Wah, Depkeu Memang Di Luar Perkiraan

Ngintip sedikit blognya mas Rudi Handoko.  Wah, rame rame depkeu kemarin memang gegap gempitanya di luar perkiraan yah.  Lha kemarin papabonbon memberikan informasi standar TKT – Tunjangan Kerja Tambahan bagi rekan pajak yang bekerja di KPP Modern / LTO. 

Lha Depkeu sekarang ini menerapkan tunjangan – TKPKN yang jumlahnya memang bikin semaput.  Dengan angka seperti ini kerja di KPP Modern maupun di KPP yg biasa biasa aja – duh, istilahnya apa yah, kok lupa – jadi kagak ngaruh.  Apa angka ini bukannya membuat mereka yang bekerja di KPP modern jadi demotivated ?  Khawatirnya papabonbon sih huahahahha ….

Berikut ini daftar TKPKN nya …

Konon sumbernya dari : Kepmenkeu No. 289/KMK.01/02007

About these ads

122 thoughts on “Wah, Depkeu Memang Di Luar Perkiraan

  1. Ngiri ya sama lulusan STAN yang kerja di pajak. Sebelumnya bisa kong-kalikong sama wajib pajak untuk menggelapkan pajak, sekarang untuk mengganti aktipitas kongkalikong itu mereka dikasih insentip.

  2. @Kang Kombor
    Wah, ternyata hidup ini cuma mutar muter aja ya. Tahun 1990 saya masuk STAN karena terpaksa gak punya dana tuk kuliah di tempat lain. Saya iri juga sama temen-temen yang bisa kuliah di ITB, UI atau UGM. Mereka rata-rata berhasil secara finansial. Perasaan iri dan sesal saya baru bisa hilang setelah lebih dari 10 tahun bekerja. Kini situasinya jadi terbalik banyak orang seperti Kang Kombor iri sama lulusan STAN. Tapi kalau masalahnya tunjangan pegawai Depkeu naik, rasanya bukan hanya lulusan STAN yang perlu jadi sasaran iri. Di DJP saja banyak pegawainya lulusan S1 (bukan dari STAN) dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Dan rata-rata mereka lebih besar penghasilannya dari lulusan STAN karena mereka memiliki jabatan, secara kepangkatan lebih tinggi dan umurnya pun masih muda-muda. Dalam hati kecil, sayapun iri kepada mereka. Jadi, memang hidup ini cuma “sawang sinawang saja” . Rumput tetangga biasanya memang kelihatan lebih hijau. :-)
    Wah, jadi curhat juga nih. Maaf ya komentarnya kepanjangan.

  3. Udahlah…nggak usah mikirin duit mulu, mendingan kita bantu anak-anak jalanan yang tak bisa sekolah dengan sebagian TKPKN yang diperoleh. Silahkan hubungi Papabonbon untuk koordinasi.

  4. Ping-balik: Reformasi Birokrasi = Renumerasi ? « d’Ranah

  5. cukup masuk di grade 17 [dari 27 grade] – 9.3 jt
    dan dapat kerjaan di KPP modern – 5.6 jt
    plus ditambah denan gaji pokok – 1.2 jt
    potong pajak, katakanlah – 1 jt

    maka penghasilannya sudah 15 jt. realibel kan ?

  6. btw, mas sugeng. dari pada pusing dgn hawa jkt. bagaimana kalau kita telaah lagi angka angka di atas ini. dari LIPI bisa pindah ke depkeu gak, kira kira ?

    atau, isu terkini saja deh, ada lowongan depkeu gak tahun ini ?

  7. Yah, bagus maksudnya beliau harus bersyukur karena untuk ukuran PNS sudah jauh di atas rata-rata. Saya kira kalau membandingkan dengan gaji staf pajak dari perusahaan yang minimal 10 juta, yah mestinya nggak perlu dibandingkan karena company memang benar-benar menghasilkan profit, sedangkan tugas orang pajak merupakan salah satu fungsi negara yang dimana negara seperti Indonesia scope of state masih besar. Mestinya Mas Dudi harus malu dengan para Guru yang nasibnya sebagai PNS (di luar DKI) masih kembang kempis. Juga buat para ilmuwan PNS yang masih underpaid tidak sebanding dengan kapabilitas dan pendidikannya (di Pakistan, gaji peneliti = gaji menteri). Depkeu katanya profit centre institution dan rawan korupsi apalagi membukukan diri sebagai pemilik rekening liar (RELI) paing banyak di negeri ini. Bangsa ini sudah jutaan kali tahu bahwa pendidikan dan IPTEK adalah kunci agar bisa tetap survive di kancah persaingan dunia, tapi berjuta kali juga bangsa ini lupa dan akhirnya malah bangga cukup hanya menjadi objek pasar dari para kampiun ekonomi global. Untuk hal ini, saya kira refleksi dri Mas Dudi adalah suatu hal yng ironical dan tak ada satu value yang bisa direnungkan di tengah makin terpuruknya bangsa ini.

  8. Tambahan, kalau bisa dikatakan tulisan Dudi tersebut cenderung “show off” dan “riya” di negeri yang Gemah Ripah Loh Koq Miskin terus ini.

  9. Waduh ada sistem grade ya sekarang…
    emmm. Mohon dibenarkan jika saya salah, jadi sistem grade itu semacam reward and punismnet ya?? bt pegawai Depkeu??? Yang gradenya bagus gajinya gede, yang males2an gajinya kecil..
    Trus saya ingin menanyakan standar penilain untuk grade tersebut gimana?? didasarkan pada apa??? beban kerjakah atau yang lainnya???
    Mohon jawabannya,
    Terima kasih

  10. walah, yg orang Depkeu sendiri, konon masih belum jelas dgn urusan grade ini. jadi yg saya tahu baru tunjangan untuk yg KPP modern sahaja. sementara kalau TKPKN yg baru launching awal bulan ini, saya malah nambah gelap lagi …

  11. Wah, postingan saya ternyata dibahas di sini ya. Pak Gunadi ada juga di sini ternyata. Sekedar info juga buat Pak Gunadi, di perumahan tempat saya tinggal juga ada banyak guru pak. Letaknya di daerah Kedungwuni Pekalongan. Tepatnya di perumahan Pisma Griya Permai. Istri saya pun seorang guru. Dan saya tahu persis kehidupan guru. Saya lihat keadaan ekonomi mereka gak jauh beda dengan saya. Malah kalau dilihat dari rumahnya. Rumah saya termasuk paling jelek dibandingkan rumah para guru itu. Anda boleh saja tidak setuju dengan reformasi di depkeu in, namun yang jelas reformasi ini telah menampakan hasil di mana perilaku korup sudah jauh berkurang. Wajib Pajak pun sudah tidak takut lagi dengan aparat pajak. Pelayanannya juga semakin baik. Dan langkah nyata itu jauh lebih baik daripada sekedar menyalahkan keadaan tanpa langkah nyata. Berkeluh kesah saja tidak menyelesaikan masalah. Gaji guru, dosen peneliti yang masih rendah tentu patut diperbaiki. Saya pun sangat menyadari hal ini. Cuma langkah memperbaikinya dari mana? Itu yang harus kita pikirkan sama-sama.

  12. jadi begini, dengan adanya grade tsb diatas, jumlah penghasilan yg akan diterima di kantor yg sudah modern (ingat ya…kantor modern), relatif tidak berubah banyak (karena grade yg baru ini menggantikan hitung2an tunjangan yang lama).
    grade ini yang menentukan adalah atasan langsung berdasarkan kinerja (dengan batasan2 tertentu, misalnya untuk pegawai golongan IIIa, grade maksimalnya 11 dan grade minimalnya 9)

  13. @papabonbon,
    Grade 17 itu termasuk tinggi. Saya saja dengan pangkat III B dan masa kerja hampir 15 tahun, masuknya grade 9, 10 atau 11. Grade ini juga didapat oleh lulusan S1 yang sudah kerja sekitar 7 tahun. Grade tinggi itu untuk pejabat-pejabat kok. Terus dengan berlakunya TKPKN baru ini, tunjangan yang 5,6 juta hilang kok.

  14. Waduh, lama banget lima belas tahun baru III/B. Peneliti hanya menang pangkat seperti saya yang baru tujuh tahun jadi peneliti sudah III/C tetapi masalah duit kalah jauh dengan III/B PNS di DJP.

    Langkah-langkah untuk memperbaiki gaji-gaji pencerdas otak bangsa ya…mulai dari Depkeu dan BI dengan cara tidak korupsi, tunjangan eselon I para pejabat Depkeu dikurangi hingga 50 persen (kan sudah dapat duit dari status komisaris ex-officio di BUMN). Lalu pajak jangan digelapkan lagi (memang tidak ada jaminan 100% dengan reformasi birokrasi di Depkeu tak ada lagi oknum yang makanin duit rakyat…lha wong duit…godaannya tetap aja gede biar udah digaji selangit juga). Kemudian kurangi juga tunjangan jabatan bagi para elit-elit birokrasi dan BI serta pegawai BI (ini masih seperti sistem kolonial dimana elit justru disuplai oleh rakyat mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki), kurangi tunjangan anggota DPR/DPRD. Harus ada ukuran dan pengontrolan akan utilisasi dari duit pajak yang dikumpulin. Orang pajak jangan hanya mengatakan orang bijak taat pajak sementara orang pajak sendiri tak bernurani makanin duit rakyat. Harus dikembangkan budaya bahwa taxpayer lebih mulia dibandingkan dengan petugas pajak dan birokrasi. So sehingga kalau aparat birokrasi menyimpang, tinggal tunjung hidungnya dengan ujung senapan SS-1.

  15. hah? kok saya yang disaut..
    sampe sekarang tetep belum jelas, tapi sebenernya bukan itu fokus saya. Fokusnya adalah gimana kenaikan gaji ini bener2 bisa berdampak positif: korupsi berkurang drastis dan profesional.

    Bagaimana kalau ternyata tidak berhasil? Tapi ukuran keberhasilannya apa? Lha data WP saja dirahasiakan ke BPK kok. Jadi gimana tau kalau ada penyelewengan selain pengaduan WP?
    Apa jalan keluarnya ya?

  16. @Fau,

    Untuk bisa berdapak positif, tidak cukup hanya dengan external stimulant seperti kenaikan remunerasi, perlu juga mentalitas yang berintegritas tinggi. Akhirnya kembali kepada moral dan etika sang pegawai, nah…persoalan ini memang sulit apalagi urusannya dengan duit di negara yang gembr-gembor konsumerisme dan hedonisme jauh melebihi warga Jepang sana.

  17. waduh… kenapa hanya depkeu aja yg diomongin, kalo mo lihat income tinggi, yg lebih tinggi lagi tuch…..Bank Indonesia! untuk perbandingan di thn 1999 gaji office boy di BI (lulusan SMA, masa kerja 1,5 th)=1,6jt, satpam/supir di BI =2jt, di thn yg sama lulusan STAN 1994 income hanya 1 jt, bandingkan…!!! ….berapa gaji staf/pegawai/pejabat BI sekarang…..?

  18. tentang pegawai BI, bukannya OB dan satpam/sopir sudah di outsourcing. malah waktu jaman dulu sering main ke BI, 2 kali ketemu mereka lagi demo kenaikan gaji. karena gajinya nyaris di bawah UMR.

    nah kalau pegawai administrasinya BI, emang nayamul tuh.mana ndak pusing ama ekonomi makro dan statistik, huehehehe :D

    ngobrol sama temen BI, paling enak di tunjangan rumahnya. kalau nggak kebagian rumah dinas, dia dapat tunjangan rumah sebesar 2 jutaan per bulan. setahun sama saja 24 juta :D itu anak BI di level awal yah. dibandingkan sama anak BSM di level AO yg tunjangan kontrak rumah 10 juta, atau manajer operasional yg 15 juta per tahun, jelas lebih makmur di BI.

  19. cuman jadi masalah buat orang BI, terutama di kota kecil. sabtu minggu harus nemenin bossnya, main golf atau kongkow kongkow gak jelas. dan wajib upacara tiap 17 agustusan dan hari senin. apalagi kalau ada pejabat datang dari jkt. wah, wajib pasang muka manis dan munduk munduk.

    ini kan sangat menyebalkan bagi generasi muda jaman sekarang. bayangkan sabtu minggu harus hilang waktunya buat urusan gak jelas.

  20. Kenapa Depkeu lebih disorot dibanding BI?

    Pertama, mungkin karena rakyat merasa lebih “terhubung” dg Depkeu. Urus pajak, ekspor-impor, naik turun saham, jalanan bolong, sekolah mahal, gak ada pekerjaan, phk, dsb… ngga semuanya memang lsg nyambung, tapi ya namanya pemahaman masyarakat: tugas pemerintah yang pegang duit negara. Siapa? Depkeu.
    BI urusannya moneter, terlalu mercu suar bagi rakyat umum.

    Kedua, mungkin karena jumlah karyawan BI yang jauh lebih sedikit dibanding karyawan Depkeu.

    Kemungkinan ketiga, PNS yang keliatan kaya biasanya dari pajak atau beacukai.

    BI memang lebih tinggi gajinya dibanding rata2 pegawai swasta. Kalo sekolah ke LN, mereka ga terima beasiswa dari pihak luar, tapi beasiswanya disetor ke BI, dan BI ngasih ke mahasiswa ybs dg rate khususnya. Ngiler ngga Papabonbon? Orang BI sekolah di LN “gajinya” sama dg native S1 pengalaman 5-7 thn.

    Sekarang lagi buka lowongan PNS BI tuh.. hayu papabonbon ngelamar.

  21. Ya…iyalah mana ada karyawan BI pusing mikirin “dampak” dari indikator-indikator makroekonomi either monthly or year on year (YoY) yang merupakan bagian tugas urusan riset moneter BI itu sendiri. Peduli setan mau harga minyak goreng sudah menembus angka Rp 10.000/liter, langkanya minyak tanah akibat langkah konversi energi yang kurang perhitungan, dan melambungnya harga beras. Singkatnya, mau laju inflasi berapa pun tidak pusing (walau tugas BI juga yang menjalankan “inflation targetting” untuk menjaga stabilitas harga).

    Mengenai pegawai BI yang harus nunduk-nunduk di lingkungan kerja yang super birokratis plus harus nemenin bosnya di akhir pekan itu memang opportunity cost yang harus dibayar. Misalnya, sebagai dosen di sebuah PTN, saya memiliki tingkat otonomi yang lebih luas dan tidak harus unggah-ungguh gaya feodal atau kasarnya “carmuk”, karena dengan jabatan fungsional, naik pangkat ditentukan oleh aktivitas dan produktivitas saya dengan nilai kredit. Harga “kebebasan” tersebutlah yang tak dimiliki anak-anak BI sampai-sampai mau menikmati duit mereka yang bejibun dengan keluarga saja tak sempat. Cobalah anda baca riset-riset yang mencoba mengkaji the economics of happiness Mbon…

  22. btw, ada protes dari temen di KAP ttg itungan mas doytea.

    agak janggal nih, penglaman ku mana ada cm staff accounting pajak slry-nya bs nyampe 10-15 jt, salah ambil bukti potong pajaknya kali. manager acc. aja di perush. yang omsetnya 130M, banter paling 10jt.
    trus klo target penerimaan pajak 140 M, menurutku jangan terlalu dikorelasikan dengan salary yang kita terima lah, yah kalo kita kerja di Marketing boleh lah pake model itung2an kayak gitu.

  23. Data itu saya ambil dari formulir 1721 A1 kok. Saya tidak salah ambil data karena saya kenal persis dengan orang-orangnya. Memang angka itu belum dikurangi dengan PPh Pasal 21 nya. Mengenai jabatan staff saya simpulkan dari sering hilir mudiknya ke kantor pajak.Mana mungkin kalau manager nya kan?
    Mengenai korelasi target penerimaan pajak dengan imbalan, saya setuju tidak bisa dikaitkan. Kalau seperti itu paling enak di KPP LTO, targetnya besar banget. Dan kasihan yang di daerah, target 140 M itu paling sama dengan target se kantor. Saya sampaikan data itu sebagai gambaran saja kok.

  24. salam kenal buat pak doeytea. orang pekalongan juga pak? dulu saya sekolah di SMAN 1 Pekalongan lulusan 2004. Mungkin Bapak kakak kelas saya.Alhamdulillah kemarin baru diwisuda dari STAN. Sekarang masih magang BPK.

  25. Salam kenal juga untuk semuanya, Bapak2… Ngobrolin TKPKN Depkeu w’ gaji orang BI emang ndak akan ada habisnya. Saya aja yg kerja disitu belum terima apa-apa tuh sampai detik ini. Jadi, kalau orang2 di republik ini ngomongin soal gaji (setahu mereka, TKPKN itu ya gaji juga.red) pegawai Dekeu yg naik (tapi pastinya blum.red) seakan-akan bumi Indonesia ini heboh… Semua protes, kontra dan apalah namanya… Padahal hal itu saya nilai sebagai harga yg harus dibayar kalau memang tingkat korupsi (yg kata Trasparency Int’, Indeks Persepsi Korupsi di Indonesia cuma naik 0,1% dari 2,3 mjd 2,4.red) akan dibenahi. Saya yakin itu apalagi konsekuensi yg harus dipenuhi pegawai juga berbanding lurus dengan kenaikan itu ditambah sekarang kinerja tiap pegawai juga diawasi dan pengawasan makin ketat. Kata-kata apriori harus disimpan dulu.. Lihat dulu hasilnya… kalau memang jelek, kan bisa turun juga tuh gaji..
    Jika dibandingkan dengan pajak+bea cukai, ditjen yg lain memang gak ada apa-apanya (saya aja males kalau ketemu tmen seangkatan dulu di STAN-bawaannya takut iri-) tapi berpikir aja positif, emang rezeki itu beda-beda.. maaf nih, pendapatnya panjang, papabonbon!!

  26. Wah masalah gaji/tunjangan lagi nih..
    kyknya dasar emg prinsip dasar tunjangan depkeu sdg berbalik (bisa jd bagus utau sebaliknya) dari corrupt preventive menjadi performance based.
    emg benar firasat pa2bon2 bisa jadi kpp modern demotivated
    TAPI yg jelas bangsa ini HARUS benar2 MENGAWASI prilaku dan kinerja pegawai depkeu.. spy bukan malah jd awal masalah pemborosan uang negara
    Kalo feeling saya sih.. 1) tahun 2008 bakal harus banyak sanksi tegas (baca: pecat) bagi peg depkeu yg nakal 2) Pengurangan pegawai mesti kudu dimulai terutama diarahkan buat yg underperformance (dateng, absen, baca koran, chatting). Secara teorinya.. agar reform nya benar2 BERHASIL.

  27. Buat pak GUNADI,

    Sabar aja pak jangan sewot dulu.
    Setuju bgt peneliti2 juga mesti dapat penghargaan (jgn ambil contoh pakistanlah mo ambruk itu negara ;) ,memang pendidikan dan IT penting bgt buat kelangsungan negara ini TAPI kendala yg dihadapi emg dana APBN yg terbatas. So dimulai dari yg paling korup dulu (ala singapore) spy diharapkan pendapatn negara jg meningkat.
    btw di neg tempat saya belajar skrg sempet ketemu bbrp temen LIPI, emang “mati angin” org2 institusi ini, makanya byk yg sekolahnya dilama2in sampe postdoc berulang2 atau lompat ke swasta (buat yg ilmunya langka dan benar2 kompeten di bidangnya malah bingung byk ditawarin)

    KENAPA GAK IKUTAN AJA PAK? daripada makan ati lama2 stress sendiri

    -smile-

  28. mantep nih pa2bon2 tau byk ttg depkeu.. jgn2 aslinya kerja di BIN he3x
    iya setjen/biro sdm termsk bagian yg plg parah.. byk zombie di situ hiiiii ;-)

  29. wah..enak ya, jadi pegawai negeri..kerja nyantai, gaji gede, pajak ditanggung pemerintah lagi…
    kalo kita2 yang kerja diswasta. untuk dapet gaji gede, kudu kerja lembur ampe pagi and dikejar2 deadline, terus tiap bulan gaji dipotong pajak dalam jumlah yang ga sedikit, padahal hasil pembangunan ga berasa…apalagi kalo dah liat berita pejabat korup..hiks…pedih…kita yang kerja mati-matian, bayar pajak bener, tapi mereka yang secara tidak langsung dibayar oleh pemberi pajak kok malah korup…..duh…:(

  30. mau tanya sesuatu niy…..

    peraturan yang mengatakan kalo tarif PPN untuk penyerahan obat-obatan pada apotek ato instalasi farmasi di rumah sakit ,dari yang semula 2% x jml peredaran bruto berubah jadi 10% untuk obat rawat jalan tuw ada di Surat Edaran Dirjen Pajak Nomor berapa?
    Terima kasih buat perhatiannya…..

  31. kok ada berita tentang gaji pegawai BI sih? Ada nggak?
    Jangan2 cuma beritanya aja diluar yang heboh.. karena temenku yang pegawai BI (masuk tahun 1997), trus beasiswa keLN pernah cerita gajinya ke gw, n nggak segede yang dihebohin..

    biasa..gaji sering heboh gede diluarnya aja

  32. hee,, mw numpang kut-kutan.. kaya’nya heboh bangetz ni,, cuma mw komentar “tiap orang punya sudut pandang yang berbeda,, lihat, dengar dan jangan lupa rasakan”

  33. hweheeee…. dah basi y lo aku nimbrung sekarang..??? biz nggak pernah ikutan nimbrung, kata pak ustadz nggak baik.. h3, setuju pa2bon2 :p kalo nggak jadi pegawai BI dan depkeu kita mana tahu.. enak nggak enaknya, gaji gede lom tentu enak.. mendingan pada sukurin aja deh keadaan masing2 dan tettep berusaha kalau pengen kaya’ yang di atasnya..

  34. Itu sih namanya curang dan mau selamet sendiri. Gak ngaruh dong dengan kenaikan harga BBM..
    Masa mentang2 yang ngurusin duit trus dapetnya paling banyak. Tega banget..

  35. secara logika, jika pegawai pajak tidak diberi tambahan tunjangan, tingkat korupsinya akan semakin tinggi. apalagi yang penempatan luar jawa yang notabene hampir tidak ada barang yang harganya murah. daftar TKPKN di atas masih ja…….uh lebih rendah dibanding uang yang harusnya disetor ke negara. bagi orang pajak, karena sudah bergaji modern, mudah-mudahan bisa menghilangkan budaya KONG KALINGKONG dengan WEPE………….

  36. yuk kita bersama-sama memperbaiki tidak hanya dengan kata tp kerja nyata dengan partisipasinya
    (bagi yg memenuhi kualifikasi)

    http://ppns.depkeu.go.id

    Bergabung Bersama Kami Membangun Bangsa
    “Departemen Keuangan menawarkan 2.630 posisi bagi para sarjana Indonesia untuk menjadi calon pejabat di 12 unit Eselon I Departemen Keuangan yang tersebar pada 1.063 kantor di seluruh Indonesia.”

    Departemen Keuangan adalah salah satu departemen yang mempunyai fungsi strategis, karena hampir seluruh aspek perekonomian negara berhubungan dengan kebijakan Departemen Keuangan, antara lain perencanaan, penyusunan, serta pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Selain itu, terdapat pula kebijakan perpajakan; kepabeanan dan cukai; dan penerimaan negara bukan pajak. Termasuk pula kebijakan di bidang penyusunan dan alokasi anggaran; perbendaharaan negara; pengelolaan kekayaan negara; perimbangan keuangan pusat dan daerah; pengelolaan utang; serta pasar modal dan lembaga keuangan non-bank.

    Departemen Keuangan memiliki kantor yang tersebar di seluruh Indonesia, yang memberikan layanan langsung kepada masyarakat, dengan jumlah pegawai mencapai 63 ribu orang. Oleh karena itu, menjadi wajar bila publik menuntut profesionalisme birokrasi Departemen Keuangan yang mampu menghasilkan kebijakan yang berkualitas dan pelayanan yang terbaik kepada publik.

    Untuk memenuhi tuntutan tersebut Departemen Keuangan melaksanakan Reformasi Birokrasi yang bertujuan untuk (i) menciptakan aparatur negara yang bersih, profesional, dan bertanggung jawab, serta (ii) menciptakan birokrasi yang efisien dan efektif sehingga dapat memberikan pelayanan publik yang prima.

    Proses Reformasi Birokrasi yang saat ini tengah berjalan membutuhkan sumber daya manusia yang profesional, kompeten, bebas dari segala bentuk korupsi, dan penyalahgunaan jabatan serta memiliki keinginan untuk senantiasa memberikan pelayanan publik yang sebaik-baiknya, mampu memenuhi rasa keadilan masyarakat, dan mendahulukan kepentingan rakyat.

    Apabila anda, putera-puteri terbaik Indonesia, berminat serta mempunyai kemampuan, integritas, dan komitmen kuat untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat, sekaligus berkeinginan berperan dalam proses transformasi bangsa menuju masyarakat adil, makmur, dan berperadaban tinggi, kami memberikan kesempatan untuk bergabung bersama di Departemen Keuangan.

    Departemen Keuangan menawarkan 2.630 posisi bagi para sarjana Indonesia untuk menjadi calon pejabat di 12 unit Eselon I Departemen Keuangan yang tersebar pada 1.063 kantor di seluruh Indonesia.

    Selamat Bergabung.

    Sekretaris Jenderal

    Mulia P Nasution
    NIP 060046519

  37. kan bagi yg memenuhi kualifikasi..hehe…

    tp kyknya blm resmi launchingnya
    so d tunggu aja biasanya d umumkan d media cetak juga…:)

  38. Pengumuman: pegawai Depkeu khusunya eks. STAN tuch kerjanya pindah-pindah antar pulau, dengan gaji segitu kalo kebetulan pegawainya orang jawa trus pas tugas di Irian buat ongokos hidup & mudik juga puyeng… please donk jangan liat penghasilannya aja…. stres tuch yang penempatan jauh-jauh, kalo wang sinawang ya enakan guru.. liburan panjang tanpa cuti…mutasi paling satu kota…???
    pasrah aja pada Alloh n selalu berusaha supaya dapat penghasilan yang banyak tapi khalal toch hidup gak di dunia aja looh…

  39. untuk pelaksana gol III B grade-nya tertinggi 12,diatasnya udah untuk eselon IV keatas………,btw dengan grade segitu tapi jauh dari istri/anak karna pindah2, MAU?

  40. ah jngn intensif pns depkeu aja yg naik,tuh pikirkan tenaga honornya yg gak diangkat2 udah belasan thn kok gak diangkat

  41. wahH, intinya Depkeu memang ruarr biasa….
    sykur deh dah pnya “first step”

    smoga Allah ngsih yg terbaiq!!

    The point of All:
    Jangan puas dlm hal berusaha, namun, brsikaplah puas atas hasil yang kita peroleh!!

  42. Ping-balik: Depkeu sdh diumumkan, GAJI brp ? «

  43. papabonbon, mau tanya kalo di setjen itu work environmentnya seperti apa? saya Alhamdulillah sudah diterima disana, namun karena masih muda dan energic (cieee…) saya agak khawatir dengan work environmentnya (yg kalau buruk takutnya membuat saya demotivasi).. lalu kalau ada info, lulusan tes CPNS yg baru ini, bgtu masuk setjen depkeu masuk ke golongan berapa? dan maaf, kalo boleh tau apakah insentifnya bagus atau tidak? tunjangan apa saja yg didapat?

  44. Sama pertanyaan sama @lia, tolong penjelasan tentang setjen selengkapnya papabonbon. Alhamdulillah saya juga ditempatin di setjen, gimana tentang karir ? terus pekerjaannya mbosenin ga ? gimana dengan gaji dan tunjangannya papa ? apakah sama dengan ditjen lain di depkeu atau lebih besar ? berapa kira2 nominal yang diterima untuk s1 golongan 3A ?

  45. thanks ya papabonbon, senang mendapat masukan demikian. karena sejujurnya masih agak ragu nih.. sekarang kan kerja di swasta dengan jam kerja yg gila, tapi saya enjoy aja karena banyak belajarnya, makanya agak khawatir sama environment di pemerintahan, karena belum pernah tau dalemnya bagaimana. Oya mengacu ke masukan papa, “ketemu klien”, itu maksudnya apa yah pa? memang kalo depkeu, ada klien2 juga seperti di swasta ya, kliennya seperti apa misalnya? (maaf saya benar2 gak paham dan sangat curious).@ firelord, berarti nanti ketemu di setjen juga yahh? mau daftar ulang kapan?

  46. halo @lia dan @firelord
    perasaan kita sama, sama2 ketakutan dengan environment baru terutama environment pemerintah..
    met kenal en met ketemu..
    mungkin papabonbon bisa ngasi penjelasan lebih lanjut ? :)

  47. papabonbon..
    saya jga mohon penjelasan tentang DJKN.sbnrnya saya kecewa dgn penempatanan ini(krn saya ditempatkan tidak dikedua pilihan yang saya plh waktu tes),sedihnya..
    bnr2 tdk ada gmbaran ttg DJKN, apakah akan berkembang dsna?atau cuma ngrus utang negara?
    tlg penjelasannya ya papabonbon..krn klo mmg tidak worthed dbndg pkrjaan skrg, sya mau lps sja depkeunya..
    satu lg mkgnkah saya mnta pmndahan ditjen ya?krn kok pnmpatan saya bnr tidak sesuai dgn pilihan, tmn2 sya yg lain ssuai dgn pilihan 1 atau pil 2.thanks

  48. justru yang diterima ini diharapkan/dipercaya menjadi agent of change untuk depkeu yg lbh baik.klo yg profesional trus mundur, masak rela pemerintah dipegang org2 yg gk prof…kasian yg bayar pajak,masak uangnya buat gaji peg yg gk prof…ya gk papabonbon…
    masih byar pet to..:)

  49. @lia
    salam kenal…aku lapor ke setjen depkeu besok senen 22/12, ngepasin hari ibu :)

    @tribun
    met kenal juga…:)

    @bejoe;@papabon2
    gimana nie senior2 ? dibutuhkan infonya yang detail yaa ? saya baca di visi misi kok administrasi gitu ya untuk setjen, apa kita disuruh jadi juru ketik ? gaji+tunjangan gimana ?

    @aliyya
    pertama kita syukurin aja deh pemberian Alloh ni…meski tidak cocok dengan pilihan, toh kita sudah diijinkan Alloh untuk lulus tes pns depkeu. Saya juga ga sesuai kok, tapi saya sangat bersyukur :)

  50. @firelord alhamdulilah sya brsyukur dgn ksmptan yg Tuhan berikan kpd saya,tdk hnya d depkeu tp tmpt lain jga.krn mmg infrmasi minim ttg djkn mkany sya mncri informasi.bgmana solusiny shgga bsa mnentukan pilihan.

  51. di setjen banyak ikut seminar dan ngisi seminar juga dan kesempatan ke luar negeri. selain itu enak, bisa di jkt terus, kagak pakai dipindah pindah ke daerah. jadi kagak pakai acara jantungan dipindah ke mana mana :)

  52. Waduh, ada yang tau tidak yang tidak mungkin pindah ke daerah direktorat apa aja?

    KOk kebanyakan pajak sih memang gak ada para senior dari direktorat yang lain. Terus permintaan pegawai paling banyak kan di pajak, apakah didirektorat lain remunerasinya lebih sedikit?

  53. remunerasi sama saja. hanya di pemeriksa memang sedikit lebih besar, soale mereka jenjang karirnya yah hanya di fungsional saja, selain itu rawan suap dan rawan ketangkap tim disiplin itu .. :p

    kalau cuman beda 500 rb, tapi hidup aman dan kagak stress, kan mendingan di direktorat lain, ya toh ?

    misal pilihan gaji antara 8 jeti vs 8.5 jeti, tapi yg 8 jeti kerjaannya ikut seminar ke luar negeri, sekali sekali jadi pembicara mewakili direktorat, pulang selalu tenggo, kagak terlalu stress diperiksa kiri kanan … :D

  54. gimana se kerja di dirjen kekayaan negara, saya tamatan s1 akuntnsi, msuk gol berapa tu pa?
    trus gajinya sama gk dengan yang di bagian pajak, insentifnya sama juga gk? dibalas y….

  55. @lia & firelord
    salam kenal, qu jg diterima di setjen wkwkwk..
    lia n firelord udah melapor ya? qu baru mo lapor tgl 30 des ini.
    boleh dong kasi info selanjutnya setelah lapor agendanya apa..? biar bisa bantu qu ngatur rencana bolak balik jakarta-manado… jauh euy..

  56. Asslkum.. @lia dan @firelord serta @tribun.. lam kenal, aku juga keterima di setjen nih.. cm tgl5 besok baru laporan.. smoga jd partner yg baik.. mari qt entaskan birokrasi yg buruk di negeri ini.. kasian sodara2 qt yg miskin..
    ingat.. ini cobaan buat qt, bkn anugrah..

  57. @ semua sahabat2 CPNS Sekjen Depkeu, salam kenal sekali lagi yaa!! senangnya sudah bisa berkomunikasi duluan sama semua. @ Bary, iya semoga kita bisa berkontribusi bagi perubahan yang baik untuk negeri tercinta ini.
    Oya, buat cpns sekjen depkeu, ada yg tau gak kita mulai masuk kapan? sampai saat ini aku belum terima kabar/pemberitahuan nih, kalo waktu daftar ulang terakhir sih katanya kita akan dikirimi surat pemberitahuan resmi lewat pos ke alamat surat masing2 (hmm knapa gak lewat email aja yaa?).
    kalo temen2 yg di djkn dan pajak katanya mulai masuk tgl 7 januari.. ada yg punya info?

  58. hehe.. berhubung baru tgl 4 besok aku ke JKT, aku g tau info ap².. tp ktnya temenku, tgl 5 qt dah mulai kerja.. khusus setjen.. tp kurang tau jg pastinya.. klo ada info, bagi² yak..

  59. hehe.. berhubung baru tgl 4 besok aku ke JKT, aku g tau info ap².. tp ktnya temenku, tgl 5 qt dah mulai kerja.. khusus setjen.. tp kurang tau jg pastinya.. klo ada info, bagi² yak..

    oya, kalo setjen mungkin g sih ditarok di daerah?? sebagai perwakilan pusat gt..

  60. allow, barusan dapet surat dari setjen..
    tanggal 7 disuruh dateng ke gedung dhanapala dengan atasan putih pake dasi, bawahan gelap.

    nah, abis itu disuruh liat penempatan di bagian SDM (tempat melapor) untuk liat penempatan. Sepertinya si langsung aktif..

    Yang lain juga gitu ga yah?

  61. Meski udah dari tahun 2007, cuma mau menyoroti yg Mas Doytea bilang gaji staf pajak swasta 10 juta per bulan dengan data dari form 1721 A1.

    Tanggapan aye mah secara angka di atas kertas, sangat mungkin kalo penghasilan (“income”) per bulan mencapai 10 juta. Tapi perlu diingat 10 juta itu (angka di row # 7 ato 8 di form 1721 A1) itu mencakup:
    1. basic salary – masuk ke kantong ato istilah umumnya after tax take home pay (THP)
    2. bonus tahunan – after tax THP
    3. insentif – after tax THP
    4. THR – after tax THP
    5. premi asuransi kesehatan yang dibayarkan oleh perusahaan tempat si staf akunting/pajak itu ke lembaga asuransi.
    6. bagian dari premi tunjangan end of service benefit yg dibayarkan ke lembaga DPLK atas nama di pegawai ybs.
    7. dan segala accounting cost allocations items yg dialokasikan ke si pegawai (normal ini mah, aye lagi males ngejelasin. Yg belajar cost accounting, ABC, cost-based costing, dll dsb dkk alm :p mestinya ngerti).

    Nah, dari 7 item ini aja (listnya bisa bertambah banyak kalau si perusahaan itu punya banyak benefit yang ditujukan/dinikmati oleh si pegawai, baik yang sifatnya saat ini ataupun deferred benefit). Jadi dari info 1721 A1 yg dibagi 12 itu, yang masuk ke kantong si pegawai paling (after tax PPh 21) cuma sekitar 5-6 juta aja, plus 6 jutaan setiap mau lebaran. Yg lainnya “penghasilan” di atas kertas ajah…. mungkin begitu…. CMIIW.

  62. hai lia, firelord, tribun, bary, & sanz, salam kenal ^-^
    aku juga masuk setjen depkeu. Senangnya, ternyata banyak juga dari kita di sini yang masuk setjen, iya semoga kita bisa bekerjasama dengan baik.

    Uhm, aku juga lapor ke setjen Senin tgl 22, yang jam 10-11an kira2 waktu itu kita ada ketemuan ga? hehe…

    Btw sampe siang ini aku blum dapet suratnya tuh. Tapi hasil search di web direktorat2 lain, seperti tribun bilang kalo tanggal 7 nanti akan ada Orientasi untuk seluruh cpns depkeu. Barusan sih aku tlp ke depkeu, katanya jg gitu & untuk setjen efektif masuk kerja tgl 8 di unit masing2 (lokasi unitku udah dikasih tau). Ohya, email aku di keupay@gmail.com kalo mo sharing2 ya!

    Good luck!

  63. Salam kenal tmn2 smua..
    Almdllh saya ditrm CPNS depkeu unit pajak..
    Saya mau tny kr2 magang brp bln ya trus dpt gaji brp??
    Thk u

  64. to the point aja ya…
    gaji dirjen pengelolaan utang berapa??
    gw baru masuk, ga ada yang ngasi pengarahan tentang gaji…
    Oya, minta infonya sebelum dan sesudah keluar SK CPNS, serta sesudah resmi jadi PNS. Terutama, apakah gaji pegawai baru dirapel?? Kalo iya, berapa bulan?? Berapa dapetnya? Di bawah 1 jt??
    Mohon petunjuknya. segera.
    Thanks a lot.

  65. oya,. sLm keNaL j9 bwt Pgw Baru dePkeu..
    TrTm y9 PnMptn di Lap BanTeng..
    TrTm sX y9 d dHanaPaLa,
    seKedaR inFo aja niCh..

    kT y9 pgw baRu, sBLm kLr SK CPNS dianggP teNaga HoNoRer duLu,,

    kLo HoNorx /bLn
    D1 800 rb
    D3 850 rb
    S1 900 rb
    tu dikasiH tiaP bLn sesuAi tgL SPMTx/TMT.
    ingT tu jg ada Potonganx, kLo tLt oR aBsen.

    kLO mengeNai gaJi en TKPKN diRapeL dan
    BaRu diKasiH stLh kLuaR SK CPNS.

    hiTunganx sesuai tgL TMTx.
    ingT muLaix tgL 1 bLn tsB, kLo tgL 2 dLL diHitung bLn BeriKutx.

    SK CPNS kLRx pLg cPt MaRet oR pLg LmbT Mei..
    kYkx diCptin, soaLe da PemiLu,
    HasiLx Lmyn bwT beLi LapToP oR mTr..
    pLus tRaktiran..
    hehe..
    aBis tu kT PraJaB..
    kLo SK PNS, kyKx sediKit LebiH Lama.
    gPP bRsaBar ja..

    MaaF kLo da y9 saLah, moHon diKoReksi ye…

  66. Jangan bicarakan TKKN saja!!!! Mengapa Anggran di depkeu tidak juga memikirkan nasib HONORER nya yang sampai detik Maret 2009 belum ada lampu hijau dari menkeu???? apakata duniaaaa……jika diabaikan PP yang dibuat pemerintah.?????thank before !

  67. Mengapa depkeu tidak menaikkan anggaran dan diajukan ke DPR untuk mengangkat HONORER DEPKEU yang berkisar 5.000 yang tersebar di daerah-daerah dan mereka dilimpahkan dan atau dipakai ke daerah setempat????Kasihan Lho!!!! mereka juga pengabdi di kantor pemerintah yang juga punya kontribusi besar buat Depkeu dan mereka kehilangann hkanya sesuai PP 48/2005 jo PP 43/2007 dan belum menemukan keadilan.terimakasih bisa ada yang mendengarkan aspirasi kami yang termarjinalkan.

  68. honorer di djp sjk modern uda diberhentikan kan, trs tiap instansi skg berdasar fungsi 1 kntr =83 peg tanpa koordinator pelaksana again lgsg terpisah struktural n fungsional

  69. Hari demi hari hanya itu yang dilakukan 7 wanita itu terus menumpuk harta dan setiap kali mau dicium selalu menghindar dan selalu lolos dari hubungan badan di malam hari. Diam-diam 7 wanita itu sudah merencanakan merampas semua harta 7 pria kampungan itu namun mereka menunggu sampai hartanya sudah terkumpul banyak. Saat 7 wanita itu sedang pergi ke Mall bertemu dengan 1 pria pengangguran lulusan SMU di Indonesia asal Malaysia yang tinggi, atletis dan berwajah tampan dengan rambut agak gondrong. 7 wanita itu langsung tergila-gila dengan 1 pria Malaysia itu dan bersedia dipoligami. Namun pria Malaysia itu memberi syarat agar 7 wanita itu bersedia menguasai semua harta suaminya dan memberikannya kepada pria Malaysia itu. 7 wanita itu sanggup dan merencanakan taktik “Final Solution” dengan meminta suami masing-masing untuk melakukan korupsi besar-besaran terhadap tempat mereka bekerja namun agar aman dari KPK semua harta hasil korupsi termasuk harta yang diperoleh dari hasil kerja kerasnya secara jujur selama ini menjadi atas nama 7 wanita itu dengan hadiah hubungan badan 24 jam penuh non stop setiap hari. Ke 7 pria malang itu bersedia dan akhirnya terkumpul harta puluhan Milliaran rupiah semua atas nama istri. Diam-diam 7 wanita itu menghubungi KPK-Kejakgung menceritakan ulah suaminya dan mengaku sebagai tetangganya. Dalam hitungan hari petugas KPK-Kejakgung langsung menciduk 7 pria itu dan 7 wanita itu sudah kabur bersama pria Malaysia itu. Ketika disidik KPK-Kejakgung 7 pria itu mengaku semua harta hasil korupsinya diatasnamakan kepada istrinya. Tetapi ketika 7 wanita itu dipanggil mereka mengaku tidak kenal dengan 7 pria itu dan petugas KPK-Kejakgung berasumsi bahwa harta hasil korupsinya sudah habis untuk hura-hura akhirnya 7 pria itu menjadi tersangka dan masuk penjara. 7 wanita cantik itu sudah kabur dengan pria Malaysia entah kemana….

  70. Rejeki seseorang tidak tergantung kepandaian dan kerja kerasnya. Contoh perhatikan kisah 1 orang Malaysia bodoh mengalahkan 7 orang Jawa pandai :
    Kisah ini menceritakan tentang 7 orang pemuda pandai selalu juara kelas, meraih nilai tertinggi dan selalu belajar sampai larut malam. 7 orang pemuda pandai itu akhirnya berhasil lulus S1 dengan menjadi wisudawan terbaik di bidangnya bahkan mereka memperoleh beasiswa S2-S3 gratis. 7 orang pemuda itu terdiri dari lulusan fakultas kedokteran yang menjadi dokter spesialis, lulusan fakultas teknik perminyakan yang jadi tenaga ahli di BUMN, lulusan fakultas teknik informasi yang menjadi programmer provider telepon seluler, lulusan Akuntansi yang jadi Akuntan Departemen Keuangan, lulusan fakultas hukum yang jadi pengacara terkenal, lulusan fakultas ekonomi yang jadi Manajer Bank Asing, lulusan fakultas teknik pertambangan yang kerja di perusahaan asing. 7 orang itu memiliki kesamaan : etnis Jawa, wisudawan terbaik, dari universitas paling hebat di Indonesia, dan bekerja dengan penghasilan Rp. 100 Juta perbulan (Menurut survey Human Resources Consulting pekerjaan sebagai dokter, staff ahli minyak BUMN, programmer provider telepon seluler, akuntan departemen keuangan, pengacara, pegawai pertambangan asing dan pegawai Bank asing kerja 1-3 tahun gajinya Rp. 5-10 Juta perbulan, kerja 3-10 tahun gajinya Rp. 10-50 Juta perbulan, kerja diatas 10 tahun gajinya Rp. 50-200 Juta perbulan). 7 orang itu berasal dari daerah sehingga agak kampungan, berkulit hitam legam, pendek, gemuk dan mukanya sangat jelek tapi karena merasa hebat jadi sombong. Suatu saat ke 7 orang itu pergi ke Plaza Ambassador di Jogjakarta dan bertemu 4 wanita Jawa asli mirip Dian Sastrowardoyo, Dhini Aminarti, Agni Pratishta, Ririn Dwi Ariyanti dan 3 wanita Jawa blasteran mirip Nadine Chandrawinata, Luna Maya dan Rianti Cartwright. Berhubung 7 wanita itu berkulit putih cantik seksi dan tinggi, 7 pria itu langsung terpikat dan jatuh hati. Tetapi karena 7 pria itu sangat jelek dan seram maka 7 wanita cantik itu jijik langsung 7 pria kaya pandai tapi agak “ngowoh” mengeluarkan jurus saktinya pamer harta dan jabatan. Akhirnya setelah diancam, 7 wanita cantik itu mau jadi istri tetapi minta uang belanja gila-gilaan beserta rumah dan mobil. Setelah disanggupi akhirnya mereka menikah, tetapi setiap malam 7 pria itu selalu tertidur lelap tanpa sempat menikmati tubuh istrinya. Karena pria Dokter dibelikan PS oleh istrinya dan ketika malam pria Dokter suka bermain PS dan akhirnya tertidur lelap, pria pegawai BUMN selalu diberi susu dicampur obat tidur oleh istrinya, pria programmer dibelikan fasilitas Komputer dan internet oleh istrinya sehingga selalu bermain internet sampai malam dan akhirnya ketiduran, pria akuntan karena sering menghitung angka akhirnya selalu tertidur terkena hipnotis angka dari istrinya yang mantan pesulap, pria pengacara selalu sibuk membaca dokumen kasus sampai malam hingga ketiduran, pria pegawai Bank juga terkena hipnotis tapi agak sadis karena dia dihipnotis agar seolah-olah merasa berhubungan badan dengan istrinya padahal dengan pembantunya dan di kamar pembantu, pria pekerja perusahaan asing pertambangan dibelikan mainan robot, kereta api dan tentara oleh istrinya sehingga selalu bermain sampai malam dan akhirnya tertidur. Hari demi hari hanya itu yang dilakukan 7 wanita itu terus menumpuk harta dan setiap kali mau dicium selalu menghindar dan selalu lolos dari hubungan badan di malam hari. Diam-diam 7 wanita itu sudah merencanakan merampas semua harta 7 pria kampungan itu namun mereka menunggu sampai hartanya sudah terkumpul banyak. Saat 7 wanita itu sedang pergi ke Mall bertemu dengan 1 pria pengangguran lulusan SMU di Indonesia asal Malaysia yang tinggi, atletis dan berwajah tampan dengan rambut agak gondrong. 7 wanita itu langsung tergila-gila dengan 1 pria Malaysia itu dan bersedia dipoligami. Namun pria Malaysia itu memberi syarat agar 7 wanita itu bersedia menguasai semua harta suaminya dan memberikannya kepada pria Malaysia itu. 7 wanita itu sanggup dan merencanakan taktik “Final Solution” dengan meminta suami masing-masing untuk melakukan korupsi besar-besaran terhadap tempat mereka bekerja namun agar aman dari KPK semua harta hasil korupsi termasuk harta yang diperoleh dari hasil kerja kerasnya secara jujur selama ini menjadi atas nama 7 wanita itu dengan hadiah hubungan badan 24 jam penuh non stop setiap hari. Ke 7 pria malang itu bersedia dan akhirnya terkumpul harta puluhan Milliaran rupiah semua atas nama istri. Diam-diam 7 wanita itu menghubungi KPK-Kejakgung menceritakan ulah suaminya dan mengaku sebagai tetangganya. Dalam hitungan hari petugas KPK-Kejakgung langsung menciduk 7 pria itu dan 7 wanita itu sudah kabur bersama pria Malaysia itu. Ketika disidik KPK-Kejakgung 7 pria itu mengaku semua harta hasil korupsinya diatasnamakan kepada istrinya. Tetapi ketika 7 wanita itu dipanggil mereka mengaku tidak kenal dengan 7 pria itu dan petugas KPK-Kejakgung berasumsi bahwa harta hasil korupsinya sudah habis untuk hura-hura akhirnya 7 pria itu menjadi tersangka dan masuk penjara. 7 wanita cantik itu sudah kabur dengan pria Malaysia entah kemana….

  71. Depkeu memang sedang mereformasi Birokrasinya, tapi jangan lupa PNS nya juga direformasi, dan jangan lupa hanya dengan alasan reformasi HONORER DEPKEU diabaikan tanpa menjalankan amanat pemerintah,???siapakah yang bertanggungjawab dengan HONOREER DEPKEU ???pemerintah????atau Depkeu ????,Mohon dikaji secara pikiran ESQ dan ISQ oleh pihak depkeu.terimakasih, semoga Pejabat dieberikan petunjuk ALLAH SWT…aminn

  72. Utk ibu / bapak yg masuk di DJKN, diinformasikan setahu saya bahwa masalah TKPKN untuk pelaksana berdasarkan grade, yang berbeda2, walaupun golongan sama. kalo untuk eselon, grade mengikuti jabatan. Kalo dibandingin pajak or bea cukai ya beda, mereka ada tunjangan tambahan, sehingga penghasilan mereka berbeda dengan dirjen lain, walau golongan sama, bahkan grade sama. utk yg gak terima ditempat pilihannya, ya nasib hampir sama dengan saya. saya bahkan lulusan stan yang pada saat pendidikan/jurusan saya,bahkan magang juga, saya dibawah pajak, tapi sekarang saya di djkn. ya gimana lagi, mau protes sama siapa, soalnya waktu mau masuk pendidikan disuruh ngisi pernyataan, sanggup ditempatkan dimana saja diwilayah indonesia. ya, walaupin kadang iri sama temen2 semeja waktu kuliah dulu. tapi saya berusaha untuk mensyukurinya, dan bekerja dengan ikhlas. masih banyak orang2 yang pengin masuk jadi pns, dengan susah payah, bahkan dengan cara membayar berpuluh-puluh juta, tapi di depkeu, tidak ada yang namanya uang sogokan untuk masuk jadi pns di depkeu. kalo menyoroti kerja depkeu, kadang saya juga iri liat guru (yang dulu katanya gajinya kecil, tapi sekarang?), ngajar sebentar, mereka dalam seminggu kerja berapa jam, dirumah masih buka les, tunjangan banyak, libur panjang…mungkin para guru juga melihat orang depkeu…kerja gaji besar, sabtu libur…namanya manusia, gak cukup dengan yang udah didapat. saya pernah ngomong sama istri, apa saya pindah aja ke pemda ya, alasan saya, kerjanya enak, gak indah2. yang depkeu, mau bangun rumah aja susah, ada yang baru ngambil kredit di bank, ternyata baru bisa beli tanah kecil, bangun pondasi…rencana mau ngambil kredit lagi buat nerusin, tau2 udah dipindah tugas…jadi semua terletak pada diri kita, bagaiman kita menyikapinya. makasih.

  73. Hoeeee..semua pegawai pajak yang korupsi…gak susah kok buktiin korupsi loe2 pada…inget duit loe2 pada pasti masuk bank kan….yah paling2 dikit lah yang duit kotornya didapet secara cash..
    kebetulan gw mantan pegawai bank (baru 1 bulan resign n pindah ke telco..he3)..dulu gw sering cek rekening temen2 gw yang di pajak (dia mantan STAN Akuntansi), di rekening nya mereka gaji mereka n tunjangan paling banyak cuma 6jutaan…tapi diluar itu ada transfer yang gak tau darimana asalnya (gak ada narasinya, n bukan berasal dari pembayar gaji DJP, karena emang di sistem bank semua keliatan, berapa uang masuk, darimana asalnya, n kapan)yang jumlahnya melebihi gaji+tunjangan bulanannya, n jumlahnya gak tetep,bisa naik bisa turun, n anehnya lagi tanggal pembayaran gak pasti kadang awal bulan, tengah bulan, akhir bulan..n tanpa keterangan (narasi) transaksi…ini semua udah gw cek ke 30 rekening pegawai Pajak yang kebetulan ane kenal (maklum temen ane banyak yang di pajak), n hasilnya sama..Nah loe, darimana asal tuh duit…It’s real fact mate…!!!!

  74. Jgn sibuk ngomongin tunjangan,.mau besar mau kecil bukan urusan,yang penting nasib honorer di DEPKEU diperhatikan,.kalau bicara soal kemampuan boleh kompetisi dengan lulusan STAN Atau sarjana,..walaupun hanya lulusan SMU,.Semua sudah saya kerjakan mulai dari Menjalankan APILKASI SAKPA,SIMAK BMN,Menjadi Pemateri dalam penyuluhan dan Pelayanan Konsultasi,kepada wajib pajak Kalau kita mau belajar tidak ada kata,yang tidak bisa,.Di indonesia ini tidak ada manusia yang pintar dan tidak ada manusia yang bodoh,..Apa yang mereka pelajari saat kuliah atau pendidikan tinggi tidak di terapkan dalam sehari-hari operasional perkantoran,.Kami yang honorer lebih tau apa yang harus kami kerjakan,..

  75. memang klo liat gaji orang lain yang lebih tinggi kita merasa iri dan ingin seperti mereka, hendaknya kita bersyukur dengan melihat gaji orang yang lebih rendah dari kita…..

  76. Memang remunerasi bagus untuk mengurangi korupsi, tapi ya tolong juga didpikirkan para HONORER DEPKEU yang menjerit sampai ke istana Presiden>…Mengapa Menkeu yang baru masih belum menindaklanjuti SE Menpan no.5/2010 ??? atau memang ada unsuuuuuur untuk mengabaikan semua kebijakan Pemerintah.???? mohon ditanggapi dan dikaji lagi tentang keberadaan honorer DEPKEU yang tertindas .terimakasih

  77. @Papabonbon

    saya mau tanya, apa remunerasi untuk pajak sama dengan direktorat lainnya seperti pengelolaan utang dan Bapeppam?

    untuk golongan 3a yg baru masuk dia sudah dpt remunerasi apa belum? dan akan berada di grade brapa? kira2 berapa take home pay untuk gol 3a yang baru akan masuk (in case di direktorat pajak, pengelolaan utang dan bapeppam)?

    • Baiklah, tidak apa-apa kalau memang tidak ada yang mau mengedit.

      Empat tahun lebih setelah tanggal posting halaman ini, ada baiknya Anda lihat kehidupan para tetangga Anda yang bekerja di Depkeu (semua unit eselon I). Sudahkah mereka berubah heboh dengan tunjangan yang katanya “besar” itu. Bandingkan saja dengan PNS lain yang sepangkat di lingkungan Anda.

  78. dasarr korupp..gw cape2 bayar pajak ternyata buat ngasih makan mereka..gak malu apa ama gw yg kerja di otsor dgn gaji kecil,tanpa bonus dan tetek bengeknya..serta karir gak jelas,,gw belaa2in bayar pajak demi Negara,,gak taunya jerih payah keringat gw di badog ama korup2 ntu..Sadar dan Jentle lah dikit!!

    • mendingan ente baca BUKU BERKAH karya Ditjen Pajak… ente bakalan tau gmn tgung jwb tmen2 pajak di reformasi kemenkeu…

  79. maaf neh saya mau numpang tanya
    saya lulusan stan d3 akuntansi alhamdulillah penempatan di setjen biro pusintek (kalo g salah)
    saya mau tanya
    kira2 kerjanya seperti apa ya? saya g punya gambaran sama sekali soalnya
    terima kasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s