahhahahhahahaaa…..

    pokoknya abis baca buku2nya …
    aku Lebih menghargai hidup …
    i wanna change d worLD …
    hahaha …
    hiperboLaaaa..
    yang jeLas saLuuuut buat aNdreeea …

    maw dong,,, yang punya akses bwt kenal Andrea … ????

    WaSLm ….

  178. aslm

    v dah baca ke-3 buku andrea hirata. smuanya bagus! critanya sedih, lucu, dan qta diajak jalan2 k tempat2 yang belum pernah dijajaki. kaka sepupuku yang dah menikah dan punya anak dia rela mencuri-curi waktu dan katanya “sedikit menerlantarkan anak+suami” buat baca buku2nya andrea hirata. ditunggu maryamah karpov nya!

  179. karya andrea hirata semuanya membuat aku membayangkan betapa sempurna pengalaman yang telah dijalani andrea hirata. semua karyanya membuat aku tergila-gila. kutunggu karya-karyamu berikutnya

  180. mw baCa nOveL y9 perfEct?!!

    keSempurnaan itU relatiF di mata setiaP oran9 ban9..!

    juStru ketidaKsempurnaaN di maTa anda,
    biSa terliHAt s9t indaH buaT or9 laiN..

    anyway..
    braVo buaT ANDREA HIRATA..
    kRn udah memberikan suntikan seman9at luar biaSA kpd byK pembaCanya.. (termasuk saya)
    braVo!!

  181. assalamu’alaikum….
    waduh.. telat dikit nich….
    hmm…. andrea hirata. jatuh cinta ni aku.
    he..he….
    udah ada yang punya blum ya….?????

    papabonbon kog ga’ muncul lagi stelah banyak comment, knm???

    ke3 novel andrea bner2 spektakuler,,,, hmmmm sampai beruaang… upss berulang kalee aku baca.

    mimpi. smua memang berawal dari mimpi.

    sperti kata, sapa ya….???
    ” Kerjakan Apa yang kamu tulis, Tulislah apa yang Telah Kamu Kerjakan, coz Jeleknya Tulisan Itu lebih Baik dari Pada indah Tapi Hanya Sebuah Mimpi”

    he.he…. kata Gus lutfi.

    sukses buat semua.
    wassalam

  182. Setuju dengan apresiasi Papabonbon!

    Permainan kata-kata novel ini memang layak diacungi jempol: berkelok-kelok indah, menghentak di luar dugaan dan tentu saja … menginspirasi. Sulit kita menemukan cara bertutur indah semacam ini di dalam karya sastra berbahasa Indonesia.

    Namun demikian, pengetahuan ekonomi si pengarang terlihat dangkal. Dia memang jago mengaitkan fakta yang satu dengan yang lain dengan menggunakan untaian kata-kata indahnya sehingga terbangun jalan cerita hebat. Tapi, fakta yang dia coba kait-kaitkan itu tidak sepenuhnya benar.

    Meskipun ini hanya sebuah novel, tidak ada salahnya kalau fakta atau keterkaitan fakta itu diverifikasi kebenarannya terlebih dahulu (lihat The Da Vinci Code yang begitu jeli dan tanpa cacat menguraikan pemandangan dan liku-liku jalanan kota Paris misalnya). Contoh, plot pertaruangan ideologi antara Keynes, monetarist, dan Adam Smith terkesan ngawur. Ini memalukan jika dilihat dari fakta bahwa si Ikal adalah mahasiswa jurusan economics science di Sorbonne. Contoh lain, Universite de Paris itu tidak ada. Ini penyebutan yang salah dari Universite Paris 1 Pantheon-Sorbonne. Sekedar info, universitas-universitas di Paris dibedakan penyebutannya berdasar bidang studi dengan menambahkan penyebutan angka serta nama di belakangnya. Jika si Ikal belajar ilmu ekonomi (?) maka dia akan terdaftar di Universite Paris 1 Pantheon-Sorbonne almamater suci itu), jika bidang studinya bahasa atau kajian literatur maka dia akan berada di Universite Paris IV Sorbonne-Nouvelle.

    Hal lain, penggambaran karakter dan watak teman-teman sekelas Ikal berdasarkan suku bangsa yang dilakukan di satu atau dua bab dalam novel Edensor ini, berbau rasialisme serta justifikasi sempit dan kurang fundamental. Saya menangkap ada perasaan inferior tak pada tempatnya yang ditunjukkan oleh si Ikal di hadapan teman-teman dia dari berbagai bangsa. Penempelan stiker bahwa orang Amerika itu selalu bawel dan suka nyerocos dan hobi mendikte itu tidak selamanya benar. Ini khas cara berpikir inferior yang marak dijumpai penduduk negara dunia ketiga. Bah!

    Teruslah mengkritik Papabonbon!

  183. Hal lain, penggambaran karakter dan watak teman-teman sekelas Ikal berdasarkan suku bangsa yang dilakukan di satu atau dua bab dalam novel Edensor ini, berbau rasialisme serta justifikasi sempit dan kurang fundamental. Saya menangkap ada perasaan inferior tak pada tempatnya yang ditunjukkan oleh si Ikal di hadapan teman-teman dia dari berbagai bangsa. Penempelan stiker bahwa orang Amerika itu selalu bawel dan suka nyerocos dan hobi mendikte itu tidak selamanya benar. Ini khas cara berpikir inferior yang marak dijumpai penduduk negara dunia ketiga. Bah!

    wakakakak.. jadi anda penduduk dunia keberapa ya??!!

  184. buku yang permana belom habis nih…baru habis 1/4 halaman. bahasanya yang puitis membuat otak ini bekerja dua kali untuk mencerna kata-katanya Andrea Hirata hehhe……

  185. buku “permana”? judul baru yak?
    ksian de loe, masak seperempat halaman aja pake otak? lagian bukannya hal. awal LP itu emang cuma 1/2 hal? berarti buat baca 3/4 baris itu eloe harus berjuang doung??
    selamat berjuang ye bro! pelan2 bacanya… dieja aja biar mudah.. hehehh..

  186. hidayati erifah ini cara komentarnya sinis banget. :) seperti anak gak pernah sekolah.

    @ untuk masalah cara berpikir inferior. jelas jelas andrea memang memposisikan diri dalam posisi stereotip. rifa salah komen, karena pertanyaan baliknya gak kena kepada keberatan yang diajukan maxime Combes.

    @ untuk masalah cara orang membaca. kalau ada yang capek dengan gaya tulisan puitis memangnya kenapa ? si sonny gak boleh mengekspresikan dirinya ? emang kamu siapanya andrea ? sampai cara orang mengapresiasi karya andrea kamu pelototi satu persatu, dan disalah salahkan semua.

  187. Melihat, mendengar dan merasakan imajinasi mengalir bagai anak sungai yang mata air pengetahuan takkan habis… segar, menyenangkan, mengharukan itulah yang kutangkap setelah membaca petualangan andrea tentang hidup…
    Bicara tentang sastra berarti bicara tentang makna dan esensi
    yang ada di cerita, menurutqu bukan masalah teknis yang mendasari karya sastra itu dibuat…
    Sedikit mirip Filmbuehne am Steinplatz karya anak negeri yang bernama rizky tetapi di edensor kaya akan pesan moral dan inspiratif sehingga aku berharap akan banyak muncul sastrawan muda atau andrea baru dengan realisme yang riang tuk melawan karya2 yang cenderung materialis, hedonis dan semau gue yang beredar saat ini….
    Salut tuk Andrea… kamu menginspirasiqu tuk berbuat demi mimpi bukan menyesali keadaan yang ada sekarang ini..

    Nb : Tolak kenaikan BBM..!!!

  188. Maxime Combes,

    “Hal lain, penggambaran karakter dan watak teman-teman sekelas Ikal berdasarkan suku bangsa yang dilakukan di satu atau dua bab dalam novel Edensor ini, berbau rasialisme serta justifikasi sempit dan kurang fundamental. Saya menangkap ada perasaan inferior tak pada tempatnya yang ditunjukkan oleh si Ikal di hadapan teman-teman dia dari berbagai bangsa. Penempelan stiker bahwa orang Amerika itu selalu bawel dan suka nyerocos dan hobi mendikte itu tidak selamanya benar. Ini khas cara berpikir inferior yang marak dijumpai penduduk negara dunia ketiga. Bah!”

    Seperti inilah sudut pandang seseorang yang minim rasa humor :(

  189. andrea hirata ok bngt,,,
    saya g suka dng orang-orang yang berani mengkritik tapi g ada buktinya apalagi ditambah dia g pinter-pinter amat mestinya orang seperti itu harusnya ngaca dulu he,,,
    bwt fansnya andrea hirata bravo,,,
    bwt orang-orang yang sok…..bertobatlah ha,,ha,,ha,,

  190. aku kira memposisikan satu tulisan ini saja, buat mengkritik karya andrea, sangatlah tepat. karena :

    1. publishernya andrea tidak mengakui keberadaan blog, artikel ataupun web pengagum/fans club andrea sendiri.

    berikut ini diambil dari : http://sastrabelitong.multiply.com/journal/item/22/Himbauan_dari_Manajemenku

    Selain itu kami juga ingin menginfromasikan bahwa banyak nama domain, alamat e-mail, atau blog yang seakan-akan berhubungan dengan Andrea Hirata, karya-karyanya, atau manajemennya Renjana Organizer. Perlu kami informasikan bahwa media komunikasi dengan Andrea Hirata maupun manajemennya hanya melalui http://www.sastrabelitong.mulltiply.com dan http://www.renjanaorganizer.multiply.com atau e-mail renjanaorganizer@yahoo.com

    Dengan itikad baik, secara moril kami menghimbau agar pihak-pihak yang bermaksud memanfaatkan perhatian publik yang besar pada Tetralogi Laskar Pelangi dapat menghentikan tindakannya

    2. blog andrea sendiri dengan alasan yang kurang jelas menutup bagian komentarnya, akibatnya para fans andrea kesulitan mencari tempat berkomentar, berkeluh kesah, dan mengekspresikan sukacitanya di tempat yang seharusnya.

    3. akibatnya, banyak andreanis yang benar benar cinta mati sama andrea, numpang pipis di sini. kasih sedikit dua kata makian saat tahu tulisan di sini mengkritik karya andrea.

    4. andreanis yang lebih terdidik dan bagus cara berpikirnya, mengekspresikan dalam bentuk puja sastra pada kang andrea. sebagian lagi malah ikut ikut mengirim kritik.

    weleh weleh weleh …

  191. Dari ketiga novel yg udh terbit, aq plg suka edensor !!!
    cz ksh2nya penuh kejutan.. jadi pengen ngerasain sari pati hidup juga nih…

  192. Edensor…

    buku yang baguuuuss banget…
    keren…
    bikin gw nangis karena Andrea Hiratanya jago banget ngdeskripsikan setiap tokohnya, setiap kejadian…

    i’m lovin it !!!
    suer dech…

    Andrea Hirata…
    two tumbs up yach…

  193. senyum2 baca koment di sini..
    papabonbon kayaknya dari sekian banyak tulisanmu..
    hanya bagian ini yg paling buanyak di kunjungi yahh..
    yg ngisi koment di sini pasti dapet alamat blog ini dari google yahh..
    niat banget cari info tentang andrea yahh…

  194. setuju ma rino nih. pas lagi iseng cari “apa kata dunia” ttg andrea hirata..eh nyangkut ke blog ini.
    terlepas dari semua kekurangan penulis dalam karya maupun kehidupan pribadinya, mengapa kita tidak sepakat bahwa novel – novelnya ikal membuat pendidikan indonesia menjadi lebih diperhatikan… :)

  195. guest booknya andrea kan udah di hide..( DIA BOSEN SAMA ULAH FANSNYA YANG MAKIN MENGGILA KALI) oleh karna itu blognya papabonbon jadi tempat pelarian orang2…
    yang masuk dalam kategori….

    senang, kagum, takjub, bahkan PATAH HATI(kasian dehh..) terhadap seorang ANDREA HIRATA….he he he he…

    papabonbon judul blog ini di ganti aja jadi..
    CURAHAN HATI PENGGEMAR ANDREA HIRATA..

  196. hei buat fans2 andrea…biar lngkep info ttg andrea…slama ini khan kita hnya tau tgl lahirny aj…taunny sllu aj diumpetin…nah, klo emng bnr kisah di LP adlh ttg kehidupan ny Si Mas Andrea….saya brani nebak tahun klahiran dia itu 1967…so, skrg umurny dah masuk 41 tahun…saya brani taruhan tuh…di LP itu jls tertera inisial ato tanda tahun kelahiranny andrea..tp hnya sebagian org aj yg NGEH!!!KLO KTEMU ANDREA…TNYA AJ KEBENARANNY….99%…

  197. Wah a faboulous, amazing, incredible book Laskar Pelangi, Sang Pemimipi & Edensor kayaknya aq jatuh cinta beneran sama Andrea Hirata niy, pengen minta tanda tangan, foto bareng malah hal yg tergila pengen “married” sm dia klo msh single :)
    tutur bahasanya santun, agamais, membumi banyak banget deh pujiannya, kira-kira ada email or friendster or apa aj deh supaya bisa komunikasi sama Mr. Hirata kasih tau dunkss
    Oh iya buku Maryamah Karpovnya kpn keluar koq di Gramedia blum ada ya, trus kira-kira ktemu ga ya sama A Ling ….

  198. siiip bgt….,tata bhs yg top markotop,om andrea…ak bc yg judulny sang pemimpi….kudu berulang-ulang,cz bahasany puits bangt alias sukar kalo gx pake kamus xixixixixixixi…..,sukses truz om….

  199. Specially for Om Andrea, buku2nya bukan hanya sebuah novel tetapi pembangun “spirit” untuk bangkit. Bangsa kita sedang mengalami kondisi yang serupa dengan kondisi Om Andrea saat hampir mati kedinginan di Prancis, saat berjuang untuk tetap mempersembahkan kursi deretan depan untuk Ayahandanya dalam keadaan harus hidup dari jadi kuli (penuh keterbatasan). Bangkit dan terus berjuang,..

    teruslah berharap, bermimpi dan melakukan yang terbaik untuk bangsa ini,….

    …Karena, tanpa mimpi dan harapan orang-orang seperti kita akan mati,….. Thanks for Om Arai untuk motivasinya….

  200. Oh ya, hampir lupa…

    Untuk semua Novelnya Om Andrea kubeli dengan uang kumpulan hasil memanfaatkan sampah di lingkungan sekitar tempat tinggalku, dan setelah kubaca sekarang bukunya ku titip di Taman Baca Anak di KampoengKu,

    Nah sekarang untuk edisi ke-4, Maryamah Karpov, kapan saya harus ngumpul sampah lagi?

  201. “Buku ini, Edensor, memuaskan saya. Lebih baik kualitasnya dibandingkan buku LP. Meskipun energinya nampak lebih besar di Laskar Pelangi. Great Andrea, kita menantikan bedah bukunya bersama Penerbit Bentang di Surabaya. Siapa tahu jadi rejeki papabonbon untuk dapat seri seri buku gratisan lagi. Seperti waktu di perpus Depdiknas/British council dengan Laskar Pelangi dulu. hohohoho .. Ngarep.”

    edensor justru buku yg paling parah dari ke-3 bukunya yg sudah terbit. saya cenderung menempatkan laskar pelangi, sang pemimpi pada urutan 1 dan 2. ya, urut seperti penerbitan.

    laskar pelangi lebih kaya metafora. tidak ada masalah samasekali dng kronologis. sekalipun buku memoar, buku tsb tidak dimaksudkan sbg sebuah buku catatan sejarah. sebagai pengalaman batin. b uku itu sempurna

  202. Aku juga udah baca semua bukunya, lagi nunggu yang terakhir. Bagus kok…bagus banget. Papabonbon juga penulis ya? atau pengamat sastra? boleh tau kan? Atau jangan jangan teman baiknya Andrea Hirata?

  203. mas andrea, sebenernya ada berapa jenis orang gila sih? Kalo orang-orang pada berantem gak jelas gara-gara beda pendapat di blog ini termasuk tipe gila nomer berapa yach? *kabur*

  204. Semakin tinggi pohon semakin kencang angin menerpa…Han!!!
    No 13 udah ada belom mas Andrea….???!!
    Hi….hi…becanda lho!!!

  205. Papabonbon, terimalah kenyataan kalau andrea hirata didalam benak para pengemarnya sedang bertransformasi menjadi seorang Messiah hehe (mesianisme dan mileniarisme masih mendapat tempat ternyata). Minimal mesiah buat jiwa-jiwa yang kehilangan arti dan fungsi hidup. Layaknya mesiah, kritik hanya akan membakar gelora fanatisme, apalagi kritik dari orang yang ga setara, dari orang yang mungkin belum pernah berada dalam kondisi yang relatif sama dengan sang mesiah. Papabonbon, pernah baca novel Age of Reason nya Sartre ga? atau Executive Order, Tom Clancy? kalau dalam pandangan saya kedua novel itu alurnya mirip dengan alur Laskar Pelangi, ga runtut memang tapi disitulah kekuatannya, para pengarang itu pengen kita membangun pemahaman tematik yang holistis mengingat banyaknya pihak yang menjadi elemen pembangun novel itu. 2. Masalah banyaknya detail tentang lanskap cerita, kalau saya memandang itu juga sebuah kekuatan dari novel ini, karena seseorang yang dikatakan hidupnya bermakna dalam versi Victor Frankl, adalah orang yang sadar dengan eksistensi dirinya sekaligus sadar dengan lingkungan yang memberi defenisi pada eksistensinya. jadi dalam telaah psikologi amatiran saya, deskripsi yang detai tentang setting alam ataupun tokoh dari LP adalah bagian integral yang ga mungkin ditinggalin, coz kalau ditinggalin atau dibikin sederhana malah jadi kayak tenliit yang sempit secara paradigmatik plus bulshit secara spirit. 3. Masalah orisinalitas mungkin memang bisa diperdebatkan. Ada beberapa novel yang hampir mirip dalam beberapa segi. Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk dari sisi tema dan cara penjabaran alam. Pada Sebuah Kapal, dari segi pergantian penutur.
    Tapi walau begitu tetap saja Andrea Hirata the Best lah, teapt saja dia seniman kata-kata.

  206. oh iya papibonbon, sekadar info aja nih, saya mulai membaca novel dari kelas dua sd, novel yang pertama saya baca “Tenggelammnya Kapal van Der Wijk”.Selama SD saya sudah menyelesaikan beberapa novel karya pujangga lama dan baru, antara lain
    1. Salah Asuhan
    2. Siti Nurbaya
    3. Robohnya surau kami
    4. Sengsara membawa nikmat
    5. Anak perawan disarang penyamun
    6. Saijah dan Adinda
    7. Harimau-harimau
    8. Dibawah Lindungan Ka,bah
    9. Pada sebuah kapal
    10. Namaku hiroko
    11. Padang Ilalang dibelakang rumahku
    Masih ada beberapa yang lain tapi saya lupa

    waktu SMP saya ga baca novel apapun karena keseringan baca Stensilan ma nonton Bokep

    waktu SMA novel yang saya baca
    1. Rata-rata ngulangin yang udah saya baca waktu SD

    waktu kuliah novel yang saya baca
    1. Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk
    2. Tetralogi Pulau Buru Pramoedya A.T
    3. Taiko dan Mushahsi
    4. Age of Reason
    5. Silent Of The Lamb
    6. Hannibal
    8. Executive Order
    9. Saman
    10. Larung
    11. Trilogi Supernova
    12. Harry Potter 1-7
    13. Kampus Kabelnaya

    tanpa mengurangi rasa terimakasih dan kekaguman pada semua pengarang buku diatas, maka saya (berdasar subjektivitas saya) memilih Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor sebagai yang terbaik dan paling memberi kesan pada pribadi saya.

  207. Baca komentar yang punya blog,s ini tentang andrea hirata bikin gw punya satu kesimpulan. kalu gw ketemu yang punya blog ini gw bakalan menghajar dia, ga peduli badannya gede, anak pejabat apa orang kaya. gw heran ma orang macem ini, maunya apa sih?emang dia udah punya karya?belom punya karya aja belagu, apalagi kalau dah punya ya?jari tengah buat lu papabonbon

  208. Kl menurut gw, Novel Tetralogi Laskar Pelangi merupakan novel pembangun jiwa yang jalan ceritanya memang sangat menarik dan sosok yang berada dalam ceritanya pun patut menjadi contoh bagi pemuda2 yang ada di indonesia secara khusus.
    Meskipun alur ceritanya memang agak membingungkan, tetapi semuanya penuh sarat dan makna yang dalam sehingga dapat membuat pembacanya terhanyut dalam cerita yang penuh haru dan tantangan hidup. Kita jangan menilai suatu karya dari satu sisi tapi cobalah kita lihat dari semua sisi dan yang pasti kita harus mengambil nilai positif dari semuanya….

    Bravo Tetralogi Laskar Pelangi dan Andrea Hirata…

  209. baca komennya aja ngabisin 1 jaaaam!!!
    ck..ck..
    karya Andrea memang captivating! kalo gak gitu, ngapain orang2 capek2 bikin kritik.. terus ngapain jg harus ada yg terusik belain dia…

    tentang kehidupan Andrea: why dont we leave him alone…!!! kasih privasi doooooooooong..

    biar yg jadi milik publik adalah karya2nya saja.. give him space.. ttg apa dia lajang kek, udah kawin kek, duda kek, janda (loh?).. urusan dia kaliiii…

    marilah on track pada kritik/pembelaan terhadap karyanya, bukan pada kehidupan pribadinya..

    buat papabonbon dan kritikus yg lain: majuuu terus.. justru dari org2 spt kalianlah Andrea bener2 belajar

    buat Andrea (dan pecintanya): pantang mundur. STAY POSITIVE.

    MERDEKAAAA!!

  210. Luar biasa, Andrea begitu mahir merangkai kata… semuanya mengalir natural, kocak, ilmiah, tanpa sedikitpun mengurangi pesan yang disampaikan.

    Salut buat Andrea putra Belitong

  211. saya cuman orang awam yang gak begitu suka baca novel.tapi karena penasaran kata temen2 buagusss bangetzz,akhirnya baca juga.aduh mak,yen2 yang rocker ini nangis bo’…malu kalo Oom Slash tau…awalnya yang hidup saya terasa biasa aja-kerja shift,anak kost yang suka genjrang genjreng ra genah blas,kadang protes sama Tuhan kenapa saya gak dilahirin sebagai anak presiden-abis baca,yen2 jadi punya hasrat buat sekolah lagi.dulu gajian cuman skedar transit doank di rekening.gak pernah nabung.trus saya nabung selama 4 bulan buat kuliah.yah sapa tau tar bisa ke eropa kayak pak lik Andrea(nonton liga inggris,he he…).saya cuman pengen buktiin kalo anak seorang tukang batu juga bisa kuliah…yo po ora lik Andrea…??buku lain yang juga sangat saya sukai adalah Mushasi.rodok lali sithik2 dhing.wonk bacanya pas SD…ok deh lik Andrea,sukses terus yah…papabonbon asline pundi nggih?

  212. aku juga menerbitkan novel. tolong ntar dikomentari juga yah…
    kalau mau tau bukunya bisa lihat di Pesta buku Jakarta awal juli.
    Judulnya: Menggapai matahari, perjalanan panjang menjemput asa

  213. saluuuuuuuuuuuuuuuuuuuut abiez bwt mas Andrea hirata………….!!!!!!!!!!!!!!111
    pokoke udah masuk dalam daftar orang2 yang v kagumi dech.
    coz bacaannya tu ngasih inspirasi n bkin kita semangat kalo lagi bete…
    kapan maryamah kaorpovnya beredar mas???

  214. andrea penulis ulung. karyanya adiluhung.saya dah baca smuanya, laskar pelangi, edensor, sang pemimpi dan menunggu maria k..
    kemiskinan bukan alasan tuk pasrah pada keadaan, adalah stimulus tuk bangkit.

  215. buku karangan dari andre hirata sangat bagus kata orang-orang sih sehingga masuk dalam kualifikasi best seller……..tapi sangan di sayangkan..sama sekali saya belum pernah membaca buku tersebut sehingga saya bingung harus mengetik apa disini…seandainya buku ini di kasih gratis ke pada saya ..siapa ngak mau gitu loh…kirimkan donk ke palangkaraya…disni ndak ada bukunya plisssssssss :P

  216. i’m so attracted to andrea’s books. every piece of stories ia alive. the books drag many feeling from the bottom of heart. i’ve read laskar pelangi and going to finish sang pemimpi soon…i wander how could i get the next book coz here in malaysia, i managed to buy only the first two books…help me plezzz…

  217. Encik umie, novelnya andrea hirata itu ga bagus-bagus banget, Indonesia punya pengarang yang lebih hebat, andrea hirata kalah ama dia,bagi dia karya andrea itu ga ada apa-apanya, tapi orang ini ga mau namanya diketahui banyak orang karena di katanya low profile, jadi kita cuma tahu nome de plumnya aja, nama pena dia :Papabonbon

  218. i’m interested in reading precious wriitten works from any writers.andrea’s books are juz the first. maybe u guys there can listed some other interesting writers and book so i could try to find them from the bookstores…thanx a lot 4ur info,vicky : )

  219. Baca Edensor bikin ogut jadi edan, jadi pengen baca terus, berhayal,and bikin ogut berani punya mimpi kaya andrea. salut banget buat Andrea,kalo di pikir pakai logika ga mungkin banget khan keliling 40 negara lebih cuma modal nekat, and bagian yg paling gua suka adalah dimana setiap perkataan Andrea, sumpahnya, kebenciannya terhadap sesuatu itu bakal terjadi di waktu yg akan datang.Tapi ada satu hal yg bikin ogut sedih, sampai saat ni ogut belum baca buku yg terakhir alias Maryamah karpov, udah keliling semua toko buku, kok ga ada ya???? bingung nich mau cari dimana lagi . semua Gramedia, Gunung Agung , ampe ogut nyari di Senen (Kwitang) juga kaga ada, Bantu nyari dong.

  220. Encik umi tolong bilangin sama orang malaysia, andrea hirata jangan dinaturalisasi jadi warga negara encik, jangan sampai nasibnya kayak sipadan dan ligitan :) hehehe

  221. jadi g takut bermimpi untuk sesuatu yg sempurna tentang masa depan,memandang kesulitan jd lbh mudah,indah dan perlu….aku kena sindirannya nich so thanks a lot ikal, I think…..in love with U!!!!

  222. andrea Hirata??? gokil banget!! secara lantang dia bisa menulis sesuatu yang bener2 inspiratif banget. dan yang paling gue suka adalah setelah baca buku LP dan Sang pemimpi, gue jadi lebih banyak tau tentang filosofi, legenda, cerita-cerita, ilmu pengetahuan yang sebelumnya gak gue tahu…bahkan glosarium yang dia kasih gue baca juga ampe abis. paling tidak ada sisi yang sangat positif yang bisa gue petik sebagai pembaca

    gue suka gaya bicaranya yang genius tapi merakyat banget. dan gue ngerasain banget gimana kehidupan orang-orang di belitung karna bokap gue orang belitung.

    cintanya pada A ling sangat mengesankan. hanya dengan melihat kuku manis Aling, Ikal jatuh hati.
    gue suka gaya penulisan yang bikin merinding, sedih kocak campur jadi satu.

  223. Dear puan umie,

    Kami bangga ternyata hasil karya anak bangsa Indonesia sangat diminati di Malaysia. Semoga buku-buku Andrea Hirata dapat membawa persahabatan Indonesia & Malaysia menjadi semakin erat.

    Peace, Love & Respect
    -saujana-

  224. yang EDENSOR sich saya belom baca, tapi saya yakin bnget klo isinya pasti bagus sprti 2 karya sebelumnya, dan yang pasti banyak banget pelajaran tentang kehidupan yang bakal kita dapet dari situ. thanks bwt bang ANDREA HIRATA yang da bikin tetralogi ni

  225. alhamdulillah…
    edensor telah saya perolehi dr sebuah toko buku.
    baru membaca beberapa helaian kerana kesibukan tugas mengajar…very excited to finish it up ….thanx to u all…

  226. magic..buat saya kata2 andrea benar2 menyihir…sampai pengen banget ngerasain keadaan saat itu….anak kampung muhammadiyah yang super brilian…

  227. di sini khusus ngobrolin tentang andrea hirata ya?? Klo mo tanya-tanya soal papabonbon bisa? Papa dah punya istri belon?

  228. aku dah baca laskar pelangi sama sang pemimpi…kemana sih lintang,pengin ketemu..penasaran aja..mas andrea aku dah 8x baca laskar pelangi…top abiz bahasanya

  229. alhamdulillah…
    saya sudah memiliki edensor dan sempurna membaca keseluruhan novel….
    everythg is positive…like it very much…
    waiting for maryamah karpov ..

  230. Umie,
    May I know at which bookstore you managed to find andrea’s books? I’ve been looking for the 2-4th books everywhere….

  231. he….. tdi aq salah tempat komen,aq ulang lg
    cntaqu pada andrea sprti jimbron ma kuda, seperti arai ke nurmala,paraaaaah

  232. dear jie…
    umie is in Malaysia…so, MPH bookstore helps me a lot to get the third novel of andrea’s…
    the first and the second were bought from KL books festival early this year.maryamah karpov is still not around…still waiting…

  233. Sama pendapatnya dengan beberapa teman, Laskar Pelangi, Sang Pemimpi dan Edensor adalah Novel Terbaik diantara Novel2 yang pernah saya baca… Apapun !!!

    Pastinya kritik pun diperlukan untuk menjadi seorang penulis besar, maju terus bang Andrea…

  234. ya bener..
    meskipun ada kekurangan..
    tetep aja gak ngurangin kekaguman saya dengan dia…

    great!!
    Inspiring!!!

    eh,beneran..
    a ling udah ketemu?
    Punya butik?

    mau tau….

  235. friend! membaca dan membaca adalah ilmu yang tidak ada habisnya………….
    dimanapun tempatnya adalah guru maka janganlah kamu menyianyiakan untuk belajar.

  236. friend! membaca dan membaca adalah ilmu yang tidak ada habisnya………….
    dimanapun tempatnya adalah guru maka jangan kamu sia-siakan untuk belajar. ANDREA HIRATA BEST OF THE BEST

  237. top abiz lah buku x,,gw selaku anak propinsi BABEL sangat bangga ada yg keren abiz sperti maz andrea hirata

  238. Aku seeh ga peduli dengan segala aturan sastranya yang penting nilai kehidupanya belajar dari pengalamannya, pokoknya TOP BGT deh laskar pelangi…..! and buku yang lainnya ….. belum baca diing !
    tapi pasti dibaca deh !

  239. Aww.

    2 thumbs up for your creation Andrea!!! Seharusnya setiap muslim berjiwa & berlaku sepertimu, Insya Allah dunia akhirat selamat. Amien. :-)

    Awal terbitnya bukumu ( novel??? mmm…… buku saja! ) “Laskar Pelangi” Indonesia geger, kampus heboh, kantor ramai. Saya sebagai reader maniac betul2 terpancing untuk segera melalap karyamu, tapi aq tunggu hingga buku itu terbit semua, ada pameran buku (pasti diskon lumayan toh!), BARU BACA. Eh…….gak tahan, buku ketiga terbit, ada pameran buku, borong, lalap habis. Gak tahan nunggu sampai Maryamah Korpov lahir.

    SALUT!!! Tipikal hidup anak pedesaan Indonesia sekali, BEDANYA…..Ikal & Arai adalah sedikit dari para pejuang tangguh pelosok pulau Indonesia.

    Selamat bersibuk ria selebritis, doa kami buat kebaikan ibu Andrea yang sedang dalam perawatan intensif, juga salam hormat buat ayah Andrea yang super pendiam (mewakili karakter ayah Indonesia – like my army daddy who has already passed away.)

    Www.

  240. Wktu ngebca LP aQ smpt SYOK!!!! Gara2 Om Andrea_X nulis “Aku mengutuki orang-orang bodoh sok pintar yang menyombongkan diri, dan anak-anak orang kaya yang menyia-nyiakan pendidikan”.. Astagfirullah.. Saat itu juga, aQ sadar aQ t’masuk ke dalam golongan org2 g’ tau diuntung itu!!!!
    Makasih Om..
    AQ yakin melalui tulisan Om Andrealah hidayah Allah bisa tersampaikan dan mulai merasuki nurani_Q.. Skrg, aQ bener2 akn MEMANFAATKAN semua ksmptan emas untuk meneguk sejuk_X ilmu pendidikan dalam kehidupan_Q..

    Om, telor2 inspirasi selanjut_X dari Maryamah Karpov masih_Q nanti loch ^_^!!!!

  241. SALAM KENAL PARA ANDREANIS!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    ‘N CHAYO TRUZZ BWT OM ANDREA!!!!!!!!!!!!!!!!!
    KRITIK MENJATUHKAN DARI ORG2 G’ PENTING G’ USAH DIDENGERIN!!!! BAGI KAMI (ANDREANIS) OM TTP THE BEST,
    Pokok_X….
    TTTTTTTTOOOOOOOOOOPPPPPPPPPPPPP BBBBBBBBGGGGGGGGGTTTTTTTTTTT DDDDDDDDDAAAAAAAHHHHHHHHHHHHHHH ^O^!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  242. Exited,
    baru kali ini aku ikut nimbrung site-nya penggemar Andrea,atau lebih dikenal andreanis.
    Terbukti kalau Andrea dan karyanya mempengaruhi banyak orang

    Kebetulan sekali saya sudah mengikuti banyak training atas kebutuhan tempat saya bekerja,baik diluar maupun di Indonesia.yang semuanya itu bertujuan supaya saya bekerja lebih baik,self motivated,effective,accurate,focus and so on…

    Dengan tidak mengesampingkan hasil yang saya dapat dari semua materi training yang saya dapat,saya bisa mengatakan bahwa karya2X Andrea mengalahkan semua yang saya dapat dari training2X tersebut.

    Saya sudah membaca LP dan tertralogy-nya minus MK.
    Bagi saya semuanya suatu karya yang elegan,educated,inspired,motivated dan banyak lagi goodmark yang layak dia dapat.

    Thanks Andrea…

    R’
    A.

  243. setelah membaca edensor gw jadi pengen keliling dunia without money… if andrea hirata can do that, why i am not… you give me more inspiration to arround the world..
    thanks so much…. i am waiting your next book…

  244. membaca novel Edensor adalah sebuah penyegaran dan motivasi yang sangat inspiratif..

    terima kasih Andrea Hirata, yang telah membnagkitkan semangat saya untuk terus berusaha dalam meraih mimpi2 saya..

  245. hi guys..
    how’s there? superb andreanis…semakin ramai yang membaca novel2 andrea.syabas..
    shouldn’t be regret to having the novels coz they’ll inspired and motivated us so much in living our live…sangat kangen menanti kelahiran maryamah karpov…bila ya, mau terbit?

  246. semoga karya hebat ini akan memberikan kekuatan dan inspirasi untuk bangsa yang baru terpuruk ini.Semoga kecermelangan ini akan selalu muncul dari andrea andrea yang lain…kita tunggu…

  247. Mari mulai dari diri sendiri…berbuat yang terbaik..sekecil apapun inspirasi itu..
    BERBUAT KECIL ( SEDERHANA ) BERBUAH BESAR…….

  248. Rangkaian kata2 yang “motivated”.. Hidup adalah sebuah karya sastra..Ikal berhasil menginterpretasikan jalan hidupnya dalam sebuah buku yang saya yakin akan menjadi investasi syurga yang hebat..Salam untuk Andrea Hirata…

  249. Thanks bwt tetralogy’y (mskipun bru ada smpe edensor)….. motivated n inspired banget, gw jadi pengen ktemu sma arai yang udah ngasih kekuatan buat gw untuk bermimpi n gak pantang menyerah…. bang ikal di tunggu bku2 yang lain’y….. buat andreanis lam kenal ya…
    TERUSLAH BERMIMPI KARNA TUHAN AKAN MEMELUK MIMPI-MIMPI KITA!!!

  250. hebat maemang membuat orang menjadi terharu akan meNCARI apa yang dia inginkan dengan keadaan yang pas2an.mAJU TERUS ANDREA HIRATA

  251. mas andrea..

    gmn ya cr hub mas? blh mnt no cp ny ga? ada yang taw?? tlg hub q 085228122649 ajeng dari BEM KM UGM,

    mu adain ospek UGM namanya PMB FIESTA 2008 tgl 24 agustus 2008

    kiranya andrea hirata berkenan menjadi pengisi acara.

    thx b4.

  252. Novel-novel andrea benar-benar menyentuh jiwa. Ruaarr biasa…
    Membacanya seakan-akan dibawa ke dimensi lain yang penuh dengan sarat makna
    proses pencarian sari pati hidup oleh andrea benar-benar membuka mata tentang betapa berartinya hidup jika kita bisa menjalaninya dengan penuh perjuangan.
    Klo bisa hirata san ini terus menceritakan “biografi” nya sampai saat ini bahkan kalo bisa sampai akhir hayat mu juga dibuat novel hingga seluruh mozaik-mozaik hidup mu telah utuh membentuk ganbaran hidup yang sebenarnya. Tentang manusia yang bersyukur dan menghargai hidup.
    Selamat Hirata san (hehe..abis namanya berbau nipon sih..) udah ga sabar nih nunggu Si Maryamah di rilis…
    oya usul gimana klo suatu hari nanti Hirata san buat acara jumpa fans dengan menghadirkan seluruh tokoh-tokoh masa kecil yang ada di novel anda (Arai,Lintang,jimbron dkk) coz penasaran banget niy pgn kemal ma tokoh2nya

  253. kayaknya maryamah karpov adalah si nurmi anaknya maryamah di laskah pelangi yang meminta beras kepada ibunya ikal/ nurmi adalah seorang pemain biola berbakat namun cerita tentang nurmi tidak di ulas, kemungkinan nurmi mendapatkan orang tua asuh atau di angkat oleh seorang seniman yang membawanya ke kota dan di sekolahkan biola ( mungkin iya mungkin tidak )
    arai dan lintang dua tokoh yang paling aku kagumi, keduanya merupakan manusia pilihan namun berbeda nasib, seandainya keduanya benar ada dan masih hidup aku ingin sekali bertemu dengan mereka..
    jimbron manusia kuda, seharusnya di bawa ke mbah marijan atau ki joko bodo atau ki samber gledek kemungkinan penyakit gila kuda bisa disembuhkan dengan cara spiritual..
    trapani sayang sekali kenapa harus menjadi orang yang bermental lemah.. seandainya di tidak bermental lemah mungkin kalau di kota besar akan menjadi seorang foto mdel yang menjadi incaran kaum hawa.. puhhh.. sayang banget..
    buat papabonbon thanks…

  254. saya nggak mau komentar soal buku atau pengarangnya, sepertinya udah cukup banyak.
    Tapi, ada sesuatu yang mengganjal
    Alangkah tidak bijaksananya mengumbar nomor HP seseorang di blog yang notabene bisa dibaca semua orang.
    Terlepas dari benar tidaknya nomor itu miliknya, atau milik manajemennya, atau justru orang lain sama sekali, tentunya hal ini akan sangat mengganggu bagi pemilik HP.
    sebaiknya lain kali dipikirkan kembali dan dipilah-pilah, mana informasi yang sebaiknya disimpan sendiri, mana ayng bisa dibagi kepada semua orang.
    Terima kasih

  255. Hmm………
    Novel terasyik yang pernah gw baca and kayaknya ga pingin gtu ngelewatin kata demi kata yang begitu membius…………..
    Gw tunggu maryamah karpov nya ya??????

  256. I LOVE ANDREA HIRATA SO MUCH… Gw dah baca k3 bukunya. Bener2 bikin semangat hidup gw membuncah..U’re a good writer man!! Ga sabar nih pengen tau kelanjutan ceritanya.

  257. wah….subkhanallah..ternyata mas andrea dah mampu mendobrak generasi penulis yang berbakat di tanah air…..
    sebagai rakyat Indonesia saya merasa bangga.

  258. Bagus banget buat dibaca kalo di LP emang sempet ribet bacanya dan bener kata papabonbon, crita agak loncat2 apa lagi di SP, tapi sebenernya juga ga bikin bosen karena jadi penasaran ma flash back2nya,,kalo udah baca ke3 bukunya pasti jadi gamblang banget jalan ceritanya jadi need little bit patient…Cerita tentang Arai dan Lintang juga dikemas dalam kehidupan lain andrea bersama teman2nya di LP tapi dari situ nunjukin banget sebuah kompleksitas hidup dia, ya kaya kita pada umumnya hidup ga cuma melulu tentang cinta kan…so realistis banget n tetep optimis…inspired banget ma kata2″ kenyataan memang bikin kita pesimis”,tapi inget kata Arai “orang macam kita kalo ga punya n kejar mimpi pasti da hancur karena ga ada lagi yang kita miliki” (kurang lebih kaya gitu ya ,bukan kata2 asli)…pada dasarnya da beri aku semangat 45 untuk ga stuck!…..well tulisan andrea emang cerdas…nambah kosa kata ( maklum belajar bahasa indonesia dari SD cuma belajar Ejaan Yang Disempurnakan )hehehe…ini buku yang sangat bermanfaat banget mungkin buat kita yang lagi bimbang, putus cinta, dihimpit kesulitan, n kurang nikmatin bangku sekolah….lebih dari itu semua kisah andrea di masa kecil mungkin lebi beruntungan kisah kita.Akhir dari semuanya, buku ini bakal bagus buat yang ngrasa ngena di hati kita masing2…..well ga sabar menanti Maryamah Karpov…
    NB: ada jumpa fans ga ya…pengen ketemu ma penulisnya nih bagi2 berita dunk.

  259. Jujur ….. aku nangis waktu baca 3 novel yang udah terbit.
    Anak pegawai PT. Timah pun (walau pangkat rendah) di Belitong masih kesusahan secara ekonomi apalagi diluar itu.

    Sebagai warga pribumi diluar komunitas PT. Timah kesulitan yang digambarkan bang andrea lebih terasa. Alhamdulillah skrang seperti bang andera sudah melewati rintangan itu walaupun tidak se dramatis dalam novel.

    Salut buat bang andrea, ………..

    Salam,
    Warga Manggar di perantauan

  260. Fiuh…
    banyak banget yah komentnya.

    saran gw cm satu, jangan perdulikan alur cerita. mau maju ato mundur terserah.
    Visualisasikan yang di tulis oleh Bang andrea, maka jalan cerita kan lebih mudah merasuk kedalam hidup kita.

    Buat yang mempertanyakan masalah logika. mengelilingi eropa dengan mengamen. Anda sudah pernah jadi pengamen blom?? kalau belom silahkan coba anda jadi pengamen, biar anda bisa tahu berapa banyak yang bisa di dapatkan oleh seorang pengamen yang mempunyai suara “cukup”. Lebih besar dari pendapatan seorang PNS gol 3e. Banyak Vokalis2 kita berasal dari mengamen kok :D

    dah ah kok malah jadi ngelantur begini

  261. yang dapat aku katakan tentang andrea, setelah membaca ketiga bukunya, sungguh2 membakar motivasiku untuk semakin keras berusaha dalam mengejar impian2ku, karna aku juga seorang pemimpi. I am crazy about you andrea

  262. Mas, meskipun saya dari jurusan sastra, tapi saya belum bisa mungkin tidak bisa seperti Andrea Hirata. Kesemuanya Tetralogi Laskar Pelangi, kecuali Maria Karpov, yang katanya belum terbit, sangat inspiratif. Saya katakan, Andrea Hirata adlah the best author all the time. He will be even the best forever.

  263. Ping-balik: Ikranagara - Laskar Pelangi «

  264. Andre…keren abiz, kalo kemaren sempat favorit abiz sama eliza fitri Handayani (Area X) kayaknya harus dibagi neh…dengan Andrea. Dream comes True…asal kita percaya dan termotivasi untuk berbuat…ya to Andre?

  265. Salam Kenal untuk para AnDrEaNis…maw kirim-kiirim salam untuk Mahasiswa UNM Makassar Angk. 96 Jur. Bahasa dan Sastra Indonesia.Eni Nuraeni(jakarta), Astiana (bone), Sudarmi (bone), Kasma, darma, arfah (gowa)…oi….dimanamiko semuanya? Kangenka…..suka’jiko semua laskar pelangi toch…? buat dosenku yang tercinta…Pak IIS, pak Sudjarso Adi, Pak Salam Bu sugira wahid ..de..el…el..makasih sudah mengajarkan banyak hal tentang sastra ! Andrea…keren abiz ! yang keempat kapan terbit..gak sabar neh!

  266. Ga sabar nunggu film Laskar Pelangi kluar, lebih tepatnya nunggu Maryamah Karpov kluar, cz denger2 buku ke-4 ini baru akan keluar setelah film LP. Ya ga sih? –> bwt para Andreanis

  267. sangat2 menggugah perasaan ku… ntah knpa ketika aq sedang baca novel ini seperti ada yang menarik seluruh perasaan & jiwa ku ikut terlarut dalam novel karya andrea ini. sedih kocak semuanya tersirat dan tersurat…amat bagus !!!!

  268. woiiiiiiiiiiii semua
    die nulis begini cuma mu di bikin coment yang banyak aja
    biar terkenal gitu
    emang jaman sekarang klo mau terkenal.
    buat ja yang ga di sukain orang yang aneh-aneh gitu
    contoh
    loncat dari patung pancoran
    di jamin bakal nongol di tv-tv
    heheheh
    sekian
    ANDREA TOP-BGT hehehe

  269. Q termsuk Andreanis tauX…….
    nungguin bgt nih Maryamah KarpoVnya… luama men tow….
    eh ya…e-mail Andrea ap? pngEn komunkSi lgZg niy…ngeFans bRt m ikal…

  270. kak Andrea adalah pengarang favorite saya
    dari judulnya aja saya sudah tertarik banget
    truz pas bacanya jadi makin mau ngebaca karya-karya Andrea berikutnya
    teruslah Berkarya ya kak Andrea,,!!!!!!

  271. Ping-balik: Wishlist « All That I Can’t Leave Behind

  272. inilah susahnya kalau kita memandang suatu karya dengan kacamata kritik. Kita mencari cari apa yang bisa melemahkan atau menjatuhkan sesuatu yang udah terlanjur jadi terkenal.
    Sama seperti infotainment, yang diuber dan diekspos bukan keberhasilan seseorang, tapi lebih pada nyari nyari apa titik lemah si seseorang.
    Andrea tidak pernah menyatakan bukunya biografi, autobigrafi, kisah nyata, true story, happened in the real life atau apa lah. Jelas jelas dia menulis bahwa tetraloginya itu adalah sebuah NOVEL.
    Jadi ya terserah dia mo nulis apaan dan ngga perlu judgements untuk nyari tau apakah itu benar atau salah.
    Ada ribuan novel yang mencampur adukkan kenyataan dan imajinasi. Contoh kasus: Novel novel Tom Clancy, yang separo real separo khayal dengan tokoh tokoh real, atau novel tentang perang dunia ke II yang dengan tokoh tokoh real tapi jalur ceritanya tidak seperti kenyataan, misal ada yang bikin Hitler yang menang etc etc..

    So… nikmati aja bukunya, gunakan kacamata penikmat buku. Ngga usah berpolemik tentang sesuatu yang ngga perlu dipolemik in.

  273. belum baca Laskar Pelangi. baca Sang Pemimpi tapi KO di halaman ke 10. ngos-ngosan dengan cara bercerita Andrea yang penuh metafora, hiperbolis…. nggak kuat…

  274. bang andrea, hheee..boleh ya aq panggil abang. aq udh baca tetralogi laskar pelangi, sumpeh baru kali ini aq baca novel yang berkesan banget. apalgi laskar pelangi..tentang lintang, emang lintang bener ada bang?? kalo bener aq pngn ktm dia. biar bisa ktmu anak anakku, biar anak”ku belajar tentang semangat belajar semangat hidup dari lintang.
    soalnya anak”ku pada manja kurang ongkos dikit manyun deeh..aq sengaja beli novel itu dan mereka mau baca, doakan ya supaya anak”ku tetap semangat spt abang ga kebayang merantau tanpa dikirimin wesel dari kampung!! kalo anak”ku bisa pingsan ga dikasih uang jajan diskul.
    pokoknya novel itu benar” bikin aq bersemangat lagi melanjutkan hidup dan terus memberi semangat kpd anak”ku supaya mereka jd orang yang bersemangat, seperti LASKAR PELANGI

  275. bang andrea, dengan apa yang telah anda lakukan selama ini, anda telah menyebarkan semangat positif dalam diri pembaca novel anda, anda telah membuat pembaca novel anda berkata “aku bisa”, bahkan anda juga memberikan ide-ide baru cara belajar bahasa inggris yang efektif (yang bermanfaat untuk saya khususnya, karena saya guru bahasa inggris), saya berdoa semoga anda selalu dirahmati Allah, selalu dalam lindunganNya dan semoga kelak di akhirat kebaikan anda ini menjadi semacam amal sholih yang akan mengantarkan anda sebagai orang yang layak masuk surgaNya. amien ya robbal alamin.

  276. gw setuju oom…jika emang andrea hirata punya preferensi untuk bertutur tentang ekonomi, harusnya ia punya bekal ilmu yg cukup…jangan kek tanggung gitu..

    novel2 pop buatan amerika juga dah dari dulu bercerita tentang hal-hal yg scientifik di novelnya..baca aja novelnya michael chricton, dengan lancar ia bercerita tenatang teknologi boeing 707, tentang fisika kuantum, tentang merger perusahaan, tentang biologi molekuler, dll. Dan itu diceritakan sangat detail dan komprehensif, tapi dikemas dengan bahasa-bahasa populer dan enak dicerna oleh awam…

    bahkan komik tintin, khususnya episode ekspedisi ke bulan, juga menceritakan tentang teknologi motor nuklir yang jadi penggerak roket ke bulan…dan herge menceritakannya dengan semangat ilmiah, detail dan lancar..meskipun sadar bahwa itu memang cuma background dari main framenya yg notabene adalah fiksi

    di indonesia, trend ini pun udah lama ada kok, terutama oleh pramoedya..khususnya di novelnya Arus Balik, main storynya tentang tokoh fiksi wiranggaleng, tapi backgroundnya adalah sejarah yg diceritakan dengan detail, akurat, presisi, yg bahkan bisa membuat kagum sejarahwan…

    so, pesan untuk andrea, jika emang anda mau menyelipkan sesuatu yg ilmiah di karya fiksi anda, please be accurate, jangan hanya tempelan aja….dan please jangan ngutip-ngutip si HY, adnan oktar dan team itu sebenarnya ngga punya kualifikasi apapun di bidang biologi (si adnan hanya pernah sekolah sastra), dan apapun yg dia tulis blum pernah di experimentasikan di laboratorium, dia teriak sana-sini bercuap-cuap tentang konspirasi internasional (melibatkan presiden negara, pers, dll) untuk memenangkan teori evolusi (heheh) dan mematikan kreasionisme..
    adakah ilmuwan ‘beneran’ yg mau berdebat dengan HY (adnan dan team) ?

  277. emang sih penonton dah mulai cerdas sekarang ini (hehe) so jangan harap novel yg ditulis berdasarkan diary kehidupan sehari-hari, tanpa riset mendalam, tanpa memaparkan hal-hal mendalam dari common sense bisa laku (kecuali ayat-ayat cinta..kenapa ya? apa karena ceritanya yg islami? padahal tuh novel sebenarnya cerita cinta romantis-seksual yg kalau dilepaskan tendensi agamanya, ngga akan berpengaruh apa2 kepada main story..heheh)

  278. Duch..Papabonbon…selamat ya, gara2 tulisanmu ttg Edensor, blognya jadi terkenal, karena byk yg numpang menumpahkan hasrat disini…he..he…
    Perasaan gua dah berapa lama gitu..meninggalkan thread ini, ternyata…still this is the top post…
    Tapi ngegosipin selebritis memang asik, daripada mikirin harga2 yg terus meroket. Karya Andrea memang TOP Bgt Bosszz.., Presiden aja lebih suka nonton Laskar Pelangi dulu daripada mikirin bursa kita yg ambruk, mpe pelaku pasar deg2an…
    Mengapa sosok penulis ini jadi sangat terkenal, analisis lo bener bgt boss, karena He is a Mistery, & he keeps that way. Ntah sengaja atau ngak justru itu yg bikin dia terkenal…
    Tapi paling ngak, tanpa nunggu Maryamah Karpov, beberapa misteri sudah mulai terkuak, seperti:
    -Umur Bang Andrea sekitar 40 – 41 tahun. Di film pas karnaval, sebelum ujian, sekitar kelas 5 SD ada petunjuk tahun 1979. Ini cocok bgt dg cerita Bu Mus klo Bang Andis itu lulus dari Muhammadiyah (sekolah itu sampe SMP) dan sekolah ke Manggar (SMA) tahun 1983, info dari Kantor Pos klo Andis mengikuti pendidikan tinggi pos tahun 1986 s/d 1989, masuk extension Manajemen UI tahun 1990. Jadi Bang Andis itu lulus SMA 1986.
    – Bang Andis dah pernah nikah. Tapi bagi yg naksir berat ma dia, jangan khawatir, kemungkinan masih ada peluang, he..he…Dia nikah sebelum berangkat sekolah ke Eropa, hubungan renggang ketika balik dari Eropa dan sang istri berangkat sekolah ke Australia. Ini kata kakak temenku lho, katanya sich valid. Gw agak yakin pas dia nutup blognya, krn kata seorg teman, itu terjadi karena pada hari itu ada temen dia dari kantor pos kasih comment, terus ada yg menyinggung status pernikahannya, malamnya langsung dech blognya ditutup. Klo cuma nggossip, kenapa pula bereaksi sedramatis itu…?

    Klo Bang Andis apa adanya seperti penulis lain, mungkin penggemarnya ngak byk yg penasaran ya…dan blog Papabonbon ngak seramai ini, he..he..
    Btw, sodara-sodara…, Film Laskar Pelangi ini laku berat bosz.., bisa jadi hiburan rakyat lari dari kenyataan hidup (dan bersyukur msh ada yg sama atau lebih nelongso dibanding kita), selain film Mamma Mia yg riang gembira tentunya. Hidup Andrea…!
    Kritik buat film ini: terlalu sedich..! Ini film ttg Bu Muslimah. Cita rasanya berbeda dg novelnya, porsi kisah petualangan Laskar Pelangi lebih sedikit dibanding di novel. Ini juga filmnya Cut Mini, hebat dech dia mainnya…

    Sekarang justru yg bikin penasaran gw, mengenai keberadaan Lintang. Waktu ada rombongan etnis Tionghoa ramai2 datang ke Belitong diterima Kucai (Husaini) yg sekrg anggota DPRD Belitong Timur, dia bingung, dan tidak tau keberadaan Lintang. Agak aneh, masak anggota Laskar Pelangi yg msh tinggal di Belitong tidak tau keberadaan temannya yg begitu mengesankan?

    Btw, dah kasih commet ttg “Sang Pemimpi” belum? Ini novel yg paling gw suka dari tetralogi Laskar Pelangi..

  279. karya anda bagus
    membuka wawasan

    namun saya kurang yakin apakah semua kisah dalam novel laskar pelangi adalah rentetan kisah nyata..
    masih dipertanyakan
    jwb saja ke email sy

  280. mmmm….andrea hirata, keren bukunya..udah bawa 2, cuma endesor belum..baca resensi dari kawan2 keknya bagus.
    Alur emang rusuh, cuma semangatnya dahsyat!!!

  281. tetralogi laskar pelangi (baru 3?) dahsyat abis..dari awal baca LP, ngeliat perjuangan anak2 pedalaman dan melihat dari perspektif mereka benar2 interesting, apalagi mereka hebat2, bayangin lintang tiap hari berapa puluh kilo pulang pergi sekolah. apalagi di edensor, kebayang sulitnya dapet beasiswa dan andrea did it. apalagi cerita keliling eropanya backpacking, gilee, you have to do it guys..

    bagi saya ini bukan sekedar buku yang cuma dikomentari sastranya, ini pelajaran hidup dan pencarian mengejar mimpi2, semoga andrea sampai ke desa di puncak himalaya, do the right thing there. komen saya di edensor, masa sih tempat terbaik buat back packer itu di stasiun? :) coba itikaf di masjid deh di semua kota itu

  282. setelah baca ulasan mas bon-bon (telat) ok ok aja sih kalau beda pendapat dan menurut saya apa yang disampaikan mas bonbon okok aja (masuk akal), karena memang semua orang punya cara pandang sendiri, sebetulnya malah akan lebih menambah validitas kesuksesan buku itu jika yang mengkritik ternyata lebih sedikit daripada yang memuji. sehingga buku itu menjadi lebih berisi karena setiap orang bisa mengulasnya dengan cerdas.
    kalau dr sudut pandang saya memang ceritanya andrea dr 1-3 loncat2, makna2 yang simpel tp juga berkualitas, dan detail, tapi jelas banget arah yang dituju per cerita yang dilontarkan dibuku, kadang2 saya baca sambil nebak2, tapi menurut saya itulah kelebihan dari buku2 ini, mungkin karena kita terlalu jenuh dengan model2 baku yang selama ini dipakai para pengarang buku kali ya. kususnya diindonesia.

  283. Walaupun Laskar Pelangi 1begitu kuat isi ceritanya hingga best seller, namun saya terkagum-kagum saat membaca petualangan aray dengan ikal saat berada di negeri asing yang telah membawa mereka ke puncak petualangan yang tidak pernah mereka duga.Dan terpesonanya ikal saat benar2 berada di Edensor setelah sekian lama ia rindukan yang berada dalam buku pemberian dari A ling.Nuansa Eropa sangat melekat di buku Edensor, terutama filosof mahsyur yang terkemuka
    always get spirit to make book,Andrea Hirata
    by : your books lover

  284. Sebelumnya saya adalah bukan pecinta buku cerita, dan tak pernah mencoba tuk membacanya karena paling2 isinya ya begitu2 aja. Pada suatu saat yang benar2 BT, tidak ada tv, tidak mengantuk, tidak punya pulsa dll..dan yang ada pada saat itu hanya ada buku cerita yang dipinjam dari teman istriku yang berjudul “EDENSOR” yang belum pernah kulihat(pertama melihat terkesan aneh judulnya)…ternyata isi ceritanya mengundangku untuk terus membacanya hingga akhir, tapi kenyataan mengatakan lain bahwa buku itu telah diminta oleh sang pemilik sebelum saya menyelesaikan membacanya..sedih…karena menurut saya cerita dalam buku itu cukup menghanyutkan hingga untuk membaca 1 bab saja memerlukan waktu 1 hari karena saya juga merasa ingin ikut dalam bagian setiap bab buku itu…bagi2 info buat teman2 yang membaca email ini untuk memberi tahu lokasi bookshop yang menjual karya2 andrea hirata..thanx before and salam kenal buat andrea hirata mania…

  285. Ping-balik: Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor di Mata Tentara…(nutupin penglihatan) | Dhoni Setiawan's Madness on English, I'm Indonesian

  286. Andrea, (eh, bc ga ye die?) kok waktu sy ikutan suami nonton bareng LP, Andrea ga ada? Pdhl smua pemain film LP ada. Pilih2 ya kalo mao datang? Buat Bon Bon, kalo mau tau FEUI angkatan th brp, khan ada di sang pemimpi. th ’88 Andrea kls 1 sma kl ga slh. tamat sma krj dulu 1th baru kuliah. ngomong2 tentang buku2 Andrea, bagi yg ga suka bc. emang jd sulit mencerna. tp dr buku inilah anak sy bisa bc buku tdk bergambar (biasanya komik) dgn 500 halaman lebih.

  287. hi…hi…buat pak bon bon…jangan gitu doonk….!!!
    bagus lagi novelnya…tap mang si filmnya tak selengkap novelny, klo lengkap sampe subuh kalee….

    brapho deh buat kang ikal…maju terus pantang mundur…kang bon bon mah LEWAT!!

  288. papabonbon IRI ya? semuanya dipertanyakan. ga sekalian tanya ke yg menciptakan papabonbon knp papabonbon diberi nafas? bikin posisi terbalik dech. gmn kl papabonbon jd andrea hirata yg sprti dihakimi. udah ada yg ngatur papabonbon ga ngetop, papabonbon ga punya novel laris, dll. pake nulis cupu krn papabonbon jg ank ekonomi. peduli apa papabonbon ank mana? kl cuma mao kritik tentang sastra ga usah sampe ke situ. andrea hirata cuma sekedar panulis. ga lebih. dia jg ga menyombongkan diri. waktu di edensor aja andrea tulis dia masuk kategori mahasiswa rata2. ga pintar2 banget. tp terserah papabonbon memang. kl hasrat memojokkan orng diatas rata2 orng biasanya.

  289. subhanallah…..
    ternyata semua mungkin terjadi berkat adanya mimpi dan semangat yang sangat luar biasa. mungkin itu salah satu yang membuat saya kagum akan andrea hirata juga kecerdasannya sehingga bisa mewujudkan mimpi2 yang sempurna.
    semoga bisa terus menulis karya yang mendidik dan menginspirasi pembaca untuk bisa maju..
    salam rahma

  290. Dengan tidak mengecilkan hasil karya yang telah ditulis, Sdr. Hirata perlu melakukan koreksi dalam buku “EDENSOR” mengenai posisi Adam Smith (klasik), Monteris (neo klasik), dan Keynes(Kenyesian)

    1) Kaum Monetarist (sering disebut neo-klasik) tidak berada dalam satu kubu dengan Keynesian
    2) Kaum Monetarist (neo klasik) merupakan penerus teori teori dasar Adam Smith (dan kelompok ekonom klasik)
    3) Pertentangan terjadi adalah antara kubu Keynesian melawan Kubu Monetarist(Neo Klasik)

    4) Adam Smith dengan “invicible hand” nya mengacu pada mekanisme otomatis dimana pasar akan menyesuaikan diri. Hal tersebut kemudian dikembangkan oleh kaum montarist (Friedman, dll) dengan menjelaskan bahwa penyesuaian otomatis tersebut didorong oleh variabel moneter (harga, upah, gaji) yang bergerak bebas untuk membentuk ekuilibrium baru. Implikasinya: tidak dibutuhkan campur tangan pemerintah untuk mengatur pasar dan ekonomi (= leizes faire). Campur tangan pemerintah dengan kebijakan fiskal akan memperburuk kondisi dan tidak efisien. Secara umum, peran variabel moneter tersebut tercermin pada persamaan Fischer yang terkenal yaitu M.V = P.Q…atau dapat diartikan nilai output (nominal) sangat dipengaruhi jumlah uang beredar..namun secara riil relatif tetap pada tingkat ekuilibrium dan full employment.

    5). John M Keynes, berpendapat bahwa pasar tidak sempurna, harga dan upah tidak fleksibel ke bawah, ekonomi tidak selalu berada dalam tingkat full employment, sehingga mekanisme otomatis yang diusulkan kaum klasik dan monetaris (neo klasik) tidak berjalan. Solusi yang ditawarkan oleh kaum Keynesian adalah perlunya campur tangan pemerintah (kebijakan fiskal). Peran pemerintah tersebut tercermin pada persamaan pendapatan nasional, Y = C + I + G + (X-M), dimana peran pemerintah terlihat dari variabel G (government expenditure).

    6) Dalam hal ini pertentangan terjadi pada hal asumsi kondisi perekonomian dan efektivitas kebijakan fiskal dan moneter….antara kaum klasik dan neo klasik /monetarist melawan kaum Keynesian.

  291. papabonbon dan orang2 pintar yang ada di dunia ini coba dong tolong nilai novelnya yang di buat radityadika “kambing jantan” “babi ngesot”…
    dan novel2 kacangan lainnya…..

  292. Edensor,
    1hr.aku.ngluangin.waktu.buat.baca(krn judulnya g umum)
    ternyata cukup menggugah,
    buat brani berkhayal keli2ng dunia,
    weh dengan rasi bintang, pak Toha! aku suka lelucon janda2 kecoa, hha. putri duyung,
    Andrea fans Elvis, tman2 unuversitas, etc
    setiap potongan critanya punya getaran.
    Pencarian A Ling
    >>Suatu usaha akan benar2 memberi hasil ketika kita benar2 menolak untuk menyerah!!

    Edensor, jadi mimpiku juga,.

  293. sewaktu sayar ttg mendengar kehebohan andrea hirata, saya langsung ke gramed beli buku LP (bahkan waktu itu nafsu banget pgn ngeborong semua serialnya)…tapi untung ga jadi… baru seperempat bagian saya baca bukunya…membosankan! palagi pemikirannya yang idealis tidak disertai dengan moral pribadi yang bagus…hiks
    sorry saya kerja di Telkom dan tau bagaimana tingkah lakunya sebagai karyawan Telkom yang sayangnya berkebalikkan dengan idealisme yang tertulis di LP…sangat jauh dan menyedihkan…

    btw dia angkatan brp di UI yah?? jangan2 seperti sukmawati soekarnoputri yang tertangkap basah memalsukan ijazah…hiks smoga tidak!

  294. Bumi Sang Ruwa Jurai, 24 November 2008 pukul 12.35 WIB..

    Matahari mengintip malu-malu dibalik gumpalan awan yang menggantung di langit2, padahal sekarang lagi siang bolong –seharusnya matahari bersinar dengan terik dan menyengat, tapi hari ini sebaliknya, Dia tersipu malu dibalik kumpulan awan mendung yang menggantung- memang, tak biasanya Dia bersembunyi,mengintip maul-malu dibalik awan.. tapi aku bisa mengerti kenapa Dia begitu malu. Oh..ternyata Ia malu gara-garanya sang bulan lupa membangunkannya fajar tadi. Matahari tertidur pulas karena semalam hujan tak mau berhenti menumpahkan butiran airnya ke bumi, akibatnya sepagian ini sang Bumi Ruwa Jurai harus terima nasib, basah dan berpeluh. Jadilah sepagian ini saya pun harus terima nasib, tidak bisa kemana-mana.. tapi, ternyata ada hikmah besar di balik itu. Yah, dalam kondisi seperti ini, hujan, dingin, lapar, tidak bisa kemana-mana.. saya menemukan hikmah itu.. saya menyelesaikan novel tetralogi laskar pelangi edisi ketiga, ya! EDENSOR..!! sulit memang menggambarkan makna buku ini bagi saya, tapi satu kata yang bisa saya ucapkan.. FANTASTIC! –mengutip ungkapan perempuan Jepang berkaus singlet dan topi jerami saat meilhat Ikal dan Arai mengenakan kostum putri duyung dan mematung (edensor hal 184)-.

    Acungan jempol memang layak disematkan pada bang Ikal, mulai dari edisi pertama dari tetralogi laskar pelangi sampai dengan edisi ketiganya, Edensor, membuat saya tersihir dan terkesima. Tersihir oleh kemolekan bang Ikal dalam mengurai kata serta terkesima dengan petualangan hidup penuh liku yang digambarkan dalam novel ini. Petualangan hidup yang hampir bersentuhan dengan garis kematian. Benar-benar sebuah pergolakan batin yang amat sangat. Edensor benar-benar menjelajahi daya imajinasi saya hingga mencapai pada sebuah titik kepuasan. Tak berlebihan jika seorang Ikal alias Andrea Hirata, alias Waduth alias Aqil Barraq Badruddin dipuji setinggi langit, rangkaian kata-katanya amat menggelikan saat bercerita tentang kejadian yang jenaka, dan amat menusuk serta mencabik-cabik disaat bercerita tentang kejadian yang pilu.

    Namun, dibalik semua itu, ada hal yang sangat saya sesalkan.. Saya sangat menyesal hingga saya mengasihani diri saya sendiri, dan mungkin juga dapat mencoreng muka saya dihadapan andreanis sejati seperti teman-teman ataupun saudara-saudara yang “memilih posisi” untuk mengkritik karya bang Ikal.. sebuah penyesalan yang amat sangat.. mengapa saya baru tahu ada karya anak negeri yang sefenomenal ini.. mengapa saya telat, ibarat bang Ikal yang ditinggal pergi A Ling.. tapi, saya belajar untuk mengambil hikmah itu, saya yakin ini adalah sebuah potongan mozaik dalam kehidupan saya, yg harus saya cari tau apa artinya.. Yang Maha Kuasa pasti punya rencana untuk saya.. termasuk rencana-Nya untuk mengingatkan saya akan hari lahirnya bang Ikal.. walaupun sudah berselang 1 bulan, tapi semoga tidak ada kata terlambat untuk mendoakan kebahagaiaan seseorang. Met Ultah bang Ikal..!! teruslah berkarya, dan kami pengagum abang, akan terus bermimpi..

    Nb :
    Untuk Papabonbon :
    “ kritik adalah hak setiap orang. Begitupun dengan pujian. hadapi semuanya dengan sikap bijak dan kesatria. Kritik yang membangun pasti akan menuai dukungan, tapi kritik dengan tujuan mendeskreditkan dan membunuh karakter seseorang tentunya akan mendapat celaan, bang Ikal sendiri menuliskannya dalam Edensor saat Arai menerima balasan dari perbuatannya pada masa kecil, Tuhan Tahu tapi Menunggu..(Edensor Hal 244) ”.

    Salam hangat,
    Mizan. –seseorang yg bergelut mencari kepingan mozaik dalam hidupnya-
    : ))

  295. seandainya orang2 indonesia memang sebuah “masyarakat baca” yang melek sastra, bukan tetralogi pria Belitong ini yang dapat sambutan paling hangat seperti sekarang… Andrea Hirata itu cuma kutil diantara pengarang2 yang jauh lebih muda di Indonesia, seperti : Puthut EA, Eka Kurniawan, Raudal Tanjung Banua, Firman Venayaksa,Agus Wibowo, Jimmi Maruli Alfian,… ya pokoknya karya-karya Andrea itu ibarat kentutnya Chairil Anwar !!!

  296. kalo andrea bisa mengobatin hatinya dengan “bertandang” ke edensor maka gw juga bisa ngobatin hati dengan “bertandang” ke belitong. kalo buku andai mereka bisa bicara_nya ikal udah lusuh karna puluhan kali dibaca, sungguh buku laskas pelangi gw jauh lebih lusuh

  297. assalamualaikum …
    Tak ada yang SEMPURNA di dunia ini!
    jadi wajar kalau dalam sesuatu, apapun itu, benda hidup atau mati ada unsur yang disebut dg KEKURANGAN…
    Andrea, kei bangga, bangga sekali
    Indonesia !!!
    Lihat ada anak pedalaman belitung yang sangat cerdas
    subhannallah !
    I LOVE U !!!

  298. LP saya beli di pameran buku di JHCC bulan Nov 07, saya baca 2 bab trus saya tinggal begitu aja saya ulang baca Maret 08…gilaaaa ternyata bagus banget nyesel rasanya ninggalin kemarin, hari-hari. berikutnya saya sikat habis SP & E sayangnya MK nggak muncul2 gemeeees nungguin keluarnya Kapan ??? Ternyata hari ini. Sayang saya nggak bisa datang ke launchingnya kapan ada di toko buku ya?
    Saya sih masa bodoh dng gosip yag bilang kalau itu cerita fiktif (tapi kaya’nya nggak banget soalnya ada banyak tokoh2 yang jadi saksinya) bagi saya pelajaran hidupnya yang saya ambil tdk mudah putus asa…..nano nano deh.
    Ttg seorang wanita yang mengaku istrinya (benar nggak sih ?) juga saya tutup mata lha wong saya cuma berurusan sama karyanya kok nggak sama urusan pribadinya.
    Pokoknya kalau CD nya sudah keluar saya mau kirim ke ortu saya di kampung karena beliau punya TPA & muridnya lumayan banyak. Biar film ini diputar di TPA untuk memotifasi mereka.

  299. Gara2 filmnya saya jadi pingin ke Pantai Belitong yang indah itu.

    Sukses selalu Andrea Hirata ditunggu karya2 berikutnya, masih terobsesi tinggal di Gye Kampa?

    Buat Mbak Mira & Mas Riri sukses selalu juga, ceritanya nyampe cuma kurang komplit ya…nggak papa deh namanya juga film.

  300. Sebagai pembaca habis 3 karya AH terdahulu, wajarlah karena menikmati dan puas, aku mencari tahu siapa sih penulisnya. Siapa pun Andrea (Andrian) Hirata dan apapun bentuknya, tak kan berpengaruh pada pujianku terhadap karyanya. Namun, aku ikut cemas terhadap pernyataan2 AH di luar konteks novelnya, yang kemungkinan “BOHONG”, dan mungkin akan membahayakan dirinya juga bila itu berkaitan dengan hukum.
    Misalnya AH mengaku masih perjaka ting ting dan belum berpikir menikah, belakangan AH mengakui bahwa Rox(s)ana adalah mantan istrinya.
    Juga AH mengaku lulusan University Sorbone Paris (jurusan Finance), padahal AH adalah alumni Univesity of Hanze Groningen jurusan Business and Management.
    Lalu AH juga mengaku alumni fakultas Ekonomi UI, tanpa seorang pun tahu dia kuliah tahun berapa. Aku coba cek di web alumni FE UI pada : http://www.fe.iluni.or.id/v2/alumni.php,
    nama andrian hirata juga gak ada.
    Ya, sebaiknya AH berhati-hati saja. AH tidak perlu berbohong kok, untuk membuat kami tertarik pada novel2nya.

  301. aku mau tau gimana kelanjutan dari lintang setelah dia besar nanti karena ngena banget sama diriku tentang cerita yang ada di novel “laskar pelangi”, buat andrea , sukses aja terus!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  302. Waduh duh… saya jadi tidak nyaman dengan kritikan orang terhadap tetralogi LP (tentu…bukan urusan saya karena saya bukan Andrea Hirata). Alasannya cuma satu, saya termasuk pecinta buku, dan cinta itu menjurus ke cinta buta. Orang awam seperti saya berani bertaruh, belum ada selembarpun buku yang memiliki daya magis sekuat Laskar Pelangi, Sang Peminmpi, dan Edensor (kecuali kitab primbon dan manuskrip ilmu hitam, kali!) dan saya sudah melahap habis Maryamah Karpov, seri pamungkas dari Tetralogi LP dengan perasaan takjub: Bagaimana Andrea Hirata meramu imajinasinya sedemikian paripurna? Mungkin pertanyaan itu kurang tepat, karena yang sebenarnya adalah (menurut Andrea sendiri) Segala yang ditulisnya sudah mendekam di tempurung kepalanya, dan ia melontarkannya dengan sekonyong-konyong dan pembaca menaburinya dengan senyum, tangis, dawa dan duka di ruang-ruang baca, di bus kota, di kamar seorang pacandu narkoba akut dan sembuh oleh “mantra” Andrea… tiba-tiba Andrea merubah dunia kata-kata setiap dari kita menjadi linangan madu, situs abadi dari cinta… dan semakin menyesakkan dada karena racun cinta yang Andrea tebarkan melalui empat bukunya itu.
    Terus terang, ketika lembaran terakhir Maryamah Karpov… tiba-tiba saya diliputi perasaan kehilangan yang aneh, karena gerombolan tawon yang berpendar-pendar di dalam otak saya, yang berebut tempat dengan adrenalin, berhenti tiba-tiba bersamaan dengan barisan terakhir pada Maryawah Karpov, seperti seorang durjana yang segera akan ditinggal kekasih (he he tentu bukan A Ling) karena akan segera mengakhiri petualangan bathin mengenai kenyataan diri sendiri, yang ditelanjangi dengan sangat terang benderang oleh Andrea Hirata lewat Tetralogi LP.

    Mungkin, mungkin saja, para apresiator atau krotikor eh kritikus dari tertralogi LP (yg paling banyak di sorot bagian akhir LP, beberapa bagian SP) barangkali terlampau high eksepted terhadap hal-hal teknis dan filosifis perbukuan. Lupa bahwa buku sejatinya hanya untuk menciptakan asosiasi tertentu di kepala pembacanya, dan Andrea paling berhasil “mengelabui” kesadaran pembaca dengan cara yang belum pernah dilakukan eleh penulis buku manapun di Indonesia, bahkan sekelas sastrawan hebat yang tercatat di buku sejarah dan antologi-antologi di perpustakan Nasional negeri ini.
    Meskipun demikian, saya bukan anti kritik, karena saya juga urun “hardik” terhadap Andrea: Andrea Hirata adalah seorang pengarang yang gak bisa ngarang-ngarang!

  303. mas andrea saya TERLEBIH DAHULU menonton film LASKAR PELANGI setelah itu baru deh saya tertarik membaca novel2 nya laskar pelangi,sang pemimpi,dan edensor…smua cerita nya sangat bagus dan inspiratif..
    cuma setelah membaca ke tiga novel tersebut timbul pertanyaan dari diri saya..

    1.ketika di LP tokoh ARAI tidak muncul sedangkan di SANG PEMIMPI maupun EDENSOR nama tersebut di ceritakan telah menjadi sahabat,saudara bahkan serumah ketika masih duduk di bangku SEKOLAH DASAR,memang nya sekolah ARAI dan IKAL berbeda??? sehingga tidak muncul DI LASKAR PELANGI (SD MUHAMMADIYAH) ????

    2.apakah si ARAI,JIMBRON dan LINTANG dan (TEMAN-TEMAN LASKAR PELANGI) pernah ketemu atau telah kenal sejak dulu (semasa sd)????

    3.gimana nasib ARAI setelah mengharuskan dia untuk pulang ke INDONESIA setelah sakit?? apakah ARAI melanjutkan perjuangan nya di prancis setelah musim panas tahun depan???

    terima kasih…
    mohon penjelasannya di tunggu segera

  304. Andrea, ank gw benci bgt skrng ama lu. dia merasa dikibulin bahwa lintang itu sbnarnya tdk ada. krn sblmnya andrea mempublikasikan bhw laskar pelangi diambil dr kisah nyata. kasian. jgn publikasi sprti itu dong. menyesatkan. apa lg maryamah karpov jelek bgt. ga menyentuh. ngebahas bikin perahu sampai beberapa bab. BOSEN!!! & kl kata ank gw, bohong bgt bisa bikin perahu. tp berhubung gw hobby bc, gw akan bc apapun buku yg ada. komik doraemon ank gw yg udh seratus, tetap gw bc kl udh krisis bc an di rmh. udh mana ank gw jg benci waktu andrea ga datang di pemutaran perdana film laskar pelangi di blitz waktu bln puasa th lalu. giliran ama presiden datang. ya iyalah……siapa jg yg mau datang!

  305. Di novel ketiga,Edensor, Andrea membuat kesalahan kecil halaman 213, yang menyatakan Benjamiin Franklin President Amerika Serikat. Benjamin Franklin hanya pernah jadi “President of the Executive Council of Pennsylvania” bukan President AS. Orang banyak salah mengira karena fotonya tertera pada US Dollar. Pada US Dollar yang beredar sekarang ada dua yang bukan foto president: $100- Benjamin Franklin dan $10- Alexander Hamilton.
    Bagaimanapun, semua karya AH hebat banget, rugi yang tidak membacanya.

  306. Salam kenal Papabonbon,
    blog anda sangat menarik sekali. Komentarnya lucu2.
    Untuk baca semua komentarnya sampe perlu 3 hari, itu karena sy masih mengejar fakta seputar Andrea Hirata.
    Apakah anda dekat dengan Andrea? Sering ketemu, etc?
    Andrea sekarang mau mundur dulu dari publik, karena gak tahan kali sama penggemar dan pengkritiknya yg makin menggila…
    Btw. sy juga masih penasaran dng tahun kelahirannya, trus waktu sy tanyakan ke ybs inilah taklimatnya : ” Let it b a mistery, dear, mistery make u feel alive…”

    nah…
    What do you think?
    Kali bener juga ya? Kalo semua datanya ketahuan jelas, dan semua isi bukunya perfect kan kita jadi kekurangan bahan untuk diomongin?

  307. Novel yang paling realistis di dunia….andrea sangat menginspirasi&membuatku lebih banyak bersyukur pada setiap pencapaian hidup yang Hanya Sesekalinya ini. Insya Allah tetral0gi Andrea Hirata akan aku jadikan mahar pernikahan kelak, amin…;-)

  308. aq menSejajarkan all tetralogi(LP, SP, Edensor n MK) dalam deret buku2 manajemen populer koleksiq…yang paling Realistis adalah Andrea Hirata, yang paling meMotivasi+menInspirasi…klo marriage pingin aq jadikan Mahar,amin

  309. aduh bagus banget deh cerita LP. Aku kagum banget sama tokoh2 yang ada disitu. kalo lintang masih ada di belitong, aku pengin kenal sama dia. aku salut banget sama dia… tuk ikal sebenarnya andrea hirata yach….

  310. Sblm baca LP telah lama aku bc AAC nya kang Abik, dan aku tempatkan Kang Abik sbg penulis faforitku, begitu bc Lp aku kagum banget dg Bang AH, bahasanya bagus banget,bikin orang tertawa,nangis,tertawa lg,dan aku tempatkan Bang AH diatas Kang Abik.Tp Bang AH menghianati kekaguman pecintanya.Aku ga setuju dg Bang AH Read my book, dont read me.Bagamanapun Bang AH telah terkenal,telah jd idola,jd panutan, itulah ga enaknya jd org terkenal.Agak kecewa dikit ketika tahu dari komentar2 ttg kekurangan Abang,meskipun manusia pasti ga ada yg sempurna, tp mestinya meminimal kesalahan,kekhilafan.Sama sekali bkn kecewa karena menikah,manusia itu fitrahnya menikah.Kl penulis buku dituntut pebacanya jd lajang terus siapa yg mau jd penulis?Abang harus jujur, hrsnya dr awal blg itu fakta tp ada dramatisir.
    Bgmanapun tulisanmu amat bermutu, kecuali MK.Menurut aku itu kurang mengena dg judulnya,meskipun tetap bs tertawa,nangis,ngaduk2 emosi. Aku sendiri tak heran lihat org buat perahu,karena aku org pantai.Tulis lanjutannya MK, itu belum selesai menurut aku, mana ceritanya tentang mak cik MK?

  311. The best banged bukunya, kalau semua yang diceritakan ini benar2 sebuah kisah nyata. waw sangat indah banget. pengalaman yang luar biasa bagi seorang Andrea

  312. Saya seorang siswa matauli (jl.ki hadjar dewantara no:1 pandan, tap-teng ,SUMUT)

    Menurut saya novel-nya Andrea Hirata itu sangat
    bagus .ketika saya membaca novel I &II ,aku menemukan keindahan kata-kata yg sempurna yg
    mampu memberikan &mengembalikan semangat
    untuk terus bermimpi.

  313. Saya pelajar SMAN 1 PLUS MATAULI PANDAN.
    Jln.KI Hadjar Dewantara,no:01 pandan,22611.
    Saya pengen kali baca novelnya bangAndre,tapi saya hanya mampu baca sampai edisi ke-dua , soalnya nggak mampu beli, aku bisa nggak minta tolong sama bang ANDREA ,untuk bagi-bagi novel yang berikutnya.
    Saya pengen baca ,karna novel ini yang membuat saya tetap semangat ,dan rajin belajar.
    Saya tak ingin mengecewakan orangtua saya ,karna aku sadar bang ,kalo nasib aku sama dengan yang abang ceritain itu.
    Bang saya pengen abang bantu saya,kirimin ya bang novel abang ke alamat sekolah saya.Saya juga pengen bisa menulis sama seperti abang,dan satu lagi yang harus abang tahu ,bahwa abang adalah idola saya.Aku berharap besar loh sama abang ,kalo abang bakal baca coment aku ini.
    Terimakasih yaBang, untuk semangat ini…

  314. Aduh…rame bgt ya. Padahal artikel ini udah ditulis satu tahun yg lalu. Saya baca komentarnya ada yg lucu, ada yg pedes, ada yg pro dan ada yg kontra. Gini aja ya tetralogi lp memang terbukti menginspirasi byk org(itu jelas sisi positifnya). Tapi andrea kan juga manusia. Manusia kan ga ada yg sempurna. Kalo akhirnya para pembaca tahu ada ketidakjujuran dalam publikasi karyanya. Kita ambil hikmahnya aja. Namanya juga bisnis he..he..semoga makin banyak penulis indonesia yg inspiratif seperti andrea

  315. menurut informasi yg ditangkap radar, andrea itu FE-UI angkatan ’95 prog. extension, kuliah malem, kan paginya kerja di kantor pos Bogor

  316. hai…
    salam kenal…
    saya putri dari teknik kelautan ITS…
    jurusan kami ingin mengundang andrea hirata,,
    apakah anda tau saya contact person nya???
    atau alamatnya di Jakarta????

    klo sempat tolong di balas yah…

    terima kasih…

  317. saya cuman pembaca biasa dari karya sastra, gak banyak2 amat yang saya baca dan gak rajin2 amat bacanya.
    karena latar seperti itu, maka saat membaca dan menarik maknanya (jika ada) saya selalu menganggap bahwa, sebuah karya fiksi (novel, cerpen, prosa, komik, dll) TETAP CERITA FIKSI. meskipun katanya ada aliran sastra realisme (sosialis, magis), tetap saja fiksi.

    kedua, meskipun fiksi, bukan berarti akan bicara ngelantur. bahkan beberapa karya yang kuat secara ide dan bentuk, (menurut saya) memang harus berangkat berdasar riset, observasi dan penguatan ilmiah (sejarah, literasi, wacana, dll) lain. jadi kalau ngomongin ekonomi yah yang paham ekonomi dong, gitu kurang lebihnya.

    ketiga, ini yang terpenting. selain pembaca biasa, saya hanya pembaca serial wiro sableng yang gak intens, hehehehe….

    keempat, kritik (terhadap karya seni) merupakan bentuk karya pula. jadi sebuah karya novel tidak harus dikomentari dengan karya novel tandingan. jika dalam seni rupa, keberadaan kritikus justru menjadi salah satu stakeholder yang ikut menyangga keberadaan karya tersebut.

    sekian, terima kasih..

  318. Salam dari Q
    edensor ,impian semua orang yang dapat baca
    dengan hati.
    Berjuta warna hidup bersatu dengan karya nyata.
    Menyimpan motivasi terpendam untuk aku dan barjuta pecinta sastra. Andrea berkarya untuk dunia ini,aku percaya itu teman.

  319. saya rasa tidak cukup menghibur untukku.
    membaca novel ini hanya menghabiskan waktu,karna penuh kebohongan yang disebut-sebut nyata. Ilusi,,,,,,,,,,
    Enakkan baca cerita porno dan nonton film bokep.
    Nambah pengalaman dan lebih mendidik daripada karya sastra fiksi bohongan. saya rasa , novel berbau seks yang akan menjadi saingan novel andrea. Bravo NGENTOT BEBAS.

  320. Saya udah baca 3 buku andrea hirata, LP, Sang Pemimpin, & Marymah Karpov, untuk edensor belum karena tidak tersedia di perpustakaan, maklum tidak sanggup beli buku, baca buku dan fasilitas internet hanya ada di perpustakaan. saya suka, bagus,… menyemangati hidup. untuk buku ketiga tunggu ada diperpustakaan baru bisa baca. mudah mudahan…. ha… ha… maunya gratisan…

  321. andrea hirata u is my role model,.,.,
    jd pingin ketemu nie, dan tentu banyak hal yang mau di pertanyakan,.,.,.,

  322. Wah..sya juga tertarik dengan kak Andrea Hirata sejak peluncuran film pertamanya,soalny ndk bgtu suka baca sih,begitu difilmkan,langsung deh jtuh cinta smpe ndk bosen2 liat filmny.
    Btw,kampus saya berencana mengundang kak Andrea Hirata ini sbg narasumber seminar nasional gitu,Nah saudara papabonbon tahu kah cara atau prosedurnya bgaimana?
    trimakasih ya sebelumnya ^_^
    mungkin bisa langsung dibalas di email niych3misstry@gmail.com

  323. Hey, wanted to present you with a simple notice to help you
    find out that several pictures just aren’t showing as it
    should be on this internet site. I’m not sure why nevertheless
    I presume it is a linking condition. I have even tried this
    in two various web browsers and both still give an identical final result.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s